METODE PENYELIDIKAN DALAM PSIKOLOGI Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Psikologi Umum Dosen Pengampu : Hj.

Enik Nur Kholidah, M.A

Oleh : F. Maya Ratih Karisa. D. Anjani Khairu Ilaina Henri Arya Gani 10144200113 10144200122 10144200148 10144200

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA 2010/ 2011

Sehingga metode penyelidikan berarti suatu cara yang digunakan dalam penyelidikan. Pembahasan tentang metode penyelidikan ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian tentang beberapa metode yang digunakan dalam penyelidikan psikologi.2 Apakah kelebihan dan kelemahan yang terdapat dalam setiap metode? .1 Apakah metode penyelidikan yang sering digunakan dalam psikologi umum? 2.BAB I PENDAHULUAN 1. Agar penyelidik atau observer dapat menentukan metode yang tepat untuk menyelidiki obyeknya. Dalam setiap penyelidikan harus dapat menentukan metode yang tepat agar penyelidikan mendapatkan hasil yang optimal. RUMUSAN MASALAH 2. 2. Dalam makalah ini akan membahas tentang beberapa metode yang digunakan dalam psikologi umum dengan judul ³ METODE PENYELIDIKAN DALAM PSIKOLOGI ´. LATAR BELAKANG MASALAH Metode berasal dari kata methode yang berarti suatu cara.

lalu ingin menyelidiki mengapa kita marah. 5. Misalnya. 3. Banyak gejala kejiwaan dapat diselidiki dengan lebih sukses kalau mempergunakan metode instropeksi. 4. kalau orang yang diselidiki jujur. Metode Ekstrospeksi Metode ekstrospeksi berarti melihat keluar. sehingga apa yang dirasakan dapat kita lihat dengan jelas. Mudah untuk mengungkap kejiwaan anak-anak karena anak tidak dapat menguasai diri. Tidak semuanya dapat di ingat kembali. Subyektif 2. Tidak dapat dilakukan oleh anak-anak. 2. Tidak jujur terhadap diri sendiri. Memberi sumbangan yang besar sekali terhadap penyelidikan psikologi. Sering menambah keterangan dengan hal-hal yang tidak benar. Yang di ungkapkan dan diselidiki hanya hal-hal yang baik dan menguntungkan diri sendiri. Kekurangan-kekurangan metode instropeksi: 1. Intropeksi / Mawas Diri Intropeksi berarti melihat ke dalam atau mengamati diri sendiri.BAB II PEMBAHASAN METODE PENYELIDIKAN DALAM PSIKOLOGI A. Metode ekstrospeksi lebih obyektif 2. Kelemahan dan kelebihan dari metode ekstrospeksi: 1. tetapi kelompok orang yang sedang dijadikan eksperiment. B. 6. kita sedang marah. Subyektivitas dari metode ini dapat diatasi dengan metode instropeksi sendiri. Ada sesuatu hal yang sukar dinyatakan dengan tepat karena terbentur bahasa. Kelebihan metode instropeksi: 1. 4. atau mengamati orang lain. Suatu metode yang khas yang hanya terdapat pada manusia (lapangan psikologi). 3. .

