P. 1
Hand_out

Hand_out

|Views: 505|Likes:
Published by super_natural

More info:

Published by: super_natural on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2011

pdf

text

original

LIMBAH DAN JENIS-JENIS LIMBAH

A. Pengertian Limbah Menurut Ecolink, 1996 , limbah adalah barang yang terbuang atau dibuang dari aktifitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Menurut Wikipedia Indonesia, limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, limbah adalah 1) sisa proses industri, 2) air buangan pabrik. Limbah dapat diartikan juga sebagai sampah. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). B. Jenis-Jenis Limbah 1. Jenis limbah menurut bentuk/wujudnya. a. Limbah Padat Limbah padat adalah sisa atau hasil sampingan dari suatu usaha dan atau kegiatan yang berwujud padat. Limbah padat (sampah) dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu : 1) Berdasarkan zat kimia yanng terkandung didalamnya : a) Limbah organik Limbah organik terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan, atau peternakan. Limbah ini dengan mudah diuraikan oleh proses alami. Limbah rumah tangga sebagian besar merupakan limbah organik, sebagai contoh adalah sisa tepung, sisa sayur, kulit buah, dan daun. b) Limbah anorganik Limbah anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbarui, seperti mineral dan minyak bumi atau proses industri. Beberapa bahan ini tidak terdapat di alam, seperti plastik dan tekstil. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapt diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya dapat diuraikan, namun membutuhkan waktu yang sangat lama. Kertas, koran, dan karton merupakan pengecualian. Berdasarkan asalnya, kertas, koran, dan karton termasuk organik. Tetapi kertas, koran, dan karton dapat didaur ulang seperti limbah anorganik (misalnya gelas, plastik, kaleng). c) Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) Suatu limbah digolongkan sebagai limbah B3 bila mengandung bahan berbahaya atau beracun yang sifat dan konsentrasinya, baik langsung maupun tidak langsung, dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia.Yang termasuk limbah B3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganan dan pengolahan khusus. Bahanbahan ini termasuk limbah B3 bila memiliki salah satu atau lebih karakteristik berikut: mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif, dan lain-lain, yang bila diuji dengan toksikologi dapat diketahui termasuk limbah B3. 2) Berdasarkan dapat atau tidaknya membusuk : a) Mudah membusuk

Modul IPA kelas XI Semester 1

1

d) Industri berat dan ringan e) Pertanian Lokasi pertanian seperti kebun. tempat parkir. dll. termasuk juga tempat perdagangan. b) Tempat umum dan tempat perdagangan. perkebunan. e) House hold refuse : sampah campuran yang berasal dari perumahan. pupuk. ekonomi. ladang atau sawah menghasilkan sampah berupa bahan-bahan makanan yang telah membusuk. Modul IPA kelas XI Semester 1 2 . d) Dead animal: bangkai binatang besar yang mati akibat kecelakaan atau mati akibat kecelakaan atau secara alami. f) Abandoned vehicle: berasal dari bangkai kendaraan. seperti zat radioaktif. i) Sampah industri: berasal dari industri pertanian. kompleks militer. pada pintu masuk pusat pengolahan limbah cair. Tempat umum adalah tempat yang memungkinkan banyak orang berkumpul dan melakukan kegiatan. dan kemajuan teknologi  Jenis sampah Sampah-sampah yang ada di permukaan bumi dapat berasal dari beberapa sumber. Jenis sampah yang dihasilkan biasanya sisa makanan dan bahan sisa proses pengolahan makanan atau sampah basah (garbage). abu atau sampah sisa tumbuhan. khususnya jika cuaca panas.  Faktor geografis dan musim  Faktor waktu  Faktor sosial (kebiasaan masyarakat). b) Rubbish: terdiri dari sampah yang mudah membusuk dan tidak mudah membusuk c) Ashes: semua sisa pembakaran dari industri. maupun insektisida. yaitu : a) Pemukiman penduduk Sampah di suatu pemukiman biasanya dihasilkan oleh satu atau beberapa keluarga yang tinggal dalam suatu bangunan atau asrama yang terdapat di desa atau di kota. tempat rekreasi. dll j) Sampah khusus: sampah yang memerlukan penanganan khusus. gedung pertemuan. tempat layanan kesehatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah sampah :  Jumlah penduduk  Sistem pengumpulan atau pembuangan sampah yang dipakai  Pengambilan bahan-bahan yang ada pada sampah untuk dipakai kembali. a) Mudah terbakar b) Tidak mudah terbakar 4) Berdasarkan ciri atau karakteristiknya : a) Garbage: terdiri dari zat-zat yanng mudah membusuk dan dapat terurai dengan cepat. sampah kering (rubbish). Sarana layanan yang dimaksud disini antara lain tempat hiburan umum. sampah pertanian. g) Demolision waste/construction waste: berasal dari sisa-sisa pembagunan gedung. budaya. jalan umum.b) Sulit membusuk 3) Berdasarkan mudah atau tidaknya terbakar . h) Santage solid: terdiri atas benda-benda solid atau kasar yang biasanya berupa zat organik. c) Sarana layanan masyarakat milik pemerintah.

air limbah disebut lemah. yaitu: 1) Human excreta Human excreta merupakan hasil akhir dari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia yang menyebabkan pemisahan dan pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Mengapa jumlah penduduk dapat mempengaruhi jumlah sampah ? 4. Sebutkan 5 macam limbah padat berdasarkan ciri/karakteristiknya ! 3. selokan. antara lain : a) Rumah tangga. Air limbah dapat berasal dari berbagai sumber. tempattempat ibadah. dsb. air limbah bersifat basa tetapi air limbah yang sudah lama atau membusuk bersifat asam karena kandungan bahan organiknya telah mengalami proses dekomposisi yang menimbulkan bau tidak menyenangkan. c) Karakteristik bakteriologis Bakteri patogen yang terdapat dalam air limbah biasanya termasuk golongan E. pabrik tinta. Contoh : air bekas cucian. Jelaskan pengertian limbah dengan menggunakan kata-katamu sendiri ! 2. Dampak tersebut antara lain : b. perdagangan. Air limbah yang tidak menjalani pengolahan yang benar dapat menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Zat-zat itu berbentuk tinja dan air seni. sedangkan kandungan bahan padatnya mencapai 0. Pembuangan tinja secara tidak baik dan sembarangan dapat mengakibatkan kontaminasi dan akan mendatangkan bahaya bagi kesehatan karena menjadi sumber infeksi. Volume air limbah yang dihasilkan pada suatu masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor. air bekas memasak. air bekas mandi. c) Industri. Apabila volume suspensi padat kurang dari 100 mg/l. Ada beberapa karakteristik khas yang dimiliki air limbah : a) Karakteristik fisik Air limbah terdiri dari 99. b) Perkotaan. Saat keluar dari sumber.Evaluasi 1 : 1. penggunaan sistem pembuangan. b) Karakteristik kimia Air limbah biasanya bercampur dengan zat kimia anorganik yang berasal dari air bersih dan zat organik dari limbah itu sendiri. Modul IPA kelas XI Semester 1 3 . Contoh : air limbah pabrik baja.1% dalam bentuk suspensi padat (suspended solid) yang volumenya bervariasi antara 100 500 mg/ltr. Contoh : air limbah dari perkantoran. sedangkan bila lebih dari 500 mg/l disebut kuat . Apa yang dimaksud dengan sampah organik ? Limbah cair Secara umum limbah cair dapat dibagi menjadi 3. antara lain: kebiasaan manusia.coli. dan waktu. dsb. industri dan tempat-tempat umum lainnya dan biasanya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang dapat membahayakan kehidupan manusia serta mengganggu kelestarian lingkungan. 2) Sewage (Air limbah) Air limbah adalah cairan buangan yang berasal dari rumah tangga.9% air. Sebutkan 5 sumber sampah yang ada dipermukaan bumi ! 5.

ditemukjan dalam air buangan industri. Perubahan yang ditimbulkan parameter fisika dalam limbah c ir industri a antara lain: padatan. Limbah cair industri mengandung bahan pencemar yang bersifat racun dan berbahaya yang dikenal dengan sebutan B3 Berdasrkan persenyawaan yang . daya hantar listrik. Berikut adalah jenis industry dan limbahnya yang berbentuk gas. temperatur. Me e  Kontaminasi dan pencemaran pada air permukaan dan badan-badan air yang digunakan ole manusia. 3) Industrial waste (bahan buangan dari sisa proses industri) Limbah industri adalah limbah cair yang sebagian besar terdiri atas buangan industri. a Karakteristik fisik. kekeruhan. dan warna. bau. 1) Bahan kimia organik  Karbohidrat dan protein  Minyak dan lemak  Fenol  Zat warna dan surfaktan 2) Bahan kimia anorganik  Klorida  Fosfor  Logam berat dan beracun  Nitrogen  Sulfur 3) Karakteristik biologi  Virus Limbah gas Limbah gas adalah sisa atau hasil samping dari suatu usaha atau kegiatan yang berwujud gas. sifat limbah cair tersebut dapat dikategorikan berdasarkan karakteristik fisika. kimia dan karakteristik biologinya. b) Karakteristik kimia Secara umum sifat air dipengaruhi oleh bahan kimia organik dan anorganik. "    ©    ©©© IS ¤ £¢ Modul I l s ¨£ £¦£ § s ! ¥ ¡  1 4 .  Menimbulkan bau (sebagai hasil dekomposisizat organik dan bakteri anaerobik)  Menghasilkan lumpur yang dapat mengakibatkan pendangkalan air sehingga terjadi penyumbatan yang dapat menimbulkan banjir. c.

