SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM HASANUDDIN

CIVIC EDUCATION

IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI .

HAKIKAT DAN DIMENSI IDENTITAS NASIONAL .

UNSUR-UNSUR PEMBENTUK INDENTITAS NASIONAL .

Pancasila merupakan bingkai kamajemukan Indonesia . Pancasila tidak lain merupakan sebuah konsensus nasional bangsa indonesia yang majemuk.PANCASILA: NILAI BERSAMA DALAM KEHIDUPAN KEBANGSAAN DAN BERNEGARA Pancasila adalah capaian demokrasi paling penting yang dihasilkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

REVITALISASI PANCASILA DAN KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL POLITIK INDONESIA MODERN Perlunya revitalisasi Pancasila karena didasari keyakinan bahwa Pancasila merupakan simpul nasional yang paling tepat bagi Indonesia yang majemuk .

GLOKALISASI DAN KETAHANAN NASIONAL Hakekat Globalisasi Glokalisasi Ketahanan Nasional dan Globalisasi .GLOBALISASI.

HAKIKAT GLOBALISASI Gl l Space ‡Mengecilnya ruang dan waktu ‡Dalam bidang politik. batas-batas teritorial suatu negara menjadi kurang berfungsi ‡Semua kategori sosial sapce menjadi tidak relevan lagi Kecenderungan Gel m ang Gl alisasi terhadap Nasi nalisme Tantangan Masa Depan dalam Gel m ang Gl alisasi ‡Hilangnya diferensiasi sosial dan dengan itu hirarki sosial menjadi tidak tepat lagi ‡Semakin berkurangnya sensor akses informasi ‡Cyberspace mengakibatkan negara tidak lagi memonopoli semua peratuaran ‡Program melawan kemiskinan ‡Memperjuangkan dan melaksanakan HAM ‡Menciptakan dan memelihara tatanan dunia yang aman ‡Perlu diwujudkan tatanan ekonomi dan keuangan yang baru ‡Melindungi dan memelihara planet bumi ‡Kerja sama regional perlu dikembangkan dalam rangka kerja sama internasional .

Interprestasi lokal masyarakat tersebut kemudian juga membuka kemungkinan adanya pergeseran makna atas nilai budaya .GLOKALISASI  Glokalisasi dimaknai sebagai munculnya interprestasi produk global dalam konteks lokal yang dilakukan oleh masyarakat dalam berbagai wilayah budaya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful