SATUAN ACARA PENYULUHAN TEMA SASARAN WAKTU TEMPAT PENGAJAR : Personal Higiene : Kelayan di BPSTW Ciparay Bandung : Jam

09.00 s.d 10.00 tanggal 3 November 2004 : Aula BPSTW Pakutandang Ciparay : Mahasiswa PPN Angkatan VII PSIK

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TIU) Setelah dilakukan penyuluhan mengenai personal higiene diharapkan kelayan memahami mengenai personal higiene yang harus diperhatikan oleh masing-masing . TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK) Setelah dilakukan penyuluhan selama 20 menit kelayan dapat : 1. menyebutkan dengan benar hal-hal yang harus diperhatikan pada kebersihan diri dari head to toe 2. menyebutkan dengan benar alasan dan kegunaan dijaganya kebersihan diri 3. lansia mengatakan siap untuk membantu sesama lansia yang mempunyai keterbatasan untuk melakukan personal hygiene ALOKASI WAKTU : ( 20 menit ) No Pre Interaksi 1 2 3 Memberi salam dan memperkenalkan diri Menjawab salam Menjelaskan tujuan penyuluhan dan tema Mendengarkan penyuluhan Apersepsi dengan menggambarkan tingginya Mendengarkan insidensi kutu kepala Isi 4 Menjelaskan materi penyuluhan mengenai Mendengarkan personal higiene; kepentingan, hal-hal yang 5 harus diperhatikan head to toe Memberikan kesempatan kepada komunikan Mengajukan untuk 6 7 bertanya tentang materi yang pertanyaan 5 mnt disampaikan Penutup Memberikan pertanyaan akhir sebagai evaluasi Menjawab Menyimpulkan bersama-sama hasil kegiatan Mendengarkan 10 mnt 5 mnt Komunikator Komunikan waktu

tangan dan kuku) 2. sebaiknya segera ke Puskesmas. RAMBUT DAN KUKU : Cuci rambut secara teratur paling sedikit dua kali seminggu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat di rambut dan kulit kepala. Coba kakek dan nenek sebutkan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam kebersihan diri pada daerah a. Bila perlu dapat digunakan pasta gigi. termasuk bagian gusi dan lidah. Pada waktu tidur. Bila ada gigi berlubang. badan c. alat gerak (kaki.8 penyuluhan Menutup penyuluhan dan mengucapkan salam Menjawab salam STRATEGI PENGAJARAN Demontrasi dan Diskusi MEDIA PENGAJARAN Leaflet EVALUASI 1. gigi tiruan/palsu tidak dipakai dan direndam dalam air bersih. kesehatan mata d. • 1. KEBERSIHAN MULUT DAN GIGI DIJAGA DENGAN : Untuk yang masih mempunyai gigi : Menyikat gigi secara teratur sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari. KEBERSIHAN KEPALA. kepala termasuk gigi dan mulut b. Bila tetap ada endapan warna kuning sampai cokelat. 3. 2. sebutkan tujuan dan manfaat dijaganya kebersihan diri 3. Maukah kakek dan nenek membantu sesama lansia dalam memenuhi kebutuhan kebersihan dirinya Lampiran materi penyuluhan Personal Higiene • 1. Bagi yang menggunakan gigi palsu : Gigi dibersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan di bawah air yang mengalir. pagi hari dan malam sebelum tidur. kirim ke Puskesmas/dokter gigi. Bagi mereka yang tidak mempunyai gigi sama sekali : Setiap habis makan juga harus menyikat bagian gusi dan lidah untuk membersihkan sisa makanan yang melekat. .

menghilangkan kotoran. memberikan kesegaran pada tubuh. • KEBERSIHAN KULIT (MANDI) : Usaha untuk membersihkan kulit dapat dengan cara mandi setiap hari secara teratur. tapi jadi terang bila jarak didekatkan. Pada saat mandi lansia sebaiknya mempergunakan air hangat untuk merangsang peredaran darah dan mencegah kedinginan. tulisan yang kecil menjadi kabur pada jarak normal. Akibatnya. Tempat tidur harus selalu dibersihkan. harus segera mengkonsultasikan diri ke dokter. Manfaat mandi adalah menghilangkan bau. Juga kasur harus dijemur ditengah terik matahari. .2. menggunakan • KEBERSIHAN MATA : Elastisitas lensa mata pada lanjut usia berkurang. • Potong kuku secra teratur. paling sedikit dua kali sehari. Kasur yang cekung ditengah hendaknya dibalik setiap kali bila tempat tidur dibersihkan. Tidak usah menunggu sampai dua tahun bila ada kelainan-kelainan seperti : • • • Kesulitan membaca Memasukkan benang ke lubang jarum Kesulitan membaca nomor bus dan lain-lain Sabun yang halus dan jangan terlampau sering karena dapat mempengaruhi keadaan kulit yang sudah kering dan keriput. Setiap dua tahun mata harus dikontrol. KEBERSIHAN TEMPAT TIDUR : 1. merangsang peredaran darah. bila tidak ada kelainan. Gejala yang tak normal antara lain : • • • • • • Penglihatan menjadi ganda Bintik hitam atau ada daerah yang gelap Sakit pada mata Terlihat ada warna atau terang di sekitar ujung-ujung objek Mata yang kemerahan Tiba-tiba kehilangan kemampuan melihat dengan jelas Bila ada gejala-gejala ini.