BELAJAR PYTHON Beberapa langkah pembuatan program yang disebutkan di dalam situs ini melewati tahap-tahap penyusunan

sebagai berikut, Contents 1. 2. Gunakan editor Jalankan program 1. Pemakaian Sha-bang di UNIX

Gunakan editor
Program ditulis menggunakan EditorTeks dan menghasilkan berkas teks, misalnya namaprog.py. Sekalipun bukan keharusan, umumnya digunakan ekstensi py untuk menandai bahwa berkas tersebut skrip Python. Pemakaian editor sebagai alat bantu penulisan program Python dibahas di EditorPython.

Jalankan program
Untuk menjalankan program, cara yang paling umum adalah dengan dijalankan lewat Python, sbb.
• •

di UNIX (misalnya Linux, FreeBSD),
$ python namaprog.py

di Windows,
C:\> python namaprog.py

Apabila Python tidak dapat dipanggil langsung seperti di atas, periksa path di sistem operasi agar berisi ke lokasi tempat Python diinstal. Cara lainnya adalah Python dipanggil dengan path lengkap, misal

di Windows,
C:\>c:\"program files"\python\python namaprog.py

Pemakaian Sha-bang di UNIX
Di lingkungan UNIX dimungkinkan sebuah skrip dijalankan langsung dengan tambahan dituliskan ShaBang di awal program dan berkas skrip tersebut diset agar dapat-dijalankan (executable). 1. Skrip Python harus diawali dengan salah satu di bawah ini,

Python di Ubuntu 2. oleh karena itu terdapat dua buah versi di instalasi Debian masih mungkin.py Baca penjelasan tentang chmod untuk keterangan pemakai yang memiliki otoritas menjalankan skrip. $ chmod a+x namaprog. Contents Instalasi di GNU/Linux 1. Python dipanggil lewat perintah baris env 2.1 dan Python 2. Instalasi di Microsoft Windows 1.py INSTALASI PYTHON Python mudah diinstal dan tersedia di banyak platform.2 akan memasangkan Python versi 2. tersedia dua versi Python.1. Python dipanggil dengan path lengkap #! /usr/bin/python #! env python c.2. Sedangkan paket dummy Python sendiri masih merujuk pada versi 2. 2./namaprog. yakni Python 2.a. yakni menggunakan apt-get. Python versi 2. Prosedur instalasi Python mengikuti cara umum yang berlaku di Debian. • • apt-get install python akan memasangkan Python versi 2. Perintah . Jalankan chmod untuk mengubah atribut skrip.2. Woody.1 masih dijadikan paket yang diperlukan oleh beberapa aplikasi di Debian. o $ . Di sistem operasi keluarga free software umumnya sudah tersedia bersama bundel distribusi dan tinggal aktifkan prosedur instalasi standar. Instalasi di GNU/Linux Instalasi di Debian GNU/Linux Di paket Debian GNU/Linux versi 3. Python langsung dipanggil (akan berjalan jika lokasi Python sudah ada di path) #! python b.1. Jalankan skrip dengan path lengkap. Instalasi di Debian GNU/Linux 2.0. apt-get install python2.

Versi Python yang digunakan: 2. #!.1.3.2 perlu digunakan nama lengkap sbb. Python di Ubuntu Untuk Ubuntu 6. Contents 1. 7.06 LTS . Program instalasi untuk Python dapat diambil dari halaman Web ActivePython.2 apabila dikehendaki. 6. 2. Pustaka Python lainnya dapat ditampilkan dengan perintah: • $ dpkg -l python-\* Hal ini karena Ubuntu tetap mempertahankan sistem paket Debian.2 Demikian pula penulisan sha bang. Instalasi di Microsoft Windows Salah satu penyedia Python untuk Microsoft Windows adalah ActiveState. Keluaran dan masukan Penulisan statemen Tipe data dan variabel Pencabangan Pengulangan Subrutin Class . 4. PYTHON DASAR Di bagian ini dijelaskan dasar-dasar pemrograman menggunakan Python. perlu menyebutkan eksplisit python2."the Dapper Drake".1 karena nama tersebut merupakan taut simbolis (symbolic link) ke versi 2. 5. Oleh karenanya untuk memanggil Python versi 2. 3.4.• $ python akan memanggil versi 2. Python sudah terpasang baik pada sesi live CD ataupun instalasi ke cakram padat (hard disk). • $ python2.

penulisan konstruksi if dan else untuk pencabangan dengan dua blok. PencabanganIfElse .penulisan konstruksi if untuk pencabangan.Keluaran dan masukan Bagian paling penting pertama dalam penyusunan program adalah cara menghasilkan keluaran. penulisan ke berkas. baik ke StandardOutput. Penulisan statemen Python termasuk bahasa pemrograman yang berorientasi baris. Subrutin • SubrutinDef .penulisan konstruksi while untuk pengulangan. Setiap pernyataan (statemen) ditulis dalam satu baris dan tidak dapat begitu saja dilanjutkan di baris berikutnya. PerintahMasukan . yang terpenuhi atau yang tidak dapat dipenuhi.penyusunan subrutin dengan def.penulisan konstruksi if dan elif untuk pencabangan yang bersusun. ataupun pencetak.aneka cara menampilkan informasi.cara mendapatkan masukan dari pengguna.tipe data string dan cara menyatakannya. pencabangan di Python menggunakan bentuk blok untuk kedua kondisi. PencabanganElif . • • PerintahPrint . Pengulangan • • PengulanganWhile . Class . PengulanganFor . • • • PencabanganIf .penulisan konstruksi for untuk pengulangan. Sebuah pernyataan yang panjang dan harus ganti baris ditandai dengan akhiran \ di akhir baris. Tipe data dan variabel • String . Pencabangan Seperti halnya bahasa-bahasa prosedural lain.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.