P. 1
Soal-GETARAN &ELASTISITAS

Soal-GETARAN &ELASTISITAS

|Views: 218|Likes:
Published by septi682

More info:

Published by: septi682 on Jan 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2013

pdf

text

original

Soal - Getaran Dan Elastisitas

GETARAN 1. Sebuah bahan besi akan digunakan untuk jembatan. Bahan besi tersebut memiliki modulus Young 1,90 x 1011 Nm-2. Untuk menahan berat jembatan digunakan batang besi berbentuk silinder dengan luas penampangnya 9 cm2 dan panjangnya 38 m. setiap batang ditarik dengan gaya 3 x 104 N. tentukanlah: a. Tegangan; b. Pertambahan panjang; dan c. Regangan. 2. Sebuah kabel lift yang terbuat dari baja mengangkat beban dengan massa 900 kg. Jika diameter kabel baja tersebut adalah 2 cm dan panjangnya 24 m tentukanlah tegangan, regangan, dan pertambahan panjang dari kabel baja tersebut, jika modulus Young baja adalah 2,0 x 1011 Nm-2. 4 3. Sebuah kabel baja yang berdiameter 1,27 cm diregangkan dengan gaya sebesar 6,27 x 10 N sehingga kabel baja tersebut mengalami pertambahan panjang sebesar 8,7 mm. Berapakah panjang mula-mula kabel baja sebelum diregangkan? 4. Otot bisep Andi memiliki luas penampang maksimum 2 cm2. Berapakah tegangan otot ketika memberikan gaya 300 N? 5. Sebuah bola 50 kg digantungkan pada sebuah kawat baja yang panjangnya 5 m dan jarijarinya 2mm. Berapakah pertambahan panjang kawat?

ELASTISITAS 1. Sebuah pegas yang panjangnya 20 cm digantung vertikal. Kemudian, ujung bawahnya diberi benda dengan massa 200 g sehingga panjangnya bertambah 10 cm. B enda tersebut ditarik 5 cm ke bawah, kemudian dilepaskan sehingga benda bergerak harmonik. Jika g = 10 ms-2, tentukanlah frekuensi geraknya. 2. Sebuah benda melakukan gerak harmonik dengan amplitudo A. Pada saat kecepatannya sama dengan setengah kali kecepatan maksimum, berapakah besar simpangannya? 3. Sebuah pegas bergerak harmonik sederhana. Jika sebuah benda dengan massa 1 kg digantung pada ujung bawah pegas, periode yang dihasilkannya 3 sekon. Jika massa beban ditambah sehingga menjadi 3 kg, hitunglah periode getar yang dihasilkan pegas tersebut. 4. Sebuah jam bandul dipindahkan dari suatu lokasi yang percepatan gravitasinya9,8 ms-2 ke tempat lain yang gravitasinya 10,02 ms-2. Berapakah persentase perubahan panjang ayunan bandul jika periode jam banduk tersebut tetap?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->