BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Kelinci (Lepus nigricollis) termasuk kedalam kingdom animalia dan kelas mammalia yang mempunyai berat tubuh 1,35-7 kg dengan panjang 40-70 cm (Anonimous,2007). Kelinci (Lepus nigricollis) merupakan kelompok hewan yang paling sempurna baik morfologi ataupun anatominya karena ia mempunyai susunan organ yang kompleks dan susunan metabolisme didalam tubuhnya yang juga kompleks. Hewan ini banyak ditemukan dimana-dimana.(Boolotion, 1979). Kelompok hewan ini mempunyai kelenjar mammae (kelenjar susu) dan pada umumnya kulit tubuh ditumbuhi oleh rambut. Hampir seluruh dunia dihuni oleh anggota kelas ini, mulai dari daerah kutub sampai kuator, bahkan di gurun pasir maupun di laut (Kastawi, 1992). Pada Pengamatan yang telah dilakukan menggunakan kelinci sebagai perwakilan dari kelas mammalia, karena kelinci ini sangat menarik sekali untuk dikaji lebih lanjut, diantaranya yaitu dari segi morfologi dan anatominya, bahkan sekarang ini lagi semarak-semaraknya kelinci telah dijadikan sebagai ladang bisnis yang menggiurkan. Dari bisnis rambut, fur atau kulit, hingga daging berkembang dengan pesat.

1.2 Rumusan masalah Berdasarkan latar belakan yang telah dipaparkan maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:

1. Bagaimana morfologi kelinci (Lepus nigricollis) ? 2. Bagaimana klasifikasi kelinci (Lepus nigricollis) ? 3. Dimana habitat kelinci (Lepus nigricollis) ? 4. Bagaimana anatomi dan fisiologi kelinci (Lepus nigricollis) ?

1.3 Tujuan Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan maka dapat diambil tujuan praktikum sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui morfologi kelinci (Lepus nigricollis) ? 2. Untuk mengetahui klasifikasi kelinci (Lepus nigricollis) ? 3. Untuk mengetahui habitat kelinci (Lepus nigricollis) ? 4. Untuk mengetahui anatomi dan fisiologi kelinci (Lepus nigricollis) ?

1 Morfologi Luar Kelinci (Lepus nigricollis) Tubuh kelinci (Lepus nigricollis) dibagi menjadi empat bagian yaitu: Caput (kepala). Truncus. Pada caput terdapat rima oris (rongga mulut). 1983). vibrisae. . Gambar 1. Cervix (leher). Mempunyai gigi seri yang di gunakan untuk memotong.BAB II KAJIAN PUSTAKA 2. Bangun hidung silindris. Mempunyai daun telinga yang panjang dan menghadap ke depan.motong makanan sebelum makanan ditelan. (Badan) dan Cauda (Ekor). nares. Kaki berjumlah dua pasang. Morfologi luar kelinci (Lepus nigricollis) (Http://Www.Hopperhome-Com.Htm) Tubuh bagian luar kelinci (Lepus nigricollis) di lapisi oleh kulit dan ditumbuhi oleh banyak rambut. kaiki bagian depan lebih pendek daripada bagian belakang (Rictche. organo visus dan telinga yang panjang.

Pada bagian kepala (Caput) telah diketahui mata dan telinga yang lebar.ummz.edu) klasifikasi dari kelinci (Lepus nigricollis) adalah: Kingdom Phylum Subphylum : Animalia : Chordata : Vertebrata . Sedangkan pada bagian Badan (Truncus) terdapat thorax. Kelopak mata ada dua macam yaitu: Palpebra superior dan palpebra inferior (Tim Dosen Anatomi Hewan. 2.2 Klasifikasi Menurut (Anonimous. dan glandula mamae (Kastawi. 1991). 1991).http://animaldiversity. Mata yang besar terletak di bagian samping dari kepala. Pada bagian Ekornya (Cauda) tampak lebih pendek karena sebagian besar tersembunyi dibalik perutnya yang berrambut tebal (Oliver.ujung syaraf (Tim Dosen Anatomi Hewan. Vibrissae berupa rambut.umich.rambut kaku yang berfungsi untuk mendeteksi makanan waktu didalam tanah. 1984). Lingua dilapisi oleh mucosa. abdomen. Selain itu juga pada kepala (caput) terdapat rongga mulut (rima oris) yang terdapat pada 2 bibir yaitu (bibir atas dan bibir bawah). 1992). penuh dengan tonjolan. dorsum. Pada bagian Leher (cervix) kelinci (Lepus nigricollis) ini merupakan bagian penghubung antara kepala dan badan. pineum.tonjolan kecil yang mengandung gerombolan sel syaraf atau indera perasa yang berhubungan dengan ujung. glatea. Lubang hidung terletak di moncong.

Class Ordo Familia Genus Spesies : Mammalia : Lagomorpha : Leporidae : Lepus : Lepus nigricollis.angkanya terus meningkat (Anemous.3 Habitat Kelinci (Lepus nigricollis) biasanya hidup di daerah rimba raya dan semak.htm). 2. dan angka. Sekarang ini kelinci merupakan binatang mammalia populer sebagai hewan peliharaan.il2.com/rabbit. Mereka juga ditemukan pada area perbukitan.semak lebat dekat tanah pertanian. http://www. terutama di dasar bukit. .aquavet.

3.3 Langkah Kerja 1.2 Alat dan Bahan 3. 3.2 Alat Adapun alat yang digunakan pada pengamatan ini adalah: • • • • Seperangkat alat bedah Papan seksi Loupe Tussue 3.2 Bahan Adapun bahan yang digunakan pada praktikum kali ini adalah kelinci yang masih segar (hidup). Menentukan bagian-bagian kepala. badan. serta penutup tubuh yang berupa rambut .1. dan ekor.BAB III METODE PRAKTIKUM 3.1 Waktu dan Tempat Pada pengamatan yang telah dilakukan yaitu khususnya pada kelinci dilakukan di laboratorium biologi pada tgl 11 juni 2007 (8. leher. Melakukan pengamatan secara morfologi.00 WIB).1. yaitu mengamati hewan coba yang telah disiapkan kemudian menggambar secara menyeluruh (tampak dari samping) 2.

usu halus. Membasahi rambut pada kepala leher. trachea (dirongga dada bercabang dua masing-masing menuju keparu-paru). Melakukan pengamatan terhadap saluran pencernaan. Jantung merupakan pembuluh darah besar berdinding tebal. pernafasan jantung serta pembuluh-pembuluhnya dan alat ekresi.berwarna kuning yang di sebut aorta dorsalis. perut.uterus. Selanjutnya mengamati pula pancreas. nares anterior. empedu. rima oris. . ekstermitas anterior dan posterior 4. kecuali rusuk utama. dan vagina. mengamati dan menggambar paru-paru. Melakukan pembedahan kemudian mengamati diafragma (pemisah antara rongga dada dan perut). dan kaki dengan air agar tidak berhamburan saat kulit dibuka 6. Menetukan bagain-bagian seperti organ visus. saluran ureter. limpa (lien). Melakukan pembedahan kea rah anterior kemudian memotong secara horizontal rusuk kanan dan kiri (dari belakang kedepan). jantung dan oesophagus 8. dengan cara menyembelih hewan coba setelah mati ke-4 kakinya dipaku diatas papan seksi dengan posisi terlentang 5. lambung (ventrikulus).3. pembbuluh ini kaya akan oksigen. Pada jantan mengamati sepasang testisnya 7. Melakukan pengamatan secara anatomis. hati (sebelah kanan melekat pada diafragma).oviduct (berliku-liku). ginjal. dan anus. ceccum (usus buntu). usus besar. Pembuluh darah ini membelok keatas kemudian masuk kedalam perut menuju kebelakang. vibrissae (kumis). auriculae (daun telinga).

Menggambarnya pada media gambar .Pada jantung terdapat vena cava anterior (depan) dan posterior (belakang).

c. d. g. e. i.1 Hasil Gambar 1. h. Kepala Leher Badan Ekor Mulut f.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4. b. Kumis Mata Kaki Paha Anus . mofologi kelinci Keterangan : a. j.

Kantung kemih j.Gamabar 2. Hati c. Usus buntu h. Lambung e. Bagian Tubuh Dalam Kelinci Keterangan: a. Jangtung f. Usu 12 jari . Empedu d. Ginjal i. Anus b. Usus Halus g.

2. Mempunyai gigi seri yang di gunakan untuk memotong. 1983). Pada pengamatan juga ditemukannya. leher. dan pada bagian kepala (Caput) telah diketahui mata dan Mempunyai daun telinga yang panjang dan menghadap ke depan .tonjolan kecil yang mengandung gerombolan sel syaraf atau indera perasa yang berhubungan dengan ujung. Sedangkan pada bagian Badan (Truncus) terdapat thorax. berfungsi untuk mendeteksi makanan waktu didalam tanah. pineum. Selain itu juga pada kepala (caput) terdapat rongga mulut (rima oris) yang terdapat pada 2 bibir yaitu (bibir atas dan bibir bawah). penuh dengan tonjolan.. Kelopak mata ada dua macam yaitu: Palpebra superior dan palpebra inferior. badan serta ekor. Kaki berjumlah dua pasang. Bangun hidung silindris.4. dan glandula mamae Pada bagian Ekornya (Cauda) tampak lebih pendek karena sebagian besar . Mata yang besar terletak di bagian samping dari kepala.2 pembahasan 4. Vibrissae berupa rambut. Lubang hidung terletak di moncong. Menurut Tim Dosen Anatomi Hewan (1991). kaiki bagian depan lebih pendek daripada bagian belakang (Rictche. abdomen. Pada bagian Leher (cervix) kelinci (Lepus nigricollis) ini merupakan bagian penghubung antara kepala dan badan. dorsum. glatea.rambut kaku.motong makanan sebelum makanan ditelan.1 morfologi kelinci Pada pengamatan yang telah dilakukan yaitu dengan mengamati morfologi kelinci yaitu pada tubuh kelinci bagian dorsal terdapat kepala. Tubuh bagian luar kelinci (Lepus nigricollis) di lapisi oleh kulit dan ditumbuhi oleh banyak rambut. Lingua dilapisi oleh mucosa.ujung syaraf.

kaki belakangnya yang kuat memungkinkan berlari dengan kecepatan 70 km per jam (Oliver. ossametacarpalia. ukurannya lebih pendek dari kaki belakang. 1992). anterobranchium (lengan bawah yang berupa radius dan ulna). Sebagaimana pengamatan yang telah dilakukan juga terdapat organ ektremitas sebagaimana yang terdapat dalam literature. dengan putting. Pada kaki bagian belakang berjumlah 4 jari.putting tampak jelas dari luar. crus (sebagai tungkai bawah yang terdiri dari tibia dan fibulla). manus yang berupa digiti dan ossa carpalli (pergelangan tangan). Litetatur yang tercantum sama dengan pengamatan yang telah dilakukan. Organ ektremitas berupa kaki depan dan kaki belakang.2. 1984).lompatannya mempunyai ciri. 1984). dengan ukuran lebih besar dan kuat dari kaki depan yang digunakan untuk melompat. anusnya terdapat di bawah ekor. Pada kaki depan dibagi menjadi branchium (lengan atas yang berupa numerus). telapak kaki dan phalagus jari-jari (digiti) yang berjumlah 5 jari.organ viscera yaitu sebagai berikut: . Alat kelamin hewan betina berupa vagina dan hewan jantan berupa penis sebagai alat kopulasi (Kastawi. 4. ossametakarpa (tulang telapak tangan)dan phalagus pada kaki bagian belakang terdiri dari femur (sebagai tungkai atas). Jejak lompatan. pes yang terdiri dari ossatarsalia (tulang pergelangan kaki). Menurut Brotowidjoyo (1994) kelenjar air susu berjumlah 4 atau 5 pasang.2 Anatomi Dalam Kelinci (Lepus nigricollis) Anatomi dalam kelinci (Lepus nigricollis) meliputi organ. Untuk lompatlompatan pendek.ciri yang khas.tersembunyi dibalik perutnya yang berrambut tebal (Oliver.

pharynx.gelembung alveoli yang berhubungan dengan bronchioli. 1992). kemudian masuk menuju epiglottis dan aparatus vocalis yang terdiri dari ligamentum vocale ynag berada di larynx dan menuju ke trakea yang bercabang dua menjadi bronkhi dan bercabang lagi di dalam pulmonum yang di dalamnya terdapat gelembung. Sistem Pencernaan Kelinci (Lepus nigricollis) Pada pengamatan yang telah dilakukan pada kelinci terdapat mulut.Gambar 1. Sistem Respirasi Kelinci (Lepus nigricollis) Pada pengamatan system pernafasan pada kelinci terdapat satu pasang hidung. Kastawi (1992). intestinum yang berkelok-kelok yang berwarna . Anatomi Kelinci (Lepus nigricollis).1942) A. oesophagus. B. (Grove dan Newel. ventriculus. larink. parink. Gelembung alveoli ini diliputi oleh kapiler darah dan dari sinilah terjadi pertukaran O2 dan CO2 (Kastawi. udara masuk melalui cavum oris (lubang hidung) kemudian masuk ke pharynx melalui rima glottides masuk ke larynx. gigi. kemudian paru-paru yang berwarna merah kekuning-kuningan yang terletak dekat dengan tulang rangka. lubang hidung.

http://www.vitaminnya yang penting akan diserap. oesophagus.htm).com/rabbit.biru tua kaena pada pengamatan yang telah dilakukan pada intestinum tersebut masih terdapat makanan-makanan dan sekaligus feses. glandulae mucosae.aquavet. kemudian dimakan kembali. pharynx. dan pancreas (Katawi. Saluran pencernaan terdiri dari: cavum oris. dan anus. Gambar 2. intestinum. ventriculus. 1992). Sedangkan kelenjar pencernaannya antara lain yaitu: glandulae salivarae (kelenjar ludah). hepar (hati). dicerna untuk kedua kalinya dan vitamin.il2.Sistem pencernaan kelinci (Lepus nigricollis) (Anemous. dan anus. Sistem pencernaan pada kelinci (Lepus nigricollis) terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Mereka mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna bersama kotorannya. . Menurut Oliver (1984) hewan ini mempunyai sistem pencernaan makanan aneh yang membantunya menahan makanan bergizi.

Arteri innominator itu juga bercabang menjadi 3. pada manusia hanya ada satu terletak di sebelah kiri (Brotowidjoyo. dan arteri karotis kiri terdapat 2 buah vena cava anterior (kiri dan kanan). kemudian menuju ke cauda melalui archus melalui archus aortichus yaitu sebagai arteri caudalis. D. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan medula spinalis (sum. Sistem Syaraf Kelinci (Lepus nigricollis) Pada praktikum yang telah dilakukan praktikan tidak membuka kepala kelinci sehingga tidak mengamati bagian otak dari kelinci.C. Menurut. yaitu: arteri subklavia kanan. Kastawi. . Pada sistem sirkulasi kelinci (Lepus nigricollis) mempunyai karakteristik yang paling menonjol adalah percabangan lengkung aorta menjadi arteri innominator dan arteri subklavia kiri.1989). Jantung relatif kecil terletak dalam cavum thoraxica (rongga dada) yang terbungkus kantong pericardium yang berlapis dua peredaran dari jantung (Cor) yang berfungsi sebagai alat pemompa darah dilanjutkan ke pulmo melalui archus sinistrum. arteri karotis kanan.sum tulang belakang) yang terdapat pada di dalam canalis vertebralis dan berhubungan dengan otak melalui foramen magnu. (1992)Sistem syaraf pada kelinci (Lepus nigricollis) terdiri atas 2 bagian yaitu: sistem saraf pusat dan saraf periferi. Sistem Sirkulasi Kelinci (Lepus nigricollis) Pengamatan yang telah dilakukan sistem sirkulasi pada kelinci (Lepus nigricollis) adalah tertutup. Ini berbeda pada manusia.

Urin dikeluarkan oleh dua ginjal yang di salurkan di ureter dan ditampung di kantung urinaria (urinaria bladder). Otak Kelinci (Lepus nigricollis) (Grove dan Newell. Pada bagian otak terdiri dari cerebrum (otak besar) dan cerebellum (otak kecil). Ruang median ginjal disebut pelvis renalis dan berhubungan dengan kandung kemih melalui ureter. 1942). 1979). Sedangkan sistem saraf perifer (sistem saraf tepi) berfungsi untuk mengumpulkan informasi yang dalam bentuk rangsang listrik (implus) dari berbagai organ dalam dan luar untuk disampaikan pada saraf pusat. Cerebellum mempunyai permukaan yang berlekuk yang berfungsi sebagai koordinasi aktifitasnya. Dan juga membawa implus dari pusat saraf menuju pusat motorik tubuh (Kastawi. Sistem Ekskresi Kelinci (Lepus nigricollis) Sistem ekskresi pada kelinci (Lepus nigricollis) berupa ginjal yang berbentuk seperti biji kacang. (1992) E. dinding otot bekerja secara voluntery sehingga memaksa urin keluar dari uretra (Boolotion. .Gambar 3.

F. Urine kelinci sangat pekat karena adanya kristal calsium carbonat dan dapat juga berubah warna dari cream menjadi merah tua tergantung dengan makanan yang telah dimakannya (Http://www. dan clitoris (Tim Dosen anatomi hewan UGM). Mayor colcva h. Sistem Reproduksi Kelinci (Lepus nigricollis) Sistem reproduksi tersusun atas sistem genital interna dan eksterna. Cortek trenis e.Populla b. vulva. tuba. dan uterus. Ureter d. Minor colva g. Pyramid f. Uterus berjumlah sepasang dan berkelok-kelok dan terbagi atas infundirambutm. Organ ksterna tersusun atas vagina.Pelvis renis c. . Arteri renalis Urine pada kelinci (Lepus nigricollis) banyak mengandung carbon karena pengaruh dari makanannya. Pada hewan betina organ interna berupa sepasang ovarium dan uterus. labium majus.il2.Com).Ket: Gambar Irisan melintang ginjal a. labium ninus. Vena renalis i..Aquvet. Ovarium terletak sebelah kaudal dari ren dan didalamnya terdapat folikel-folikel Graaf berbentuk gelembung.

yaitu mampu mengandung 2 rumpun anak sekaligus karena memiliki rahim ganda. . yang betina berevolusi segera setelah senggama sehingga pembuahan terjamin. 1984). 1942). Gambar 5. Anak kelinci (Lepus nigricollis) yang baru dilahirkan (Hustamin. Sistem reproduksi pada kelinci Lepus nigricollis) betina (kiri). Gejala ini disebut Superfetasi. Kelinci terkenal karena kemampuan reproduksinya. Pembuahan pada rahim yang 1 tidak menghalangi ovulasi pada rahim yang satunya lagi.Gambar 4. 2006). dan meskipun langka dianggap cukup sering terjdi (Oliver. jantan (Kanan) (Grove dan Newel. Selain itu kelinci betina mempunyai sistem reproduksi yang istimewa.

Testis merupakan pengahasil sperma terus dikeluarkan melalui epididimis yang merupakan tempat pematangan kemudian ke vasdeferens.Sedangkan pada jantan memiliki organ reproduksi interna dan eksterna. Disamping itu juga terdapat kelenjar-kelenjar yang membantu sistem reproduksi (Kastawi. . 1992). Pemaparan tersebut sebagaimana yang telah dilakukannya pengamatan dengan menghasilkan hasil seperti itu pula. Testis terdapat sepasang yang terletak dalam scrotum. Sedangkan pada organ eksterna berupa penis. Pada organ interna terdiri dari testis dan epididimis. Penis ini merupakan merupakan alat kopulasi dan tersusun dari corpus cavernosusm penis dan corpus gavernosum urethrae.

Kecuali pada telapak tangan dan kaki tubuhnya dibagi menjadi empat bagian yaitu: caput (kepala). truncus. Vibrissae berupa rambut. Sistem sirkulasi kelinci (Lepus nigricollis) mempunyai karakteristik yang menonjol dengan percabangan lengkung aorta menjadi arteri innominator an arteri subklavia kiri.Sistem syaraf pusat terdiri atas otak dan medulla spinalis. ventriculus. trakea. Terdapat Organ ektremitas yang berupa kaki depan dan kaki belakang. organo visus dan telinga yang panjang. labium minus. vibrisae. Pada caput terdapat rima oris (rongga mulut).paru. intestinum dan anus. pharynx. Sistem pencernaan yang meliputi: cavum oris.BAB V KESIMPULAN • Kelinci (Lepus nigricollis) tubuhnya dipenuhi oleh rambut-rambut yang berwarna-warni diantaranya putih. Organ eksterna tersusun atas vagian. vulva. cervix (leher). pulmo. . oesophagus.abu. larynx. (Badan) dan cauda (Ekor). • Sistem ekskresi pada kelinci (Lepus nigricollis) berupa ginjal berbentuk seperti biji kacang.Sistem pencernaan berupa saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. • Kelinci (Lepus nigricollis) bernafas dengan paru.Sistem syaraf pada kelinci (Lepus nigricollis) di bagi atas sistem syaraf pusat dan sistem syaraf perifer. hitam dan coklat. epiglottis. abu. Sistem reproduksi pada kelinci (Lepus nigricollis) betina terdiri atas organ interna berupa sepasang ovarium dan ueterus.rambut kaku yang berfungsi untuk mendeteksi makanan waktu didalam tanah. nares. pharynx. dan clitoris. melalui proses yaitu: nares.

vas defferent dan penis.Kelinci (Lepus nigricollis) jantan memiliki organ reproduksi berupa sepasang testis. epididimis. .

Sistematika Hewan.html Anonymous. A. Maskoeri. Yusuf. Animal Biology. James A. Greece. 1942.DAFTAR PUSTAKA Anonymous. and Newell. 1984.ummz. http://www.com/dewa_ihp/hadits12. aquavet.html Anonymous.umich. Tatang. Jakarta: PT. Jakarta: Erlangga. 1991. Vertebrata Bagian II. Zoologi Dasar.Co. 1979. Richard A. Malang: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan IKIP Malang Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas. 1984. 1989. Jakarta: Sinar Wijaya.Hlm 289-294 Brotowidjoyo. Mukayat Djarubito. J.Htm Http://jv.il2. Hlm 218-226 Djuhanda. 1992.edu/site/accounts/classification/L epus_nigricollis.com/rabbit. London: Universitas Intorial press. Diktat Asistensi Anatomi Hewan Zoologi. Ilmu Pengetahuan Populer. Hlm 286-415 Http://Bebas.Hlm: 60-73 Groove. Hlm284-294 Kastawi. Hlm 228-230 Tim Dosen Anatomi Hewan.Widya Dara. Zoology an Introduction to the Study Animals. New York: Macmillan Publishing.org/wilki/proyek: Prakawir.htm Boolotion.Org/V12/Sponsor/Sponsorpendamping/Praweda/Biologi/0066 %20bio%202-5d. Pengantar Anatomi Perbandingan Vertebrata II.Vlsm. Bandung : Armico.http://www.Wilkipedia. Yogjakarta: Laboratorium Anatomi Hewan Jurusan Zoologi fakultas Biologi UGM Yogjakarta. Jasin. Hlm 94-118 Oliver.geocities. Hlm 49-82 .http://animaldiversity.1982.inc.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful