P. 1
Asas-asas Hubungan Internasional

Asas-asas Hubungan Internasional

|Views: 5,296|Likes:
Published by Utari Yunus

More info:

Published by: Utari Yunus on Jan 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

.1. bangsa yang satu mengisap bangsa lain. Pola ini timbul akibat dari perkembangan kapitalisme. Pola penjajahan Dalam pola ini. Penguasaan wilayah dalam rangka mengisap kekayaan bangsa lain adalah inti dari kolonialisme dalam sejarah hubungan internasional.

yaitu usaha menguasai negara lain tetapi dengan cara mengindahkan proforma kemerdekaan politis(Heuken 1998:249). . Pola hubungan ini dekat dengan apa yang disebut neo-kolonialisme.2. Pola hubungan ketergantungan pola ini terjadi antara negara-negara yang belum berkembang dengan negarar-negara maju.

Pola hubungan sama derajat antarbangsa Dalam pola ini.3. . Kodrat manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang merdeka dan sama derajatnya. Pola semacam itu susah untuk diwujudkan. Sila kedua menggariskan bahwa hubungan antarbangsa harus bertolak pada kodrat manusia. hubungan antarbangsa dilakukan dalam rangka kerja sama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

Asas hubungan Internasional dibagi menjadi 3 asas.Asas-asas Hubungan Internasional menurut Hugo de Groot asas persamaan derajat merupakan dasar yang menjadi kemauan bebas dan persetujuan dari beberapa atau semua negara. yaitu: a. Asas teritorial b. Asas kebangsaan c. Asas kepentingan umum .

a. Asas teritorial Asas inin didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayahnya. . Terhadap barang atau orang luar wilayah itu. Menurut asas ini. berlaku hukum asing(internasional) sepenuhnya.

. Menurut asas ini.b. dia tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya. dimanapun warga negaranya berada. Asas ini memiliki kekuatan exteritorial. Asas kebangsaan Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya.

Negara dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan dan peristiwa yang menyangkut kepentingan umum. .c. Hukumnya tidak terikat pada batas wilayah suatu negara. Asas kepentingan umum Asas ini didasarkan wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->