Multimedia

Disusun oleh : Taufan Rahardyanto, A. Md Mata Diklat : Desain Grafis SMK BPS&K 2 Jakarta Teknik Multimedia

Pengantar Multimedia

Pada saat sekarang ini banyak media yang bermunculan yang dijadikan sarana beriklan (yang amat gencar). Dari mulai media cetak hingga elektronik memiliki karaketeristik dan sasaran yang berbeda satu sama lain. Media cetak yang kini bersifat konvensional (tradisional) kini pelan-pelan mulai tergeser oleh perkembangan teknologi yang amat pesat. Arus teknologi membuat banyak media-media yang dinilai konvensional / tradisional semakin tersingkirkan walaupun saat ini masih banyak masyarakat luas yang belum bisa meninggalkan mediamedia ini.

• Media konvensional ini menghabiskan budget yang tidak sedikit dalam proses produksi hingga pendistribusian kepada end-user. karena hanya elemen layout dan grafis saja. • Media konvensional seperti koran. misalnya. • Media ini jelas tidak dapat berintegrasi dengan elemen-elemen lain.Banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam media konvensional : • Media Konvensional tidak dapat berinteraktif dengan end-user secara langsung.   . pada media koran tidak dapat diletakkan elemen film atau link. Ini berakibat produsen tidak mendapat feedback atau umpan balik secara langsung. majalah. atau media yang menggunakan sarana kertas telah dinilai menguras kayu hutan sebagai bahan dasar kertas yang kini makin menipis.

 .MULTIMEDIA Multimedia pada dasarnya merupakan penggabungan beberapa media yang saling keterkaitan dan saling berintegerasi satu dengan yang lain. Aplikasi multimedia dapat digunakan sebagai : • Media pembelajaran pada lingkungan sekolah • Iklan atau media promosi lainnya. dsb. Multimedia dipercaya sebagai salah satu jenis media yang lebih mutakhir dan sebagai media masa depan. • Pengganti koran konvensional yang biasa disebut e-book (yang telah disempurnakan menjadi multimedia) • Film. sehingga membentuk sebuah media alternatif yang lebih modern.

.

Elemen Multimedia .

Graphic / Image Image dalam desain grafis dapat disebut juga dengan gambar. lukisan. Dengan menggunakan alat seperti pensil. komik. terbagi 2 jenis sesuai metodanya : • Manual/Hand Drawing/Gambar Tangan. dll. spidol. dll. ide. karikatur. Untuk memindahkan ke dalam format digital perlu alat seperti scanner atau foto digital. airbrush. cat.  . Cocok untuk pembuatan sketsa. kuas.

Hand drawing .Storyboard .

dan bidang datar secara matematik (width & height serta titik koordinat X dan Y). dapat dibuat dengan teknik Bitmap (Raster) dan Vektor.  • Vektor : Gambar yang pada dasarnya tersusun atas garis. Macromedia Freehand. Paint. Software yang biasa digunakan CorelDraw. Pixel bisa juga dapat diartikan sebagai satu titik dalam satu grid berbentuk persegi atau juga beribu titik secara individual “dilukis” menjadi sebuah bentuk Image yang dihasilkan pada layar komputer atau pada kertas oleh sebuah Printer. dan Macromedia Fireworks.Computerized. . Adobe Illustrator. Microsoft PhotoEditor. Mic. Corel Photopaint. kurva. Menggunakan komputer. dan Micrografx Designer. • Bitmap : Gambar yang satuannya terdiri dari pixel (singkatan dari Picture Element atau terkadang disebut juga dengan Pel). Software yang biasa digunakan adalah : Adobe Photoshop.

Perbedaan Gambar Vektor & Raster Gambar Vektor Gambar Raster .

produksi dan keamanan.   . tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik. saintifik. Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi.Video Video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak.

 Video analog format encoding • * NTSC • * PAL • * SECAM • .

. gas. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair. gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air. atau udara. Jadi.Sound / Voice • Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. batu bara. padat.

• .Animation • Animasi. adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. atau lebih akrab disebut dengan film animasi.

Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi. pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat.Pada awal penemuannya. film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer.  .

sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. . untuk menciptakan kesan tertentu.Text (tipografi) • Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia.

Link / Interactive Pranala.  . Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. pautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses.

Sebuah embedded link (pranala yang tersimpan) adalah salah satu dari beberapa cara yang biasa digunakan: satu atau lebih dari kata-kata yang menggunakan tipe/gaya teks khusus.Ada beberapa cara (format) untuk menampilkan pranala pada halaman web.  .

PRODUK MULTIMEDIA .

 . hingga profil perusahaan. media pelatihan.Cd Mul tim edi a Inte rakt if CD Multimedia interaktif untuk kepentingan media belajar.

PHP. maupun CMS hingga format flash dinamis  .We b Site Perancangan web dinamis dengan HTML.

THANX .D slideshare.net/taramultimedia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful