P. 1
jambu biji

jambu biji

|Views: 275|Likes:
Published by AngeLine BudimAn

More info:

Published by: AngeLine BudimAn on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

Topik : Dampak konsumsi jambu biji terhadap penderita Demam Berdarah di Indonesia

Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Demam Berdarah merupakan penyakit tropis yang disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui nyamuk Aedes Agepty dan Aedes Albocpitus. Nyamuk Aedes senang tinggal di genangan air yang terbuka, khususnya pada musim hujan. Oleh karena itu Asia menempati urutan pertama dalam jumlah penderita demam dengue tiap tahun karena curah hujan di Asia yang sangat tinggi terutama di Asia timur dan selatan, Indonesia. Oleh karena itu, penangana penyakit tersebut memerlukan pehatian lebih demi mengrangi jumlah penderita DB setiap tahunnya (kalo bisa ad statistic )

Sampai saat ini,Pengobatan DBD masih bersifat suportif, yaitu mengatasi kehilangan cairan plasma akibat peningkatan permeabilitas pembuluh darah kapiler. Yaitu dengan menggunakan«. Namun kini setelah diteliti, jambu biji ternyata dapat digunakan sebagai alternative« Salah satunya dengan menggunakan jambu biji. Jambu biji atau Psidium guajava dalam bahasa latin adalah tanaman tropis yang ditemukan di Brazil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu famili Myrtaceae ini ternyata dapat mengobati Demam Berdarah. Daun jambu biji mengandung senyawa tanin dan quersetin dari kelompok flavonoid

vitamin C memiliki berfungsi sebagai anti oksidan. 1. Konsumsi jambu biji seberat 90 gram setiap hari sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa. kadar vitamin C pada jambu biji jauh lebih besar. maka dirumuskan masalah yang akan dibahas.5 mg/100 g). yaitu 17 kali lipat dari jambu air (5 mg/100 g) dan empat kali lipat dari jambu bol (22 mg/100 g). serta delapan kali lipat dari lemon (10. Selain itu senyawa tanin dapat meningkatkan megakariosit pada sumsum tulang belakang yang merupakan tempat pembentukan trombosit sehingga mencegah trombositopeni. maka batasan . lima kali lipat dari orange. seperti: 1. dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g).. menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler. Apa dampak konsumsi jambu biji terhadap penderita Demam Berdarah di Indonesia? 1.3 Batasan Masalah Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dipaparkan di atas. Topik yang akan dibahas dalam makalah ini adalah«. Buah jambu biji pun mengandung vitamin c yang tinggi yakni 87mg. serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infèksi.yang dinyatakan sebagai quersetin dapat menghambat aktivitas enzim reverse transciptase yang«.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. Dibandingkan jambu air dan jambu bol.

perbandingan dengan terapi demam berdarah lain. Hasil yang diharapkan adalah« Landasan Teori Nasirudin.4 Tujuan masalah Tujuan dari makalah ini adalah Menganalisis dampak konsumsi jambu biji terhadap penderita Demam Berdarah di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Bagian Ilmu Kesehatan Fakultas Kedokteran UNAIR. Bahsan tidak mencakup daerah daerah di luar Indonesia. 1. Ekstrak daun jambu biji dapat mempercepat pencapaian jumlah trombosit lebih dari 100.000/µl dan dapat meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah. Analisis . Soegeng Soegijanto. perbandingan dengan buah yang juga memiliki zat flovanoid maupun vitamin C yang lain. yang sejak 2003 meneliti ekstrak daun jambu biji untuk pengobatan DBD. pengaruh dosis terhadap kesembuhan penderita demam berdarah sekaligus penyakit lainnya.yang diberlakukan dalam makalah ini adalah dampak konsumsi jambu biji terhadap penderita demam berdarah di Indonesia.

com/2008/07/ekstrak-daun-jambu-biji-berpotensisembuhkan-demam-berdarah/ .blogspot. (1 kapsul mengandung ekstrak yang setara dengan 5500 mg rempah kering) Diproses dengan mesin ekstraksi tekhnologi Jerman dan berstandar internasional Proses produksi higienis dan dibawah pengawasan mutu yang ketat. Sertifikat ISO 9001 dan GMP (CPOTB).friendster.com/2009/04/cuaca -saat-ini-yang-tidak-menentu. Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka http://basukipramana.blogspot.blog.scribd.wordpress.com/2005/11/jambu-merah-dan-demamberdarah.com/doc/11541335/Tanaman-Obat-Indonesia http://nasrul-wahdi.com/2007/01/22/ekstrak-daun-jambu-biji-berpotensisembuhkan-demam-berdarah/ http://www.html http://momon010287.html http://tabulampot. Mengandung ekstrak dengan konsentrat tinggi.Menurut penelitian KELEBIHAN EKSTRAK JAMBU BIJI Tidak mengandung bahan kimia obat (BKO).

lalu RS Petrokimia Gresik 20 kapsul dan 20 sirup. Pengamatan lain yang sedang dikerjakan dalam penelitian ini adalah pengaruh pemberian ekstrak daun jambu biji terhadap sekresi GM-CSF dan IL-11 untuk mengetahui mekanisme kerjanya pada trombopoiesis. Ada yang sukarela mau mencoba. yang akan dipimpin oleh Prof Dr dr Sugeng Sugijanto DSA yang dibantu dr M Nasirudin dengan Dr Ugrasena untuk pasien DBD anak dan Prof dr Edy Soewandojo SpPD untuk pasien DBD dewasa.dilakukan uji awal berupa penelitian open label di beberapa rumah sakit di Jawa Timur (RS Jombang dan RS Petrokimia Gresik) pada penderita DBD dewasa dan anak-anak. misalnya sembelit. ." kata Suprapto. "Hasil penelitian dibagi-bagikan ke RS Jombang dalam bentuk 30 kapsul dan 30 sirup. Penelitian open label ini masih perlu dilanjutkan dengan uji klinik untuk membuktikan khasiat dengan evidence based y ang lebih kuat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji dapat mempercepat peningkatan jumlah trombosit tanpa disertai efek samping yang berarti. Juga terhadap aktivitas sistem komplemen dan sekresi TNF-Alfa olehmonosit dalam hubungannya dengan mekanisme penurunan permeabilitas pembuluh darah. Pada tahun 2004 akan dilakukan uji klinik di RSUD Dr Soetomo Surabaya/FK Unair.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->