SMAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI Tentang KONSEP-KONSEP MEDIA PENDIDIKAN

Oleh Kelompok I : Siti Khomariah Yeyen Rusli ( 09010311 ) ( 09010318 )

Dosen Pembimbing : DIANA SUSANTI,S.Pd

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ( STKIP ) PGRI SUMATERA BARAT PADANG 2010/2011

Untuk itu penulis dengan senang hati menerima kritikan dan saran demi kesempurnaan makalah ini. Penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Makalah ini dimaksudkan untuk dijadikan acuan bagi mahasiswa yang mengikuti pelajaran mata kuliah media pembelajaran biologi. Dengan menguasai materi yang tercakup dalam makalah ini. 28 september 2010 Penulis . Penulisan makalah ini tidak terlepas dari kerja sama tim pemakalah.setidaknya mahasiswa telah menguasai standar minimal dalam matakuliah media pembelajaran biologi. Makalah ini membahas materi tentang konsep-konsep media pendidikan yang mencakup proses komunikasi dan pengartian media. karena dengan limpahan rahmat dan karuniannya makalah ini dapat diselesaikan sebagaimana yang talah direncnakan.KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah kami sampaikan kehadirat ALLAH SWT. Padang.

Tujuan BAB II KKONSEP-KONSEP MEDIA PENDIDIKAN A. Latar Belakang B. Fungsi dan Ciri-Ciri Media Pendidikan BAB III PENUTUP A. Kesimpulan B. Saran DAFTAR PUSTAKA . Proses Komunikasi B. Media Pendidikan C. Pengertian Media A. Media Dalam Arti Umum B.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A.

Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswannya. Salah satu factor tersebut diantarannya adalah guru. Memahami konsep-konsep medi pendidikan . Latar belakang Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks yang mana banyak factor yang mempengaruhinnya. Menjelaskan bentuk-bentuk komunikasi 4.setalah mempelajari materi ini mahasiswa mampu : 1. Menjelaskan perbedaan antara media dalam arti umum dengan media pendidikan 5. Menjelaskan penyebab kesalahan komunikasi 3.BAB I PENDAHULUAN A. B. Tujuan Adapun tujuan khusus. Kemajuan teknologi dan pengetahuan berpengaruh terhadap proses pendidikan dan pengajaran. Proses komunikasi selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. Tugas guru adalah mmenyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Ketidak lancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang diberikan guru. Menjelaskan proses komunikasi 2. Hal ini berakibat menuntut guru-guru atau staf pengajar maupun calon guru harus mampu mempergunakan media khususnya menggunakan media dalam proses pembelajaran.

proses komunikasi harus diciptakan oleh setiap guru dan siswanya. Jumlah siswa sebagai komunikan sangat banyak. Untuk menghindari atau mengurangi kemungkinan-kemungkinan terjadinnya salah komunikasi digunakanlah sarana yang membantu proses komunikasi yaitu media. Dalam proses kegiatan pembelajaran.bentuk dan tujuan komunikasi itu sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari tukar menukar pertanyaan-pertanyaan. Melalui proses komunikasi memungkinkan suatu gagasan dapat diserap dan dihayati oleh seseorang. Oleh kerena itu setiap guru harus menciptakan proses komunikasi agar pengetahuan yang dimiliki dapat disalurkan dan dipelajari oleh siswa.bentuk dan fungsi media itu sangat ditentukan oleh jeni. Kesalahan komunikasi bisa terjadi karena beberapa sebab yaitu : 1. Dalam proses komunikasi guru dappat menyampaikan apa yang dimilikinya kepada siswa dengan tujuan agar pengetahuan tersebut dapat dimiliki oleh siswa. media digunakan untuk memperlancar proses komunikasi disebut media pendidikan. kare na media merupakan unsure penunjang dalam komunikasi maka jenis. Proses komunikasi tidak selalu dapat berjalan dengan lancar bahkan dapat meimbulkan kebingungan. Guru sebagai komunikator kurang mampu menyampaikan atau mengoperkan perangsang ( signal massage ) 2.salah pengerian ataupun salah konsep. Demikian juga dalam proses belajar mengajar. . Kesalahan komunikasi bagi seorang guru akan dirasakan oleh siswa sebagai penyasatan dalam proses pembelajaran. Adanya perbedaan ruang dan waktu antara guru sebagai komunikator dengan siswa sebagai komunikan 4. Adanya perbedaan daya tanggap siswa sebagai komunikan 3. PROSES KOMUNIKASI Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses komunikasi.sehingga sukar dijangkau perorangan oleh guru sebagai komunikator.BAB II KONSEP ± KONSEP MEDIA PENDIDIKAN A.

Komunikasi personal Komunikasi ini terjadi bila guru memberikan bimbingan khusus kepada seorang siswa.karena pada hakikatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan. Hamidjojo Media adalah semua bentuk ³perantara´ yang dipakai orang penyabar ide sehingga gagasan itu sampai pada penerima. Santoso S. 2.misalnya pada perkuliahan umum yang berlangsung pada ruang yang besar dan diikuti oleh siswa yang banyak.Adapun bentuk-bentuk komunikasi adalah : 1.misalnya dalam bentuk diskusi kelompok atau kerja kelompok dalam laboratorium. Komunikasi kelompok Komunikasi ini terjadi bila guru menghadapi kelompok-kelompok siswa dalam menyelesaikan kegiatan pembelajaran.mendengar dan melihat dalam batasbatas jarak. Luhan Media adalah sarana disebut canel. 3.rueng dan waktu tertentu. Kominikasi masa Komunikasi ini terjadi bila guru harus menghadapi jumlah siswa yang sangat banyak. b.misalnya dalam bentuk pembelajaran remedy atau pembelajaran secara tutor. Media Dalam Arti Umum Pengertian media dalam arti umum menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut : a.sekarang dengan bantuan media batas-batas itu hamper menjadi tidak ada. . B. PENGERTIAN MEDIA A. Mc.

d. c.vieo tipe.film.dimana medium ini merupakan jalan atau alat yang mana suatu pesan berjalan antara komumikator dengan komunikan. B. Media Pendidikan Beberapa pengertian media pendidikan menurut para ahli yaitu : a. e. . b.sajian slide tape dan sebagainya termasuk suara guru dan perilaku nonverbal. Briggs Media pendidikan adalah peratan fisik untuk membawakan atau menyampaikan isi pengajaran. Santoso S.c. Latuheru ( 1988 : 14 ) Media pendidikan adalah bahan.perasaan.alat. Sadiman ( 2002 : 6 ) Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehhingga dapat merangsang pikiran.atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. kedalamnya termasuk buku. Blake dan Horalsen Media adalah saluran komunikasi atau media yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu pesan.dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.perhatian. Rossi dan Breidle Media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan.Hamidjojo Media pendidikan adalah media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang biasanya sudah dituangkan dalam Garis Besar Program Pengajaran ( GBPP ) dan dimaksudkan untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar.

misalnya modul.memperjelas dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana. fungsi media pendidikan Sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar yakni berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman fisual kepada siswa dalam rangka mendorong metifasi belajar.program radio. Fungsi dan Ciri-Ciri Media Pendidikan a. Brown Media pendidikan adalah segala sumber yang dapat berupa alat atau perlengkapan apapun yang digunakan oleh guru atau murid dalam proses belajar mengajar yang akan meningkatkan efektivitas program belajar.  Media pendidikan adalah suatu medium atau perantara yang digunakan untuk pendidikan  Media pendidikan sebagai alat belajar.program tv. Media pendidikan terdiri dari hardware dan software.f. . C. cirri-ciri media pendidikan secara umum cirri-ciri media pendidikan adalah :  Media pendidikan pada umumya dapat dilihat atau dapat didengar (media pendidikan disebut alat pandang dengar)  Media pendidikan adalah salah satu alat bantu belajar mengajar dikelas atau diluar kelas. b.dll.konkrit serta mudah dipahami sehingga media dapat berfungsi untuk mempertinggi daya serap dan retensi siswa terhadap materi pembelajaran.

Demikian penulisan makalah ini atas perhatian dari semua pihak penulis ucapkan terimakasih. Dalam proses kegiatan pembelajaran. . Untuk menghindari terjadinnya salah komunikasi digunakanlah sarana yang membantu proses komunikasi yaitu media.media yang digunakan untuk memperlancar proses komunikasi adalah media pendidikan.makalah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa atau calon guru agar lebih mengenal berbagai media pembelajaran dan dapat memanfaatkannya dalam proses pembelajaran. B.BAB III PENUTUP A. Media pendidikan berfungsi untuk mempertinggi daya serap dan retensi siswa terhadap materi pembelajaran. Kesimpulan Proses komunikasi harus diciptakan dan diwujudkan oleh setiap guru dan siswanya. Saran Mengingat begitu besarnya peran media dalam proses pembelajaran. Proses komunikasi tidak selalu berjalan dengan lancar.mulai dari media yang sederhana sampai kepada media yang lebih maju.agar pengetahuan yang dimiliki dapat disalurkan dan dipelajari oleh siswa.

CIPUTAT PERS Tim Dosen.widya. ³Pengertian Media Pendidikan´ ( Online). MEDIA PEMBELAJARAN. 2008. Jakarta. Padang. (http://www.com. UNP Widya.diakses 28 september 2010 .DAFTAR PUSTAKA Usman. Media Pembelajaran Biologi. 2009.Pengertianmedia-pendidikan/. Basyiruddin. 2002.