Pengertian styrofoam

Styrofoam yang memiliki nama lain polystyrene , Begitu banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupannya sehari hari. Begitu Styrofoam diciptakan pun langsung marak digunakan di Indonesia. Banyak keunggulan pada styrofoam yang yang akan sangat menguntungkan bagi para penjual makanan seperti tidak mudah bocor, praktis dan ringan sudah pasti lebih disukai sebagai pembungkus makanan mereka. Bahkan kita tidak dapat dalam satu hari saja tidak menggunakan bahan polimer sintetik. Polystyrene adalah sebuah dengan monomer, sebuah hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi. Pada suhu ruangan, polistirena biasanya bersifat padat, dapat mencair pada suhu yang lebih tinggi. Stirena tergolong senyawa aromatik.Polistirena pertama kali dibuat pada 1839 oleh Eduard Simon, seorang apoteker Jerman. Ketika mengisolasi zat tersebut dari resin alami, dia tidak menyadari apa yang dia telah temukan. Seorang kimiawan organik Jerman lainnya, Hermann Staudinger, menyadari bahwa penemuan Simon terdiri dari rantai panjang molekul stirena, yang adalah sebuah polimer plastik.Polistirena padat murni adalah sebuah plastik tak berwarna, keras dengan fleksibilitas yang terbatas yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam produk dengan detil yang bagus. Penambahan karet pada saat polimerisasi dapat meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan kejut. Polistirena jenis ini dikenal dengan nama High Impact Polystyrene (HIPS). Polistirena murni yang transparan bisa dibuat menjadi beraneka warna melalui proses . Polistirena banyak dipakai dalam produk-produk elektronik sebagai casing, kabinet dan komponen-komponen lainya. Peralatan rumah tangga yang terbuat dari polistirena, sapu, sisir, baskom, gantungan baju, ember.Tetapi dibalik semua keunggulan styrofoam itu dapat menimbulkan kerugian yang sangat merugikan bagi manusia dan alam.

Proses Pembuatan Styrofoam Styrofoam atau foamed polysterene (FPS) yang ringan dan paktis ini masuk dalam kategori jenis plastik. Sytrofoam dibuatdari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanandan suhu tertentu, selanjutnya dilakukan pemanasan untuk elunakkan resin dan me-nguapkan sisa blowing agent. Bahandasar yang digunakan adalah 90-95% polysterene dan 5-10%gas seperti n-butana atau n-pentana. Polysterene yang bercirikhas ringan, kaku, tembus cahaya, rapuh dan murah. Bahanyang lebih dikenal sebagai gabus ini memang praktis, ringan,relatif tahan bocor dan bisa menjaga suhu makanan dengan baik.Inilah yang membuat bahan ini amat disukai dan banyak dipakai,termasuk dalam industri makanan instan. Namun bahan inisebenarnya tak kalah berbahaya dengan plastik. Karena sifatnya yang rapuh makapolistiren dicampur sengdan senyawabutadien. Hal ini menyebabkanpolis tiren kehilangansifat jernihnya dan berubah warna menjadi putih susu. Kemudianuntuk kelenturannya, ditambahkan zat plasticierseperti dioktilptalat(DOP), butil hidroksi toluene (BHT), atau n butyl stearat. Kandungan zat pada proses terakhir inilahmenurut penelitian kimia LIPI dapat memicu timbulnya kankerdan penurunan daya pikir anak.

Para ahli lingkungan menyebutkan keputusan itu sebagai ”kemenangan lingkungan” karena styrofoam sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. menggunakan bahan ini untuk membungkus makanan mereka. sehingga benda didalamnya tetap dingin atau hangat. sehingga membentuk buih(foam). Dan sekarang telah digunakan blowing agent yang lebih ramah lingkungan. Beberapa tahun lalu. Penggunaan styrofoam di masyarakat Penggunaan plastik untuk kemasan makanan sudah meluas. styrofoam sering digunakan sebagai bahan insulasi. Namun bukan berati styrofoam (polystyrene) jadi berkurang dan hilang. Bahan tersebut lebih mudah didapat. penggunaan styrofoam sebagai wadah makanan makin menjamur. atau metal. Karena bisa menahan suhu itulah. Pengamatan Adrienne dan Vici terhadap beberapa rumah makan dan perusahaan pembungkus makanan di Jakarta dan Yogyakarta menemukan bahwa pemakaian kemasan makanan dari Styrofoam bisa mencapai ratusan kotak tiap hari. bahkan sudah menjangkau desadesa terpencil. Plastik busa yang mudah terurai menjadi struktur sel-selkecil merupakan hasil proses peniupan tersebut CFC merupakan senyawa gas yang disebut sebagai penyebabtimbulnya lubang ozon diplanet Bumi. Yang tidak kalah penting. akhirnya banyak yang menggunakannya sebagai gelas minuman dan wadah makanan. daun jati dan daun kelapa muda. seperti gelas. Satu restoran saja bisa memiliki tumpukan Styrofoam sampai 120-130 meter kubik. seperti HCFCs. Banyaknya sampah kemasan makanan ini menjadi masalah karena Styrofoam bukan barang yang bisa didaur ulang. walaupun belum 100% ramah lingkungan. Bahaya styrofoam . kertas. Harganya relatif murah dan praktis. Malahan di Indonesia. Sangat mudah menemukannya dimana-mana. Bahan ini memang bisa menahan suhu. Alasannya. yang dapat didaur ulang menjadi material mentah untuk dibuat kembali menjadi barang serupa. Padahal di balik kemasan yang terlihat bersih itu ada bahaya besar yang mengancam. Mulai dari restoran cepat sampai ketukangtukang makanan di pinggir jalan. sehingga mampu menyisihkan bahan pembungkus makanan alami seperti daun pisang. Dalam industri. ingin praktis dan tampil lebih baik. Mc Donalds mengumumkan akan mengganti wadah styrofoam dengan kertas.Kemudian proses pembuatannya ditiup dengan blowing agentyaitu gas chlorofluorocarbon (CFC). Styrofoam tidak bio-degradable atau tidak bisa hancur oleh mikroorganisme di udara dan di dalam tanah.

Hasil survei di AS pada tahun 1986 menunjukkan bahwa 100% jaringan lemak orang Amerika mengandung styrene yangberasal dari styrofoam. Saat benzena termakan. zat juga akan masuk ke sel-sel darah dan lama- lama akan merusak sumsum tulang belakang. semakin cepat pula migrasi bahan kimia styrofoam ke dalam makanan.Kandungan Styrofoam dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Selain kanker. yaitu suatu penyakit yang terjadiakibat adanya gangguan pada sistem endokrinologi danreproduksi manusia. 3. dan mudah gelisah. bahkan efek selanjutnya akan timbul anemia. . Faktor yang mempengaruhi perpindahan zat kimia pada styrofoam ke dalam makanan. Penelitian dua tahun kemudian menyebutkan kandungan styrene sudah mencapai ambang batas yang bisa memunculkan gejala gangguan saraf.Suhu yang tinggi Semakin panas suatu makanan. zat ini semakin lama semakin menumpuk dan terbalut lemak. antara lain: 1. Pada Juli 2001.Kadar lemak tinggi Bahan kimia yang terkandung dalam styrofoam akan berpindah ke makanan dengan lebih cepat jika kadar lemak (fat) dalam suatu makanan atau minuman makin tinggi. Karena bahanbahan kimia yang terkadung di dalamnya dapat bermigrasi ke makanan yang dikonsumsi manusia. masalah yang paling banyakditemui ada pada kelenjar tyroid.Kadar alkohol dan asam yang tinggi Bahan alkohol dan asam mempercepat laju perpindahan. mempercepat detak jantung sulit tidur. badan gemetaran. Divisi Keamanan Pangan PemerintahJepang juga mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalammakanan sangat berbahaya. EPA (Environmental Protection Agency) dan beberapa lembaga lainnya malah sudah mengategorikan styrofoam sebagai bahan karsinogen karena benzen yang digunakan untuk memproses butiran styrene merupakan larutan kimia yang sulit dilumat oleh sistem percernaan tidak bisa dikeluarkan melalui feses ataupun urine. Akibatnya. 2. sistem imun yang berkurang. Inilah yang bisa memicu munculnya penyakitkanker. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC). 4.Lama kontak Semakin lama makanan disimpan dalam wadah Styrofoamsemakin besar kemungkinan jumlah zat kimia yang bermigrasi ke dalam makanan. WHO (World Health Organization). khususnya pada Styrofoam yang digunakan sebagai wadah atau kemasan makanan. Sehingga menyebabkan kelelahan.

