P. 1
Adat Perkawinan Melayu

Adat Perkawinan Melayu

|Views: 2,053|Likes:
Published by the dora

More info:

Published by: the dora on Jan 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

oleh Fadilatul Husna Melani Ria M.

Iqbal Rahmi S Reihan Theodora

XII A.4 SMAN 1 Pekanbaru 2010

Adat perkawinan Melayu Riau tidak dapat dilepaskan dari pengaruh budaya sukusuku dan bangsa-bangsa pendatang sehingga tata upacara adat perkawinan Melayu Riau dapat dikatakan sebagai gabungan antara budaya pendatang yang telah melebur dan bersatu dengan budaya dan adat istiadat Melayu Riau yang bersendikan Syara¶ dan Kitabbullah .

perkawinan yang dilaksanakan oleh masyarakat melayu merupakan gabungan dua aspek yang saling melengkapi yakni aspek syari¶at sebagai pedoman agama dan aspek adat sebagai pedoman pelaksanaan untuk menjalani kehidupan di dunia sebagai realisasi dari hablu minan nas .Upacara perkawinan masyarakat Melayu sangat menitikberatkan soal adat atau susur galur peraturan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu.

Bentuk perkawinan adat Melayu Riau .

1. Adat Perkawinan Pinangan proses perkawinan yang terjadi antara bujang dan dara sesuai dengan ketentuan adat yang berlaku di masyarakat .

Kakak laki-laki anak dara mengawini adik perempuan dari anak bujang atau sebaliknya adik laki-laki anak dara mengawini kakak anak bujang. . Adat Perkawinan Tukar Anak Panah perkawinan yang terjadi antara dua laki-laki dengan dua perempuan.2.

. Adat Perkawinan Balam Dua Setengger perkawinan yang terjadi antara dua saudara laki-laki dan dua saudara perempuan.3. Laki-laki yang tua mengawini perempuan yang tua sedangkan laki-laki yang muda mengawini perempuan muda.

4. . Adat Perkawinan Ganti Tikar apabila pada perkawinan pertama mengalami kegagalan seperti terjadinya perpisahan yang disebabkan isteri meninggal dunia atau lain hal seperti sakit menahun yang berkepanjangan.

. tepung tawar sesudah akad nikah serta bersanding di pelaminan pada hari langsung dengan mempergunakan alat perhiasan sunting selengkapnya. berandam. Adat Perkawinan Janda Berhias perkawinan seorang janda yang dilaksanakan secara lengkap dimulai dari berinai.5.

. karena perkawinan ini membuka aib malu keluarga dan kampung halaman.6. Adat Perkawinan Lari perkawinan yang tidak mendapat lindungan dan restu dari kedua belah pihak keluarga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->