P. 1
Laporan Percobaan Difusi Osmosis

Laporan Percobaan Difusi Osmosis

|Views: 5,593|Likes:
Published by Fadli888

More info:

Published by: Fadli888 on Jan 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

Laporan Percobaan Difusi dan Osmosis

M. Radhi Fadlillah
XI IA 2 Agustus 2010

Muhammad Radhi Fadlillah XI IA 2 Proses Difusi

Tujuan
Untuk mengetahui peristiwa difusi.

Alat dan Bahan
• • • Gelas beker (2) Kalium permanganat (KMnO4) Air

Cara Kerja
1. Isilah salah satu beker dengan 100 ml air, sedangkan gelas lain dibiarkan kosong dan tetap kering. 2. Ambillah dua kristal kalium permanganate, dan masukkan masing-masing ke dalam gelas beker. 3. Amatilah kedua perangkat percobaan tersebut selama 30 menit. 4. Biarkan kedua gelas beker tersebut selama beberapa hari. Kemudian amatilah gelas beker yang berisi air.

Hasil Pengamatan

Laporan Pengamatan Difusi dan Osmosis 2

Muhammad Radhi Fadlillah XI IA 2 4.Setelah dibiarkan selama beberapa menit, seluruh air akan berwarna ungu.

1.Pada saat dimasukkan ke dalam air, kalium permanganat akan mulai mengumpul

dian, dikarenakan massa jenis air lebih kecil daripada kristal KMnO4, maka kristal akan terkumpul di dasar air

Penjelasan dan Kesimpulan

Percobaan di atas adalah salah satu contoh proses difusi. Difusi adalah penyebaran molekul zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, secara spontan dan tanpa energi, hingga dicapai kerapatan yang sama dalam suatu ruang. 3.Lama kelamaan sebagian serbuk KMnO4 akan naik dan menyebarkan warna u Pada contoh di atas, kristal kalium permanganat yang memiliki konsentrasi tinggi di bagian bawah gelas menyebar mengisi ruang dengan konsentrasi kristal KMnO4 yang lebih rendah pada bagian atas. Pada akhirnya, seluruh ruang akan memiliki konsentrasi kristal KMnO4 yang sama besar (homogen). Hanya saja, percobaan di atas dilakukan hanya dalam waktu 30 menit, sehingga campuran masih belum homogen.

Pertanyaan dan Jawaban
1. Selama pengamatan 30 menit, pada gelas mana terjadi difusi kalium permanganat ? Pada gelas yang berisi air. 2. Apakah warna ungu pada larutan terkonsentrasi dalam satu tempat ? Ya, yaitu pada bagian bawah gelas. Mengapa ? Karena waktu pengamatan yang singkat, sehingga proses difusi belum sempurna. 3. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi proses difusi ? • Adanya perbedaan jenis dalam campuran larutan. Maksudnya, untuk adanya proses difusi, larutan harus terbuat dari 2 zat yang berbeda yang dicampur. Misalnya gula dila yang dicampur dengan air, atau kristal KMnO4 yang dicelupkan ke dalam air. Jika larutan terbuat dari zat yang sama, misalnya air dan air, maka proses difusi tidak akan terjadi. • Adanya perbedaan kerapatan/konsentrasi.

Laporan Pengamatan Difusi dan Osmosis 3

Muhammad Radhi Fadlillah XI IA 2

Proses Osmosis
Tujuan
Untuk mengetahui peristiwa osmosis.

Alat dan Bahan
• • • • • • • • Kentang satu buah Selang plastik dengan panjang 30 cm Gelas Sumbat karet Larutan gula 20 % Air Lem plastik Pisau / alat tajam lainnya

Cara Kerja
1. Buatlah larutan gula 20 %. 2. Buatlah kantong kentang dengan cara mengeluarkan isi kentang, dan menyisakan kulit dan sebagian is kentang. 3. Masukkan larutan gula ke dalam kantong kentang. 4. Tutuplah kantong kentang itu dengan sumbat karet (yang telah ditempeli selang plastik). 1. Oleskan lem plastik pada permukaan sumbat karet untuk mencegah kebocoran. 2. Isi gelas dengan air ± ¼ gelas. 3. Masukkan kantong kentang ke dalam gelas berisi air. 4. Lakukan pengamatan kenaikan air di dalam selang. (Pengukuran dilakukan dari permukaan sumbat karet.

Hasil Pengamatan
Pengamat an 1 2 3 Waktu 10 menit 20 menit 30 menit Kenaikan (cm) 2,5 cm 3,5 cm 4,5 cm Air

Laporan Pengamatan Difusi dan Osmosis 4

Muhammad Radhi Fadlillah XI IA 2

Pembahasan dan Kesimpulan
Percobaan di atas adalah salah satu contoh proses osmosis. Osmosis adalah perpindahan molekul atau ion dari kerapatan tinggi ke kerapatan rendah, melalui suatu membran. Sebelum Osmosis di atas, di dalam kantong kentang terdapat larutan gula 20%, Sesudah Osmosis Pada contoh sedangkan di luar kantong kentang hanya terdapat air. Jadi di dalam kantong kentang kerapatan air adalah 80% dan kerapatan gula adalah 20%, sedangkan di luar kantong kentang terdapat 100% air dan 0% gula. Menurut ketentuan, zat akan berpindah dari kerapatan tinggi ke kerapatan rendah melalui membran. Jadi air di luar kentang dengan kerapatan 100% akan berpindah ke dalam kentang dengan kerapatan air 80%, dan gula akan berpindah dari kantong kentang dengan kerapatan gula 20% ke luar kentang dengan kerapatan gula 0%. Namun karena gula bersifat impermeable, maka hanya air yang berpindah. Itulah sebabnya kenapa air pada selang naik.

Pertanyaan dan Jawaban
1. Proses apa yang ditunjukkan oleh kenaikan air di dalam selang ? Proses osmosis. 2. Apa yang menyebabkan kenaikan air di dalam selang ? Karena masuknya air dari luar kentang ke dalam kantong kentang. 3. Apa fungsi kantong kentang pada percobaan di atas ? Sebagai model membran.

Laporan Pengamatan Difusi dan Osmosis 5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->