LAPORAN HASIL DISKUSI 1 Seorang Pria Merasa Nyeri dibagian Dada Sebelah Kiri

KELOMPOK II

Latifah A.L. Liana A. R. Lidya Christy A. B. Lukas P. S. Luzelia M. S. S. M. Agung P. Y M. H. Muttaqin M. Reza Adriyan

030.10.159 030.10.160 030.10.161 030.10.162 030.10.163 030.10.164 030.10.165 030.10.166

Made Ayundari P. Malika Malvin C. Wijaya Maria Christiningrum Maulita Agustine Meikhel A. Wijaya Meilinda Vitta Sari

030.10.167 030.10.168 030.10.169 030.10.170 030.10.171 030.10.172 030.10.173

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TRISAKTI JAKARTA 2011

lapisan terluar disebut epikardium .katup pulmonaris (yang juga dapat disebut sebagai semilunaris) .katup aorta .dan lapisan terdalam yaitu lapisan endotel disebut endokardium .Ruang-ruang tersebut terdiri dari atrium kanan .BAB I PENDAHULUAN Jantung terletak dalam ruang mediastinum rongga dada yaitu diantara paru .katum bicuspid .terdiri dari ruang-ruang dan katup yang berfungsi sebagai penghubung antar ruang .katup tricuspid. .Secara fungsional jantung dibagi menjadi pompa sisi kanan dan pompa sisi kiri yang memompa darah vena ke sirkulasi paru dan darah bersih ke peredaran darah sistemik . Jantung terdiri dari tiga lapisan .lapisan tengah merupakan lapisan otot yang disebut miokardium .Sedangkan katup-katup yang terdapat pada jantung adalah .dan ventrikel kiri .atrium kiri .ventrikel kanan . Jantung merupakan organ penting yang terus bekerja memompa darah ke seluruh tubuh .serta dilapisi oleh pericardium.

Bapak Udin sudah mulai merokok kira-kira dua batang sehari dan kebiasaan tersebut masih diteruskan sampai sekarang .Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 180/100 mmHg .dan pada pemeriksaan paru terdapat ronchi basah halus .Bapak Udin juga mengeluh adanya sesak terutama pada malam hari .Tidak ada riwayat demam .Tidak ada perubahan pada afsu makan .52 tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri di dada bagian kiri dan disertai keluhan dada berdebar-debar .pola BAB dan BAK .suhu 36.denyut nadi 110x / menit .BAB II LAPORAN KASUS Seorang pria Bapak Udin .Selain keluhan nyeri dada .Sejak duduk di bangku SMP . .batuk berdahak warna putih dan terasa sedikit nyeri saat menelan .Terdapat riwayat darah tinggi pada keluarga Bapak Udin .Pada pemeriksaan abdomen ditemukan adanya ascites dan kedua tungkai oedema .Pada pemeriksaan jantung didapatkan adanya bising diastolic .3oC .

paru-paru atau pembuluh darah). Dada berdebar-berdebar (keluhan ini memperkuat bahwa Bapak Udin terkena penyakit jantung).Dari ventrikel kanan darah menuju ke paru-paru melewati arteri pulmonalis dan melewati katup pulmonalis (semilunaris yang berbentuk bulan sabit) .BAB III PEMBAHASAN Masalah yang dihadapi oleh Bapak Udin yaitu nyeri di dada bagian kiri (kemungkinan ada kerusakan didaerah jantung.atrium kiri .Dinding pada ventrikel lebih tebal dibandingkan dinding pada atrium karena ventrikel bertugas untuk memompa darah .ventrikel kanan .Setelah melewati arteri pulmonalis darah menuju ke paru dan kembali ke jantung dengan vena pulmonalis yang membawa darah arteri . Dan sedikit nyeri saat menelan (itu disebabkan karena atrium membesar dan Oesophagus tertekan).dan ventrikel kiri .Setelah itu darah dialirkan ke seluruh tubuh melewati katup aorta (semilunaris yang berbentuk bulan sabit).Lalu darah menuju atrium kiri dan masuk ke ventrikel kiri melewati katup bikuspidalis atau dapat disebut sebagai katup mitralis terdiri dari dua daun katup . Jantung terdiri dari empat ruang yaitu atrium kanan .dimana darah pada arteri pulmonalis ini merupakan darah vena . Batuk berdahak warna putih. [1] .Atrium kanan berfungsi sebagai tempat penyimpanan darah dari seluruh tubuh yang mengalir melalui vena cava superior dan inferior lalu darah dialirkan ke ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis . Adanya sesak saat malam hari (kemungkinan terkena penyakit jantung atau paru-paru).dimana katup ini terdiri dari tiga daun katup .

berkas HIS dan serat purkinje . .yang menyebabkan aktivasi segera dan kontraksi ventrikel yang terjadi hampir bersamaan.Nodus SA terletak didinding posterior atrium dekstra dekat muara vena cava superior .lalu impuls mengalir hingga ke nodus AV yang terletak disebelah kanan interatrial dalam atrium kanan dekat muara sinus koronaria .Lalu mengalir ke berkas HIS yang berjalan ke kaudal disisi kanan di bawah septum interventrikularis dan kemudian bercabang menjadi serabut berkas kanan dan kiri .miokardium .Gambar : Anatomi Jantung Sistem konduksi terdiri dari nodus SA (sinoatrialis) .Lalu serat purkinje menuju endokardium .Berkas berkas serabut ini kemudian menjadi serat purkinje yang terletak didalam miokardium .nodus AV (atrioventrikularis) .dan epikardium .

juga terdapat serat kolagen dan elastin). Jantung mempunyai otot.Gambar : system konduksi Jantung Jantung mempunyai 3 lapisan. lapisan terdalam yaitu Endokardium. Gambar : Histologi otot jantung . Pada Epikardium terdapat lamina viseralis dan lamina parietalis. Sub-endotel terdapat jaringan ikat longgar (terdapat pembuluh darah. pembuluh limfe. polygonal tetapi sel selapis gepeng. Myokardium dan yang paling luar Epikardium. diameter 15 µm. nervus. jaringan ikat padat (terdapat otot). Pada Myokardium terdapat otot-otot jantung jantung dan trabekel (lipatan). vena. Pada endokardium lapisan pelindungnya yaitu endotel. panjang 75-80 µm. batas serat kesatu dengan serat yang lain yaitu Duktus Interkalaris. otot jantung yang ciri-cirinya yaitu: silindris bercabang. myofibril tersusun rapi. mempunyai mioglobin dan glikogen.

Cabang dari aorta ascendens yaitu arteri intercostalis posterior. arteri subcostalis. arteri pericardiaca. aorta merupakan arteri utama yang membawa darah yang kaya oksigen dari ventriculus sinistra jantung ke jaringan-jaringan diseluruh tubuh. tipe muscular tunika adventisia lebih tebal) dan arteri kecil. Tunika Media(terdapat otot) dan Tunika Adventisia (terdapat jaringan ikat). arteri sedang (menghantarkan darah. aorta descendens. Arteri terbesar yaitu aorta. arteri carotis communis sinistra. dan arteri subclavia sinistra. Gambar : Histologi Pembuluh Darah . Aorta terbagi atas beberapa aorta yaitu: aorta ascendens. arteri oesophagus. Arteri terbagi atas 3 macam yaitu arteri besar (aorta). Cabang dari arcus aorta yaitu arteri anonyma (truncus brachiocepalicus). arcus aorta. Cabang dari aorta ascendens yaitu arteri coronaria (dextra dan sinistra) merupakan arteri sedang. arteri bronchiales.Lapisan pada pembuluh darah ada 3 yaitu Tunika Intima (terdapat lapisan endotel dan subendotel).

Jantung dipersarafi oleh saraf otonom. Tahanan dapat dikatakan dengan gesekan. sedangkan parasimpatis bekerja sebagai menurunkan kerja jantung (brachicardi). bunyi jantung kedua merupakan permulaan diastole ventrikel. Tekanan darah dapat dirumuskan sebagai berikut : Tekanan darah = Curah jantung x Tahanan. Bunyi pertama disebabkan oleh menutupnya katup trikuspidalis dan bikuspidalis sebagai akibat dari kontraksi ventrikel. (1) Volume darah yang dipompa oleh tiap-tiap ventrikel per menit disebut cardiac output atau curah jantung. Curah jantung = Kecepatan denyut jantung x volume sekuncup Keterangan : volume kuncup adalah volume yang dipompa darah per denyut . karena gesekan antara darah dan dinding pembuluh darah pada jantung yang menghambat aliran darah yang dipompa jantung. Jantung memiliki dua bunyi utama. Sedangkan bunyi kedua disebabkan penutupan katup aorta dan pulmonalis setelah kontraksi ventrikel berakhir. Penutupan katup semilunaris terjadi pada awal relaksasi ventrikel ketika tekanan ventrikel kiri dan kanan turun di bawah tekanan aorta dan arteri pulmonalis. Saraf simpatis dicabangkan dari trunkus simpatikus. Bunyi jantung pertama menandakan awitan systole ventrikel. sedangkan saraf parasimpatis berasal dari Nervus Vagus. dimana persarafan ini dibagi menjadi dua yaitu simpatis dan parasimpatis. Simpatis bekerja untuk menaikkan aktivitas jantung sebagai pompa (tahicardi).

Hal itu dibuktikan dengan cara kerja Jantung secara fisiologis.Masalah jantung yang dimilki bapak Udin diteruskan dengan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ jantung seperti paru-paru dan pembuluh darah. .anatomi jantung.BAB IV KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat diambil dari masalah kesehatan yang di derita Bapak Udin adalah Bapak Udin kemungkinan besar mempunyai masalah patologis pada organ jantungnya.persarafan jantung serta histologinya yang kami jelaskan yang semuanya berkaitan dengan pembuluh darah dan paru-paru.

BAB V DAFTAR PUSTAKA 1. Anatomi 2. Guyton. Sherwood L. Fisiologi Tubuh Manusia . Fisiologi Manusia 3.