Cleopatra

Diambil dari Negara Mesir

Sekolah Menengah Atas Santo Aloysius Bandung 2009

/ XD / 35 10. F. Geraldi / XD / 19 6. Anthony / XD / 5 3. Edwina / XD / 15 4.Judul : Cleopatra Kelompok : 1. Trixie / XD / 38 Sekolah Menengah Atas Santo Aloysius Bandung 2009 . Nindyaisti / XD / 32 9. Joanna / XD / 22 7. Sebastian G. Kendrick / XD / 26 8. Andrie / XD / 4 2. Marieta / XD / 18 5.

yang diyakininya dapat menjadi penguasa Mesir dan Romawi. sambil mengatakan itulah anak Caesar dan memaksa Caesar mengakui anaknya. Sepeninggal Caesar. . sampai akhirnya ia tewas dibunuh anggota senat. Brutus dan Cassius. Tetapi Octavianus mulai menyerang Mesir. terjadi perebutan kekuasaan atas Mesir antara Cleopatra dan kakak perempuannya. Marc Anthony. sejak itulah mereka jatuh cinta. yaitu dengan menyerahkan dirinya pada Julius Caesar agar Caesar membantunya merebut kekuasaan. Karena cintanya pada Cleopatra. terutama saat Cleopatra diundang ke Romawi. akhirnya Cleopatra bunuh diri dengan gigitan ular di lehernya tidak lama setelah Octavianus meminta Cleopatra menjadi permaisurinya di Romawi. Kakak Cleopatra berhasil disingkirkan dengan keji dan Cleopatra menjadi penguasa tunggal Mesir. ia mengakui anak itu. Cleopatra pun mengandung dan melahirkan anak laki-laki yang dinamai Ptolemy Philadelphus. Anthony meminta daerah mesir menjadi daerah kekuasaannya karena ingin melindungi Cleopatra dari Octavianus. Cleopatra sangat gembira dan mengundang Anthony ke Mesir. sedangkan Cleopatra mengungsi ke persembunyian bersama pengikut setianya dan menyusun rencana untuk merebut kekuasaan dari tangan kakaknya. membalas dendam pada mereka yang membunuh Caesar dengan dibantu anak angkat Caesar. dan akhirnya kakak Cleopatra yang menang dan memerintah Mesir. Dengan kejadian itu Caesar dianggap sebagai pengkhianat negara sendiri. Karena sedih ditinggal mati kekasihnya. Karena berang. Tapi rakyat Romawi menolak Cleopatra untuk menjadi istri Caesar dengan keras.Sinopsis S etelah Firaun meninggal. Octavianus. ia langsung membawa anaknya ke hadapan para petinggi Romawi. dan berhasil mengalahkan Anthony yang kemudian meninggal di dekat Cleopatra setelah berjanji pada Cleopatra. para petinggi Romawi dan istri Caesar sinis padanya. Caesar dan istrinya. sahabat Caesar.

................................................... Joanna . Sound Effect ...... Edwina .......................................................................... F........................ Anthony ................ Gregorius ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Para Pemain Andrie ................................................................................................................................................................................................................................................................ S.................... Trixie .................................................................................................... Marieta ............................................ Nindya ............................................................................................................................................. Kendrick ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................... Geraldi ..........

dan di Romawi! Kamu.Cleopatra : Ayah Mengapa Ayah pergi secepat ini Siapa yang akan memimpin Mesir? Kakak Cleopatra : Bagaimana kalau mulai hari ini kekuasaan ayah diwakilkan olehku! Cleopatra : Apa? Kamu tidak bisa seenaknya memutuskan begitu. tapi yang baik-baik. Kak! Kakak Cleopatra : Bisa saja. mulai sekarang akulah ratu kalian! -di pengungsianCleopatra : Aku tidak terima! Bagaimana mungkin kakak menjadi penguasa Mesir? Aku kan anak kesayangan ayah! (berjalan mondar-mandir) Pengikut 1 : Hamba juga setuju. Tuan Putri! Menurut saya. Tuan Putri lah yang berhak menjadi ratu Mesir! Pengikut 2 : (menarik pengikut 1) Kamu jangan menghasut Tuan Putri begitu! Memang dia yang berhak. Kamu mau Tuan Putri kita jadi licik? Pengikut 1 Cleopatra : Tidak : Aha! Aku ada ide! Kita bisa minta bantuan Julius Caesar untuk menjadikanku penguasa Mesir! Cleopatra : Itu urusan mudah! Jangan panggil aku Cleopatra kalau aku tidak bisa mengambil hati para pria di negeri ini. akan kubuktikan akulah pewaris tahta ayah yang sebenarnya! (pergi) Kakak Cleopatra : Hai kalian rakyat Mesir. karena akulah anak ayah yang tertua. ambilkan aku kertas surat! Aku akan . jadi aku berhak menggantikan posisi ayah saat ini! Cleopatra : Dari mana kamu tahu? Bukankah kita belum membaca wasiat ayah? Kakak Cleopatra : Untuk apa? Sudah pasti aku yang mewarisi tahta! Cleopatra : Terserah padamu! Yang jelas.

Oh iya. Aku harus menyelidikinya! -Malam bulan purnama. hamba. Cleopatra menulis surat) Pengikut 2 Cleopatra : Sebaiknya surat ini diberikan secara diam-diam. karena surat ini rahasia. Segera aku sampaikan pada Caesar. (pengikut 1 memberikan kertas surat. Mohon segera dibaca. Pasti ada sesuatu. Istri Caesar : Aneh sekali tingkah suamiku. jangan sampai orang lain tahu. jangan sampai orang lain tahu! : Kamu kira aku siapamu? Aku tidak diperintah semudah itu! : Tenang saja. bukan apa-apa. Hamba menanti Caesar. (Pengikut 2 menerima surat) -di Istana Julius CaesarPengikut 2 Pengawal Pengikut 2 Pengawal -di dalam istanaPengawal : (mengendap-endap) Caesar. Cleopatra Istri Caesar datang Istri Caesar Julius Caesar : Apakah itu.menulis surat untuk Caesar. Caesar. di belakang taman istana FiraunCleopatra Julius Caesar : Pasti Caesar akan tergoda oleh kecantikanku! (berdandan) : (mengendap-endap) Putri Cleopatra? Engkaukah itu? . Tapi ingat. Cleopatra memohon Caesar berkenan untuk menemui hamba di belakang taman istana Firaun pada malam bulan purnama. Sampaikanlah surat ini pada Julius Caesar. ada surat dari Kerajaan Mesir. apakah ini cukup? (memberi sekantung uang) : (tersenyum) Lebih dari cukup. Julius Caesar yang agung. Hanya pesan dari pengawal saja. Tuan Putri. malam bulan purnama ini aku akan pergi mengunjungi Mesir untuk melihat daerah kekuasaan kita. Julius Caesar : (membaca surat) (sound effect : lagu nuansa Timur Tengah) : Tolong sampaikan surat ini pada Caesar. suamiku? : Ah. : Memang.

bawa jenazah ratu Mesir dan biarkan ia dikubur rakyatnya. Simpan saja tawaranmu. Cleopatra. seperti titah Caesar. aku bisa menguasai Mesir secara keseluruhan juga. apakah Caesar berkenan membantu hamba? Julius Caesar Cleopatra Julius Caesar : Untuk apa aku membantumu? Toh aku tidak mendapatkan apa-apa : Hamba menyerahkan diri hamba sepenuhnya pada Caesar. : Ternyata Caesar memenuhi permintaan hamba. Cleopatra. Begini. aku terima tawaranmu. Setuju? Cleopatra : Hamba setuju. Caesar.(sound effect : lagu perang) Prajurit : Itu dia ratu Mesir! Habisi! Kakak Cleopatra : Tidak! Jangan ganggu aku! Prajurit : Perintah Caesar harus dilaksanakan!(membunuh kakak Cleopatra) Kakak Cleopatra : Aaaaaaakh! Tidaaaaaak! (tewas) Julius Caesar Prajurit Julius Caesar Cleopatra Julius Caesar Cleopatra : (baru datang) Apakah perintahku sudah dilaksanakan? : Sudah. : Kerja bagus. : Terimakasih banyak. . ratu Mesir sudah disingkirkan.Cleopatra Julius Caesar Cleopatra : Iya. Caesar. Tapi sebagai balas budinya aku tetap memberikan diriku pada Caesar. -di Istana Firaun . Lihatlah. Sekarang. Apakah Caesar bersedia? : Aku bersedia. maukah Caesar mendampingi hamba memimpin Mesir? Julius Caesar : (dalam hati) (Bagus juga tawarannya. ini hamba. aku akan kirimkan pasukanku untuk menyerang istana kakakmu. tetapi aku tidak akan mengkhianati istriku.) Baiklah. Caesar. Sebagai imbalan. : Betul. Sekarang memerintahlah sesuai kehendakmu. : Apa tujuanmu memanggil aku ke sini? : Hamba hendak meminta bantuan Caesar untuk menggulingkan kekuasaan kakak hamba. Caesar.

Tuan Putri. (tersenyum) Pengikut 2 : Tapi sebelumnya hamba ingatkan.Cleopatra : Nah. : Ayolah Caesar. : Tidak. -Caesar datangJulius Cleopatra : Selamat malam. Terimakasih atas undangannya. Apakah Caesar bersedia? Julius Caesar : Baiklah. Caesar. di ruang makan istanaCleopatra : Sekarang kesempatanku lebih besar untuk menjadi istri penguasa Romawi. hamba jamin Caesar tidak akan menyesal menikahi hamba. : Baiklah. Julius Caesar Cleopatra Julius Caesar : Hmmm Bagaimana kalau ketahuan istriku? : Kita menikah secara diam-diam saja. jangan sampai Tuan Putri sendiri terjebak dalam jebakan Tuan Putri dan jatuh cinta pada Caesar. mengingat hamba ini pujaan hati para pria. aku tidak akan mengkhianati istriku. Kita bertemu lagi nanti malam. : Tapi aku sudah punya istri! Apa kata rakyatku nanti? : Hamba bersedia menjadi simpanan Caesar. Karena itu aku akan mengupayakan segala cara agar Caesar mencintaiku. -Malam hari. Tapi rahasiakan ini dari orang-orang! . (makan) : Apakah Caesar sudah berpikir kembali atas tawaran hamba? : Sebenarnya belum. Ini kesempatan yang jarang. Caesar Cleopatra Julius Caesar Cleopatra Julius Caesar Cleopatra Julius Caesar Cleopatra : Selamat malam. Cleopatra : Apakah kamu tahu? Sebenarnya aku sudah jatuh cinta padanya. Hamba sudah menanti Caesar. : Hamba rasa Caesar tidak akan menyesal kalau memilih hamba menjadi istri Caesar. mari kita rayakan keberhasilan ini dengan makan malam bersama malam ini.

masuklah. rakyatku! Setelah lama aku pergi ke Mesir. Karena itu. Cleopatra : (memberi hormat pada Caesar) (sound effect : keramaian) Selamat siang. Selamat siang. kita akan bertemu rakyat. Ratu Cleopatra. : Baiklah. aku mengundang juga ratu Mesir. -di gedung parlemenJulius Caesar : Selamat siang.-di istana CaesarIstri Caesar : Akhir-akhir ini kok suamiku jarang pulang ya? (membereskan pakaian Caesar) -sepucuk surat jatuhIstri Caesar : Apa ini? (membuka surat) Begitu rupanya! Ternyata. aku pulang! : Pulang! Pulang! Tidak usah pulang saja sekalian! : Ada apa. istriku? Mengapa kamu tiba-tiba : Jangan pura-pura tidak tahu! Ini apa?! (menunjukkan surat dari Cleopatra) : Tenang dulu. Selamat siang. istriku! Aku bisa menjelaskan! : Aku tidak butuh penjelasanmu! Dasar buaya darat! (menampar Caesar) (sound effect : suara tamparan) Pengawal Julius Caesar : Mohon maaf sudah mengganggu. (berjalan ke arah Caesar) Istri Caesar : (menyela tiba-tiba) Hai rakyat Romawi! Tahukah kalian mengapa Mesir menjadi kekuasaan kita?! Karena wanita ini! (menunjuk Cleopatra) Dia telah menggoda Caesar! (sound effect : keributan) Dasar kamu wanita penggoda! (mendatangi Cleopatra) . aku telah berhasil menaklukkan Mesir. Istriku. Sekarang Mesir berada di bawah kekuasaan kita sepenuhnya. Cleopatra. Caesar dan Permaisuri. suamiku menemui wanita lain! Pantas saja dia jarang pulang! Caesar Istri Caesar Julius Caesar Istri Caesar Julius Caesar Istri Caesar : Istriku. Ratu. rakyat Romawi. Caesar. rapikanlah dirimu. rakyat sudah menunggu. kami akan segera ke sana.

Ptolemy Philadelphus. Ptolemy Philadelphus. bagaimana kalau kita bunuh saja Caesar? Caesar sudah tidak berwibawa lagi di mata kita. ternyata seperti itu. sepertinya semua ini di luar dugaan. ini adalah putraku dengan Cleopatra. : Memangnya ada apa di istana? : Caesar ketahuan selingkuh dengan Cleopatra. semuanya. rumah BrutusCassius Istri Cassius Cassius Brutus : Brutus. Istri Caesar : Oh. Apakah kamu tega meninggalkan anak kita ini? Suamiku. Dia sudah menodai nama rakyat Romawi. ini anak kita. apa yang akan kalian lakukan? : (berpikir sejenak) Brutus. akuilah bahwa ini anak kita. istriku : Bagaimana aku bisa tenang kalau kamu berselingkuh dengan wanita lain?! : Jadi kamu belum memberi tahu istrimu kalau aku adalah istri keduamu? : Oh. begitu rupanya! Kecurigaanku benar! Ternyata selama ini kamu jarang pulang karena mengunjungi wanita ini! Pergi kamu dari sini. (ke hadapan Caesar dan istrinya) Suamiku. Caesar yang biasanya kami hormati. Istri Brutus Cassius : Lalu. : Kami sangat kecewa dengan Caesar. Istri Cassius : Apa? Jangan senekat itu! Tindakan kalian terlalu berisiko! . wanita perebut suami orang! (mengusir Cleopatra) Cleopatra : Apa katamu?! Seenaknya saja mengataiku! (berjalan ke pengikutnya) Kemarikan anakku! Aku akan membuktikan cinta Caesar padaku. ternyata kamu juga sudah punya anak ya! Bagus sekali! Julius Caesar : (terdiam sejenak) Ya.Julius Caesar Istri Caesar Cleopatra Istri Caesar : Tenang dulu. (sound effect : suara orang terkejut) Istri Caesar : (menangis) Ternyata selama ini aku salah mempercayaimu! -malam hari.

beliau menitipkan surat pada kami. Brutus : Baiklah. Kapan kita lakukan rencana itu? Cassius : Bagaimana kalau bulan depan? Kita pancing Caesar ke depan gedung parlemen. lalu kita habisi dia. -malam hari. Tapi kita perlu merencanakan dengan matang. Kali ini aku akan bertindak tanpa persetujuanmu. Julius Caesar : Baik.. Istri Brutus Brutus : Jangan lakukan itu! Kami tidak ingin sampai terjadi apa-apa pada kalian! : Maafkan aku.Brutus : Tapi aku setuju dengan ide Cassius. ada pesan dari Ratu Cleopatra. Sebaiknya sekarang kita bawa ayahmu ke istana. Mari ikut hamba. -di belakang gedung parlemenJulius Caesar Cassius Julius Caesar Brutus : Di mana suratnya? Katamu suratnya ada di. kita tinggalkan tempat ini. . Percuma kita punya Caesar kalau ia sendiri telah mengkhianati bangsa kita. Sebelum pulang ke Mesir.. istriku. : (menikam perut Caesar) : Aaaakh (memegangi perutnya yang berlumur darah) : Ayo Cassius. sebulan kemudianBrutus : Caesar. Mari kita ke sana. tetapi surat itu kami simpan di gedung parlemen. -keesokan harinyaMarc Anthony Octavianus Marc Anthony Octavianus Marc Anthony -di istana: (berjalan di depan gedung parlemen) Astaga! Julius sahabatku! Sadarlah! : Ada apa dengan ayah? : (melihat bekas tikaman) Ayahmu Sudah meninggal. : Apa?! Tidak mungkin! : Ini kenyataan.

: Kami sudah berhasil membalaskan dendam Caesar. kami membawa berita dari Romawi. kau akan kujadikan permaisuriku setelah Mesir menjadi kekuasaan Romawi. maafkan kelakuanku kemarin! Jangan tinggalkan aku! (menangisi Caesar) Octavianus Prajurit : Percuma kita menangisi ayah. (mengajak Marc Anthony menjauh) Sebenarnya.. Tapi. . : Apa?! Tidak! Suamiku. setelah Caesar wafat. Aku harus membalaskan dendam pada mereka! Marc Anthony : Kalau begitu. Octavianus : Ternyata mereka yang membunuh ayahku. Bu. Akhirnya dendam suamiku terbalaskan juga.. hamba mohon angkat suara.. berarti Romawi tidak lagi berkuasa atas Mesir.Marc Anthony Istri Caesar : Ratu. Dan lagipula tidak ada jaminan lagi bahwa Mesir tidak akan diperbudak oleh Romawi setelah Caesar wafat. Cleopatra Marc Anthony : Benarkah? Aku lega. yang seperti Tuan Brutus dan Tuan Cassius menusuk Caesar. bagaimana kalau Mesir kembali diserahkan sepenuhnya pada Romawi? : Sebaiknya jangan. Octavianus Cleopatra : Pendapatku. Ayah sudah tiada. Octavianus : Ayolah. tadi malam hamba melihat 2 orang. Ratu Cleopatra Jaminannya. Caesar tewas dibunuh. : Tuan Anthony.. dan kita akan bersama-sama menguasai Romawi dan Mesir. : Kami pun ikut senang atas hal ini. besok pagi kita hukum mati mereka! -di istana CleopatraMarc Anthony Octavianus : Ratu Cleopatra. Kami telah menjatuhkan hukuman mati pada Brutus dan Cassius..

Octavianus? Tampaknya Ratu Cleopatra belum siap menyerahkan Mesir pada bangsa kita. : Tidak bisa begitu! Jangan sekali-kali kamu melawan perintahku! Aku ini pewaris tahta Mesir! Marc Anthony Octavianus Cleopatra Marc Anthony Cleopatra Marc Anthony : Aku ini sahabat ayahmu. Sebaiknya percayakan saja dulu Mesir kepadanya. kumohon. Aku hanya ingin memerintah Mesir saja. Ratu. tapi jangan sekali-kali berkhianat! : Anthony.. Octavianus? Sudahlah.. : Bagaimana kalau wilayah Mesir diserahkan padaku saja. : Pasti. Ratu Cleopatra. lindungilah rakyatku.. apakah benar kamu mau melindungi rakyat Mesir? : Benar. Aku tahu. Kau rela berkorban demi rakyat Mesir dan sahabatmu. Cleopatra : Aku setuju dengan usul Marc Anthony. Octavianus pasti memiliki rencana jahat atas Mesir dan Ratu. : Tak kusangka ia sejahat itu. : Kamu sudah dengar kan. Cleopatra : Baik sekali hatimu. .Cleopatra Marc Anthony : Aku sudah tidak mau lagi berurusan dengan kekaisaran Romawi. Octavianus Cleopatra Marc Anthony Octavianus : Tapi. Anthony. Tidak mungkin aku berkhianat! : Baiklah. bukankah kau ingin menjadi ratu Romawi? : Tidak lagi. Ratu Cleopatra. Anthony. Lagipula aku sudah berjanji pada Caesar untuk menggantikannya menjagamu setelah beliau wafat. percayakan saja Mesir padaku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful