P. 1
materi pelajaran kelas 5 SD

materi pelajaran kelas 5 SD

1.0

|Views: 7,904|Likes:
Published by rizkiwardiyana

More info:

Published by: rizkiwardiyana on Jan 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

‡ Nama : Rizki Wardiyana ‡ Prodi : PGSD ‡ NIM : 10015143 ‡ Topik : Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama ‡ Kelas : 1D

Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama
Keputusan Bersama

Bentuk-bentuk Keputusan Bersama

Melaksanakan Keputusan Bersama

Praktik Mengambil Keputusan Bersama

Tujuan Pembelajaran Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama Adalah :
1. Untuk mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama. 2. Untuk mengetahui perbedaan musyawarah mufakat dan pemungutan suara / voting. 3. Untuk mempraktekkan tata cara mengambil keputusan bersama.

1. Untuk menjelaskan manfaat penggunaan asas kekeluargaan dalam mengambil keputusan bersama. 2. Agar terbiasa mematuhi hasil keputusan bersama.

A. Memahami Keputusan Bersama
Musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah.Dalam mengambil keputusan biasanya suatu organisasi melakukan musyawarah terlebih dahulu.Organisasi adalah kelompok manusia yang diatur untuk bekerjasama guna mencapai tujuan yang sama.Setiap organisasi pasti terdapat perbedaan,misalnya perbedaan pendapat,perbedaan pikiran,dan lain sebagainya.Musyawarah dilakukan untuk menetapkan keputusan bersama ,keputusan bersama adalah keputusan yang melibatkan semua orang yang berkepentingan.Keputusan bersama harus dilakukan karena dalam organisasi terdapat banyak orang.

Dalam organisasi,kita juga tidak bisa menyerahkan keputusan kepada satu orang,keputusan juga tidak boleh diserahkan kepada ketua organisasi karena semua warga organisasi harus terlibat dalam pengambilan keputusan. Dalam melakukan musyawarah ada beberapa nilai dasar yang harus diperhatikan ,antara lain : 1. 2. 3. 4. 5. Kebersamaan, Persamaan hak, Kebabasan mengemukakan pendapat, Penghargaan terhadap pendapat orang lain, dan Pelaksanaan hasil keputusan secara bertanggung jawab.

Dalam bermusyawarah,seluruh peserta harus mendapat persamaan hak,maksudnya mereka bebas mengungkapkan ide.Maksud dari bebas adalah tidak mendapat paksaan dari siapapun. Keputusan sebuah organisasi disebut keputusan bersama,keputusan tersebut mewadahi semua pendapat yang muncul.Dan dalam musyawarah tidak boleh ada yang menindas dan ditindas,hasil musyawarahpun juga tidak boleh hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.Keputusan bersama haruslah menguntungkan semua pihak dan keputusan tidak bisa diputuskan oleh satu pihak saja melainkan semua anggota yang memiliki kepentingan haruslah dilibatkan.

B. Bentuk-bentuk Keputusan Bersama
Dalam sebuah organisasi,keputusan bersama dapat diambil dengan dua cara yaitu mufakat dan voting :

1. Mufakat
Mufakat adalah bentuk pengambilan keputusan bersama yang mengedepankan kebersamaan.Musyawarah dilakukan dengan cara mempertemukan semua pendapat yang berbeda,setelah semua pendapat didengar dan ditampung,pendapat yang paling baik akan disepakati bersama.Mufakat biasanya dilakukan pada organisasi yang jumlahnya sedikit misalnya,keluarga,Rukun Tetangga (RT).

2. Pemungutan Suara atau Voting
Voting merupakan cara kedua jika cara musyawarah untuk mufakat gagal dilakukan.Dalam melaksanakan voting perlu memperhatikan beberapa hal yaitu : A. Voting ditempuh setelah cara musyawarah untuk mufakat sudah dilaksanakan. B. Voting dilakukan karena ketidak mungkinan menempuh musyawarah untuk mufakat lagi,ketidak mungkinan ini disebabkan oleh beragam pendapat yang bertentangan. C. Voting dilakukan karena sempitnya waktu,sementara keputusan harus segera diambil. D. Voting dilakukan setelah semua peserta musyawarah mempelajari setiap pendapat yang ada.

E. Voting dilakukan jika peserta musyawarah hadir mencapai kuorum.Kuorum adalah jumlah paling sedikit dari peserta musyawarah yang harus hadir agar voting dapat dilaksanakan dan keputusannya dianggap sah. F. Voting dianggap sah sebagai keputusan jika separuh lebih peserta yang hadir menyetujuinya. Dalam voting,pendapat yang memperoleh suara terbanyak menjadi keputusan bersama,sedangkan yang mendapat suara lebih sedikit terpaksa diabaikan.Voting biasanya digunakan pada pemilihan umum yang diikuti partai,pemilihan kepala desa (pilkades),pemilihan umum (pemilu),dan pemilihan presiden (pilpres).

3. Aklamasi
Aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari seluruh anggota kelompok.Aklamasi biasanya terjadi karena adanya pendapat yang dikehendaki oleh semua anggota kelompok.Pernyataan setuju ini dilakukan untuk melahirkan keputusan bersama,pernyataan setuju juga dilakukan tanpa melalui pemungutan suara atau voting.Aklamasi terjadi karena adanya pendapat yang dikehendaki oleh semua anggota kelompok.

C. Menerima dan Mematuhi Keputusan Bersama
Sebuah keputusan bersama haruslah diterima dan dipatuhi oleh setiap manusia,baik itu sesuai dengan pendapat kita atau tidak.Dalam melakukan keputusan bersama,ada asasasas yang harus dijunjung tinggi yaitu asas kekeluargaan dan gotong royong.

A. Asas kekeluargaan
Asas ini memandang setiap anggota kelompok sebagai keluarga sendiri semua anggota diperlakukan sama tanpa pandang bulu.

B. Asas gotong royong
Dalam melaksanakan keputusan bersama semua anggota juga harus mengedepankan asas gotong royong karena dengan asas gotong royong ini suatu keputusan apa pun akan lebih mudah dilaksanakan.Tidak ada pembedaan antara anggota dan pengurus,semua harus bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama.Dalam suatu kelas semua warga kelas itu ibaratkan sebagai keluarga,jadi kita harus saling menghormati dan menghargai dalam setiap keputusan kelas misalnya, tentang jadwal piket harian.

Agar organisasi kelas dapat berjalan dengan baik,keputusan harus dilaksanakan bersama-sama.Keputusan bersama dapat dihasilkan melalui musyawarah mufakat atau pemungutan suara (voting).Dikelas,keputusan bersama misalnya, memilih ketua kelas,membuat jadwal piket,dan sebagainya.Jadi semakin banyak kalian menyebutkan atau mengutarakan pendapat terhadap teman-teman,tentu akan semakin baik untuk dinilai mana yang lebih baik.Tetapi Alangkah baiknya kalau kita melakukan suatu keputusan bersama kita juga harus meminta pendapat kepada guru kita agar suatu keputusan menjadi lebih baik dan sempurna untuk diterima oleh murid jadi murid mampu untuk belajar cara memberi keputusan yang benar dari cara guru yang memberi suatu keputusan dengan cara yang baik.

Dalam melaksanakan keputusan bersama kita menjadi memperoleh beberapa manfaat,manfaat tersebut adalah : 1. 2. 3. Semua anggota merasa memiliki kedudukan yang sama. Terciptanya keadilan antar agama. Setiap anggota melaksanakan keputusan bersama dilandasi rasa tanggung jawab.

Dengan menerima dan menaati keputusan bersama,kita telah mengamalkan satu dari isi pancasila kita yaitu sila ke empat yang berbunyi : ³ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan ´ Oleh karena itu kita harus tetap mengamalkan sila tersebut,sebagai wujud pengabdian kita terhadap bangsa Indonesia dan juga terhadap ideologi bangsa kita yaitu pancasila.tetapi kita juga tidak hanya mengamalkan sila ke empat saja melainkan semua sila yang ada dalam isi pancasila.

Dalam sila ke empat terkandung beberapa nilai yang harus kita amalkan,nilai-nilai yang harus kita amalkan tersebut yaitu : 1.Setiap warga Indonesia mempunyai kedudukan,hak,dan kewajiban yang sama. 2.Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain. 3.Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. 4.Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan. 5.Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.

6.Menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab. 7.Musyawarah mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan. 8.Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. 9.Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. 10.Keputusan tersebut menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. 11.Keputusan tersebut mencakup nilai-nilai kebenaran dan keadilan. 12.Keputusan bersama mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama. 13.Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan musyawarah.

Jadi dalam menerima dan menaati keputusan bersama tanpa disadari bahwa kita telah memperoleh dan mempelajari nilainilai yang ada pada sila ke empat.Alangkah baiknya bahwa kita telah mendapatkan pelajaran ini sejak dini karna jika kita telah mendapatkan pelajaran tentang menerima dan mematuhi keputusan bersama kita jadi tau manfaat dan cara mengambil keputusan yang benar umtuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan masyarakat,rumah,sekolah,dll.

Kesimpulan menpelajari BAB tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama yaitu : 1 .Mendapat pemahaman tantang memahami keputusan bersama. 2 .Mengerti bentuk-bentuk keputusan bersama,seperti: A .Mufakat B .Pemungutan suara atau voting 3 .Aklamasi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->