Implementasi Sistem Informasi Geografi (SIG

)
Oleh : M.Komarudin S.Si RINGKASAN Makalah ini memberikan salah satu gambaran tahapan proses Pembangunan SIG yaitu tahap Implementasi. Tahapan Implementasi merupakan suatu tahapan yang tidak dapat terlepas dari rantai proses pembangunan SIG secara keseluruhan. Implementasi SIG merupakan suatu proses penerapan yang terdiri dari tahapan penerapan rencana implementasi, implementasi dan tindaklanjut implementasi. Dalam pelaksanaan proses implementasi SIG harus selalu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan sistem sehingga hasil implementasi dapat berjalan dengan optimal.

I. PENDAHULUAN SIG adalah suatu sistem informasi menyangkut keberadaan obyek di permukaan bumi berikut informasi yang terkandung di dalamnya yang mempunyai keterkaitan secara geografis dengan obyek lainnya. Secara sederhana SIG dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang memberikan suatu jawaban atas suatu pertanyaan “ Ada apa disana?”. Di dalam SIG, sistem yang dikembangkan adalah menyangkut segala hal yang berhubungan dengan pengumpulan, manajemen data spasial dan analisis terhadap obyek yang dilakukan dengan membuat overlay antar obyek. SIG didefinisikan sebagai suatu sistem manajemen database yang terkomputerisasi untuk mendapatkan data, mengumpulkan data, mengolah kembali, mentransformasikan dan melakukan analisis sekaligus menampilkan obyek baik secara spasial maupun dalam bentuk tabel. Secara lebih komprehensif SIG didefinisikan sebagai suatu sistem yang terintegrasi menggunakan perangkat komputer untuk melakukan proses yang berkelanjutan dan menyeluruh yang meliputi pengumpulan data (capture), penyimpanan data (storage), pengaksesan data (retrieval), analisis dan menampilkan data (display) menggunakan posisi obyek di permukaan bumi yang terintegrasi untuk mendukung pengambilan keputusan.

SIG menawarkan suatu sistem yang mengintegrasikan data yang bersifat keruangan (spasial / geografis) dengan data tekstual yang merupakan deskripsi menyeluruh

Hal - 1

maka perlu dikembangkan kembali suatu sistem untuk mengatasinya dan proses ini kembali ke tahap yang pertama yaitu ahap perencanaan sistem. Pengembangan SIG yang berbasis komputer merupakan tugas kompleks yang membutuhkan banyak sumberdaya dan dapat memakan waktu yang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena : 1. Proses pengembangan sistem ini melewati beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai dengan sistem tersebut diterapkan. Adanya instruksi-instruksi (directives). Secara umum pengembangan Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat berarti menyusun suatu SIG yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Gambar : Model System life cycle SIG Awal Pembangunan SIG Pengembangan SIG Manajemen Sistem Hal . Untuk meraih kesempatan-kesempatan. Adanya permasalahan-permasalahan yang timbul disistem yang lama. 2.tentang obyek dan keterkaitannya dengan obyek lain. Implementasi / penerapan SIG yang merupakan salah satu bagian dari siklus hidup sistem terdiri dari beberapa tahapan proses. Bila operasi sistem yang sudah dikembangkan masih timbul kembali permasalahan-permasalahan yang kritis serta tidak dapat diatasi dalam tahap pemeliharaan sistem. Dengan sistem ini data dapat dikelola.2 . 3. dilakukan manipulasi untuk keperluan analisis secara komprehensif dan sekaligus menampilkan hasilnya dalam berbagai format baik dalam bentuk peta maupun berupa tabel atau report seperti pada gambar model data SIG diatas. Siklus ini disebut dengan siklus hidup sistem (Gambar : System life cycle). dioperasikan dan dipelihara.

Bagian proses rencana implementasi yang lain adalah sebagai berikut : a. Anggaran Biaya ini selanjutnya juga berfungsi sebagai pengendalian terhadap biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Skedul waktu berfungsi sebagai pengendalian terhadap waktu implementasi.Rencana implementasi dimaksudkan terutama untuk mengatur biaya dan waktu yang dibutuhkan selama tahap implementasi. Ketika Rumusan Strategi Perencanaan SIG telah selesai dianalisis dan desain secara rinci serta tehnologi telah diseleksi dan dipilih.3 . Rencana Implementasi merupakan kegiatan awal dari tahap implementasi. Kegiatan ini lebih banyak kegiatan yang bersifat input data sesuai prosedur atau petunjuk Hal . semua biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan implementasi perlu dianggarkan dalam bentuk anggaran biaya. atau dapat pula melakukan studi banding ke instansi atau lembaga lain dalam rangka melakukan percobaan pelaksanaan proses-proses operasi b. Implementasi SIG Tahapan Implementasi SIG merupakan tahapan meletakan SIG supaya siap untuk dioperasikan. Diagram Alur Proses Implementasi SIG dalam Tahapan Perencanaan Pembangunan SIG Tiba saatnya sekarang SIG diimplementasikan (diterapkan). Percobaan / Studi Banding Yaitu melakukan operasi-operasi dalam percobaan dengan menggunakan data-data yang sesungguhnya. Waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan implementasi juga perlu diatur dalam rencana implementasi dalam bentuk skedul waktu.II. Menerapkan rencana implementasi. Dalam rencana implementasi ini. Tahap implementasi GIS dapat terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut : 1. Pembangunan database Tahapan pembangunan database yang dilakukan merupakan implementasi dari Rencana dan desain yang telah didokumentasikan pada tahapan Desain database SIG. Rencana Implementasi perlu dibuat agar kegiatan implementasi dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.

Pembangunan Database b. proses ini merupakan proses yang tidak pernah selesai dalam pembangunan SIG. Hal dikarenakan dalam kontek perkembangan waktu. Proses selanjutnya adalah melakukan pengetesan penerimaan sistem (system acceptance test). c. melakukan kontrak dengan pihak ketiga. maka forum ini dapat merupakan acara penyerahan sistem. maka pada pengetesan ini dilakukan dengan menggunakan data sesungguhnya dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan oleh analis sistem bersama-sama dengan user. pembuatan peta atau overlay peta . Aplikasi dan Pengembangan SIG . penyajian dalam tampilan. Analisis sistem masih perlu dilakukan sebagai langkah lanjut setelah sistem baru diimplementasikan sesuai pada gambar Struktur Penggunaan dan Pemeliharaan database SIG dibawah . atau membangun sendiri program aplikasinya 3. c. Jika pada pengetesan sistem sebelumnya digunakan data test (test data) dan dilakukan oleh analis sistem bersama-sama dengan pemrograman komputer. Setelah pengetesan penerimaan ini selesai dilakukan. Tindak lanjut implementasi merupakan tahapan proses akhir dalam siklus hidup SIG.Standard Aplikasi SIG pada umumnya akan lebih berdaya guna dengan penambahan aplikasi baru sebagai pelengkap modul standard untuk memenuhi kebutuhan : Query data. Pengadaan Hardware dan Software 2. Tindak lanjut implementasi. Prosedur dan petunjuk pelaksanaan yang digunakan yang sudah melalui proses uji. Hal . Integrasi Sistem Integrasi system yang dilakukan meliputi integrasi system aplikasi maupun integrasi system data. suatu pertemuan sebagai forum rapat penerimaan (acceptance meeting) perlu diselenggarakan oleh manajemen. Jika sistem yang baru telah disetujui.Dalam proses pembangunan aplikasi SIG ini dapat dilakukan dengan cara : memesan Beberapa Aplikasi SIG (Costumise) dari vendor SIG. Pengetesan ini berbeda dengan pengetesan sistem yang telah dilakukan sebelumnya. Namun demikian untuk kondisi yang sudah berjalan secara baik.4 . Melakukan kegiatan implementasi. tehnologi dan kesempatan-kesempatan timbul selalu menuntut perubahan pada system yang telah ada. Forum ini dihadiri oleh analis sistem. a.pelaksanaan yang telah ditetapkan. manajer dan pemakai sistem untuk menentukan sistem yang baru diterima atau harus diperbaiki kembali.

yaitu : 1. Penutup Dalam tahapan Implementasi SIG ada beberapa prinsip-prinsip penerapan yang dapat digunakan sebagai kerangka proses implementasi. apalagi apabila digunakan tehnologi yang mutakhir. sehingga SIG yang diimplementasikan harus dapat mendukung kebutuhan yang diperlukan oleh Manajemen. Investasi untuk pembangunan SIG yang terbaik adalah harus bernilai. Dalam hal investasi ini maka harus mempertimbangkan hal-hal berikut : a. berbagai alternatif pembangunan SIG harus dikaji b. SIG yang diimplementasikan adalah untuk manajemen. maka yang akan menggunakan informasi dari SIG ini adalah manajemen. 2. SIG yang diimplementasikan adalah investasi modal yang besar Dalam pembangunan SIG maka kebutuhan biaya investasi yang diperlukan adalah tidak sedikit. Gambar Ilustrasi Biaya Pada Beberapa Proses Pembangunan SIG Hal . Setelah Implementasi SIG dilakukan.Gambar Struktur Penggunaan dan Pemeliharaan database SIG dibawah III.5 .

6 . SIG yang diimplementasikan memerlukan orang yang terdidik Manusia merupakan faktor utama yang menentukan berhasil tidaknya suatu Sistem. Oleh karena itu orang yang terlibat dalam pengembangan maupun penggunaan sistem ini harus merupakan orang yang terdidik tentang permasalahan-permasalahan yang ada dan terhadap pemecahan-pemecahan masalah yang mungkin harus dilakukan. Gambar Model Struktur Organisasi Team Pembangunan SIG (Skala Kecil – Menengah) Hal . penerapan (implementasi). maupun dalam proses operasinya. baik dalam proses pengembangan.3.

bruton. http://www. Pembatalan proyek merupakan salah satu alternatif keputusan yang diperbolehkan. Beberapa pengalaman menunjukan bahwa tanpa adanya perencanaan dan koordinasi kerja yang baik. 2. _____________. maka proses implementasi tidak akan berhasil dengan optimal. Jogiyanto . Daftar Pustaka 1.utdallas. 6. Dokumentasi harus ada untuk pedoman dalam pengembangan sistem. 5. GIS Planning and Implementation POEC 6383. Pada kegiatan implementasi SIG pada umumnya melibatkan beberapa personil dalam membentuk suatu team untuk mengerjakannya.7 . Ron Brigss. Tahapan kerja dan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam proses rencana implementasi.Gambar Model Struktur Organisasi Team Pembangunan SIG ( Skala Besar ) 4. wewenang dan tanggungjawab personil harus tertuang dalam dokumen secara jelas. 3. Job diskripsi yang tugas. Hal .edu Management. Tahapan kerja dituangkan dalam sistem prosedur sehingga memudahkan pengendalian proses. Analisis & Desain Sistem Informasi. GIS Development Guide : Database Construction.