P. 1
pasar-faktor-produksi

pasar-faktor-produksi

|Views: 799|Likes:
Published by Dian Hendrawan

More info:

Published by: Dian Hendrawan on Jan 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

PASAR FAKTOR PRODUKSI

PASAR FAKTOR PRODUKSI yaitu Alam menimbulkan Tanah Sewa Tanah Dibahas dalam Teori Sewa Tanah Terdiri dari Teori Perbedaan Kesuburan Teori sewa Sesuai Hukum Permintaan & Penawaran Tenaga Kerja Pasar Faktor Produksi Mempelajari memiliki Balas jasa/Upah Syarat-syarat Pengupahan yg baik Pasar persaingan sempurna Dibentuk pada Pasar monopoli Teori Upah ALam Teori Pemberian Upah Terdiri dari Teori Upah Bersih Teori upah menurut kesusilaan Teori Diskriminasi Upah Permintaan & Penawaran Modal Menghasilkan Modal Bunga Dipengaruhi Oleh Keadaan Perokonomian Risiko Kemakmuran Peran Pemerintah .

Yang ditawarkan adalah faktor-faktor produksi . Permintaan datang dari rumah Tangga produksi 2. Penawaran datang dari rumah tangga konsumsi ke rumah tangga produksi 3.KONSEP PASAR FAKTOR PRODUKSI Faktor produksi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh produsen sebagai input untuk memproduksi barang siap Pasar Faktor Produksi 1.

tanah diperkotaan saat ini sangat mahal dan dipedesaan masih relatif murah.Penawaran faktor produksi Penawaran faktor produksi adalah jumlah faktor produksi yang tersedia dipasar pada waktu tertentu. Penawaran tenaga kerja dipasar persaingan sempurna berhubungan positif dengan tingkat upah.maka penawaran tenaga kerja bertambah.Jika upah meningkat. Faktor produksi yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah tenaga kerja. Contoh kurva penawaran tenaga kerja Upah U2 U1 0 Q1 Q2 Jumlah Tenaga Kerja .Contoh.

tenaga kerja .PERMINTAAN TERHADAP FAKTOR PRODUKSI Sebelum perusahaan memproduksi barang. Kondisi yang harus dipenuhi agar faktor produksi yang digunakan dapat menghasilkan keuntungan maksimum dalam kegiatan produksi yaitu harga satu unit tambahan faktor produksi sama dengan tambahan penerimaan yang diciptakan oleh penggunaan faktor produksi tersebut . perusahaan terlebih dahulu mengamati Keadaan dipasar. Menentukan berapa jumlah barang yang akan diproduksi agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimum . dan faktor produksi lainnya dengan pertimbangan sebagai berikut. Berapa Harga Faktor produksi ditentukan B.Tujuannya adalah sebagi berikut. menentukan pilihan barang apa yang akan diproduksi yang sesuai dengan keinginan konsumen. a. Selanjutnya perusahaan menentukan kombinasi faktor produksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang tersebut dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan biaya yang minimum. A. b. Penetuan kombinasi faktor produksi tersebut berarti menentukan berapa jumlah modal .

Tanah merupakan faktor sumber daya alam yang utama. Karna segala macam kegiatan produksi tidak dapat dilak0ukan tanpa tanah.Contohnya adalah air.B. Ada 3 karakteristik tanah yang tidak dimiliki oleh faktor produksi atau sumber daya lain : ± Jumlah Tanah yang tersedia tetap ± Tidak ada biaya untuk memproduksi tanah ± Secara geografis.barang tambang tanah dan lain-lain.tumbuh-tumbuhn.yang dapat dimanfaatkan dalam proses produksi.tanah tidak bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain .FAKTOR PRODUKSI ALAM Faktor produksi alam atau sumber daya alam merupakan semua kekayaan yang terdapat dialam .

ditunjukkan oleh kurva Penawaran S yang tegak lurus.1.kurva permintaan dan penawaran tanah dapat digambarkan sebagai berikut Harga P3 P2 P1 S KURVA PENAWARAN DAN PERMINTAAN D3 D2 D1 Meningkatnya permintaanTerhadap tanah. Tingginya permintaan atas tanah tidak berpengaruh terhadap penawaran tanah yang bersifat tetap. atau menyewa tanah dengan membayar sejumlah uang sebagai ganti rugi atas tanah tersebut.Oleh karena itu .Karena jumlah tanah tak akan berkurang atau bertambah meskipun permintaan meningkat.setiap orang (produsen) membutuhkan sebidang tanah. Namun Hal itu tidak mempengaruhi jumlah Penawaran tanah . .menyebabkanPeningkatan harga.Biaya ganti rugi ini biasa disebut harga sewa tanah.Yand bisa saja didapatkan dari membeli .Sewa Tanah dan pembentukan harga Dalam melaksanakan kegiatan produksinya . yang di Tunjukkan oleh pergeseranKurva permintaan dari D1 Ke D2 dan D3.meminjam .

tetapi lebih ditekankan kepada keperluan akan tanah tersebut.Akibatnya .2.hasil yang didapat .Teori sewa sesuai hukum permintaan dan penawaran Tanah merupakan faktor produksi yang sangat penting. sewa tanah dibayar bukan lagi karena kesuburannya.Von Thunen menambahkan bahwa sewa tanah juga dibayar karena adanya perbedaan lokasi dan letak B.sewa tanah tergantung dari peruntuan.serta interaksi permintaan dan penawaran .Sedangkan pengelola tanah yang tidak subur tidak perlu membayar sewa karena hanya mendapatkan hasil yang sedikit.´Ahli ekonom lain.Bunyinya ³Pengguna tanah yang subur dengan hasi yang melimpah sewajarnya membayar sewa.Permintaan tanah yang terus meningkat sementara penawaran tidak mengalami peningkatan mengakibatkan naiknya harga sewa tanah.Jadi.Teori perbedaan kesuburan Dikemukakan oleh David Ricardo.TEORI SEWA TANAH Ada beberapa teori yang membahas mengapa sewa tanah perlu dibayar a.

Tenaga kerja didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk mengerjakan suatu pekerjaan .pada tingkat gaji atau upah tertentu dalam rentang waktu tertentu.FAKTOR PRODUKSI TENAGA KERJA ‡ Kegiatan perokonomian apapun tidak terlaksana tanpa adanya tenaga kerja . .C.

.Jika permintaan tenaga kerja meningkat .maka tingkat upah akan cenderung meningkat. Sebaliknya .Hal ini disebabkan oleh banyaknya kesempatan bagi pencari kerja untuk memilih lapangan pekerjaan yang cocok dan sesuai keinginan .Pembentukan upah pada Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Monopoli Penentuan tingkat upah pada pasar tenaga kerja dipasar persaingan sempurna ditentukan oleh kekuatan tarik menarik antara permintan dan penawaran akan tenaga kerja.sementara penawaran tetap.PEMBENTUKAN HARGA PADA FAKTOR PRODUKSI 1. jika penawaran tenaga kerja meningkat dan permintaan menurun atau tetap maka tingkat upah cenderung menurun karena pengusaha akan didatangi oleh pelamar yang melebihi kebutuhan.

tetapi penawaran tetap.Kondisi keseimbangan (ekuilibrium) ditunjukkan oleh titik E dimana tingkat tenaga kerja yang terpakai adalah OQ .perhatikan kurva dibawah ini Upah S P E D O Q Penentuan Tingkat Upah Tenaga Kerja Pada Pasar Persaingan Sempurna .Untuk Melihat permasalahan ini lebih jelas . dengan tingkat upah OP. . Dimana Tingkat Permintaan dan Penawaran Tetap ± D adalah kurva permintaan terhadap tenaga kerja dan S adah kurva penawaran tenga kerja .Anggap sekarang permintaan tenaga kerja meningkat .

Perhatikan gambar dibawah ini Upah S Penentuan Tingkat Upah Pada Pasar Persaingan Sempurna .‡ Bagaimana pengaruh pernyataan terhadap tingkat upah ? . . Dimana Tingkat Permintaan Menguat . dimana jumlah tenagan kerja terpakai adalah OQ1 . Sementara Penawaran Tetap P1 P E D O Q Q1 Jumlah Tenaga Kerja E1 D1 ‡ Peningkatan Permintaan ditunjukkan oleh pergeseran kurva permintaan dari D ke D1 yang berpotongan dengan kurva penawaran dari S pada titik E1 .Keseimbangan setelah terjadinya peningkatan permintaan tenaga kerja ada pada titik E1. dengan tingkat upah yang sebesar OP1.

Tingkat upah turun dari OP menjadi OP1 .‡ Kurva yang permintaan tenaga kerjanya tetap tetapi penawaran bertambah . Akibatnya titik keseimbangan baru berada pada E1. kurva permintaan digambarkan oleh D dan kurva penawaran oleh S.Keseimbangan pada titik E dengan tingkat upah dan jumlah tenaga kerja terpakai OQ.Peningkatan penawaran digambarkan oleh pergeseran kurva penawaran dari S ke S1. dan tingkat tenaga kerja terpakai menigkat menjadi OQ1 Upah E P P1 D O Q Q1 Jumlah tenaga Kerja E1 S1 Penentuan Tingkat Upah Pada Dasar Persaingan Sempurna Dengan Permintaan Tetap .Perhatikan kurva dibawah ini ! Mula-mula . Namun Penawaran Tenaga Kerja Meningkat S .

interaksi antara kurva permintaan dan penawaran tidak ada karena tingkat upah sudah ditentukan. tidak akan menaikkan tingkat upah.Jadi.Q1. perhatikan gambar dibawah ini D2 Upah D D1 Penentuan Tingkat Upah Tenaga Kerja Pada Pasar Monopoli E2 P E E3 O Q2 Q Q1 Jumlah tenaga Kerja Tingkat upah yang telah ditetapkan ditunjukkan oleh garis PP. dan Q2 tidak memberi pengaruh apa-apa terhadap tingkat upah OP. .Untuk lebih jelasnya .Pada pasar monopoli. sebesar apapun peningkatan permintaan tenaga kerja .peningkatan permintaan terhadap tenaga kerja yang ditunjukkan oleh Q.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->