P. 1
CACAT MATA

CACAT MATA

|Views: 1,019|Likes:
Published by mirajfuadi

More info:

Published by: mirajfuadi on Jan 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

CACAT MATA

Yaitu terjadi ketidaknormalan pada mata, dan dapat di atasi dengan memakai kacamata, lensa kontak atau melalui suatu operasi 

Rabun Jauh (Miopi) Rabun Dekat (Hipermetropi) Mata Tua (Presbiop) Astigmatisma Katarak dan Glaucoma

JENISNYA

RABUN JAUH (MIOPI) Dapat melihat dengan jelas pada jarak 25 cm tetapi tidak dapat melihat benda benda jauh dengan jelas. Karena lensa mata tidak dapat memipih. sehingga bayangan terletak di depan retina .

Kacamata dengan kekuatan lensa negatif untuk penderita miopi.(a) (b) Penderita miopi (a) lensa mata terlalu kuat (panjang fokus lensa mata kecil) dan (b) bentuk mata terlalu memanjang. .

titik jauh penderita f = jarak fokus (m) P = kuat lensa (dioptri .PR tertentu PP < 25 cm Jangkauan Penglihatan Persamaan untuk menghitung kuat lensa yang diperlukan P = 1 f 1 S + 1 S = 1 f S = .

Berapa jarak fokus dan kuat lensa yang harus digunakan? Penyelesaian f = -100 cm = -1 m S = S = 100 Kuat Lensa 1 1 + + S 1 -100 = = 1 f 1 f P = f 1 P = -1 = -1 dioptri 1 S 1 .Contoh Soal Seorang penderita rabun jauh (miopi) dengan titik jauh 100 cm ingin melihat benda yang sangat jauh.

Karena lensa mata tidak dapat menjadi cembung.RABUN DEKAT (HIPERMETROPI) Dapat melihat dengan jelas benda jauh tetapi tidak dapat melihat benda benda dekat dengan jelas. sehingga bayangan terletak di belakang retina .

Koreksi penglihatan pada penderita hiperopi dengan pemasangan kacamata dengan kekuatan lensa positif. bayangan jatuh di belakang retina dan (b) bentuk mata terlalu pipih (pendek).(a) (b) Penderita hiperopi (a) lensa mata terlalu lemah (panjang fokus lensa mata besar). .

titik dekat penderita 1 S + 1 S = 1 f f = jarak fokus (m) P = kuat lensa (dioptri .PR tak terhingga PP > 25 cm Jangkauan Penglihatan Persamaan untuk meng hitung kuat lensa yang diperlukan P = 1 f S¶ = .

Contoh Soal Seorang penderita rabun dekat (hipermetropi) dengan titik dekat 100 cm ingin membaca pada jarak baca normal (25 cm). Berapa jarak fokus dan kuat lensa yang harus digunakan? Penyelesaian f=1 S = 100 S = 25 cm /3 cm =1/3 m Kuat Lensa 1 1 S 1 25 + + 1 S 1 -1 = = 1 f 1 f P = f 1 P = 1/3 = 3 dioptri .

Penderita dapat juga dibantu dengan memasang lensa mata tiruan untuk menggantikan lensa yang diangkat. gelombang mikro. radiasi nuklir dan terkena bahan kimia tertentu. Katarak biasa terjadi pada usia lanjut. lensa mata harus diambil dan dapat dibantu dengan menggunakan lensa mata positif dengan kuat lensa yang besar. namun dapat juga terjadi akibat terkena radiasi UV.Astigmatisma (Astigmatism) Astigmatisma merupakan bentuk cacat mata yang umum terjadi dimana kornea dan lensa mata tidak simetris. Pada penderita ini. Katarak (Cataracts) Katarak merupakan terjadinya kondisi lensa mata yang buram. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->