P. 1
Jenis jenis Kredit

Jenis jenis Kredit

3.0

|Views: 2,412|Likes:
Published by ReNy Mardiah

More info:

Published by: ReNy Mardiah on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2013

pdf

text

original

Jenis jenis Kredit Jenis jenis kredit yang diberikan oleh perbankan kepada masyarakat dapat dilihat dari

berbagai sudut , yaitu sebagai berikut : 1 Dilihat dari Kegunaan a) Kredit Investasi adalah kredit yang dipergunakan untuk melakukan investasi atau penanaman modal tetapi baru akan menghasilkan dalam jangka waktu yang relatif lama. b) Kredit Modal Kerja adalah kredit yang akan dipergunakan untuk menambah modal usaha debitur. 2 Dilihat dari Sudut Tujuan Kredit a) Kredit Konsumtif adalah kredit yang diberikan dengan tujuan untuk memperoleh / membeli barang-barang dan kebutuhan –kebutuhan lainnya yang bersifat konsumtif. b) Kredit Produktif adalah kredit yang diberikan dengan tujuan untuk mempelancar jalannya proses produksi. c) Kredit Perdagangan adalah kredit yang diberikan dengan tujuan untuk membeli barangbarang yang dijual lagi. 3 Dilihat dari Sudut Jangka Waktu a) Kredit Jangka Pendek Merupakan kredit yang memiliki jangka waktu kurang dari 1 tahun atau paling lama 1 tahun. b) Kredit Jangka Menengah Merupakan kredit yang memiliki jangka waktu yang kreditnya bekisar antara 1 tahun sampai dengan 3 tahun. c) Kredit Jangka Panjang Merupakan kredit yang memiliki jangka waktu lebih dari 3 tahun. 4 Dilihat dari Sudut Jaminan a) Kredit dengan Jaminan adalah kredit yang diberikan dengan suatu jaminan . Jaminan tersebut dapat berbentuk barang berwujud atau tidak berwujud.

merupakan kredit yang diberikan untuk membangun sarana dan prasarana pendidikan. kambing atau sapi. f) Kredit Profesi . c) Kredit Industri. merupakan kredit yang dibiayai untuk sektor peternakan seperti peternakan ayam. dan pengacara. .b) Kredit tanpa Jaminan adalah kredit yang diberikan tanpa jaminan atau barang atau orang tertentu. yaitu kredit untuk membiayai industri kecil. g) Kredit Perumahan yaitu kredit untuk membiayai pembangunan atau pembelian perumahan. menengah atau besar. merupakan kredit yang dibiayai untuk sektor perkebunan atau pertanian rakyat. e) Kredit Pendidikan . h) Kredit Koperasi . b) Kredit Peternakan . yaitu kredit yang diberikan kepada jenis-jenis koperasi. dokter. 5 Dilihat dari Sudut Sektor Usaha a) Kredit Pertanian. d) Kredit Pertambangan .merupakan kredit yang diberikan kepada beraneka ragam profesi seperti dosen.yaitu kredit yang disalurkan kepada beraneka ragam macam pertambangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->