Faktor-faktor apasajakah yang mempengaruhi volume air limbah ? 3. Limbah anorganik Yaitu kelompok limbah yang tidak mudah hancur/diuraikan oleh aktifitas mikroorganisme. misalnya bagian tubuh manusia yang diamputasi dan cairan tubuh manusia yang telah terinfeksi. Beberapa limbah anorganik sama sekali tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. B3 adalah semua bahan/senyawa baik padat. gesekan atau sumber api lainnya. Jenis jenis limbah berdasarkan jenis senyawa : a. 2) Limbah mudah terbakar Adalah limbah yang mudah menyala atau terbakar jika berdekatan dengan api. dan sebagian lagi dapat diuraikan tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama. rumah tangga dan industri. 5) Limbah yang menyebabkan infeksi Berupa limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbah yang mengandung kuman penyakit. Limbah organik Yaitu kelompok limbah yang terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan. Modul IPA kelas XI Semester 1 5 . Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) Menurut PP RI No. Mengapa air limbah yang sudah lama biasanya menimbulkan bau yang tidak enak ? 5. Limbah ini jika menyala akan terbakar secara terus menerus dan bertahan dalam jangka waktu lama. perikanan. peternakan.18 thn 1999 tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun. c. Limbah organik secara alami mudah diuraikan oleh mikroorganisme. Jelaskan pengertian limbah cair ! 2.Evaluasi 2 : 1. 4) Limbah beracun Adalah limbah yang mengandung racun yang dapat membahayakan manusia dan lingkungannya. percikan api. Apa yang dimaksud dengan limbah gas ? 2. 3) Limbah reaktif Adalah limbah yang dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran karena menerima atau melepaskan oksigen yang tidak stabil pada suhu tinggi. Limbah B3 dapat dikelompokkan sebagai berikut : 1) Limbah mudah meledak Adalah limbah yang melalui reaksi kimia dapat menghasilkan gas dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi sehingga cepat merusak lingkungan. cair ataupun gas yang mempunyai potensi merusak terhadap kesehatan manusia serta lingkungan akibat sifat-sifat yang dimiliki senyawa tersebut. b. Limbah jenis ini dihasilkan oleh kegiatan manusia dari pertanian. Jelaskan dampak yang terjadi apabila air limbah tidak menjalani penngelolaan yang benar ? 4.

18/1999! 2. Limbah rumah tangga Limbah yang berasal dari rumah tangga khususnya di kota-kota besar jumlahnya mencapai lebih dari 80%. Evaluasi 3 : 1. nikel. Hal ini mengakibatkan zat-zat toksik terakumulasi dalam tubuh sehingga akibatnya baru dapat dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama. 3) Limbah industri kulit dan sandang Industri jenis ini memerlukan air sebagai media untuk proses pencucian dalam jumlah yang besar. cadmium. Jelaskan pengertian Limbah bahan beracun dan berbahaya menurut PP RI No. lemak. Sebutkan 5 contoh limbah B3 ! 3. tembaga. Senyawa atau bahan yang termasuk limbah B3 antara lain: air raksa/merkuri/Hg. dll. baik untuk prosesnya maupun untuk pencucian peralatan-peralatan yang dipergunakan selama proses berlangsung. garam-garam mineral dan sisa bahan kimia yang digunakan selama proses pengolahan dan pembersihan. Mikroorganisme. b. timah hitam.6) Limbah yang bersifat korosif Limbah ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit. arsen. kromium. b) Keracunan kronis Keracunan yang disebabkan oleh masuknya zat-zat toksik ke dalam tubuh dengan dosis kecil secara terus menerus. 27/2002 ? 3. kulit. Modul IPA kelas XI Semester 1 6 . Menurut PP RI No. baik melalui mulut. sehingga jumlah limbah cair yang dihasilkan dalam industri kimia juga cukup besar. yang dimaksud limbah radioaktif adalah zat radioaktif atau bahan serta peralatan yang telah terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif karena pengoperasian instalasi nuklir atau instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion yang tidak dapat dipergunakan lagi. Limbah lain yang termasuk B3 adalah limbah radioaktif. Apa yang dimaksud dengan limbah radioaktif menurut PP RI No. penyamakan kulit. senyawa organik dan anorganik yang dapat larut maupun tidak serta zat-zat lain dalam air limbah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Apa yang kamu ketahui tentang limbah B3 yang korosif? 4. Jenis limbah berdasarkan lingkungan asalnya a. protein. maupun saluran pernapasan yang akibatnya dapat dilihat segera. 27 thn 2002. seperti industri kain batik. juga dapat mengakibatkan korosi pada logam. Limbah industri Limbah industri meliputi : 1) Limbah industri pangan Limbah industri pangan mengandung karbohidrat. Gangguan kesehatan karena efek bahan kimia adalah : a) Keracunan akut Keracunan yang disebabkan oleh masuknya dosis tertentu ke dalam tubuh. 2) Limbah industri kimia Industri kimia memerlukan air dalam jumlah yang cukup besar.

8) Limbah medis Limbah medis adalah hasil buangan dari suatu aktivitas medis. laboratorium. Oleh karena itu. Limbah ini merupakan limbah jaringan tubuh yang terbuang dari proses bedah atau autopsi. dan limbah yang dihasilkan selama produksi obat-obatan. Kategori tersebut adalah: a) Limbah benda tajam seperti jarum suntik. tetapi proses-proses dalam industri logam dan elektronika mengakibatkan limbah yang berupa: debu. 5) Limbah pertanian Limbah pertanian biasanya mengandung polutan insektisida dan pupuk organik. dan lain-lain. proses sterilisasi dan riset. limbah medis dikategorikan berdasarkan potensi bahaya yang terkandung di dalamnya serta volume dan sifat persistensinya yang dapat menimbulkan berbagai masalah. obat-obat yang terbuang karena tidak memenuhi spesifikasi atau kemasan yang terkontaminasi. Industri logam tidak menggunakan zat-zat kimia yang limbahnya berbahaya bagi kesehatan. perlengkapan intravena. yaitu limbah yang terkontaminasi dengan radioisotop yang berasal dari penggunaan medis atau riset radionukleotida. obat-obatan yang tidak diperlukan lagi oleh institusi bersangkutan. Modul IPA kelas XI Semester 1 7 . kebisingan. g) Limbah radioaktif. yang merupakan limbah yang berasal dari obat-obatan yang kadaluarsa. pengangkutan. 7) Limbah industri pariwisata Kegiatan wisata menimbulkan limbah yang berasal dari sarana transportasi. obat-obat yang dibuang pasien atau oleh masyarakat. pipet Pasteur. limbah ini memerlukan wadah atau kontainer khusus dalam pengolahannya. d) Limbah sitotoksik. Limbah ini dapat menjadi sumber penyebaran penyakit pada petugas. e) Limbah farmasi. Nitrogen yang terkandungdalam pupuk buatan dapat menyebabkan terbentuknya larutan nitrat dalam tanah. Jika larutan ini meresap dalam sumur penduduk yang berdektan dapat menyebabkan munculnya penyakit bayi biru (blue baby). yaitu bahan yang terkontaminasi selama peracikan. pasien. atau tindakan terapi sitotoksik.4) Limbah industri logam dan elektronika. b) Limbah infeksius. f) Limbah kimia yang dihasilkan dari penggunaan kimia dalam tindakan medis. 6) Limbah pertambangan Pada proses penambangan dihasilkan limbah logam berat cair yang dapat mengakibatkan keracunan syaraf. Limbah infeksius adalah limbah yang berkaitan dengan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular (perawatan intensif) dan limbah laboratorium. pengunjung. pecahan gelas. Menurut peraturan Departemen Kesehatan RI pada tahun 2002. dan karbon monoksida (CO). Limbah medis harus sesegera mungkin diolah setelah dihasilkan dan penyimpanan menjadi pilihan terakhir jika limbah tidak dapat langsung diolah. c) Limbah patologi. maupun masyarakat sekitar.

