Bertahap (at Tadrij) 4. Mudah (Taisyir) .Prinsip Dasar Syariat Islam Prinsip Dasar Syariat Islam 1. Kemaslahatan (Maslahat) 5. Sedikit Beban (Taqlilul Takalif) 3. Tidak Sulit ( adamul haraj) 2.

Tujuan Syariat Islam Tujuan Syariat Islam 1. Menjaga Akal (Hifzul Aqli) 5. Menjaga Harta (Hifzul Maal) 3. Menjaga Keturunan (Hifzul Nasab) 2. Menjaga Jiwa (Hifzul Nafsi) 4. Menjaga Agama (Hifzu ad Din) .

42:13) 2. Islam adalah agama yg Lurus (QS 30:30) 4.36) b. Islam adalah wahyu Allah (QS. Bersih dari campur tangan manusia 5.Keyakinan Muslim terhadap Islam Keyakinan muslim terhadap Islam: 1. Islam adalah satun-satunya agama Allah (QS 3:19) 6. 3:85) . 61:9) 3. Bersih dari syirik (QS 13. Islam adalah agama yg haq (QS. Bersih dari kesalahan (QS 4:82) c. Allah tidak menerima selain Islam (QS. Islam adalah agama yg bersi (QS 39:3) a.

Berkaitan dengan Jinayat . Berkaitan dengan Munakahat 4. Berkaitan dengan Muamalah 3.Ruang Lingkup Hukum Islam Ruang lingkup Hukul Islam 1. Berkaitan dengan ubudiyah 2.

Pengertian hukum Islam Hukum Islam : Khitab (Perintah) Allah SWT yang berkaitan dengan pekerjaan orang mukallaf (terbebani perintah agama) 2 Macam hukum Islam 1. Hukum Taklifi 2. Hukum Wadh i .

kedua tangan. y Menurut istilah. yaitu wajah.WUDLU y Wudlu menurut bahasa bersih. kepala dan kedua kaki dengan cara yang ditentukan . bagus dan elok. yang dimaksud dengan wuddlu adalah menghilangkan hadas kecil dengan mengguna kan air yang bersih pada anggota wudlu.

kecuali jika sedang puasa .Tata Cara Berwudhu  Niat ikhlas karena Allah  Membaca Basmallah  Membasuh telapak tangan 3 kali  Berkumur dan menghisap air kedalam hidung dan menyembur kannya kembali 3 kali.

Lanjutan  Membasuh muka secara merata dan bersihkan kedua ujung kelopak mata 3 kali dan menyelai jenggot (bila ada)  Membasuh kedua tangan sampai siku 3 kali dimulai yang kanan kemudian kiri . menggosoknya dan menyelai jari-jari tangan .

Lanjutan y Mengusap kepala satu kali. dgn cara menjalankan kedua telapak tangan dari ujung kepala hingga tengkuk dan dikembalikan lagi pada posisi semula serta mengusap kedua telinga sebelah luarnya dengan dua ibu jari dan sebelah dalamnya dengan kedua telunjuk .

Lanjutan  Membasuh kedua kaki sampai kedua mata kaki. kemudian yang kiri sebanyak 3 kali  Tertib  Membaca Do a  Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah. dimulai dengan kanan. wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful