Gaya Gravitasi / Kelas XI SMA

Fisikastudycenter.com- Contoh Soal Gaya Gravitasi Materi Fisika SMA Kelas 2 SMA (11) dan Pembahasannya. Tipe-tipe soal dan logika penyelesaian pada topik gaya gravitasi sebagian besar mirip dengan soal-soal pada topik materi gaya listrik statis atau gaya Coulomb, karena samasama vektor dan memiliki kesamaan pola pada rumusnya. Sehingga bisa dibilang jika memahami gaya Coulomb, maka gaya gravitasipun akan cepat pula dikuasai atau sebaliknya. Soal No. 1 Tiga buah benda A, B dan C berada dalam satu garis lurus.

Jika nilai konstanta gravitasi G = 6,67 x 10í11 kgí1 m3 sí2 hitung: a) Besar gaya gravitasi yang bekerja pada benda B b) Arah gaya gravitasi pada benda B Pembahasan a) Benda B ditarik benda A menghasilkan FBA arah gaya ke kiri, benda B juga ditarik benda C menghasilkan FBC arah gaya ke kanan, hitung nilai masing-masing gaya kemudian cari resultannya

b) Arah sesuai FBA ke kiri Soal No. 2 Benda A dan C terpisah sejauh 1 meter.

Tentukan posisi benda B agar gaya gravitasi pada benda B sama dengan nol! Pembahasan

Jika benda digeser sehingga berada di titik p.Agar nol maka FBA dan FBC harus berlawanan arah dan besarnya sama. Posisi yang mungkin adalah jika B diletakkan diantara benda A dan benda C. tentukan berat benda pada posisi tersebut! Pembahasan Soal No. sehingga jaraknya dari benda C adalah (1íx) Posisi B adalah 1/3 meter dari A atau 2/3 meter dari B Soal No. 4 Benda A. Misalkan jaraknya sebesar x dari benda A. 3 Sebuah benda memiliki berat 600 N berada di titik q. B dan C membentuk suatu segitiga sama sisi dengan panjang sisi adalah 1 meter .

hitung nilai masing-masing gaya. 6 Tiga buah planet A. kemudian cari resultannya.67 x 10í11 kgí1 m3 sí2 Soal No. Soal No. 5 Tiga buah benda A. silahkan dicoba. B dan C dengan data seperti gambar dibawah : . B dan C membentuk segitiga siku-siku seperti gambar berikut! Tentukan besar gaya gravitasi pada benda B! Pembahasan Seperti soal sebelumnya hanya berbeda sudut.Tentukan besar gaya gravitasi pada benda B Pembahasan Benda B ditarik A menghasilkan FBA dan ditarik benda C menghasilkan FBC dimana sudut yang terbentuk antara FBA dan FBC adalah 60o . Dengan nilai G adalah 6.

Sebuah benda memiliki berat 120 N ketika berada di planet A. Tentukan: a) Berat benda di planet B b) Perbandingan berat benda di planet A dan di planet C Pembahasan a) Berat benda di planet B. b) Perbandingan berat benda di A dan di C . misal massa benda adalah m dan massa ketiga planet berturut-turut MA . MB dan MC .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful