P. 1
ps 2

ps 2

|Views: 65|Likes:
Published by novienurfadhillah

More info:

Published by: novienurfadhillah on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2011

pdf

text

original

PEMBAHASAN PANCASILA SECARA ILMIAH Harus memenuhi syarat-syarat sbb: 1. Berobyek 2. Bermetode 3. Bersistem 4.

Bersifat universal

Pancasila memiliki obyek. BEROBYEK Syarat pertama bagi suatu pengetahuan yang memenuhi syarat ilmiah adalah bahwa semua ilmu pengetahuan itu harus memiliki obyek.1. Obyek forma 2. Obyek materia . Obyek ada 2 macam : 1.

1. yaitu dari sudut pandang moral. ekonomi. hukum dan kenegaraan dsb. Pada hakikatnya Pancasila dapat dibahas dari berbagai macam sudut pandang. dalam bermasyarakat dan bernegara. Obyek materia Pancasila Suatu obyek yang merupakan sasaran pembahasan dan pengkajian Pancasila yang bersifat empiris dan non empiris. 2. . Obyek forma Pancasila Adalah sudut pandang tertentu dalam pembahasan Pancasila. Obyek materia pembahasan Pancasila adalah adalah bangsa indonesia dengan segala aspek budayanya.

. yaitu suatu perpaduan metode analisis dan sintesis. Bermetode Setiap ilmu pengetahuan harus memiliki metode yaitu cara atau sistem pendekatan dalam pembahasan Pancasila untuk mendapatkan kebenaran obyektif. Salah satu metode dalam pembahasan Pancasila adalah metode analitico syntetic.2.

3. Pembahasan Pancasila secara itu sendiri merupakan suatu kesatuan dan keutuhan yang sistematik . Bagian-bagian dari pengetuan ilmiah itu harus merupakan suatu kesatuan antara bagian-bagian itu saling berhubungan. Bersistem Suatu pengetahuan ilmiah harus merupakan suatu yang bulat dan utuh.

keadaan. situasi . essensi atau makna dari sila-sila Pancasila dalah bersifat universal . Pancasila bersifat uiversal. kondisi maupun jumlah tertentu. Intisari.4. Bersifat Universal Kebenaran suatu pengetahuan ilmiah harus bersifat universal. artinya kebenarannya tidak terbatas oleh waktu. ruang.

TINGKATAN PENGETAHUAN ILMIAH PANCASILA Pengetahuan deskriptif (Bagaimana ?) Pengetahuan kausal ( Mengapa ?) Pengetahuan normatif ( kemana ? ) Pengetahuan essensial ( apa ?) . 2.1. 3. 4.

1. nilai-nilai. kedudukan dan fungsi pancasila . Pengetahuan Deskriptif Kajian Pancasila secara deskriptif berkaitan dengan kajian sejarah perumusan Pancasila.

Pengetahuan Kausal Dalam kaitannya dengan kajian tentang Pancasila maka tingkatan pengetahuan sebab akibat berkaitan dengan kajian proses kausalitas terjadinya Pancasila yang meliputi empat kausa yaitu : Kausa materialis.2. . kausa formalis. kausa effisien dan kausa finalis.

terutama dalam kaitannya dengan norma hukum. untuk itu harus memiliki normanorma yang jelas. Pengetahuan Normatif Karena Pancasila itu untuk diamalkan. kenegaraan serta norma norma moral .3. direalisasikan.

.4. Pengetahuan Essensial Kajian Pancasila secara essensial pada hakikatnya untuk mendapatkan suatu pengetahuan tentang inti sari atau makna yang terdalam dari sila-sila Pancasila atau secara ilmiah filosofis untuk mengkaji hakikat sila-sila Pancasila.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->