P. 1
alat penyiram tanaman

alat penyiram tanaman

|Views: 1,171|Likes:
Published by Avicenia Nuii

More info:

Published by: Avicenia Nuii on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2013

pdf

text

original

ALAT PENYIRAM TANAMAN BERTINGKAT SECARA OTOMATIS SEHINGGA TANAMAN DAPAT DITINGGALKAN OLEH PEMILIKNYA ABSTRAK

Perkebunan dewasa ini semakin berkembang, sehingga banyak peralatan atau mesin yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan dari para petani, diantaranya adalah penyiram tanaman otomatis. Alat ini dapat dipergunakan pada tanaman dalam pot yang disimpan secara bertingkat terutama di rumah-rumah yang memelihara atau membudidayakan tanaman yang bermutu seperti anggrek, bonsai, dll. Masalah akan timbul pada saat tanaman akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama misalnya 1 minggu atau lebih. dengan adanya alat ini maka kita tidak perlu khawatir karena semua tanaman akan disiram otomatis dengan jumlah air yang pasti sama, berbeda jika kita menggunakan selang air tanaman yang dekat dengan sumber air akan mendapatkan jatah yang lebih banyak dibandingkan dengan yang jauh, tertama jika sumber airnya kecil. Perkembangan elektronika yang semakin pesat dan teknologi yang semakin berkembang menuntut kita untuk terus mengembangkan ide – ide tentang bagaimana caranya dengan peralatan yang sederhana dan sistem yang serba praktis dapat mendukung proses kerja suatu produksi. Sistem yang akan dikembangkan di sini, menggunakan rangkaian – rangkaian digital dengan mikroprosesor sebagai komponen utama. Sebagai pendukungnya digunakan sensor untuk mendeteksi posisi tanaman yang akan disiram.

. sehingga dimungkinkan untuk menggabungkan ke 2 hal tersebut menjadi suatu kesatuan yang utuh. dan sebaliknya.1 Tujuan dan Manfaat Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk : 1. jadi walaupun elektronikanya canggih. 1.BAB I PENDAHULUAN Perkembangan dunia mekanik dan elektronik semakin lama semakin pesat. Perkembangan dalam pegetahuan mekanik semakin pesat juga dengan ditemukannya penggerak yang semakin canggih. cepat kerjanya. penanganan memori yang besar. Menerapkan teori yang didapat di materi perkuliahan untuk merancang dan merealisasikan suatu sistem. manusia semakin mampu untuk menciptakan dan mengembangkan pengolah mikro yang semakin handal. Dengan kemajuan di bidang pengolah mikro (mikrokontroler) yang semakin canggih. tanpa adanya mekanik yang baik maka alat tidak akan sempurna. Hal inilah yang mendasari pembuatan alat-alat mekatronika yang semakin mudah dalam hal pengaturan mekaniknya. kemampuan melakukan perhitungan-perhitungan yang kompleks dan lain-lain. Mengaplikasikan rangkaian – rangakaian elektronika sebagai pengatur gerakan mekanik 2.

Keuntungan : 1. penyiraman dilakukan berdasarkan setting waktu lewat keypad 3. Perumusan dan Pembatasan Masalah Agar penulisan dan tujuan Tugas Akhir ini tercapai dengan baik. rak 2 – 4 tanaman.3 tanaman. Diagram blok dan cara kerja . Jiks hendak menambahkan pupuk dan anti hama dapat dilakukan penambahan pada tempat pengisian air. yaitu 1. maka diberikan pembatasan masalah. Rak 1 terdapat tempat untuk mengisi air ke dalam tempat yang akan dipakai untuk menyram tanaman. 5.Sedangkan manfaat yang diperoleh adalah : 1. Kita dapat membuat alat yang dapat melakukan penyiraman berdasarkan waktu secara otomatis. pengatur utama memakai mikrokontroler AT89C52 4. tanaman disimpan pada rak 2 tingkat. Penggerak penyiram tanaman menggunakan motor DC 2. pengisian air ke dalam botol penyiraman dilakukan dengan cara menyalakan pompa air yang diatur oleh mikro secara otomatis. Penyiraman dapat dilakukan secara otomatis berdasarkan waktu yang dapat diatur. sehingga tanaman dapat terawatt meskipun kita tinggalkan pada waktu yang lama. masing-masing terdiri dari rak 1 .

dan pompa air akan dinyalakan. M S E N S O 2 .S E N S O R R A K 1 S E N S O R R A K 2 cara kerja : S E N S O R K O L O 1 2. 4. setelah penuh pompa air dan alarm akan dimatikan. 3 R K O L O M . alat disetting waktu penyiramannya penyiram 3. 4 1. jika kosong maka alarm akan berbunyi. alat akan memeriksa apakah ada air atau tidak pada botol .

. untuk mengisi air.5. Alat akan bekerja terus menrus sampai dimatikan. 6. jika waktu yang sekarang sudah sesuai setting. maka alat akan secara otomatis menyiram dengan urutan dari rak 1 kolom 1 sampai rak 2 kolom ke 4. setelah semua tersiram maka alat akan kembali ke posisi semula yaitu kolom1 rak 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->