P. 1
PENGAMATAN new

PENGAMATAN new

|Views: 358|Likes:
Published by Sze Yuen Liw

More info:

Published by: Sze Yuen Liw on Jan 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2014

pdf

text

original

PENGAMATAN

PENGENALAN -Pengamatan atau persepsi merupakan elemen terpenting dalam proses kognitif. -Apa yang kita lihat, dengar, sentuh, hidu dan rasa tentang keadaan alam sekitar bergantung kepada pengamatan yang diperoleh melalui rangsangan yang diterima oleh pancaindera. DEFINISI PENGAMATAN “Pengamatan merupakan suatu proses individu mentafsir kederiaan rangsangan dan memberi makna kepadanya. Ia juga adalah kesedaran dan reaksi seseorang individu terhadap rangsangan-rangsangan, iaitu yang bersifat peribadi. Pengamatan juga merupakan pola-pola yang bermakna. Sebenarnya ia tidak berlaku secara automatik tetapi mengambil masa yang lama, iaitu melalui pentafsiran dan pemahaman yang teratur.” (Mohd. Salleh Lebar, 1995) JENIS PENGAMATAN Proses pengamatan membolehkan kita memahami apa yang sedang berlaku di persekitaran. Beberapa orang yang menyaksikan perkara yang sama mungkin memberi tafsiran yang berbeza. Oleh itu, pengertian mereka berlainan. Dengan demikian setiap orang berperilaku secara berbeza. Penglihatan tidak berlaku dalam mata. Mata hanyalah suatu alat yang membantu proses penglihatan. Kebanyakan orang tersalah anggap tentang pengamatan. Pengamatan kepada mereka hanya melibatkan ‘apa yang dapat dilihat dengan mata’. Sedangkan sebenarnya pengamatan melibatkan keseluruhan pancaindera manusia. Terdapat tiga jenis pengamatan yang utama, iaitu: 1 Pengamatan Auditori 2 Pengamatan Visual 3 Pengamatan Kinestetik-Tactile

TEORI PENGAMATAN Edgar Rubin Terkenal dengan teorinya iaitu Rubin Vase iaitu imaginasi di illusioptik yang berada di pemikiran manusia Gambar tersebut menunjukkan gambar sebuah pasu tetapi dalam masa yang sama menunjukkan dua bentuk wajah manusia yang saling bertentangan TEORI GESTALT Teori gestalt menerangkan ciri-ciri organisasi (susunan) dan konfigurasi (bentuk) serta perkaitan dalam pembentukan pengamatan manusia. ‡ Gestalt dan latar boleh bertukar . ‡ Dalam teori gestalt terdapat dua ciri iaitu gestalt dan latar.

karena banyak menjelaskan bagaimana persepsi visual dapat terbentuk. . Kesinambungan pola (continuity) 5. and Wolfgang Köhler. ataupun kemiripan menjadi kesatuan. Dua orang teman berdiri berdekatan dan berpegangan tangan akan terlihat seperti memiliki hubungan yang dekat daripada orang ketiga yang berdiri 20 meter dari sebuah pasangan. karena pengamat tidak melihat hal tersebut sebagai bagian dari satu kesatuan. Prinsip lain dari psikologi gestalt adalah arah gerak (common fate). pola. Penutupan bentuk 4. Budi dalam kalimat tersebut adalah sebagai penutup bentuk. Mereka menyimpulkan bahwa seseorang cenderung mempersepsikan apa yang terlihat dari lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh. Teori gestalt cenderung berupaya mengurangi pembagian sensasi menjadi bagian-bagian kecil. seperti dalam sebuah gambar. atau beberapa objek ditempatkan bersama-sama yang membentuk garis. Teori gestalt banyak dipakai dalam proses desain dan cabang seni rupa. Anda akan memilih bentuk paling sederhana dan stabil untuk berkonsentrasi. Kesamaan bentuk (similiarity) 3. Persepsi jenis ini bisa terbentuk karena: 1. Benda dipandang seperti memiliki garis kontinu yang secara mental dipisahkan dari benda-benda lain yang bukan merupakan bagian dari baris. Teori ini dibangun oleh tiga orang. Penutupan bentuk. Istilah “Gestalt” mengacu pada sebuah objek/figur yang utuh dan berbeda dari penjumlahan bagian-bagiannya. Kesinambungan pola (continuity) bersandar pada prinsip. sekali lagi dianggap oleh psikolog gestalt bahwa otak tidak suka sesuatu secara tiba-tiba atau tidak biasa berubah dalam sebuah baris pergerakan. Kesamaan arah gerak (common fate) Kesamaan bentuk (similarity) menyatakan bahwa otak memberikan pilihan. Kedekatan posisi (proximity) 2.Gestalt adalah sebuah teori yang menjelaskan proses persepsi melalui pengorganisasian komponen-komponen sensasi yang memiliki hubungan. Tangan yang menunjuk ke arah berlawanan akan menimbulkan kejanggalan. Kedekatan posisi (proximity) menyatakan bahwa otak lebih bisa berasosiasi dengan objek yang dekat satu sama lain daripada dua objek yang berada berjauhan. Seorang pengamat melihat lima tangan yang diangkat menunjuk ke langit dan mereka semua menunjuk ke arah yang sama. Max Wertheimer. otak mencari sebanyak mungkin kelanjutan dari sebuah garis. Dengan kata lain. Kurt Koffka. Garis dapat menjadi garis dalam pengertian tradisional. Mungkin Anda sering mendengar kalimat seperti ini: “Ini ibu… Budi!”.

Anda harus membuat keputusan sadar apakah ingin melihat wajah atau vas di ruang. Ingatlah bahwa warna. Namun. Secara sensual. sebuah logo perusahaan (atau merek dagang) akan diketahui dalam sebuah iklan jika memiliki bentuk yang berbeda. Misalnya saat seseorang melihat awan. Pada tahun 1915. Gestalt mengajarkan komunikator visual untuk menggabungkan unsur-unsur dasar tersebut menjadi keseluruhan yang bermakna. Apabila hitam menjadi latar dan putih menjadi Gestalt = 2 muka orang Apabila putih menjadi Gestalt dan hitam menjadi latar = pasu Gestalt dan Komunikasi Visual Kekuatan teori gestalt terhadap persepsi visual adalah perhatiannya terhadap bentukbentuk yang menyusun konten sebuah gambar. dan pergerakan adalah karakteristik dasar dari suatu gambar yang memberitahu otak. dia dengan mudah biasa menemukan bentuk muka seseorang. Pendekatan ini juga mengajarkan seniman grafis untuk memusatkan perhatian pada unsur-unsur tertentu dengan bermain melawan prinsip-prinsip gestalt. Hal ini disebut pragnan. atau lokasi dalam kaitannya dengan elemenelemen lain dalam layout. otak tidak dapat melihat kedua gambar sekaligus. . bentuk. Sebagai contoh. ukuran. Analisis dari suatu gambar harus dimulai dengan konsentrasi kepada bentuk-bentuk yang secara alamiah muncul dalam gambar. baik wajah dan gambar vas merangsang fotoreseptor di retina. seorang psikolog gestalt Denmark.Faktor-faktor inilah yang menyebabkan kita sering biasa merasakan keteraturan dari polapola yang sebenarnya acak. Edgar Rubin. kedalaman. bereksperimen dengan angka dan pola-pola tanah dengan menggambar sebuah objek yang dapat ditafsirkan baik sebagai wajah atau vas.

http://www. Apa yang kita lihat ketika melihat sebuah gambar adalah modifikasi oleh apa yang telah kita lihat di masa lalu dan apa yang ingin kita lihat dahulu dengan apa yang ingin kita ingin lihat saat ini.scribd.Karya teori gestalt dengan jelas menunjukkan bahwa otak adalah organ yang kuat yang mengklasifikasikan materi visual dalam kelompok diskrit.com/doc/22184275/Teori-Gestalt .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->