P. 1
Materi IPA untuk SD kelas 5

Materi IPA untuk SD kelas 5

|Views: 4,847|Likes:
Published by dewihapsari91

More info:

Published by: dewihapsari91 on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

Widati Dewi Hapsari 10 015 132/1D/PGSD 081903799599

PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

A.Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Pencernaan yaitu proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus. Makanan yang telah dicerna tidak semuanya diserap oleh tubuh,tetapi sebagian diserap(berupa sari-sari makanan)dan sebagian dikeluarkan dari tubuh(berupa sisa-sisa pencernaan).

Macam-macam Pencernaan Pada Manusia Ada dua jenis pencernaan pada manusia yaitu:  Pencernaan Mekanis yaitu pencernaan yang terjadi di dalam mulut.Pencernaan ini dilakukan oleh gigi.  Pencernaan kimia yaitu pencernaan yang dilakukan oleh enzim di dalam mulut,lambung dan usus.

Alat-alat Pencernaan Pada Manusia Alat-alat pencernaan manusia terdiri atas:  Mulut  Kerongkongan  Lambung  Usus Halus  Usus Besar  Anus

Tugas-tugas Alat Pencernaan Manusia Tugas-tugas alat pencernaan manusia adalah sebagai berikut:  Menghancurkan makanan menjadi bentuk yang lebih halus.  Menyerap zat-zat makanan yang larut,sehingga masuk ke dalam tubuh.  Mengeluarkan zat-zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Bagian-bagian Setiap Alat Pencernaan dan Fungsinya 1.Rongga Mulut Bagian mulut yang berfungsi dalam pencernaan makanan adalah gigi,lidah dan air liur. Mulut merupakan alat pencernaan makanan yang paling awal mencernakan makanan.

a.Gigi Berdasarkan fungsinya gigi dibedakan menjadi tiga yaitu:  Gigi Seri  Gigi Taring  Gigi Geraham Fungsi dari macam-macam gigi tersebut adalah:  Gigi Seri berfungsi untuk memotong makanan.  Gigi Taring berfungsi untuk merobek atau mengoyok makanan.  Gigi Geraham berfungsi untuk mengunyah makanan.

b.Lidah Lidah berupa daging lunak yang berfungsi untuk mengatur letak makanan pada waktu mengunyah dan membantu menelan makanan. Pada permukaan lidah terdapat syaraf pengecap. Oleh karena itu lidah mempunyai kemampuan untuk merasakan makanan. Bagian ujung lidah untuk mengecap rasa manis,pangkal untuk mengecap rasa pahit,ujung dan tepi lidah untuk mengecap rasa asin,bagian tepi kanan dan kiri lidah untuk mengecap rasa asam.

c.Air Liur Air liur berguna untuk membaahi dan melicinkan makanan pada waktu ditelan. Air liur mengandung enzim ptialin yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi zat gula(glukosa). 2.Kerongkongan Kerongkongan adalah bagian dai saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung.

Di dalam kerongkongan terjadi gerakan peristaltik yaitu gerakan merema-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan,yang mengakibatkan makanan terdorong masuk ke lambung. 3.Lambung Lambung disebut juga perut besar.Lambung terletak di dalam rongga perut sebelah kiri atas.

Di dalam lambung,makanan yang sudah dikunyah oleh gigi di dalam mulut,dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-macam getah lambung.Getah lambung berguna untuk memecahkan makanan agar mudah diserap oleh pembuluh darah dan membunuh kuman yang terbawa oleh makanan. Getah Lmbung mengandung: ‡ Enzim pepsin,berfungsi mengubah protein menjadi pepton.

‡

‡

Enzim renin,berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim klorida,berfungsi membunuh kuman dan mengasamkan makanan.

3.Usus Dua Belas Jari Makanan dalam usus dua belas jari dicerna lagi dengan bantuan getah pankreas dan getah empedu.Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas.Getah empedu dihasilakan oleh hati.

Cairan getah pankreas berguna dalam membantu proses memecah berbagai zat makanan.Getah empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Getah Pankreas mengandung tiga enzim yaitu:  Amilase,berfungsi mengubah zat tepung(amilum)menjadi zat gula(glukosa).  Tripsin,berfungsi mengubah protein menjadi asam amino.  Lipase,berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak.

5.Usus Halus Usus halus merupakan usus yang terpanjang dari saluran pencernaan makanan.Makanan yang telah dicerna secara sempurna disebut sari makanan.Sari makanan diserap oleh dinding dinding usus halus melalui pembuluh darah sehingga masuk ke dalam darah.Kemudian darah membawa sari-sari makanan ke seluruh tubuh.

6.Usus Besar Usus besar terdiri dari usus besar naik,usus besar Lintang,dan usus besar turun.Permulaan usus besar disebut usus buntu.Di bagian usus buntu terdapat tambahan usus yang disebut umbai cacing.Di dalam usus besar tidak terdapat penyerapan sari makanan,tetapi terjadi penyerapan air.Di dalam usus besar terdapat bakteri pembusuk(eschericha colli)yang berguna untuk pembusukkan sisa makanan menjadi kotoran.Akhirnya kotoran keluar dari tubuh melalui anus yang disebut defeksi.

Alat-alat pencernaan manusia dapat terserang penyakit.Penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia yaitu,diare,maag,radang,usus buntu,sembelit dan tifus.Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut kita harus memelihara alat pencernaan dengan cara: Makan makanan bergizi Melaksanakan pola makanan teratur Mekan dengan tenang(tidak terburu-buru) Menjaga kebersihan makanan dan peralatan untuk makan.

B.Hubungan Makanan dengan Kesehatan Tujuan dan fungsi makanan bagi tubuh kita adalah menjaga agar badan sehat,tumbuh dan berkembang dengan baik. Berbagai kandungan gizi dalam makanan dibagi menjadi tiga golongan berdasarkan fungsinya yaitu:  Zat tenaga terdiri atas karbohidrat dan lemak  Zat pembangun terdiri atas protein dan mineral  Zat pengatur terdiri atas mineral vitamin dan air

Kandungan zat dalam makanan bergizi adalah sebagai berikut: a.Karbohidrat Karbohidrat/hidrat arang berguna sebagai sumber tenaga.Yaitu terdapat dalam makanan pokok(beras,jagung,gandum,kentang dan ubi kayu). b.Lemak Lemak berguna untuk cadangan makanan.lemak ada dua macam yaitu lemak nabati (kelapa,margarin dan avokad)dan lemak hewani(daging,minyak ikan dan susu).

c.Protein Protein berguna untuk pengganti sel-sel yang rusak. d.Air Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan.Yaitu sayur dan buah. e.Mineral Mineral yang dibutuhkan tubuh yaitu: o Zat kapur dan kalsium(susu,ikan,dan telur) o Zat besi(daging,hati dan sayuran) o Fosfor(biji-bijian,sayuran dan daging) o Yodium(garam dan ikan laut)

e.Vitamin Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur.Penyakit akibat kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Macam-macam vitamin adalah sebagai berikut:  Vitamin A(pisang,wortel,tomat,ikan dan sayuran segar). Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja,dan kulit kusam.  Vitamin B(beras tumbuk,jagung,kacang hijau)

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan sakit beri-beri.  Vitamin C(jeruk,mangga dan tomat) Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan,gusi berdarah dan bibir pecah-pecah.  Vitamin D(susu dan minyak ikan) Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit tulang(rakhitis).  Vitamin E(minyak ikan,susu dan kecambah) Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kemandulan.  Vitamin K(Sayuran,kacang-kacangan dan biji-bijian) Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan darah sukar membeku.

Vitamin A,D,E dan K larut dalam lemak,sedangkan vitamin B dan C dalam air,Penyakit akibat salah takaran gizi disebut malnutrisi.

Ilmu Pengetahuan Alam.2009.Surakarta.Teguh Karya

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->