Kosa kata

Intransitif adalah kata kerja yang tidak membutuhkan obyek. Misalkan dalam bahasa Indonesia kata-kata ini adalah:
y y y y y y

duduk, tidur dsb.

Struktur
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Struktur adalah bagaimana bagian-bagian dari sesuatu berhubungan satu dengan lain atau bagaimana sesuatu tersebut disatukan. Struktur adalah sifat fundamental bagi setiap sistem. Identifikasi suatu struktur adalah suatu tugas subjektif, karena tergantung pada asumsi kriteria bagi pengenalan bagian-bagiannya dan hubungan mereka. Karenanya, identifikasi kognitif suatu struktur berorientasi tujuan dan tergantung pada pengetahuan yang ada. Menurut Prof. Benny H. Hoed, struktur adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsurunsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan. Struktur ada struktur atas, struktur bawah. Struktur mempunyai sifat: Totalitas, Transformatif, Otoregulatif

y

y y

[sunting] Lihat pula

Nomina
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Kata benda) Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Nomina atau kata benda adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Kata benda dapat dibagi menjadi dua: kata benda konkret untuk benda yang dapat dikenal dengan panca indera (misalnya buku), serta kata benda abstrak untuk benda yang menyatakan hal yang hanya dapat dikenal dengan pikiran (misalnya cinta). Selain itu, jenis kata ini juga dapat dikelompokkan menjadi kata benda khusus atau nama diri (proper noun) dan kata benda umum atau nama jenis (common noun). Kata benda nama diri adalah kata benda yang mewakili suatu entitas tertentu (misalnya Jakarta atau Ali), sedangkan kata benda umum adalah sebaliknya, menjelaskan suatu kelas entitas (misalnya kota atau orang).

[sunting] Rujukan

[sembunyikan] l‡b‡s Klausa Wikibooks Bahasa Indonesia memiliki halaman bertajuk Nomina 1. ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Kata kerja) Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi.   . 7. Kamus Linguistik (edisi ke-Edisi Keempat). H.Subyek Subjek atau subyek adalah bagian klausa yang menandai apa yang dibicarakan oleh pembicara. Contoh: "Kamu ditangkap polisi" dan "polisi menangkap kamu" memiliki pelaku/aktor yang sama. [sunting] Referensi y Harimurti Kridalaksana (2008). terutama dalam kalimat pasif. 6. Subjek tidak selalu sama dengan pelaku atau aktor. ISBN 978-979-22-3570-8. serta kata kerja intransitif yang tidak membutuhkan pelengkap seperti lari. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 8. atau pengertian dinamis lainnya. 2. keberadaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 5. nsiklopedi Nasional Indonesia (ENI). pengalaman. kata kerja dapat dibagi menjadi dua: kata kerja transitif yang membutuhkan pelengkap atau objek seperti memukul (bola). Bagian klausa yang lain selain subjek adalah predikat. "kata") atau kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan. Cipta Adi Pustaka. 11 Januari 1990 3. Berdasarkan objeknya. "Kata". 8. Jenis kata ini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.Verba 4. Jakarta: PT. yaitu "polisi" sedangkan subjeknya berbeda: "kamu" dan "polisi". cari Verba (bahasa Latin: verbum. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Alwi (1998). Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful