P. 1
FAMILY THERAPY WITH AGING FAMILIES

FAMILY THERAPY WITH AGING FAMILIES

|Views: 42|Likes:

More info:

Published by: Vesta Anjani Antares on Jan 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2012

pdf

text

original

FAMILY THERAPY WITH AGING FAMILIES

Vesta Antares 17120050045

sosial dan mental. .Lanjut Usia Lansia bukan suatu penyakit tapi tahap lanjut dari proses kehidupan yang ditandai dg penurunan kemampuan tubuh Walau bukan penyakit tetapi kondisi ini dapat menimbulkan masalah fisik.

Tugas Keluarga Tahap Lansia ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Meningkatkan kehidupan beragama Menjaga komunikasi dengan anak. cucu Merencanakan kegiatan u/ mengisi waktu Memperhatikan kesehatan Menyesuaikan diri dengan pendapatan Menghadapi kehilangan Menemukan makna hidup .

identitas baru. menentukan pola & hub baru. kesehatan. masalah penyesuaian Janda/duda Menikah kembali . kehilangan interaksi keluarga Kehilangan. pengasingan. dukungan Anak2x yg asing.relokasi. kesepian. interaksi sosial.Konfigurasi Keluarga dan Masalah Konfigurasi Bercerai Masalah pendapatan.

Duka Cita ‡ Periode duka cita adalah Periode yg sangat rawan krn memicu gangg kesehatan ‡ 2 tahun pertama setelah ditinggal pasangan biarkan lansia mengekspresikan duka citanya ‡ Sering diawali perasaan kosong jika berlanjut depresi .

‡ membina komunikasi secara terbuka dan interaksi keluarga secara sehat. .Terapi Keluarga ‡ Pendekatan terapeutik yang melihat masalah individu dalam konteks lingkungan khususnya keluarga dan menitik beratkan pada proses interpersonal.

Teori yang mendasari ‡ Psychodynamic Family Therapy ‡ Behavioral Family Therapy ‡ Group Therapy Approaches ± Komunikasi dan kognisi ± Komunikasi dan kekuatan ± Komunikasi dan Perasaan ‡ Structural Family Therapy .

‡ Tujuan : untuk menolong anggota keluarga mencapai suatu pengertian tentang dirinya dan caranya beraksi satu sama lain di dalam keluarga.pada saat yang sama dia juga takut kecewa dan sulit mempercayai orang lain termasuk pasangan hidupnya. . Hal ini menyebabkan kesulitan yang serius dalam perkawinannya.Psychodynamic Family Therapy ‡ Hubungan antara psikopatologi individual dengan dinamika keluarga. ± Contoh :seseorang yang mempunyai harga diri rendah akan menampilkan suatu " False Self " yang ditampilkan .

Hal ini dilakukan dengan mengatur keluarga sehingga perilaku yang diinginkan diperkuat dengan memberi " Reward " .Behavioral Family Therapy ‡ Terapi perilaku dalam keluarga diawali dengan mempelajari pola perilaku keluarganya untuk menentukan keadaan yang menimbulkan masalah perilaku itu ‡ Tujuan : meningkatkan perilaku yang positif yang diinginkan dan menghilangkan perilaku negatif.

Peranan terapist adalah sebagai fasilitator .Group Therapy Approaches ‡ Terapi kelompok dapat diterapkan didalam keluarga. ‡ Tujuan: menolong anggota keluarga mendapatkan insight melalui proses interaksi didalam kelompok.

juga diperhatikan bahasa non verbal yang digunakan. Komunikasi dan kognisi ‡ Terapist dari kelompok ini menaruh perhatian untuk menolong keluarga dan menjelaskan arti komunikasi yang terjadi diantara mereka. . ‡ Terapist juga memperhatikan punktuasi dari proses komunikasi yang terjadi pada keluarga dengan tujuan memperjelas kesalah pengertian.I . Terapist menyuruh anggota keluarga meneliti apa yang dimaksud oleh anggota keluarga yang lain saat menyatakan sesuatu.

dia punya hak sendiri untuk mengambil keputusan.II . ‡ Contoh : orang tua bertanggung jawab terhadap anak anak dan dia punya hak untuk membatasi perilaku anak jika anak sudah besar. . Komunikasi dan kekuatan ‡ Bila seseorang mengkomunikasikan pesan pada orang lain berarti dia sedang membuat siasat untuk menentukan hubungan.

Komunikasi dan Perasaan ‡ Dikatakan bahwa pasangan perkawinan yang mempunyai kebutuhan emosional diharapkan ditentukan dalam perkawinan .III . ‡ Tujuan dari terapi adalah memperbaiki bila terdapat ketidakpuasan .jika kita menemukan kebutuhan emosional orang setiap hari maka komunikasi perasaan ini sangat penting artinya.

lingkungan sekolah. ‡ Tingkatan perkembangan keluarga ‡ Cara keluarga memperlakukan gejala gejala yang terdapat pada anggota keluarga yang sakit.Structural Family Therapy 6 Aspek utama : ‡ Struktur keluarga yang terdiri dari susunan yang mengatur transaksi diatara anggota keluarga. Dari anggota keluarga supra sistem bisa merupakan sumber stress. ‡ Konteks kehidupan keluarga ini merupakan supra sistem yang terdiri dari keluarga besar. ‡ Fleksibilitas dari fungsi keluarga dan kemampuannya untuk berubah. . ‡ The Family Resonance pada anggota keluarga dapat saling terikat atau saling merenggang. tetangga. lingkungan kerja.

dan orang orang didalamnya. ‡ Tujuan adalah mengubah organisasi keluarga. ‡ Pada terapi perorangan dilakukan pengungkapan pikiran dan perasaan tentang kehidupannya sekarang. Riwayatnya perkembangan konfliknya dengan orang tua dan saudara saudaranya .Teknik Terapi Terapi Keluarga Berstruktur ‡ Terapi keluarga berstruktur adalah suatu kerangka teori teknik pendekatan individu dalam konteks sosialnya. Terapi Individu / Perorangan ‡ Melihat individu sebagai suatu tempat yang patologis dan mengumpulkan data yang di peroleh dari atau tentang individu tadi.

‡ Kesulitan berpisah.Indikasi ‡ Gejala yang timbul merupakan ekspresi disfungsi dari sistem keluarga. ‡ Gejala yang timbul lebih menyebabkan beberapa perubahan dalam hubungan anggota keluargannya dapat merupakan masalah secara individual. .

.Manfaat Pasien : ‡ Mempercepat proses kesembuhan melalui dinamika kelompok / keluarga ‡ Memperbaiki hubungan interpersonal pasien dengan tiap anggota keluarga atau memperbaiki proses sosialisasi yang dibutuhkan dalam upaya rehabilitasinya. Keluarga : ‡ Memperbaiki fungsi dan struktur keluarga sehingga peran masing masing anggota keluarga lebih baik. lebih toleran dan lebih dapat menghargai pasien sebagai manusia maupun terhadap potensi potensinya masih ada. ‡ Keluarga mampu meningkatkan pengertiannya terhadap pasien sehingga lebih dapat menerima.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->