P. 1
Inti atom

Inti atom

|Views: 250|Likes:
Published by melatitha

More info:

Published by: melatitha on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

ATOM DAN INTI ATOM

By : Nurlita Melati

By : Nurlita Melati

1

odel Inti : Inti Atom berbent k bola dengan jejari tertent .  ¢ ¡   y : urlita elati 2 . hal ini menyebabkan momen listrik.  Distribusi muatan dalam inti tidak simetris bola. dari eksperimen yang dilak kan oleh Geiger dan arsden (1909). bermassa dan memp nyai moment m s dut dan momen magnetik.Sejarah  Adanya inti Atom pertama kali diketah i oleh R therford (1911).

6 x 1 k= x1 m /e r = jari-jari lintasan elektron ¤ ¤ £ -1 C § y : urlita elati 3 ¦ ¥ .Model atom Rutherford  Inti atom bermuatan positif dan masa atom hampir seluruhnya terletak pada inti atom  Elektron bermuatan negatif dan mengelilingi atom seperti tata surya  uatan inti = muatan elektron . sehingga atom bersifat stabil  Gaya sentri petal (Fsp) sebanding dengan gaya tarik elektrostastik Energi Pada atom hidrogen £ Keterangan e = muatan elektron = 1.

Model Atom bohr  Prostulat I : Elektron mengililingi inti dengan lintasan tertentu tanpa membebaskan energi (Lintasan Stasioner)  Prostulat II : elektro dapat berpindah lintasan dengan mengeluarkan dan menyerap energi sebesar hf  Prostulat III : Lintasan elektron merupakan lintasan yang momentum sudutnya kelipatan bilangan bulat h/2 Jari-jari lintasan elektron Energi eletron pada lintasan stasioner n = nomor lintasan/kulit atom Energi elektron pada berpindah lintasan (dari m ke n) n = lintasan kulit atom 1 e. n = nomor lintasan/kulit atom  y : urlita elati 4 © ¨ . x 10-9 Joule omentum sudut pada lintasan stasioner m .V= 1.

n >2 ‡deret Paschen berupa deret infra merah I. didapat jika nA = 4. didapat jika nA = 2. n >3 ‡deret rachett berupa deret infra merah II. n >1 ‡deret berupa deret cahaya tampak . didapat jika nA = 5. n >5 ‡dari deret deret tersebut tiap deret akan didapat : ‡panjang gelombang (P) terpanjang jika nA =1 ‡panjang gelombang (P) terpendek jika n = b  y : urlita elati 5   . didapat jika nA = 1. n >4 ‡deret Pfund berupa deret infra merah III .Spektrum atom hidrogen R = konstanta Rydbergh = 1. didapat jika nA = 3.097 x 107 m 1 nA = lintasan yang dituju n = lintasan asal elektron ( n > nA) Deret seret tersebut meliputi : ‡deret Lyman berupa deret ultra ungu.

Nomor Atom dan Nomor Massa Nomor atom (Z) menyatakan :      Nomor tempat unsur dalam susunan berkala. 1 u = 1. Inti atom terdiri dari proton dan neutron.494 MeV/c2   y : Nurlita elati  .Inti Atom (Nukleus) : adalah bagian yang bermuatan positif yang berada di pusat atom.6605 x 10-27 kg = 931. Jumlah proton di dalam inti Jumlah elektron di kulit (untuk atom netral) Jumlah (proton + neutron) dalam inti ilangan bulat yang terdekat dengan massa atom (dalam sma) Nomor massa (A) menyatakan : Satuan Massa Atom (u) Suatu satuan massa yang dapat digunakan dalam perhitungan2 nuklir adalah satuan massa atom (u). kecuali atom hidrogen.

Hanya setengah bahan yang tersisa setelah waktu t1/2: setelah tambahan waktu t1/2 hanya ½ x ½ = ¼ dari bahan yang tersisa. Stabilitas sebuah inti atom radioaktif terhadap peluruhan spontan diukur dengan waktu-paro t1/2. yaitu Radioaktivitas Inti atom di alam dengan Z lebih besar daripada Z timbal. Waktu-paro besarnya tetap untuk setiap isotop.Isotop Di alam.  y : Nurlita elati 7  . ontoh : oksigen biasa terdiri dari 3 isotop. yang disebut isotop. hanya ( ½ )n bahan yang tersisa. 82. sering terdapat atom2 dari unsur yang sama (Z yang sama) tetapi memiliki jumlah neutron yang berbeda di dalam inti atomnya. anyak unsur2 buatan dengan Z lebih kecil juga bersifat radioaktif. Waktu-paro didefinisikan sebagai waktu dimana setengah dari sembarang sampel inti atom identik yang besar akan mengalami penguraian. adalah tidak stabil atau radioaktif. Setelah n waktu-paro berlalu. Sebuah inti atom yang radioaktif secara spontan melepaskan satu atau lebih partikel dalam proses transformasi menjadi inti atom yang berbeda.

y : Nurlita elati 8  . dan oleh karena itu berkurang secara tetap dengan berjalannya waktu. yang memiliki satuan s-1. esaran N/ t. yang merupakan laju disintegrasi. disebut aktivitas sampel. Ini setara dengan N. berhubungan dengan waktu-paro t1/2 melalui Pt1/ 2 ! 0.Terdapat hubungan yang sederhana antara jumlah N atom2 bahan radioaktif yang ada dengan jumlah N yang akan meluruh dalam waktu t yang singkat. dapat dianggap sebagai laju disintegrasi bagian. Satuan SI untuk aktivitas adalah becquerel ( q). Itu adalah (N ! PN(t dimana adalah konstanta peluruhan. dimana 1 Bq = 1 peluruhan/detik.693 onstanta peluruhan.

elektron dan sinar gamma. deuteron. nomor atom dan nomor massa harus sama pada kedua ruas persamaan. . proton.Persamaan Nuklir Dalam persamaan kesetimbangan. ontoh : 226 88 4 Ra p 222Rn  2 He 86 Simbol2 n. dan digunakan untuk menyatakan berturut2 neutron. sinar alfa.2n) 55Fe " y : Nurlita elati 9 ! . e. p ) 27Mg 55 27 Mn(d . a )11C Al ( n. p. d. 14 7 27 13 55 25 1 4 N 1 H p11C  2 He 6 27 1 Al  01np12 Mg 1 H 2 55 Mn  1 H p 26 Fe  2 01n 14 N ( p.

Sifat Atom Vs Inti (Nucleus)  Elektron mengalami gaya yang diberikan oleh Inti (gaya oulomb).  Interaksi antar elektron di dalam atom pengaruhnya sangat kecil terhadap tingkat energi atomik. Dalam inti interaksi antar nukleon memberikan gaya inti. Struktur atom ditentukan oleh interaksi elektron dan inti. $ y : Nurlita elati 10 # . Gerak nukleon disebabkan oleh pegaruh gaya dari nukleon sendiri. jadi ada gaya luar. Di dalam inti tidak ada gaya luar.

Pada gaya inti tidak ada ungkapan analitis yang sederhana. inti atom memiliki keadaan dasar (ground state) dan keadaan tereksitasi. maka akan kembali ke keadaan dasar dengan memancarkan sinar gamma. Gaya oulomb pada atom dapat diungkapkan secara analitis yang sederhana. Pada Inti Atom berlaku juga hukum-hukum Fisika uantum.  Ada kemiripan antara struktur atom dan inti. Jika inti tereksitasi. Atom yang tereksitasi akan kembali ke keadaan dasar dengan memancarkan sinar-X & y : Nurlita elati 11 % .

Sifat-Sifat Inti  Sifat Inti yang tak bergantung/gayut pada waktu (time independent). Massa Jejari Muatan Momentum Sudut Momen magnetik Momen listrik  Sifat Inti yang bergantung/gayut pada waktu (time dependent) Peluruhan Radioaktif Reaksi Inti y : Nurlita Melati 12 ' .

Sifat-Sifat Inti tak bergantung waktu 1. dan massanya dapat dinyatakan sebagai : y : Nurlita Melati 13 ( .e. Dari data Moseley diketahui bahwa muatan inti adalah Z. dengan Z = nomor atom. Prout (1815) menyatakan bahwa semua unsur tersusun atas hidrogen. 2. 02 x 10-19 oulomb. Massa Inti Menurut hipotesa Dalton (1803) atom-atom suatu unsur identik. Muatan Inti Model atom Rutherford dapat menjelaskan spektra sinar-X unsur-unsur yang diukur oleh Moseley (1913). dan e = + 1.

yaitu cara Nuklir dan ara Elektromagnetik. maka jejarinya ditentukan degan persamaan : R= ro. y : Nurlita Melati 14 ) .A1/3 ro ditentukan melalui eksperimen.Jari-Jari (Radius) Inti  Jari-jari inti belum bisa ditentukan/diukur secara langsung  Ada dua metode. inti.  Jika diasumsikan inti bulat (bola).yaitu radius). yaitu :  ara Nuklir :  ara ini diukur jari-jari gaya inti (nuclear force jariradius).yaitu jarak dari pusat inti (core) ke jarak jangkauan gaya inti.

48 x 10-13 cm  Hamburan neutron cepat dengan hasil : ro=1.Cara yang termasuk metode ini :  Hamburan partikel alfa. diperoleh : ro=1.414 x 10-13 cm  Peluruhan alfa dengan hasil : ro=1.37 x 10-13 cm y : Nurlita Melati 15 0 .

maka proton dan neutron juga mempunyai momentum sudut orbital. merupakan jumlah vektor momentum sudut orbital. arena nukleon bergerak. S tiap nukleon. dapat diamati menggunakan dengan spektrometer dengan resolusi tinggi. I ! § Lk  § S k k !1 k !1 1 y : Nurlita Melati A A 1 2 . Momentum sudut inti dapat diketahui dari struktur Momentum Sudut Inti halus (hyperfine structure).  Nukleon mempunyai spin ½. L dan momentum sudut spin.  Momentum sudut total (spin inti) I.

Lp. Mp.  Untuk proton.Momen Magnetik  Di dalam inti atom nukleon-nukleon mengalami gerak orbital. dan momentum sudut orbital. momen magnetik proton. baik proton maupun neutron mempunyai momen magnetik. lp ¨ e ¸ !© © 2 p ¹ Lp ¹ ª º y : Nurlita Melati 17 3 .

 onsep multipol listrik dapat dijelaskan berdasarkan teori potensial listrik. pada hyperfine struktur Eu-151 dan Eu-153. y : Nurlita Melati 18 4 .  Adanya momen kuadrupol inti berarti menunjukkan distribusi inti tidak simetris bola.Momen Listrik Inti  Momen listrik Inti pertama kali dijelaskan oleh Schuler dan Schmidt (1935).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->