Dengan penggunaan kembali diharapkan dapat memperpanjang waktu penggunaan sebelum barang dibuang ke tempat sampah. dapat dilakukan melalui :  Penghancuran  Perataan air  Penggumpalan  Sedimentasi  Pengapungan  Filtrasi Modul IPA kelas XI Semester 1 8 . Misalnya : pembuatan kompos dan biogas. Sebutkan limbah yang dihasilkan oleh industri logam dan elektronika ? 3. Jelaskan perbedaan keracunan akut dan keracunan kronis ! C. Pemanfaatan (recycling) Dengan daur ulang barang yang tidak berguna bisa dipakai dan dimanfaatkan kembali. Penggunaan kembali (reuse) Barang-barang yang dipakai diusahakan dipilih produk yang dapat dipakai kembali dan menghindari produk yang disposable (sekali pakai). sehingga diharapkan limbah yang telah diolah tersebut memiliki kandungan bahan beracun seminimal mungkin bahkan tidak ada. Upaya apa yang dilakukan pemerintah untuk menangani limbah medis ? 4. Pemanfaatan sampah dengan teknik pengolahan dapat juga menjadikan sampah sebagai bahan yang berguna. 4. Gangguan kesehatan karena efek bahan kimia adalah keracunan akut dan keracunan kronis. Dengan meminimallisasi barang yang kita pakai diharapkan limbah yang dihasilkan akan berkurang jumlahnya. Pemanfaatan Limbah Limbah mengandung zat berbahaya yang dapat mengganngu kesehatan manusia dan lingkungan.Evaluasi 4: 1. Pengelolaan limbah secara umum dapat dikelompokkan menjadi : 1. Maka akan lebih baik jika dilakukan pengurangan sumber (source reduction). 3. Tahapannya adalah sebagai berikut : 1) Prapengolahan (pretreatment) 2) Pengolahan primer (primary treatment) 3) Pengolahan sekunder (secondary treatment) 4) Pengolahan tersier (teritary treatment) b. Pengolahan berdasarkan tingkat perlakuan. Pengolahan (treatment) Kegiatan pengolahan limbah bertujuan untuk mengurangi bahan-bahan beracun yang terdapat dalam limbah. Pengolahan berdasarkan karakteristik Proses pengolahan berdasarkan karakteristik air limbah dapat dilakukan secara: 1) Fisik. Pengolahan limbah cair industri dibagi menjadi 2 : a. Pengurangan sumber (source reduction) Aktifitas manusia yang semakin beragam diasumsikan menghasilkan limbah yang beragan dengan jumlah besar. Apa yang di maksud limbah rumah tangga ? 2. Oleh karena itu penanganan limbah harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. 2.

2) Kimia. dapat dilakukan melalui :  Pengendapan dengan bahan kimia  Pengolahan dengan lagoon atau kolam  Netralisasi  Penggumpalankoagulasi  Sedimentasi  Oksidasi dan reduksi  Klorinasi  Penghilangan klor (biasanya menggunakan karbon aktif atau natrium sulfat)  Pembuangan fenol  Pembuangan sulfur 3) Biologi. Jelaskan perbedaan pemusnahan sampah dengan metode insenerator dan sanitary landfill ! 3. dapat dilakukan dengan cara :  Kolam oksidasi  Lumpur aktif  Lagoon 5. kecuali harus dimusnahkan atau dimanfaatkan . Sebutkan pengolahan limbah cair berdasarkan tingkat perlakuan ! Modul I l s IS 1& &)& 0 s ( ' &% # $ 1 9 . Apa yang dimaksud denga reuse ? 2. Tempat/lokasi yang biasa dipakai untuk penimbunan limbah antara lain seperti pada bagan berikut : Penimbunan Limbah Penimbunan limbah Di darat Penimbunan limbah Di dalam air Gunung Dan lembah Tanah datar Laut Danau dan sungai Evaluasi 5 : 1. Pembuangan Pembuangan sampah akhir merupakan suatu upaya yang tidak mungkin dicarikan alternatifnya. Berikan 5 contoh sampah padat yang dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna! 4.

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknyaatau dimasukkannya makhluk hidup. Jenis Polusi dan Polutan Berdasarkan Keberadaan dan Jenis Lingkungan Kerja 1. kimia atau biologi di udara yang jumlahnya membahayakan kesehatan manusia. misalnya : a) Uap pelarut organik b) Timbunan gas metana dari lahan uruk/tempat pembuangan akhir sampah Berikut ini adalah beberapa macam zat pencemar udara : PENCEMAR SUMBER Karbon monoksida Buangan kendaraan bermotor.POLUSI A. zat energi dan /atau komponen lain ke dalam air/udara dan/atau berubahnya tatanan (komposisi) air/udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi susuai dengan peruntukannya. Polusi/pencemaran udara Pencemaran udara adalah adanya zat-zat pencemar baik fisik. Berdasarkan SK Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup No. Sumber-sumber pencemaran udara yaitu : 1) Kegiatan manusia Kegiatan manusia yang dapat menyebabkan pencemaran udara antara lain : a) Transportasi b) Pembangkit listrik c) Pembakaran 2) Sumber alami. maka polusi dapat dikelompokkan menjadi : a. Jenis-jenis polusi Berdasarkan lingkungan kerja. beberapa proses industri Nitrogen oksida Buangan kendaraan bermotor. Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup. meliputi : a) Aktifitas gunung berapi b) Rawa-rawa c) Kebakaran hutan 3) Sumber-sumber lain. Pengertian Polusi Berdasarkan UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. zat energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. mengganggu kenyamanan dan juga menyebabkan kerusakan sifa.2/MENKLH1988. panas Ozon (O3) Terbentuk di atmoster Modul IPA kelas XI Semester 1 10 . 4 tahun 1982. 2. hewan dan tumbuhan. (CO) beberapa proses industri Sulfur dioksida (SO 2) Panas dan aktifitas pembangkit listrik Partikular matter Buangan kendaraan bermotor.

meliputi : . Pencemar udara berdasarkan substansinya dapat dikelompokkan menjadi 2. Penyebab terjadinya pencemaran air digolongkan menjadi dua.sampah organik dan anorganik 2) Pencemaran dari sumber tidak langsung.100 Sedang 101 . koloid dan bahan terlarut 5) Mikroorganisme 6) Meningkatnya radioaktifitas air lingkungan Komponen-komponen pencemaran air antara lain. Berikut ini kategori nilai Indeks Standar Pencemar Udara : Nilai Indeks Kualitas Udara Kurang dari 51 Baik 51 . yaitu substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. misalnya pembentukan ozon.limbah industri dan tempat pembuangan akhir (TPA) . misalnya karbondioksida sebagai hasil pembakaran.b. meliputi : . misalnya gangguan pernapasan. yaitu : 1) Pencemaran dari sumber langsung. Kualitas udara adalah mutu atau tingkat kebaikan udara menurut sifat-sifat unsur pembentuknya. Modul IPA kelas XI Semester 1 11 . Untuk itu kualitas udara harus terus dijaga agar tidak mengganggu kesehatan. Pemerintah dengan Kementrian Lingkungan Hidup melakukan pemantauan kualitas udara yang ditunjukkan dengan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).199 Tidak sehat 200 299 Sangat tidak sehat Lebih dari 300 Berbahaya Polusi/pencemaran air Pencemaran air merupakan keadaan berkurangnya/turunnya kualitas air sampai pada tingkat tertentu yang mengakibatkan air tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. yang terdiri dari : .Limbah pertanian dari pupuk dan pestisida . TBC dll. yaitu : 1) Pencemar primer.Perlarutan bahan buangan padat oleh air . sbb : 1) Bahan buangan padat. bau dan rasa 4) Timbulnya endapan.Pengendapan bahan buangan padat di da sar air . yaitu substansi pencemar yang terbentuk setelah pencemar primer bereaksi di atmosfer. Udara yang tercemar dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kesehatan pada manusia. 2) Pencemar sekunder.Hujan asam Pencemaran air ditandai dengan : 1) Adanya penurunan pH air 2) Kenaikan suhu 3) Perubahan warna.Pembentukan koloid yang melayang di dalam air 2) Bahan buangan organik Apabila bahan buangan organik masuk ke air maka populasi mikroorganisme di dalam air meningkat dan tidak menutup kemungkinan bakteri patogen juga ikut berkembang biak.

pasir. yaitu : a) Polusi sedimen Adalah pencemaran yang disebabkan bahan-bahan padat. termasuk juga bakteri patogen. yaitu : Modul IPA kelas XI Semester 1 12 . melainkan akan mengapung di atas permukaan air. Tugas! Carilah informasi melalui internet tentang COD (Chemichal Oxygen Demand) dan BOD (Biologycal Oxigen Demand) ! c. b) Polusi kimia Adalah pencemaran yang disebabkan adanya senyawa kimia dalam tanah. Tanah berperan penting dalam pertumbuuhan makhluk hidup.Sampah radioaktif 2) Jenis-jenis polusi tanah Polusi tanah dapat dikelompokkan menjadi 2. Polusi kimia dibagi menjadi 2. 4) Bahan buangan olahan bahan makanan Air lingkungan yang mengandung bahan buangan olahan makanan akan mengandung banyaj mikroorganisme. Kesadahan air yang tinggi dapat merugikan karena dapat merusak peralatan yang terbuat dari besi. dsb. memelihara ekosistem dan memelihara siklus air. batu dan bahan vulkanik lainnya yang menutupi dan merusakkan tanah sehingga tanah menjadi tercemar. Apabila ion-ion logam yang terjadi di dalam air berasal dari logam berat maupun logam yang bersifat racun seperti Pb. Pencemaran tanah Sebagaimana udara dan air. antara lain : .3) Bahan buangan anorganik Kandungan ion kalsium (Ca) dan ion magnesium (Mg) di dalam air menyebabkan air bersifat sadah.Pupuk buatan . yaitu proses pengkaratan (korosi). Polusi sedimen mengakibatkan pendangkalan sungai.Detergen .Sampah-sampah anorganik yang sukar hancur . tanah merupakan komponen penting dalam hidup kita. As dan Hg maka air tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia. tanah menjadi tidak subur. Bahan buangan cairan berminyak yang dibuang ke air lingkungan akan mengapung menutupi permukaan air. 1) Penyebab pencemaran tanah adalah : a) Faktor internal Pencemaran yang disebabkan oleh peristiwa alam. 5) Bahan buangan cairan berminyak Minyak tidak dapat larut di dalam air. Kasus pencemaran tanah terutama disebabkan oleh pembuangan sampah yang tidak memenuhi syarat (ilegal dumping). air menjadi keruh. b) Faktor eksternal Pencemaran tanah karena ulah dan aktifitas manusia.Zat kimia dari buangan pertanian . seperti letusan gunung berapi yang memuntahkan debu.

000 Hz. suara dapat digolongkan menjadi 3.Hilang konsentrasi waktu bekerja Gangguan . cair dan gas.Zat warna kimia Modul IPA kelas XI Semester 1 13 . 2) Setempat dan sporadis Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran suara : Tipe Uraian AkibatKehilangan . Pencemaran suara Bunyi atau suara merupakan gelombang longitudinal yang merambat melalui medium atau zat perantara yaitu zat padat. Suatu zat dapat digolongkan sebagai polutan jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: a. dsb 3.sabun. Menurut senyawanya : 1) Polutan kimiawi Merupakan pencemaran yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. adalah uara yang memilki frekuensi > 20. telepon. dll. bahan pembersih. .Kejengkelan. Jenis Polutan berdasarkan senyawa.000 Hz Pencemaran suara bersifat : 1) Subyektif Polusi suara disebut sebagai pencemaran yang berupa kebisingan atau tidak tergantung dari penilaian masing-masing individu. Pengertian polutan Polutan adalah zat atau bahan yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran. adalah suara yang memiliki frekuensi antara 20 20.Tekanan darah meningkat .Insektisida . Berada pada tempat yang tidak tepat 4. adalah suara yang memiliki frekuensi < 20 Hz.Sakit kepala AkibatGangguan .Perubahan ambang batas permanen akibat kebisingan Akibat-akibat .Rasa tidak nyaman atau stress fisologis meningkat. a. 3) Ultrasonik.Merintangi kemampuan pendengaran mendengarkan radio. sifat dan wujudnya. Yang termasuk bahan kimia antara lain : . TV.Perubahan ambang batas akibat pendengaran sementara akibat kebisingan. kebingungan akibat emosional psikologis Gangguan gaya . yaitu : 1) Infrasonik. Berada pada waktu yang tidak tepat c. Jumlahnya melebihi jumlah normal b.Polusi kimia oleh pestisida d. Berdasarkan frekuensinya.. badaniah .Gangguan tidur atau istirahat hidup . 2) Audiosonik. detergen. shampo.Polusi kimia oleh pupuk . .

botol. Menurut sifatnya : 1) merusak untuk sementara Sifat merusak yang ditimbulkan polutan hanya sementara. Polutan fisik ini merupakan barang-barang yang dapat didaur ulang atau digunakan lagi b.. setelah bereaksi dengan zat lingkungan tidak menimbulkan efek merusak lagi. Evaluasi 6 : 1.Larutan penyamak kulit . Sebutkan 3 syarat sehingga suatu zat digolongkan sebagai polutan ! 4. Jelaskan tentang 2 penyebab pencemaran tanah ! 2. logam. Apa yang dimaksud dengan polusi sedimen ? 3. Berdasarkan wujudnya 1) Polutan padat 2) Polutan cair 3) Polutan gas. kaca.Zat radioaktif 2) Polutan biologi Pencemaran biologi biasanya disebabkan oleh mikroorganisme 3) Polutan fisik Pencemaran ini biasanya disebabkan oleh barang-barang yang terbuat plastik. 2) Merusak untuk jangka waktu lama Diperlukan waktu lama untuk zat-zat tertentu sampai dapat dilihat efek merusaknya. karet. c. Jelaskan jenis-jenis polutan berdasarkan sifatnya ! Modul IPA kelas XI Semester 1 14 . kaleng.

besi. Ada 3 metode yang dapat digunakan dalam teknik ini : a) Metode galian parit Sampah dibuang kedalam galian parit yang memanjang. rawa-rawa atau pada lereng bukit kemudian ditutup dengan lapisan tanah yang diperoleh dari tempat tersebut. Pengelolaan sampah Ada beberapa tahapan dalam pengelolaan sampah padat yang baik. Setelah satu parit terisi penuh. Tahap pengangkutan Dari dipo.B. b) Metode area Sampah dibuang di atas tanah seperti pada tanah rendah.pemisahan benda-benda yang tidak dapat dipakai sebagai pupuk seperti gelas. Modul IPA kelas XI Semester 1 15 . Sampah basah dan sampah kering sebaiknya dikumpulkan dalam tempat yang terpisah untuk memudahkan pemusnahannya. sampah dikumpulkan kemudian dimasukkan kedalam dipo (rumah sampah) b. kaleng. Tahap pemusnahan.Penghancuran sampah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil. dibuat parit baru disebelah parit terdahulu. . 2) Incineration Merupakan suatu metode pemusnahan sampah dengan cara membakar sampah secara besar-besaran dengan menggunakan fasilitas pabrik. Tahap pengumpulan dan penyimpanan di tempat sumber Sampah yang ada di lokasi sumber ditempatkan dalam tempat penyimpanan sementara. Sampah yang ditimbun dan tanah penutup dipadatkan dan diratakan kembali. Dari tempat penyimpanan ini. dsb. 3) Ukuran sesuai sehingga mudah diangkut oleh satu orang. 3) Composting Pemusnahan sampah dengan cara memanfaatkan proses dekomposisi zat organik oleh kuman-kuman pembusuk pada kondisi tertentu. sampah diangkut ke tempat pembuangan akhir atau pemusnahan sampah dengan mempergunakan truk pengangkut sampah. Prinsipnya adalah bahwa penaburan lapisan tanah dilakukan setiap hari dengan tebal lapisan sekitar 15 cm diatas tumpukan sampah. Pengelolaan Limbah 1. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk memusnahkan sampah antara lain: 1) Sanitary landfill Pemusnahan sampah dilakukan dengan cara menimbun sampah dengan tanah yang dilakukan selapis demi selapis. Tempat penyimpanan sementara (tempat sampah) yang digunakan harus memenuhi pasyaratan sbb : 1) Konstruksi harus kuat dan tidak mudah bocor 2) Memiliki tutup dan mudah dibuka tanpa mengotori tangan. c) Metode ramp Merupakan teknik gabungan dari kedua metode diatas. Tahap-tahap pembuatan kompos : . diantaranya : a. Tanah bekas galian digunakan untuk menutup parit tersebut. dalam hal ini tempat sampah. c.

tetapi sampah tersebut harus diolah lebih dahulu untuk mencegah penularan penyakit cacing ke hewan ternak. - 8) Individual inceneration Pembakaran sampah secara perorangan ini biasa dilakukan oleh penduduk terutama di daerah pedesaan. Pengenceran (disposal by dilution) . Sumur resapan (seepage pit) Merupakan sumur tempat menampung air limbah yang telah mengalami pengolahan dalam sistem lain. c. Dengan cara ini air limbah akan mengalami purifikasi alami. b. Modul IPA kelas XI Semester 1 16 . 9) Recycling Pengolahan kembali bagian-bagian dari sampah yang masih dapat dipakai atau daur ulang.Penempatan sampah dalam galian tanah yang tidak begitu dalam. Babi).4) 5) 6) 7) Pencampuran sampah dengan memperhatikan kadar karbon dan nitrogen yang baik (C : N = 1 : 30) . jurang atau tempat sampah. . Hot feeding Pemberian garbage kepada hewan ternak(mis. 10) Reduction Menghancurkan sampah (biasanya dari jenis garbage) sampai ke bentuk yang lebih kecil 11) Salvaging Pemanfaatan sampah yang dapat dipakai kembali misalnya kertas bekas. diantaranya : a. maka persyaratan persyaratan berikut ini harus dipenuhi : 1) air sungai atau danau tidak boleh digunakan untuk keperluan lain. 2. Dumping Sampah dibuang atau diletakkan begitu saja di tanah lapang. 3) Air harus cukup mengandung oksigen. Air limbah dibuang ke sungai. Pengelolaan air limbah Beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengelola air limbah. 2) Volume air mencukupi sehingga pengenceran berlangsung kurang dari 30 40 kali. Discharge to sewers Sampah dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam sistem pembuangan air limbah. Sampah dibiarkan terbuka agar terjadi proses aerobik. Apabila hanya cara ini yang dapat diterapkan.Pembolak-balikan sampah 4 5 kali selama 15 21 hari agar pupuk dapat terbentuk dengan baik. Cesspool Bentuknya menyerupai sumur pada tanah yang porous (berpasir) agar air buangan mudah meresap ke dalam tanah. Dumping in water Sampah dibuang kedalam air sungai atau laut. danau atau laut agar mengalami pengenceran.

Jelaskan keuntungan dan keruguan metode dumping in water ! Modul IPA kelas XI Semester 1 17 . Bagaimanakah persyaratan tempat penampungan sementara (tempat sampah) yang baik ! 3. Sebutkan bagian-bagian septic tank ! 5. Jelaskan 3 metode yang digunakan dalam sanitary landfill ! 2. Apa yang dimaksud dengan metode disposal by dilution ? 4. Sistem riool Sistem riool menampung semua air kotor dari rumah maupun dari perusahaan dan terkadang menampung kotoran dari lingkungan.d. antara lain : 1) ruang pembusukan 2) ruang lumpur 3) dosing chamber 4) bidang resapan e. Septic tank Septic tank memilki 4 bagian. Evaluasi 7 : 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->