P. 1
KONSEP

KONSEP

|Views: 210|Likes:
Published by Yunita Hatibie
Konsep itu dapat dipahami melalui kemandirian kata atau melalui realisasi dengan kata yang lain. Jadi akan ada kata yang bebas konteks kalimat dan kata yang bebas tetapi terikat konteks kalimat. Makna kata yang bebas konteks kalimat mudah dianalisis, sedangkan makna kata yang terikat konteks kalimat sulit dianalisis. Makna kata yang bebas tetapi terikat konteks kalimat sulit akan jelas, jika berada dalam relasi dengan kata yang lain.
Konsep itu dapat dipahami melalui kemandirian kata atau melalui realisasi dengan kata yang lain. Jadi akan ada kata yang bebas konteks kalimat dan kata yang bebas tetapi terikat konteks kalimat. Makna kata yang bebas konteks kalimat mudah dianalisis, sedangkan makna kata yang terikat konteks kalimat sulit dianalisis. Makna kata yang bebas tetapi terikat konteks kalimat sulit akan jelas, jika berada dalam relasi dengan kata yang lain.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yunita Hatibie on Jan 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2014

pdf

text

original

APA ITU KONSEP?

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005), secara linguistik konsep adalah gambaran mental dari objek, proses, atau apapun yang ada di luar bahasa yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal2 lain. Ferdinand de Saussure mendinisikan konsep sebagai ruang yang diisi oleh konsep dalam suatu sistem bahasa. Jadi konsep dibatasi oleh konsep yang lain dalam sistem tersebut, nilainya tergantung pada konsep lain yang ada dalam sistem bahasa tertentu. Bertrand Russell, berpendapat bahwa konsep dapat diperoleh secara terpisah. Palmer mengemukakan melalui pemikiran atau referensi, konsep tentang pemikiran kita. Konsep itu berupa bayangan, berupa pemahaman, berupa pengertian. konsep thought atau reference atau meaning adalah apa yang ada didalam pikiran mengenai objek yang ditunjukkan oleh lambang. Konsep memiliki batasan-batasan yang kabur Konsep dianggap komposisional apabila konsep dihubungkan dengan kata-kata dan prinsip-prinsip kombinasi mental akan menghasilkan teori yang kompleks dan sentential. Menurut Fodor (1998), konsep merupakan unsur-unsur gagasan dan komposisional. Konsep bukanlah pendapat. Konsep tidak perlu dikaitkan dengan persepsi Konsep bisa jadi lebih kompleks karena didapat dari budaya

2.

3. 4. 5. 6. 7.

8. 9. 10. 11.

Representasi Mental (Mental Representations) ?

-

Pada pendekatan ini, pembicara dan pendengar menggunakan seperangkat konsep yang mereka miliki untuk menaksirkan lambang (mental models). Referential approach (pendekatan referensial) Representational approach (pendekatan representasi) Sudut pandang atomisme Cara pandang strukturalis Pendapat eksternalisme

HUBUNGAN ANTARA KONSEP, LAMBANG DAN ACUAN
Concept (thought or reference)

Word (symbol)

Referent

SEGITIGA SEMIOTIC (SEMIOTIC TRIANGLE, BASIC TRIANGLE, THE TRIANGLE OF SIGNIFICATION)

‡ ‡

‡

Simbol atau lambang adalah unsur linguistik berupa kata (kalimat dsb); Referent adalah objek atau hal yang ditunjuk (peristiwa, fakta di dalam dunia pengalaman manusia); Konsep (reference) adalah apa yang ada pada pikiran kita tentang objek yang diwujudkan melalui lambang (simbol).

PROTOTIP DAN KOMPOSISIONALITAS

‡ Konsep memiliki batasan-batasan yang kabur ‡ Ketika menggunakan sebuah kata, pembicara memilki stereotip di benaknya ‡ Rotch menyebut penyusunan suatu konsep sebagai dari suatu dampak tipikalitas. ‡ Laboy (1973) pengkategorian (objek) menggunakan kapasitas kognitif akal manusia Model Kognitif ideal (iCMs) ‡ Lakoff (1987a:73), perbandingan antara latar belakang ICM dan pengetahuan yang kita miliki ‡ Struktural radial ‡ Default meanings atau mental models dunia. ‡ Johnson Laird (1983: 154-155), teori ini mengatakan bahwa makna timbul pada saat proses manipulasi model mental. ‡ Masalah utama prototipe

BAHASA DAN GAGASAN

‡ Konsep merupakan bagianbagian yang membentuk proposisi. ‡ Konsep bukanlah pendapat. ‡ Konsep berasal dari pengalaman ‡ Gagasan adalah kemampuan untuk berbicara, berbicara kepada diri sendiri.

RELATIVITAS BAHASA DAN UNIVERSALISME

‡ Pada hakekatnya, kita mempunyai lebih banyak konsep dari pada kata. ‡ Relativitas tidak terbatas pada kata benda, sistem tense dan aspek juga beragam dalam bahasa dan mestinya merefleksikan persepsi dunia pembicara. ‡ Slobin moderat (1996:91) Kita hanya dapat berbicara dan mengerti satu sama lain dalam bahasa tertentu ‡ Pedenson at al (1998: juga Levinson, 1996, 1997) meneliti konseptualisasi ruang dalam bahasa yang berbeda dan menyimpulkan bahwa variasi antara jenis-jenis konseptualisas berhubungan dengan variasi di antara bahas-bahasa.

KESIMPULAN

‡

‡

‡

Simbol atau lambang adalah unsur linguistik berupa kata (kalimat dsb); referent adalah objek atau hal yang ditunjuk (peristiwa, fakta di dalam dunia pengalaman manusia); konsep (reference) adalah apa yang ada pada pikiran kita tentang objek yang diwujudkan melalui lambang (simbol). Tanda dengan hal yang ditandai bersifat langsung. Seperti yang ditandai oleh Matahari terbit, Pada awalnya, tanda dalam bahasa Indonesia berarti bekas. Prototipe: sesuatu yg mengandung ciri yg plg esential, dibandingkan dgn benda atau hal lain yg sejenis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->