3. Sedikit waktu dan tenaga yang terbuang Bagi yang pemalu. yang diwawancarai orang tuanya. Misalnya akan menyelidiki siswa. C. Metode interview Metode interview atau metode wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara interviewer (pewawancara) memberi pertanyaan kepada interviewee (orang yang di wawancarai). Dapat langsung ditujukan kepada orang yang diselidiki tetapi dapat pula dilakukan secara tidak langsung. Kelemahan metode angket ialah: 1. Kelebihan metode angket adalah: 1. Biasanya. D. Lebih praktis. Anak tidak bebas 2. karena si penyelidik tidak perlu datang sendiri (dapat dilakukan pada jarak jauh). Kebihan metode interview: 1. Jawaban tidak terpengaruh oleh sikap si penyelididk. Sukar untuk mengungkap kejiwaan orang dewasa karena orang dewasa pandai menahan perasaannya. Tidak dapat melihat sikap. Interviewer kurang pandai. Kelemahan metode interview: 1. 4. 4. Hubungan antara interviewer dengan interviewee lebih dekat .3. 2. hasilnya kurang baik. dapat menjawab dengan lebih bebas dan tidak malu-malu. Kurang praktis 4. mimik dapri pada orang yang diselidiki. 3. Hubungan yang diselidiki dengan yang menyelidiki jauh. 2. Membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak 3. questionare yang telah dikeluarkan tidak dapat kembali semua Kalau waktu menjawab yang menunggu orang lain respondent tak dapat bertanya kalau ada kalimat atau pertanyaan yang kurang dimengerti. Metode Angket Metode angket adalah suatu metode penyelidikan dengan bantuan daftar pertanyaan dan atau daftar pernyataan dalam bentuk tertulis.

eksperimenter sangat puas karena hasilnya sangat memuaskan. Observasi partisipan dan Observasi nonpartisipan Ada 2 macam observasi partisipan. Dapat dibantu dengan berbagai alat penyelidikan. kelompok kedua tidak. kita sengaja menimbulkan gejala psikis tertentu untuk kita pelajari. 3. Kalau dalam analisis ternyata kelompok pertama lebih baik. yaitu partial participation dan full participation. yaitu: 1. Metode Eksperimen Dalam metode eksperimen si penyelidik mengadakan penyelidikan dengan jalan percobaan. Ada 3 jenis teknik observasi. Kemudian kedua kelompok diberi soal hitungan yang sama dan diharuskan dmenyelesaikan soal itu.2. Hal-hal yang kurang jelas dapat dijelaskan lagi 4. Gejala kejiwaan yang akan diselidiki tidak dapat dipisahkan dengan gejala-gejala jiwa yang lain 2. Merupakan studi yang teliti dan mendalam sekali. Tidak semua gejala kejiwaan dapat diselidiki dengan eksperimen. Hasilnya lebih dapat dipercaya dari pada pengetahuan yang hanya berdasar renungan-renungan belaka. Kelebihan metode eksperimen: 1. Hasilnya dicatat. sehingga kalau berhasil. E. 2. F. berarti hadiah mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar berhitung. Metode Observasi Metode observasi ialah cara penyelidikan yang sistematid dan disengaja melalui pengamat kearah kejadian-kejadian yang spontan pada saat kejadiannya. Kalau seorang mengambil parial partipation berarti ia . Dapat disesuaikan dengan situasi yang ada pada waktu itu. Dari contoh ini jelas sekali kalau dalam eksperiment. ingin menyelidiki pengaruh hadiah terhadap prestasi belajar. Interviewer dapat mengetahui sikap. dimasukan dalam kelas yang terpisah. mimik dari pada interviewee 3. si penyelidik membagi anak-anak yang akan diselidiki menjadi 2 kelompok. Sukar di ulang-ulang 3. Kelompok pertama diberi hadiah. Misalnya. Kelemahan metode eksperimen: 1.

hanya dengan membaca biographynya yang sudah jadi. sehingga data tidak lengkap. 3. Metode tersebut juga mempunyai kelebihan. Kalau observasi dilakukan tanpa terlebih dahulu membuat kerangkanya. maka penyelidik dapat mengetahui secara pasti perkembangan kejiwaan dari orang yang diselidiki. Bersifat subyektif. Karena mengenai hal yang telah lalu. lukisannya dan . Kalau unsur partisipasi tidak ada disebut observasi nonpartisipant. Metode Analisis Karya Seseorang Penyelidik menganalisa hasil karya seseorang yang akan diselidiki keadaan jiwanya. Misalnya ukir-ukirannya. dan teliti. I. 2. Setelah ini. Observasi eksperimental dan Observasi noneksperimental Dalam eksperimen obsevasi. Artinya kita mencatat secara sistematis segala sesuatu yang akan kita amati. penyelidik harus tekun. Metode ³Perkembangan´ atau ³developmental Method´ Metode ini berusaha menyelidiki perkembangan kejiwaan seseorang dengan cara pengamatan dan pencatatan contoh-contoh yang terpilih dari tingkah laku individu sleama perkembangannya. penyelidik berusaha mengendalikan situasi.hanya mengambil sebagian dari kegiatan yang ada begitupun sebaliknya. karena bila mencatatnya teratur dan teliti. penyelidik sudah dapat mengetahui perkembangan jiwanya. observer mengamati percobaan tersebut. banyak yang lupa. Metode ini membutuhkan waktu yang lama. sebelum kita melakukan observasi terlebih dahulu membuat kerangkanya. Kelebihan metode biography: Dengan waktu yang sangat singkat. tidak usah menyelidiki bertahuntahun sejak orang yang diselidiki itu masih kecil. G. disebut observasi nonsistematis. lebih-lebih pada autobiogrphy 2. sabar. H. Metode Biography Biography adalah lukisan tentang riwayat hidup seseorang. patungnya. Kelemahan metode biography: 1. mengatur situasi dan menimbulkan situasi sehingga sesuai dengan tujuan penyelidikan. Observasi sistematis dan Observasi nonsistematis Dalam observasi sistematis.

Banyak keterangan-keterangan yang sukar dipercaya kebenarannya. Patient diselidi oleh suatu staf para ahli. sehingga sukar di ungkap dengan tes. setelah mendapatkan data-data yang lengkap. sehingga hanya dapat mengungkap sebagian saja dari pribadi manusia. baik bersifat verbal maupun performance dan semua itu sudah distandarisasikan (dilakukan). soal-soal maupun tugas-tugas. mengadakan case conference (sidang yang dilakukan oleh staf ahli untuk memecahkan persoalan-persoalan menyelidiki kapan seseorang mengalami kelainan dan theraphy). Metode Case History Metode case history dapat diartikan sebagai cara untuk menyelidiki masalah seseorang secara mendalam. Lebih-lebih yang bersifat verbal. Tes tidak culture free (tidak bebas dari kebudayaan). sosial dan sebagainya. 3. J. berarti valid dan reliable sehingga bagaimanapun juga hasilnya lebih mantap. waktu. Ini membutuhkan perasaan yang sangat halus. K. Hanya dapat mengungkap keadaan seseorang pada saat-saat tertentu saja (moment opname) Kelebihan metode tes: 1. . 2. supaya dapat menganalisis dengan tepat. 2. Tes mudah dilakukan. dan penyelidikan mempergunakan kombinasi dari berbagai metode supaya memperoleh data yang lengkap dan mendalam. 2. Kelemahannya: 1. karena hanya berdasarkan ingatan saja. Banyak kejiwaan manusia yang tidak dapat dicapai tidak dengan metode tes. dan biaya. klinik. Sukar mengumpukan para ahli 3. Penyelidik. Biasanya digunakan untuk menyelidiki orang-orang yang mengalami gangguan jiwa. Pribadi manusia sangat komplek. Sangat makan tenaga. Kelemahan metode tes: 1. misalnya ahli dalam bidang psycologi.sebagainya. Metode tes Metode tes adalah cara penyelidikan yang menggunakan pertanyaanpertanyaan. sakit jiwa dan anak-anak luar biasa. karena pada umumnya tes kurang lengkap.

Kelebihannya: Dapat mengungkap masalah kejiwaan pada orang-orang yang mengalami gaanguan jiwa. tidak dapat diungkap. dimana dengan metode lain. orang yang tidak dapat mengadakan instropeksi. . orang yang berkelainan.

metode dalam psikologi penyelidik dapat menentukan mana metode yang tepat untuk menyelidiki obyek. memperhatikan . SARAN Dalam memilih metode penyelidikan. KESIMPULAN Dengan memahami metode.BAB III PENUTUP 1. 2. penyelidik perlu kelemahan dan kekurangan dari setiap metode.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful