KULTUM MAJELIS MUSHALA ILMAN NAFIAN

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena Dialah yang pantas dipuji dan dipuja, karena berkat rahmatnya kita semua bisa hadir di sini. Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi besar, Nabi akhir zaman, Muhammad SAW, semoga kita tetap istiqomah berada pada bimbingan dan mendapatkan syafaat dari beliau kelak. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan kultum yang berjudul bagaimana Allah mencintai hambanya? Mungkin seseorang bertanya atau merasa aneh, mungkinkah Allah SWT sebagai tuhan yang maha agung dan tinggi mau mencintai kita yang hanya sebagai seorang makhluk? ternyata Allah sangat mencintai manusia! Lalu apa istimewanya, kalau Allah mencintai kita? Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah r.a: ّ َ ُ ُ َ َ َ ‫قال رسول الل ّهِ صلى الل ّه ع َل َي ْهِ وَسل ّم: إ ِن الل ّه إ ِذا أ َحنب ع َبندا د َعنا جب ْرينل فَقنال إ ِنني أ ُحنب فُلننا‬ ً َ ّ ِ ّ َ َ َ ِ ِ َ ً ْ ّ َ َ َ ّ َ َ ُ ُ ‫فَأ َحب ّه فَي ُحب ّه جب ْريل ث ُم ي ُنادي في السماء فَي َقول إ ِن الل ّه ي ُحب فُلنا فَأ َحبوه ُ فَي ُحب ّه أ َهْل السننماء ثننم‬ ِ َ ّ ً َ ّ ِ َ ِ ِ َ ّ ُ ِ ِ ُ ِ ّ ِ ّ ُ ُ ّ ُ ِ َ ّ ُ ِ ُ ِ ْ ‫)يوضعُ ل َه ال ْقبول في ال َرض. )رواه البخاري‬ ِ ُ َُ ُ َ ُ ِ ْ Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya Allah SWT jika mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil malaikat Jibril dan berkata: “Wahai Jibril, aku mencintai orang ini maka cintailah dia!” Maka Jibrilpun mencintainya, lalu Jibril mengumumkannya kepada seluruh penduduk langit dan berkata: “Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintai pulalah dia oleh kalian semua, maka seluruh penduduk langit pun mencintainya. Kemudian orang itu pun dicintai oleh segenap makhluk Allah di muka bumi ini.” (HR. Bukhari) Masya Allah! Lihatlah cinta Allah... bagaiamana Allah mengumumkan cintanya kepada sekalian makhluknya? marilah kita selami makna hadis ini, bagaimana Allah mencintai seseorang? Pernahkah terbetik dalam hati kita, jika ada salah seorang yang hadir di majelis ini termasuk kepada orang-orang yang dicintai Allah?

tetapi harus juga dengan tidak meninggalkan kewajiban sholat yang lima waktu yang fardhu. “Tidak seorangpun hamba mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang paling aku cintai. Kita menunaikan haji ke Baitullah untuk yang ke sekian kalinya. Tidak ada artinya amalan sunnah.” Melalui Hadis Qudsi ini. dan jika dia butuh perlindungan-Ku. atau ibadah-ibadah yang sifatnya sekunder di saat hal-hal yang lebih wajib ditinggalkan. Allah yang maha tinggi tidak hanya cukup mengatakan aku cinta kepada orang ini! Tapi Allah umumkan kepada seluruh penjuru makhlukNya! Dalam sebuah Hadis Qudsi Allah SWT berfirman: “‫”من عاد لي وليا فقد آذنته بالحرب‬ “Orang yang telah menjadi kekasih-Ku.Ketika Allah SWT mencintai hambanya. Lalu Allah melanjutkan firman-Nya dalam Hadis Qudsi tadi: "‫وما ت َقَرب إلي عبدي بشيئ أ َحب إلي مما افترضت ُه عليه ول يزال عبدي يتقرب الي بالنوافل حتي‬ ّ َ َ ُ ّ ّ َ َ ّ ُ ّ ّ ّ َ ‫أحبه فإذا أحببت ُه كنت سمعه الذي يسمع به وبصره الذي ي ُب ْصر به وي َد َه ُ التي يبطش بها ورجله التي‬ ِ َ َ ّ ُ ُ ُ ِ ُ ُ ‫". kita bisa memahami bahwa seorang hamba yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT adalah seorang hamba yang mampu memadukan antara suatu kewajiban (fara`idh) dengan amalan sunnah (nawafil) . maka aku akan selalu siap membantunya” Siapakah Wali atau kekasih Allah itu? "‫"ا َل َ إن أولياء الله ل خوف عليهم ول هم يحزنون الذين آمنوا وكانوا يتقون‬ ّ “Ketahuilah sesungguhnya para waliyullah tidak merasa takut dan sedih. Jangan sampai kita selalu melaksanakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh baginda Rasulullah Saw. pasti aku berikan. pasti aku lindungi. mata yang dia gunakan untuk melihat.يمشي بها ولن سألني لعطينه ولن استعاذ َ بي لعيذنه‬ ّ ّ ِ َ ْ ِ ْ Allah SWT berfirman. mereka adalah orangorang yang beriman dan selalu bertaqwa”. Ketika aku telah mencintainya. tetapi juga harus dengan melihat apakah orangorang miskin disekeliling kita sudah tercukupi semua. Jika dia meminta kepadaKu. kaki yang dia gunakan untuk berjalan. . tetapi kita tidak menjaga tali silaturrahmi yang wajib. Kita mengerjakan sholat sunnah Dhuha atau shalat Qobliyah dan Ba’diyah misalkan. Hambaku adalah orang yang selalu mengerjakan ibadah-ibadah nawafil (amalan-amalan sunnah) sehingga aku mencintainya. melainkan dengan apa yang telah aku wajibkan kepadanya. maka akulah yang akan menjadi telinga yang dia gunakan untuk mendengar. tangan yang dia gunakan untuk memukul.

Allah Yang Maha Mulia dan Agung turun kelangit yang paling rendah (langit dunia). pemuda yang rajin beribadah. adakah orang yang bertaubat. apabila ada kata-kata yang salah saya minta maaf kepada Allah saya mohon ampun. Demikianlah kultum saya kali ini.” Dan itu terjadi setiap malam hingga terbit fajar”. bertemu dan berpisah hanya karena Allah. Al-Bukhari dan Muslim). dua orang yang saling mencintai.” (HR. Terakhir. adakah orang yang memerlukan-Ku.a : َ َ َ ِ َ َ ّ ّ َ َ "‫فَإ ِذا مضى ث ُل ُث الل ّي ْل أ َوْ ن ِصف الل ّي ْل ن َزل إ ِلى السماء الد ّن ْيا جل وَع َز فَقال هَل من سائ ِل فَ نأ ُع ْط ِي َه‬ ِ َ ّ ُ ْ ُ َ َ َ ُ ٍ َ ْ ِ ْ ِ ّ ‫هَل من مست َغْفرٍ فَأ َغ ْفر ل َه هَل من تائ ِب فَأ َتوب ع َل َي ْهِ هَل من داع فَأ ُجيبه، وذلك في ك ُنل ل َي ْل َنةٍ حتنّنى‬ ِ ْ ُ ْ ِ ْ َ َ ِ َ ُ ُ َ ِ ٍ َ ْ ِ ْ ٍ َ ْ ِ ْ ‫)ي َط ْل ُعَ ال ْفجر. Bukhari). adakah orang yang memohon ampun. ada sebuah hadis yang sering kita dengar yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah r. seorang laki-laki yang diajak oleh seorang perempuan terhormat dan cantik.Berkaitan dengan betapa Allah SWT sangat mencintai kita manusia sebagai hambanya." )رواه البخاري‬ ُ ْ َ “Jika telah lewat tengah malam atau sepertiga malam yang akhir. dan seorang yang mengingat Allah dalam keheningan hingga menitikkan airmata. lalu berkata: Adakah orang yang meminta kepada-Ku saat ini. pasti aku ampuni. . pasti aku berikan taubat-Ku. lalu ia berkata aku takut kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda: ّ ّ َ َ ٌ ُ َ ُ َ ُ َ ْ ُ "‫سب ْعَة ي ُظ ِل ّهُم الل ّه في ظ ِل ّهِ ي َوْم ل ظ ِل إ ِل ظ ِل ّه ال ِمام ال ْعاد ِل وَشاب ن َشأ َ في عباد َةِ رب ّهِ وَرجل قَل ْب ُه‬ ٌ َ ِ َ ِ ُ َ ِ ّ َ ُ ْ َ ّ َ ّ َ ٌ ُ َ ‫معَل ّقٌ في ال ْمساجد ِ وَرجلن ت َحابنا فني اللنهِ اجت َمعنا ع َل َينهِ وَت َفرقنا ع َل َينهِ وَرجنل ط َل َب َتنه امنرأ َة ٌ ذات‬ ِ ّ َ ِ َ ُ َ ِ ْ ْ َ َ ْ ُ َ ِ َ َ ُ َ ْ ُ ْ َ ‫منصب وجمال فَقال إني أ َخاف الل ّه ورجل تصدقَ أ‬ َ ّ َ ٌ ُ َ ُ ِ ‫َ َ َ ُ ٌ َ َ ّ خفى حتى ل ت َعْل َم شمال ُه ما ت ُن ْفقُ ي َمين ُنه وَرج نل‬ َ ْ ُ َ ِ ِّ َ َ ٍ َ َ َ ٍ ِ ْ َ َ ُ َ ِ َ ‫.)ذ َك َر الل ّه خال ِيا فَفاضت ع َي ْناه" )متفق عليه‬ ً َ َ ُ َ ْ َ َ َ “Ada tujuh golongan yang akan dilindungi Allah dalam lindungan-Nya pada hari tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya: Imam yang adil. (HR. pasti akan aku beri. pasti akan aku penuhi. seorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid. seorang yang menyembunyikan sedekahnya tidak ingin dilihat orang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful