KEBIJAKAN DIVIDEN(DEVIDEN POLICY

)

BAB I PENDAHULUAN

A.

LATAR BELAKANG MASALAH Latar belakang disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi Tugas yang diberikan oleh Dosen Softskill Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk lebih meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa dalam membuat suatu Makalah dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang kebijakan deviden karena berhubung penulis adalah mahasiswi jurusan Ekonomi Akuntansi, maka penulis mempunyai ide untuk membuat makalah tentang Kebijakan Deviden.

B.

IDENTIFIKASI MASALAH Kebijakan Deviden adalah kebijakan yang diambil untuk melakukan pembayaran deviden kepada pemegang saham untuk dijadikan sebagai deviden atau sebagai laba yang ditahan untuk investasi dimasa yang akan datang.

C.

PEMBATASAN MASALAH Pada makalah ini yang dibahas tentang  

Pengertian dari Kebijakan Deviden dan Deviden  Faktor yang mempengaruhi

factor apa saja yang mempengaruhi dan jenis ± jenis dari Kebijakan Deviden itu sendiri. MANFAAT / KEGUNAAN Manfaat ini dibuat untuk memahami apa arti dari Kebijakan Deviden. Dan Penulis juga berharap agar makalah ini dapat bermanfaat untuk banyak Orang baik sebagai Referensi ataupun hanya sekedar untuk dibaca . E. BAB II PEMBAHASAN PENGERTIAN . Dan bisa membantu mahasiswa lain untuk menggunakan makalah ini sebagai sumber untuk materi Kebijakan Deviden dalam perkuliahan atau tugas ± tugas yang diberikan oleh para Dosen. Macam ± macam dari Kebijakan Deviden  Contoh Soal tentang Kebijakan Deviden D. TUJUAN Tujuan dari dibuatnya makalah tentang Kebijakan Deviden ini adalah untuk membantu Mahasiswa dalam memahami tentang materi dan juga untuk menambah nilai pada mata Kuliah Softskill.

. Jadi.Dividen dibagi Perusahaan merupakan kas keluar maka semakin besar posisi kas dan Likuiditas perusahaan secara keseluruhan akan semakin besar kemampuan perusahaan untuk membayar dividen. 2.Deviden adalah pendapatan bagi pemegang saham yang dibayarkan setiap akhir periode sesuai dengan persentasenya. Kebijakan Dividen ini harus dianalisa dalam kaitannya dengan keputusan pembelanjaan atau penentuan struktur modal secara keseluruhan. Persentase dari pendapatan akan dibayarkan kepada pemegang saham sebagai ³ Cash Dividen ³disebut Dividen Payout Ratio ( DPR ). Kebijakan Dividen adalah Keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai deviden atau akan ditahan dalam bentuk laba ditahan guna Pembiayaan Investasi di masa datang.Aliran Kas perusahaan yang diharapkan. penegeluaran modal di masa datang yang diharapkan. Likuiditas Likuiditas Perusahaan sangat besar pengaruhnya terhadap Investasi perusahaan dan kebijakan pemenuhan kebutuhan dana. Kebutuhan Dana Perusahaan Kenyataannya merupakan factor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan kebijakan dividen yang akan diambil. Faktor Yang Sesungguhnya terjadi & Harus Dianalisis Dalam Kaitannya dengan Kebijakan Dividen : 1.

Stabilitas Laba Suatu Perusahaan yang mempunyai laba stabil sering kali dapat memperkirakan berapa besar laba di masa yang akan datang. 5.Perusahaan membiayai hutang itu pada saaat jatuh tempo atau menggantikan dengan jenis surat berharga yang lain.Perusahaan seperti ini biasanya cenderung membayarkan ³ DPR ³yang tinggi daripada perusahaan yang labanya berfluktuasi. MACAM ± MACAM KEBIJAKAN DEVIDEN . Tingkat Ekspansi aktiva Semakin cepat suatu perusahaan berkembang semakin besar kebutuhannya untuk membiayai ekspansi aktivanya. Kebutuhan Pelunasan Hutang Apabila Perusahaan mengambil hutuang untuk membiayai ekspansi atau untuk mengganti jenis pembiayaan yang lain perusahaan tersebut menghadapi dua pilihan. 4.Perusahaan cenderung untuk menahan laba daripada membayarkannya dalam bentuk deviden.Dividen yang lebih rendah akan lebih mudah untuk dibayar apabila laba menurun pada masa yang akan datang.3.Jika Keputusannya membayar Hutang tersebut maka biasanya untuk menahan laba.

Bagi pemegang saham stock split tidak membuat mereka .Kalau keadaan keuangan memburuk maka yang dibayarkan hanya dividen yang minimal saja. Penetapan Payout Ratio Yang Konstan Kebijakan ini memberi deviden yang besarnya mengikuti besarnya laba yang diperoleh oleh perusahaan. Kebijakan Deviden Yang Stabil Artinya Jumlah dividen per lembar yang dibayarkan setiap tahunnya relative tetap selama Jangka waktu tertentu meskipun pendapatan per lembar saham pertahunnya berfluktuasi. Apabila pendapatan perusahaan meningkat dan kenaikan pendapatan tersebut nampak mantap dan relative permanent barulah besarnya dividen per lembar saham dinaikkan.Dasar yang digunakan sering disebut dividen payout Ratio. Penetapan Dividen Payout Ratio Yang Fleksibel Besarnya setiap tahun disesuaikan dengan posisi financial dan kebijakan financial dari perusahaan yang bersangkutan. Penetapan Jumlah Dividen minimal plus jumlah ekstra Kebijakan ini menetapkan jumlah rupiah minimal deviden per lembar saham setiap tahunnya apabila keuntungan perusahaan lebih baik aka membayar deviden ekstra. Stock Split ( Pemecahan Saham ) Stock split adalah tindakan perusahaan memecah saham yang beredar menjadi bagian yang lebih kecil. &nb sp.Semakin besar laba yang diperoleh semakin besar deviden yang dibayarkan dan sebaliknya. a.

&nb sp. a x Jmlh lbr saham b &nb sp.000 Laba di tahan &nb sp. = &nb sp.000.000 lbr ) Capital surplus 15. Contoh .000. Perusahaan menentukan stock split dari satu menjadi dua saham ( Dari contoh soal di atas ) Setelah adanya Stock split Saham biasa ( Nominal : Rp 2500 . &nb sp. 120.000. = 75.000 &nb sp. Modal sendiri &nb sp. .000 &nb sp. = RUMUS YANG DIGUNAKAN b x Jlh lbr saham a &nb sp.  Tujuan Stock Split adalah untuk menempatkan harga pasar saham dalam trading range tertentu. Jika tidak ada keuntungan secara ekonomis mengapa perusahaan melakukan stock split     Stock split dilakukan untuk menjaga agar harga saham tetap berada pada optimal price range.bertambah kekayaannya karena kenaikan jumlah saham diimbangi dengan penurunan nilai saham . 120.000 &nb sp. &nb sp.000. Harga saham yang tinggi akan menyulitkan investor untuk membeli saham tersebut sehingga dapat menurunkan permintaan. 30.

Stock Dividen ( Deviden Saham ) Stock dividen adalah tindakan perusahaan memberikan saham baru sebagai pembayaran dividen atau kebijakan yang pembayaran dividennya kepada pemegang saham dalam bentuk saham bukan dalam uang tunai. Akibatnya harga saham bisa turun.Apabila diperolehnya. &nb sp. Bagi investor dengan adanya stock deviden tidak memperoleh apa ± apa kecuali tambahan saham. Tujuan Perusahaan dalam memberikan stock dividen adalah untuk menghemat kas karena adanya kesempatan investasi yang lebih menguntungkan Masalah yang muncul jika perusahaan tidak membagi dividen tunai investor bisa salah persepsi terhadap emiten. Stock Repuchase ( Pembelian Kembali Saham ) Jika perusahaan memiliki kelebihan dana tetapi mempunyai sedikit kesempatan investasi.b. sehingga untuk menghindari efek negatif ini perusahaan dapat membagi stock dividen sebagai pengganti dividen kas. maka kelebihan dana tersebut dapat didistribusikan dengan membeli kembali saham . memerlukan dana investor dapat menjual tambahan saham yang RUMUS YANG DIGUNAKAN   STOCK DIVIDEN ( SD ) = %SD x Jumlah Lembar Saham a.

Ada dua dua metode pembelian kembali saham yang sering digunakan yaitu :  Penawaran tender sendiri (self tender offer)  Pembelian saham di pasar terbuka (open market purchase).000.000 1. maka saham yang beredar menjadi lebih sedikit sehingga EPS (earning per share) dan dividen per lembar saham segera meningkat.000 &nb sp.000 maka akan dapat dibeli saham sebanyak : &nb sp.000.000.000 perusahaan akan membeli saham dengan dana Rp 40. Dengan pembelian kembali saham.000. 1.perusahaan atau meningkatkan pembayaran deviden.000 = Rp 40 Dengan demikian investor beraharap nilai saham sebelum dividen dibayarkan Rp 2. &nb sp. 2. &nb sp.000.Saham beredar Laba per lbr Saham Harga Pasar Saham setelah dividen Price / earning ratio &nb sp. &nb sp.000 Laba setelah Pajak Jml. = 40. Contoh : &nb sp. = 20.000 lbr &nb sp.000 lbr shm .000. Perusahaan sering harus melakukan pembelian kembali saham karena perusahaan memiliki kelebihan kas dan tidak ada kesempatan investasi yang menguntungkan.000 sebagai pembayaran dividend an pembelian kembali saham perusahaan maka dividen per lembar saham &nb sp. Sebagai hasilnya harga pasar perlembar saham akan naik. Rp 1920 24 kali Rp 160 Rp 80. Perusahaan akan membagikan keuntungan sebesar Rp 40.000 = 40.Alasan lain mungkin perusahaan akan melakukan penggabungan usaha dengan perusahaan lain.000. &nb sp.

000) 27.000.000 ± 4.000 4. : &nb sp. &nb sp.000) 27.000 Laba ditahan 25.000. : &nb sp.000 lbr ) Agio saham 27. = Stock Dividen 20% dengan harga pasar saham 8.600.000 =2400 = 57.Tentukan struktur modal baru setelah reverse spilts dan berikan analisinya. jadi keuntungan per lembar saham = Rp 80.Tentukan Struktur Modal perusahaan setelah adanya stock deviden.33 Contoh Soal Perusahaan memepunyai struktur modal sebagai berikut : Saham Biasa ( Nominal@ 4. . = 48.000 &nb sp.000/lbr. 12.000 x ( 2400 + 12. &nb sp. b.600. c.000. &nb sp.000 &nb sp. JAWAB Stock deviden Saham Biasa Agio Saham &nb sp.000.000 &nb sp.000.000 : 960. &nb sp.000 = 36.600. Stock spilts ³ six to three´.000 . : 20% x 12.000 + (2400(8.Tentukan struktur modal baru setelah stock splits dan berikan analisisnya.000 Modal sendiri a. &nb sp.000.000 = Rp 833.000 Lbr. = 100.000 + 9.000. &nb sp. &nb sp. = &nb sp. Reverse splits ³ two to five´.Jumlah lembar saham yang beredar menjadi Rp 960.

= 5.500 ) Agio saham Laba ditahan &nb sp.000 dan laba ditah berkurang menjadi 5.000 a.000 Jumlah Modal sendiri Analisa : jika perusahaan melakukan stock deviden 20% maka jumlah lembar saham akan bertambah sebanyak 2400 lembar.000 a b 3 6 x jlh nominal x 4.LYD &nb sp. &nb sp.800.000 100. : 9. 5.600.600.000 ± ( 2400 x 8.000.000 = 24.000 .000.800. &nb sp.800. = 36.000 &nb sp. Stock splits ³ six to three µ b x jlh lembar shm a 6 3 x 12.000 &nb sp.000 ) = 5. = 2000 .000 Struktur Modal baru Saham Biasa ( @7. = 57. agio saham bertambah menjadi 36.600.000 &nb sp.

000 &nb sp.000.Jadi.000lbr sedangkan nilai nominal saham akan berkurang menjadi 2. = 10. = 25.000 = 4. = 27.000 &nb sp.000 &nb sp. struktur modal baru adalah sbb Saham biasa ( @ 3.000.000 / lembar.000 . &nb sp.000 &nb sp.000.500 . a b Reverse spilts ³two to five ³ x jumlah lembar 2 5 x 12. 10. : &nb sp. = 48. &nb sp. =100.000 &nb sp.maka jumlah lembar saham berubah menjadi 24.800 b a x Nilai nominal 5 2 x 4.000. b.000 lbr ) Agio Saham LYD &nb sp. Modal sendiri Analisis : Jika perusahaan melakukan stock splits :six to three´.

000 lembar. &nb sp.000 &nb sp.000 = 100.000 = 25. = 48.sedangkan nilai nominal bertambah menjadi Rp 10. &nb sp. &nb sp. &nb sp.500 ) Agio Saham LYD &nb sp.000. Modul Praktikum Manajemen Keuangan 2 . Daftar Pustaka : 1.Jadi struktur modal baru Saham biasa ( @ 2.000. 17. = 27.000.000. &nb sp.000 .800 lembar.000 Modal Sendiri Analisis Jika perusahaan melakukan stock splits ³six to three´maka jumlah lembar saham berkurang menjadadi 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful