P. 1
Prinsip Kerja Kelistrikan pada sepeda motor

Prinsip Kerja Kelistrikan pada sepeda motor

|Views: 5,974|Likes:
Published by Novianda Fratama

More info:

Published by: Novianda Fratama on Jan 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

TUGAS DASAR KONVERSI ENERGI “Prinsip Kerja Kelistrikan Pada Sepeda Motor”

DIKERJAKAN OLEH : Novianda Fratama D01108068

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK 2010

maka panas dari loncatan bunga api listrik ini akan membuat sakelar mudah melengkung. Jika sakelar terbuat dari plat kecil dan tipis .Sehingga sakelar menjadi rusak. Penggunaan magnet switch starter ini guna untuk mencegah terbakarnya kontak poin dari sakelar starter yang ada di stang sepeda motor. Dinamo starter ini akan merubah energi listrik dari aki menjadi tenaga gerak (putar). Motor Starter Adapun motor starter pada sepeda motor terdiri atas dinamo starter.Prinsip Kerja Kelistrikkan Pada Sepeda Motor Sepeda motor pertama kali dinyalakan menggunakan motor starter (motor starter merupakan tipe motor dc). Magnet switch starter berfungsi sebagai saklar penerus energi listrik dari aki ke dinamo starter. . Dinamo starter membutuhkan kuat arus listrik yang sangat besar. Jadi penggunaan magnet switch starter sangat diperlukan untuk menjaga kerusakan yang dapat terjadi pada sakelar starter di stang sepeda motor. Motor starter adalah komponen kendaraan sebagai penggerak mula untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Gambar 1. sehingga pemutusan dan penerusan arus listrik pada sakelar akan dapat menimbulkan loncatan bunga api listrik di dalam sakelar. magnet switch starter dan instalasi kabel sistem starter.

maka . (d) Dinamo Starter. sistem pengisian bekerja menyuplai arus listrik. karena kebutuhan listrik pada kendaraan sangat dibutuhkan pada mesin dan kebutuhan aksesories kendaraan lainnya. Jadi sistem pengisian pada kendaraan sangatlah penting .(a) (b) (d) (c) (e) Gambar 2. (c) Armature Coil. (b) Field Coil. (e) Sikat Setelah mesin menyala. Sistem pengisian adalah sistem kelistrikan pada kendaraan baik sepeda motor atau mobil untuk mengisi arus listrik ke dalam aki. atau bisa disebut dengan alat charger di kendaraan. Jika tidak ada suplai listrik . Bagian-bagian dari Motor Starter (a) Rotor Dengan Komutator.

maka lampu . yaitu : 1. hanya berbeda istilahnya saja . 2. karena itulah sistem pengisian sangat diperlukan pada kendaraan.mesin tidak dapat hidup. Regulator sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh alternator. Spul pengisian dan magnet : berguna untuk menghasilkan tenaga listrik 2. Dan jika tidak ada suplai listrik pada kendaraan . karena listrik yang ada pada aki sangat terbatas jumlahnya dan dapat habis bila tidak di charge. Spull dan Kiprok Cara kerja sistem pengisian pada sepeda motor adalah : Magnet pada sepeda motor berputar karena menerima putaran dari crankshaft. Sistem pengisian pada kendaraan terdiri atas komponen .komponen sebagai berikut : 1. Kiprok : sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh sepul pengisian dan magnet Gambar 3. bahwa suplai listrik dari aki tidak akan bertahan lama. Komponen sistem pengisian pada sepeda motor sebenarnya sama . Gaya magnet ini akan memotong sepul pengisian sehingga menimbulkan arus listrik. Listrik yang dihasilkan ini .dan aksesories lainnya tak akan dapat menyala. Alternator sebagai pembangkit tenaga listrik. Sementara seperti telah kita ketahui.

Crank Shaft .akan dialirkan ke kiprok untuk diatur tegangannya sebelum dialirkan ke komponen listrik yang membutuhkan. Gambar 4. Kelebihan listrik akan dialirkan ke untuk mencharge aki.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->