dengan gejala seperti sakit kepala. Memanfaatkan Styrofoam sebagai Pelindung Tanaman Diluar negeri. depresi. hilang pendengaran. dan neurofati periperal. 3. a. tidak sedikit restoran cepat saji yang menyuguhkan kopi panasnya dalam wadah ini Masalah kesehatan yang dapat muncul setelah terpapar jangka panjang antara lain : 1. Monomer stirena dapat masuk ke dalam janin jika kemasanpolistirena digunakan untuk mewadahi pangan beralkohol. letih. Berdasarkan data IARC. Hal inimenjelaskan mengapa dalam jaringan tubuh anak-anak ditemukan monomer stirena meskipun anak-anak tersebuttidak pernah terpapar secara langsung. bahan dasar styrofoam. Karena itu. akurasi dan kecepatan visiomotor. Monomer stirena jugadapat mengkontaminasi ASI. 4. memori. disfungsi system syaraf pusat (waktu reaksi. 4. Beberapa penelitian epidemiologik menduga bahwa terdapat hubungan antara paparan stirena dan meningkatnya risikoleukemia dan limfoma. hal ini dibuktikan dalampenelitian di New Jersey yang menyebutkan bahwa 75% dari12 sampel ASI telah terkontaminasi oleh stirena penanggulangan styrofoam pembuatannya dapat dilihat di mushroom grow buddy blog. Styrofoam dapat dimanfaatkan sebagaipelindung tanaman di saat musim dingin denganmemanfaatkan sifatnya sebagai insulator. wadah dari jenis ini tidak cocok untuktempat susu yang mengandung lemak tinggi. Begitu pun dengan kopi yang dicampur krim. Padahal. Mengembangakan teknologi untuk menguraikan sytrofoam . stirena termasuk bahan yang diduga dapat menyebabkan kanker pada manusia. 2. memang bersifat larut lemak dan alkohol. Menyebabkan gangguan pada sistem syaraf pusat. fungsi intelektual).Styren.karena alkohol bersifat dapat melintasi plasenta.

mereka ubah dalam bentuk polymer flocculant yangdiigunakan untuk menguraikan styrofoam menjadi air. Setelah melaluiproses pemisahan dan netralisasi. Yaitu dengan Page | 15 memotong styrofoam hingga kecil-kecil dan campurkandengan chloroform dan asam sulfat dengan suhu 45oCselama 2 jam. Hasil dari campuran tersebut adalahsodium polystyrene sulfonate (PSSNa). 2.Memanfaatkan Kulit Buah Jeruk untuk Mendissolve Styrofoam Metode ini diupayakan oleh Vici Riyani and AdrienneTrinovia Sulistyo siswa SMA Santa Ursula. yangbiasa ditemukan di dalam tanah. Bubuk polimer inikemudian bisa digunakan sebagai pemurni air dansangat berguna dalam industri semen. Dengan begitucampuran ini dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Atau cara lain yang mereka temukan dengan menggunakan kulit buah jeruk juga. Pemanasan tersebutmenghasilkan cairan yang terdiri atas minyak styrenesebesar lebih dari 80 persen dan sisanya berupa cairanracun lainnya. Denganmengolah kulit jeruk yang mengandung d-limonene. Minyak yang merupakan hasil pemanasanstyrofoam pada suhu tinggi itu mencemari tanah karenasulit terdegradasi di alam.Beberapa upaya telah ditemukan untuk menguraikan Styrofoam. Caranya dengan memasukan kulit jeruk bersamaandengan styrofoam ke dalam blender dan melalui prosesdistilisasi dan kemudian diaduk sampai dengansemuanya bercampur dengan baik.menemukan turunan bakteri Pseudomonas putida. antara lain : 1. Irlandia. yaitu memanaskanplastik turunan minyak bumi dengan suhu 520 derajatCelcius tanpa melibatkan oksigen.Mengembangkan bakteri Pseudomonas putida Para ahli biologi di University of College Dublin. Kevin O’Connor dan koleganya mengubah polystyrenemenjadi minyak melalui pyrolysis.Yang pasti mereka yakin cara ini tetaplah ramahlingkungan. . cairan tersebut akanberubah menjadi bubuk polimer. Mereka melakukannya dengan tekhnik sulfonasi. memakan minyak styrenemurni dan mengubahnya menjadi plastik yang ramahlingkungan.

termasuk dari jeruk. plastik jensi ini jugamudah terurai di alam.Pada awalnya. tetapi semakin manis rasanya. Kandungan vitamin C sangat beragam antarvarietas. molekul radikal bebas mengoksidasi protein. Kadar LDL teroksidasi tinggi merupakan faktor utama berkembangnya penyakit jantung. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Beberapa penelitian epidemiologi memang telah memperlihatkan hubungan signifikan antara asupan vitamin C dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Vitamin C berperan dalam proses penyerapan zat besi nonorganik (zat besi dan makanan nonhewani) sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan anemia (lesu darah). dan DNA. . Seperempat bagian dari total kandungan vitamin C buah jeruk terdapat di dalam sari buahnya. Vitamin C terdapat pada sari buah. Secara signifikan. Kerusakan akibat radikal bebas berimplikasi pada timbulnya sejumlah penyakit.2006). Betakaroten (provitamin A).6 gram energiminyak styrene dalam bentuk plastik biodegradable (dapatterurai di alam) yang disebutpolyhydr oxyalkanoate atauPHA. mereka bakteri memurnikanstyrene dari larutan. Dalam tubuh. tergantung pada jenisnya. dan kulit. bakteri justru sangat menikmati menu makanbarunya ini dan mengubah 64 gram styrene campuranuntuk menghasilkan sekitar 3 gram bakteri baru. Namun. Page | 16 Namun. Meskipun demikain. temuan ini membawaharapan baru karena menunjukkan bahwa styrofoam danmolekul polystyrene yang menyusunnya dapat diubahmenjadi ramah lingkungan (---. Selain musnah jika dibakar.Para peneliti kemudian memberikan cairan ini kepadasalah berharap satu turunan akan bakteri. Pseudomonas putida CA-3. tetapi berkisar antara 27-49 mg/100 g daging buah. proses biologi yang dilakukan bakterimenghasilkan produk sampingan yang masih beracun. dan katarak. asam lemak. yang membentuk vitamin A banyak terdapat di dalam kulit dan sari buah jeruk. termasuk kanker. hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dari makanan. meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang berguna untuk kesehatan manusia. Struktur jeruk terdiri atas buah dan kulit. daging.org/wiki/Jeruk.yaitu toluene. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar. Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml. kardiovaskular. Makin tua buah jeruk. Dalam proses ini. Vitamin C juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan. biasanya makin berkurang kandungan vitamin C-nya.wikipedia. http://id. bakteri menyimpan 1. yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat aktivitas molekul radikal bebas. dapat mencegah kenaikan LDL teroksidasi. Pengertian jeruk Jeruk adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan).

akan meningkatkan kadar folat. yang merupakan racun bagi dinding pembuluh darah. menimbulkan perasaan senang dan tenang. Cara yang sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan distilasi uap/air. Lapisan minyak berada di bagian atas. Selain itu. nipis. seperti jeruk segar atau dalam bentuk jus. berkisar antara 70-92%. serta dengan distilasi atau penyulingan. Berdasarkan hasil uji preferensi. Selain sebagai sumber vitamin C jeruk juga merupakan sumber asam folat yang potensial. purut. biasanya dengan menggunakan pelarut”. dan penambah cita rasa pada makanan. dan campurannya dapat menghasilkan rasa yang berbeda. 2009:1605) bahwa “Varietas adalah jenis atau spesies tertentu yang dapat dibedakan dari kelompok lain berdasarkan sifat-sifat tertentu. secara ilmiah telah terbukti mampu melindungi tubuh terhadap serangan kanker. senyawa yang dominan adalah limonen. Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan (salah satunya jeruk) dan sayuran yang tinggi. lemon. Jenis minyak atsiri jeruk dibedakan berdasarkan varietasnya. Dengan menurunnya kadar homosistein. Namun. menggunakan bahan pelarut. Aroma minyak atsiri yang kurang disukai adalah yang berasal dari jeruk besar dan siam. memiliki efek perlindungan terhadap kanker yang lebih baik dibandingkan dengan konsumsi vitamin C dalam bentuk tablet atau suplemen lainnya. Aroma jeruk dapat menstabilkan sistem syaraf. risiko penyakit kardiovaskular juga berkurang. sehingga aromanya pun berbeda. Lapisan minyak diambil menggunakan pipet lalu dimasukkan ke dalam botol berwarna gelap. 2009:381) bahwa “Ekstraksi adalah proses pemisahan suatu bahan dari campurannya. Kandungan limonen bervariasi untuk tiap varietas jeruk. dan jeruk siam madu. seperti di dalam kulkas.Vitamin C dalam buah-buahan. Ciri-ciri minyak atsiri yaitu bersifat mudah menguap karena titik uapnya rendah. antara lain dengan pengepresan dingin. peran antioksidan (termasuk vitamin C) menjadi penting. jari budha/kuku harimau. Minyak dalam botol lalu disimpan di tempat yang bersuhu rendah dan terhindar dari sinar matahari. memiliki risiko terkena katarak lebih rendah. Menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia. Minyak atsiri jeruk terdiri atas berbagai senyawa yang mudah menguap. Kandungan kulit jeruk Salah satu kandungan dari kulit jeruk yang bisa kita olah dan daur ulang yaitu minyak atsiri. Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang berbeda-beda. Prinsipnya. Jeruk sebagai sumber vitamin C juga diduga memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti pengeroposan tulang (osteoporosis). gangguan fungsi kognitif. Karena oksidasi lensa mata memainkan peran penting pada pembentukan penyakit katarak. Setiap senyawa penyusun memilki efek tersendiri. Satu buah jeruk dapat memenuhi 20 persen dari kebutuhan folat sehari-hari. Peningkatan kadar folat akan menurunkan kadar homosistein. bahan parfum. Menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia. yaitu untuk aroma terapi. aroma minyak atsiri jeruk yang paling disukai konsumen adalah minyak atsiri dari jeruk manis. bergantung varietas. Tingkat konsumsi makanan dengan kandungan folat tinggi. dan asma. uap air digunakan untuk mengangkat minyak atsiri dari dalam jaringan kulit jeruk. meningkatkan nafsu makan. Minyak atsiri jeruk dapat digunakan sebagai pengharum ruangan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa individu dengan konsentrasi vitamin C dan karotenoid dalam darah yang tinggi. Minyak atsiri jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat bagi . sedangkan air di lapisan bawah. Campuran air dan minyak akan terpisah karena adanya perbedaan berat jenis. batu ginjal. dan menyembuhkan penyakit. seperti jenis tanaman. Ekstraksi minyak atsiri dari kulit jeruk dapat dilakukan dengan beberapa cara. kemudian uap yang mengandung minyak atsiri didinginkan dengan air mengalir. termasuk jeruk. susunan senyawa komponennya kuat mempengaruhi saraf manusia (terutam di hidung) sehingga sering kali memberikan efek psikologis tertentu (baunya kuat).

Kandungan Jeruk Bali: 1. Kulit buah jeruk biasanya hanya dibuang sebagai sampah.Selain ukurannya yang superjumbo bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya.com/2009/08/solusi-penanganan-limbah-kulit-jeruk. ilmiah: Citrus grandis. karena media ini merupakan media yang ramah lingkungan untuk menguraikan styrofom sehingga styrofoam dapat diuraikan oleh tanah.kesehatan tersebut karena minyak atsiri jeruk mengandung senyawa limonen yang berfungsi melancarkan peredaran darah. seperti sampah organik menjadi pupuk kompos serta sampah plastik menjadi peralatan rumah tangga. terutama CVPD yang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia. 2. Pektin Jeruk bali mengandung pektin jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya setelah dijus.html. Minyak atsiri jeruk juga mengandung linalool. antidepresi. serta mengandung banyak air. serta sitronela sebagai penenang dan pengusir nyamuk. Jeruk yang akan kami gunakan dalam penguraian styrofoam ini adalah jeruk bali dan jeruk garut. rapat satu sama lain. Jeruk bali yang memiliki nama Latin Citrus maxima ini daging buahnya berwarna putih hingga merah dengan tekstur halus. Jika bersinergi dengan betakaroten (provitamin A) yang banyak terdapat pada jeruk bali. • Grape fruit: penghambat sel kanker karena mengandung limonen tinggi (>90%) • Jeruk lemon: antihipertensi. Nama “pomelo” sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali.blogspot. linalil. serta menghambat sel kanker. Kabupaten Pati. Satu porsi jus jeruk bali mengandung lebih dari 3. C. antibakteri. Beberapa kultivar unggulan Indonesia: • Nambangan • Srinyonya • Magetan • Madu/Bageng (tanpa biji) Tiga kultivar yang pertama ditanam di sentra produksi jeruk bali di daerah Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun. antiseptik. tonik. bahkan kadang tanpa biji. Namun. asam. Likopen Kandungan likopen pada jeruk bali cukup tinggi. Berarti jeruk bali dapat menurunkan risiko penyakit jantung. sehingga dapat dimakan langsung setelah dikupas. Zat aktif pembersih darah . Bisa juga dinikmati sebagai salah satu komponen rujak dan bahan salad buah berpadu dengan salad dressing yang segar. yang saat ini menjadi salah satu masalah di kota-kota besar. Daging buahnya banyak mengandung air. dan sedikit pahit. tonik. salah satu upaya yang biasa dilakukan adalah mengolah atau mendaur-ulang sampah menjadi produk atau bahan yang berguna. yaitu kombinasi manis. 3. Untuk mengatasi masalah sampah. pereda flu.9 persen pektin. jeruk besar. Jeruk bali. http://barangdaurulang. dan terpineol yang memiliki fungsi sebagai penenang (sedatif). • Jeruk purut: sebagai sedatif. maxima) merupakan jeruk penghasil buah terbesar. likopen bisa berperan sebagai antioksidan. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10 persen tingkat kolesterol. yaitu 350 mikrogram per 100 gram daging buah. meredakan radang tenggorokan dan batuk. tonik. pengusir nyamuk. Manfaat beberapa minyak atsiri jeruk dalam penyembuhan penyakit adalah: • Jeruk manis: sebagai sedatif. yang akan kita olah adalah sampah kulit jeruk yang mengandung minyak atsiri sebagai pengeliminasi styrofoam. atau pamelo (bahasa Inggris: pomelo. tetapi juga lengkap manfaat sehatnya.sedangkan yang terakhir ditanam di daerah Bageng. Buah ini tidak hanya lengkap rasanya. jeruk bali memiliki rasa khas. Jumlah biji umumnya sedikit. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit.

Vitamin C Seperti jeruk lain. Hasil penelitian. Kandungan buah ini merupakan sumber vitamin C yang berguna untuk kesehatan manusia. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia. dan likopen (350 ug/100g). Akan tetapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagian dalam kulit buah yang berwarna putih pun dapat dijadikan manisan. Nobiletin dapat menghambat kerja COX-2 dengan cara inhibisi pada murine macrophage dan dapat menghambat induksi kanker kulit oleh dimethylbenz[a]antracen (Murakami et al. Citronellic-acid. tanaman jeruk bali yang dimanfaatkan adalah daging buahnya yang dapat dikonsumsi langsung apabila telah tua dan matang. bahkan kanker. akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara. Pada sel kanker payudara dan colorectal carcinoma.Bagian kulit buah yang dapat digunakan berwarna putih. Jeruk ini mudah ditemui dimana saja dan kapan saja. Thymyl. tetapi kami akan mencoba memanfaatkan kulit luar dari jeruk bali sebagai pengurai styrofoam Jeruk garut diklasifikasikan ke dalam Citrus reticulate atu nama lokalnya adalah jeruk keprok. Kulit jeruk Citrus reticulata mempunyai berbagai macam senyawa diantaranya Tangeraxanthin. Citronellyl-acetate. Tangeretin memiliki IC50 37 uM dan IC50 100 uM sedangkan Nobiletin.acid. Decanoic. jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental. Pada umumnya. Pan dkk. Nobiletin. 2006). Cystine. Senyawa dalam kulit jeruk Keprok (Citrus reticulata) yang telah dilakukan penelitian mengenai aktivitas antikankernya adalah tangeritin dan nobiletin. Pada penelitian secara invitro menunjukkan peniadaan terhadap sel kanker dengan menginduksi apoptosis pada sel leukemia. jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat. Cis-3-hexenol. http://ccrcfarmasiugm. Citronellal.methyl-ether. (2002) melaporkan bahwa polimetoksi flavonoid (tangeretin) yang terdapat pada kulit jeruk. Nobiletin dan menginduksi Cells arrest. 4. dapat menginduksi G1 arrest dengan adanya peningkatan ekspresi CDK inhibitors seperti p27. Tyrosine. Decanol. Tangeritin. Threonine. Cis-carveol. Tryptophan.com/ensiklopedia-tanaman-anti-kanker/j/jeruk-keprok/. jeruk keprok juga banyak disukai karena daging buahnya banyak mengandung air dan menyegarkan. Decanal. Tetradecanal. 2007). Thymol. Terpineolene. 2000). Terpinen-4-ol. Perokok dianjurkan untuk mengosumsi jeruk bali dua “siung” (helai dalam buah) setiap hari. Selain rasanya yang manis-manis asam. Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksidan. Kalium Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium. vitamin A (440 IU). p21 pada colon cacer cell line (COLO 205) obiletin merupakan senyawa polymethoxyflavon yang pertama kali di uji aktivitas antikanker secara in vivo (Tang et al..Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit. 2007). bioflavonoid. sedangkan kulit luar yang berwarna hijau dibuang karena banyak mengandung kelenjar minyak. Citric-acid. Tangeritin dapat menghambat aktivitas sel kanker pada fase G1 sehingga siklus selnya terhambat(Anonim4.wordpress. Kandungan vitamin C sangat beragam antar-varietas. yaitu persentase sel darah per volume darah. tapi berkisar antara 27-53 mg/100 gr . efek antiproliferatif pada sel kanker yang sama menunjukan aktivitas yang lebih tinggi dengan IC50 30 uM dan IC50 40 uM (Morley. Pada penelitian yang sama melaporkan nobiletin juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostate dengan nilai IC50 100 μM. Tangeritin merupakan senyawa methoxyflavone yang mempunyai potensi sebagai agen antikanker. 5. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen. Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak. sedangkan laki-laki 4054 persen.

esens minuman. dan untuk campuran kue. Keadaan itu akan memperpanjang rasa kenyang dan menurunkan laju penyerapan glukosa. sariawan. Dengan adanya cara penguraian sampah styrofoam ini. gula tetes. serta anemia yang diakibatkan karena kekurangan vitamin C. Serat pangan [dietary fiber] di dalam tubuh akan mengikat zat gizi pada suatu gel matriks. di beberapa negara juga sudah dikenal produk minyak dari kulit dan biji jeruk. Tak perlu takut kelebihan vitamin C yang dapat mengakibatkan batu ginjal jika banyak mengonsumsi buah jeruk keprok. maka kelebihan tersebut akan dibuang dalam urine. Karena kelebihan vitamin C yang berasal dari buah-buahan umumnya tak menimbulkan efek samping. berupa polisakarida nonpati (secara umum dikenal sebagai serat pangan) sangat baik untuk kesehatan. nyeri otot. ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. gangguan syaraf. kita harus meminimalisir pemakain styrofoam sebagai wadah makanan atau bahkan menghilangkannya. Bahkan mengonsumsi buah ini dapat mengurangi kemungkinan gusi berdarah. Minyak kulit jeruk dipakai untuk membuat minyak wangi. . Vitamin ini mudah larut dalam air sehingga bila vitamin yang dikonsumsi melebihi dari yang dibutuhkan tubuh. alkohol dan pektin dari buah jeruk yang terbuang. Vitamin C dari buah jeruk aman dikonsumsi. Karbohidrat kompleks dalam kandungan jeruk. sehingga dapat memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan. sabun wangi. Selain daging buah.daging buah yang dikonsumsi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful