Relief Daratan

Bukit adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Perbukitan adalah rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas. Bukit adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Perbukitan adalah rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas. Bukit adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Perbukitan adalah rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas.

Pegunungan, merupakan rangkaian pegunungan yang memanjang di sebelah barat Amerika Utara. Panjangnya lebih dari 3 ribu mil (4.800 kilometer) membentang dari British Columbia, di Kanada, sampai New Mexico, di Amerika Serikat. Puncak tertingginya adalah Gunung Elbert, di Colorado, kurang lebih 4.401 meter) di atas permukaan laut (dpl). Gunung Robson, berada pada ketingian 3.954 meter adalah puncak tertinggi di Canadian Rockies. Sistem Pegunungan ini termasuk dalam United States physiographic region.

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 200 m dpl. Dataran tinggi bisa juga terjadi oleh bekas kaldera luas. Dataran Tinggi Gayo.[rujukan?] Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. lembah juga dapat berbentuk-V. Dataran Tinggi Malang. dan Dataran Tinggi Alas. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Lembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Beberapa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan. yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya. Dataran Tinggi Dieng. Selain berbentuk-U. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. . khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun. Dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 m dpl). Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Dataran tinggi dari kategori terakhir ini antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa tengah. Suhu udara di dataran rendah.

simpai. macan tutul. serta tapir. Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yg disaranai oleh suatu organisasi olahraga air "Qurays". Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu objek wisata utama provinsi. Relief Lautan .Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang. dan berakhir sampai Palupuh. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku. Kabupaten Agam. Patahan ini membentuk dinding yang curam.hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal) . rusa. Sumatera Barat.yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai. Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko). siamang. dalam bahasa Minangkabau) yang airnya jernih. dengan Kecamatan IV Koto. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget. Rute yang ditempuh adalah dari Desa Lambah sampai Desa Sitingkai Batang Palupuh selama kira-kira 3. Di zaman kolonial Belanda. karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai.5 jam. bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau . babi hutan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful