P. 1
1-Teori Ekonomi Politik

1-Teori Ekonomi Politik

|Views: 1,433|Likes:
Published by Tri Cahyono

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Tri Cahyono on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

Teori Ekonomi Politik (Kajian Negara, Masyarakat dan Pasar

)

Perkembangan ilmu ekonomi relatif
‡ Ilmu ekonomi relatif berkembang pesat dibandingkan ilmu humanoria lainnya. ‡ Perkembangan ini memperlihatkan adanya kemajuan yang khusus dengan berbagai spesialisasi dan konsentrasi disiplin tersendiri. ‡ Ilmu ekonomi sebagai cabang dari ilmu humanoria sangat kaya dengan paradigma dasar.

Perkembangan Ilmu Ekonomi Politik
‡ Lahir dan tumbuh perspektif teori ekonomi baru dalam dua dekade terakhir ini. ‡ Ilmu ekonomi politik baru berbeda dengan ilmu ekonomi politik yang lama

Pendekatan Ilmu Ekonomi Politik
‡ Pendekatan Ilmu Ekonomi Politik berusaha untuk memahami realitas politik dan bentuk sikap sosial lainnya dalam kerangka analisis. ‡ Pendekatan Ilmu Ekonomi Politik memiliki asumsi dasar dari pendekatan pilihan rasional.

Perkembangan Ilmu Ekonomi Politik dalam 3 dekade terakhir
‡ Lahirnya teori-teori yang menguatkan Ilmu Ekonomi Politik dengan ditandai 3 karya penting, yaitu : ‡ Rasional peasants (petani rasional). Karya Popkin ‡ Market and state (pasar dan negara). Karya Robert Bates ‡ Scarcity, choice and public policy (kelangkaan, pilihan dan kebijakan publik). Karya Rothchild and Curry.

Kontribusi karya Samuel Popkin
‡ Karya Samuel Popkin bersifat monumental karena memberi kontribusi yang signifikan terhadap kelahiran dan perkembangan Ilmu Ekonomi Politik. ‡ Analisis Popkin yang dianggap kurang tepat dalam pendekatan Ekonomi Politik

Karya Clifford Geertz
‡ Clifford Geertz mengembangkan paham moral ekonomi ‡ Pendekatan ekonomi pasar yang tidak bisa diterapkan di atas sendi-sendi tradisional dan moral subsistensi petani.

Perspektif
‡ Perspektif lain dikembangkan oleh kelompok ilmuwan baru yang bisa dikategorikan ke dalam Ilmu Ekonomi Politik. ‡ Paham ini melihat bahwa petani tradisional pada dasarnya adalah rasional dalam sikapnya, pengambil keputusan untuk dirinya dan problem solver. ‡ Kritik terhadap Popkin, bahwa dia dianggap menyederhanakan pandangan kelompok ahli ekonomi moral.

Pasar dan Negara
‡ Institusi pasar digunakan sebagai alat politik untuk menolak negara dan rangkaian-rangkaian kebijakannya atas dasar pertimbangan yang rasional. ‡ Penelitian Robert Bates adalah salah satu pilar penting dari proses perkembangan pendekatan Ilmu Ekonomi Politik. ‡ Dalam studi di Afrika tropis, Bates berhasil melihat kaitan antara masyarakat petani dengan negara, yang mengambil keputusan ± keputusan publik. ‡ Pemerintah dalam menetapkan kebijakan juga memanfaatkan alat ± alat negara.

Kebijakan Publik : Kelangkaan dan Pilihan
‡ Studi Donald Rotchild dan Robert Curry menjelaskan adanya hubungan kepentingan individu dengan kepentingan publik. ‡ Mereka mengingatkan suatu kebijakan tertentu yang dalam pendekatan Ilmu Ekonomi Politik berbasis rasional, sehingga bisa memberi nuansa optimis terhadap kemungkinan perbaikan kesejahteraan ekonomi.

PENUTUP
‡ Masalah kebijakan ekonomi tidak hanya terkait dengan hubungan antara masyarakat dengan pemerintah, tetapi juga terkait dengan nilai-nilai dan kerumitan persoalan di dalam masyarakat. ‡ Kerangka pemikiran Ilmu Ekonomi Politik menjadi alat analisis yang tepat dalam kaitannya dengan dinamika perubahan sosial, yang memerlukan formulasi dan prioritas berdasarkan ranking dan pelaksanaan alternatif kebijakannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->