P. 1
panduan_krs-online

panduan_krs-online

|Views: 522|Likes:
Published by a3u5z1i

More info:

Published by: a3u5z1i on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2011

pdf

text

original

PANDUAN  KRS ONLINE  SEMESTER GANJIL  TAHUN AKADEMIK 2009 / 2010 

    INSTITUT PERTANIAN BOGOR  JULI, 2009   

PENDAHULUAN Sehubungan dengan adanya masukan-masukan yang diterima berkaitan dengan Sistem KRS Online.0. Anda harus memasukkan User name berupa NIM dan password untuk Login (masuk) ke menu KRS online. kami mencoba membangun kembali sistem ini sesuai dengan masukan-masukan yang diterima. jadwal perkuliahan/ praktikum/responsi. User name dan password pada krs online juga digunakan untuk user access untuk mengakses internet/intranet apabila Anda Panduan KRS online IPB 1 . Pada jendela ini.12 (melalui Internet) (melalui Intranet di lingkungan kampus IPB) Mulai tahun akademik 2009/2010. kapasitas mayor. minor. sehingga dirasa perlu untuk terus menerus dilakukan perbaikan-perbaikan pada sistem KRS Online. Tampilan awal KRS online. dan supporting course. tampilan awal dari jendela KRS online adalah seperti pada gambar berikut ini: Gambar 1. Direktorat Administrasi Pendidikan. Saran dan masukan tetap kami perlukan untuk perbaikan-perbaikan KRS Online dimasa kini dan yang akan datang. dan Direktorat Keuangan berkaitan dengan kode dan nama mata kuliah.17.ipb.ac. nilai-nilai mahasiswa setiap matakuliah yang masuk ke Direktorat Administrasi Pendidikan. serta biaya penyelenggaraan mata kuliah (BPMK) akan membantu keberhasilan sistem KRS online ini. MENGAKSES SISTEM KRS ONLINE Sistem KRS online dapat diakses melalui Internet atau juga melalui Intranet (di lingkungan kampus) IPB yang meliputi Kampus Darmaga dan Baranangsiang pada alamat: • • http://krs. Pada semester ganjil tahun akademik 2009/2010. Sehingga ada perbedaan dari segi tampilan dengan sistem KRS Online sebelumnya. Dukungan data yang akurat dari setiap departemen.id http://172.

maka ditampilkan menu pilihan sebagai berikut: Panduan KRS online IPB 2 . Jika tidak berhasil. Jika user name dan password Anda tetap tidak bisa digunakan. Ketikkan NIM Anda.ac.id atau telepon ke nomor (0251) 8626641. dikarenakan koneksi internetnya putus atau mesin servernya tidak dapat melayani KRS online. harap menghubungi petugas Layanan Bersama. dapat ditanyakan ke Direktorat Administrasi pendidikan melalui email ke dit_ap@ipb. LOGIN 1. Ulangi langkah nomor 1 dan 2 dengan mengisikan user name dan password yang benar. Contoh: A14050001. Ketikkan password. 3. maka akan ditampilkan pesan seperti pada Gambar 3. Tampilan salah mengisi username. Lantai 1. Apabila komputer/laptop Anda tidak dapat mengakses mesin server yang telah ditentukan untuk menangani KRS online ini. Jika berhasil login. Gambar 2b. 2.menggunakan komputer/laptop di lingkungan Kampus IPB Darmaga/Baranangsiang. Untuk itu user password yang telah Anda miliki harap dijaga kerahasiahannya sehingga hanya Anda sendiri yang mengetahui ini. Gambar 3. yang berada di Gedung AHN/Rektorat. maka akan ditampilkan pesan seperti pada Gambar 2a dan Gambar 2b. Tampilan salah mengisi password. Klik dengan mouse tombol Log In. Tampilan tidak terkoneksi ke DB Server 4. Jika lupa. Ruang Sidang Direktorat Administrasi Pendidikan. Gambar 2a. atau datang langsung menemui petugas di Sekretariat Layanan Bersama.

Harap diperhatikan hal-hal sebelum mengisi KRS online yang diinformasikan dibawah dari data mahasiswa tersebut. antara lain: • Rekaman pembayaran SPP (jika ada ketidakcocokan. Bagian bawah dari tampilan halaman awal/depan akan berisi informasi yang berkaitan dengan evaluasi akademik dan dan administrasi pendidikan. Nilai. Jadwal Saya. Pemilihan KRS. Sebagai contoh informasi yang ada pada gambar di atas adalah : ” Ini adalah uji coba KRS. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang bersangkutan Panduan KRS online IPB 3 . dan Petunjuk Pengisian. mohon diklarifikasi ke Layana Terpadu Pengisian KRS. Rekam Jejak SPP. Ganti Password. Kotak Pesan. Jadwal Mayor Minor. Disebelah kanan dari tampilan depan/awal ini terbagi dalam tiga bagian. pada gambar di atas berisi informasi : ”Pengisian KRS untuk anda telah ditutup. Lihat KRS. Nomor rekening tabungan mahasiswa (jika ada perubahan. Menentukan Minor. Tampilan depan/awal KRS online Pada menu pilihan KRS online disebelah kiri terdapat pilihan menu yaitu pilihan: Depan. Nilai akademik (Mahasiswa yang bermasalah secara akademik diharap datang ke Layanan Terpadu).Gambar 4. Sebagai contoh. Komposisi kelas. dan jadwal dapat berubah-ubah sewaktu-waktu”. Alasan penutupan: Peringatan Keuangan”. Ruang Sidang Administrasi Pendidikan dengan membawa bukti autentik). Bagian atas adalah informasi data mahasiswa beserta dengan kondisi terakhir pembayaran SPP-nya dan nomor rekening tabungan mahasiswa di Bank BNI untuk proses autodebet. • • Bagian tengah dari tampilan halaman awal/depan akan berisi informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pengisian KRS online. matakuliah. harap dilaporkan ke Layanan Terpadu). Kritik dan Saran.

memiliki tunggakan SPP. mahasiswa boleh menentukan minornya sesuai dengan minatnya masingmasing. NIM. diharapkan minor yang akan diambil telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Pembimbing Akademiknya (PA). Minor. DEPAN Pilihan menu ini akan menampilkan informasi mengenai data akademik mahasiswa berupa ucapan Selamat Datang. mendapatkan IP Semester dan atau IP Kumulatif di bawah 2. Oleh karena itu mahasiswa yang bersangkutan harus datang ke Sekretariat Layanan Terpadu dengan membawa bukti-bukti yang autentik.0. Tampilan untuk Menentukan Minor Panduan KRS online IPB 4 . akan diberitahukan pada petak tersendiri yang letaknya di bawah kotak Selamat Datang. Apabila mahasiswa mendapatkan capaian nilai akademik yang rendah. dan Semester yang sedang ditempuh. Mayor. Gambar 5a. Tampilan halaman depan telah diuraikan di atas pada Gambar 4. MENENTUKAN MINOR Menentukan/mengambil minor hanya diperkenankan bagi mahasiswa semester 3. Untuk kasus-kasus seperti ini ada kemungkinan mahasiswa tidak dapat melanjutkan pengisian KRS Baru dan disarankan untuk datang/menghubungi Layanan Terpadu. seperti ada mata kuliah dengan nilai ‘E’. Tampilan Pemilihan Minor Gambar 5b. Untuk mahasiswa ini. Namun demikian. Tahun masuk.

Pilihlah salah satu minor yang ada (Gambar 5b). Klik Panah ke bawan untuk menampilkan minor yang ditawarkan. pada menu KRS disediakan pilihan menu Rekam Jejak SPP. Klik Ganti untuk menetapkan minor yang telah dipilih. Gambar 6. Disebalah kanan akan ditampilkan jendela Pemilihan Minor (Gambar 5a). Apabila menu pilihan rekam jejak SPP dipilih akan ditampilkan rincian biaya yang sudah dibayar dan saldo (bila ada) atau tunggakan yang tersisa yang belum dilunasi (Gambar 6).Klik menu Menentukan Minor. silahkan konfirmasikan ke petugas di Layanan Terpadu. REKAM JEJAK SPP Untuk mengetahui kondisi sampai saat ini mengenai administrasi pembayaran SPP. Tampilan untuk Menentukan Minor Panduan KRS online IPB 5 . Apabila terdapat perbedaan dengan data yang Anda miliki.

sebaiknya mahasiswa melihat-lihat dulu informasi mengenai jadwal mayor/minor yang akan ditawarkan oleh setiap departemen. Tampilan sebagian jadwal mayor/minor yang dipilih Informasi yang tertera pada Jadwal Mayor/Minor adalah meliputi : Hari. dapat dipilih Supporting Course). Jam Mulai/Selesai. Gambar 7.Responsi. Nama Mata Kuliah. Maka akan ditampilkan jendela Jadwal Mayor dan Minor seperti pada Gambar 7. agar mahasiswa dapat merencakan dengan baik mata kuliah-mata kuliah yang akan ditempuhnya pada semester yang mendatang. Hal ini penting dilakukan. Setelah itu klik perintah Go. pilih program mayor dan program minor yang akan dilihat (apabila tidak ingin menampilkan jadwal suatu minor. (K)/(P)/(R): Kuliah. tampak bahwa mulai semester genap ta 2008/2009 mata kuliah Seminar dan Tugas Akhir/Skripsi mulai ditawarkan dengan informasi hari dan waktu Bebas. dalam arti akan ditentukan oleh departemen masing-masing pengampu mata kuliah ini. Pada Gambar 6. Panduan KRS online IPB 6 .Praktikum. Kemudian.MELIHAT JADWAL MAYOR/MINOR Sebelum mengisi KRS Baru. maka pada pilihan menu klik dengan mouse Jadwal Mayor/Minor. Kode MK. Untuk melihat jadwal mayor dan minor.

Melihat Nilai/Daftar MK Semester pun perlu dilakukan sebelum mengisi KRS Baru. PEMILIHAN KRS Pemilihan KRS adalah proses penentuan/pengisian satu set mata kuliah yang dipilih sebelum semester dimulai. dst. baik keseluruhan data dengan mengklik pilihan All. dengan harapan mahasiswa dapat melihat prestasi akademiknya terlebih dahulu sebelum mengisi atau menentukan KRS Baru. Panduan KRS online IPB 7 . dapat dilihat pada Gambar 8 berikut ini. Mahasiswa dapat melihat mata kuliah yang telah ada. Juga agar mengetahui mata kuliah-mata kuliah yang perlu segera diulang. Disamping itu juga untuk keperluan penentuan besaran SPP yang harus dibayarkan oleh mahasiswa pada semester mendatang. Informasi mengenai nilai/daftar mata kuliah semester. 3. Tampilan Melihat Nilai/Daftar MK Semester. Daftar pilihan mata kuliah yang dapat diambil didasarkan pada kurikulum Mayor dan Minor yang telah ditetapkan oleh Departemen dan Direktorat Administrasi Pendidikan yang disajikan melalui krs online. Pengisian KRS Baru ini sangat penting untuk menentukan rencana awal susunan mata kuliah yang akan diikuti di semester yang akan datang. 2. atau memilih pilihan semester tertentu dengan mengklik 1. sesuai dengan kalender akademik yang telah ditentukan. Gambar 8.MELIHAT NILAI/DAFTAR MK SEMESTER Seperti halnya Melihat Jadwal Mayor.

Prosedur mengambil mata kuliah seperti yang telihat pada Gambar 9b. jam. Tampilan awal mengisi KRS Informasi yang disajikan pada tampilan awal mengisi KRS adalah satu set daftar mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa. maka akan ditampilkan formulir isian KRS seperti yang tercantum pada Gambar 9 berikut ini. ruangan) yang masih mungkin dan sesuai Panduan KRS online IPB 8 . Interdept.Pilih menu Pemilihan KRS. Pada nama mata kuliah terdapat angka (1). dan SKS MK. maka akan tampak informasi jadwal kuliah.(2). Perintah ini untuk memilih /mengambil mata kuliah yang ditawarkan. masing-masing menunjukkan bahwa mata kuliah tersebut sebagai MK Mayor. Nama MK. Gambar 9a. BPMK. dan responsi (jika ada) untuk dipilih seperti tampak pada Gambar 9b. Disebelah kiri Nama MK terdapat suatu perintah dengan keterangan Tambah. atau Minor.(3). adalah: Klik pada Kelas Kuliah. Klik tombol Tambah. Terdiri dari Kode MK. praktikum (jika ada). kemudian pilih jadwal (hari.

disebelah kanan terdapat tombol perintah dengan lambang (√) dan (X). klik perintah Tutup yang ada disebelah kanan dari judul Supporting Courses. Perhatikan informasi IP sekarang dan Maksimum SKS (yang boleh diambil). Tampilan menentukan SC/menentukan MK TPB Cara mengisinya adalah sbb: Tuliskan mata kuliah yang akan diambil sebagai SC atau mata kuliah TPB yang akan diulang pada petak ”Masukkan kode matakuliah”. maka klik pilihan perintah [Tambah Mata Kuliah SC] yang ada disebelah kanan dari judul Mata Kuliah Tersedia. Jika ada praktikumnya. Lakukan hal yang sama untuk mata kuliah-mata kuliah yang lain yang akan diambil. Klik tombol perintah (√) untuk meyimpan data hasil pengisian mata kuliah SC/TPB. Jika sudah selesai. Apabila mata kuliah yang dicari sudah dapat. Hasil dari pemilihan mata kuliah keseluruhan yang telah dipilih akan ditampilkan dibagian atas dari daftar Mata Kuliah Tersedia seperti contoh pada Gambar 9d berikut ini. maupun responsinya (lihat Gambar 9c). pilih jadwal praktikum yang tersedia. Gambar 9b. lalu klik tombol perintah Cari Kelas. Gambar 9c. Jika sudah selesai. Tampilan pemilihan jadwal MK Untuk mengambil mata kuliah TPB (mengulang) atau mata kuliah yang ditawarkan sebagai Supporting Course. praktikum.dengan rencana anda. Ulangi cara mengisi KRS mata kuliah SC/TPB untuk mata kuliah yang lainnya yang akan diambil sebagai SC/Mengulang TPB. maka akan ditampilkan pilihan hari dan jamnya baik pada pilihan kuliah. Jika ada responsi. Namun perlu diperhatikan batasan maksimum SKS yang boleh diambil. klik tombol perintah (√) apabila penetapan jadwal kuliah/praktikum sudah sesuai dengan rencana. pilih jadwal responsi yang tersedia. Panduan KRS online IPB 9 .

Tampilan KRS yang telah diambil Hasil pengisian KRS masih mungkin untuk diperbaiki dengan cara mengklik perintah Edit. Apabila sudah diganti. misal ganti jadwalnya seperti pada gambar berikut. Lakukan perbaikan. Gambar 9e. Selanjutnya akan ditampilkan pertanyaan seperti contoh berikut : Gambar 10. Tampilan perbaikan KRS Mata kuliah yang sudah dipilih. Tampilan pertanyaan menghapus mata kuliah Berikan jawaban dengan mengklik tombol perintah OK. Panduan KRS online IPB 10 . maka berikan perintah dengan mengklik tombol (√). Sebaliknya berikan jawaban dengan mengklik Cancel untuk membatalkan penghapusan. jika benar mata kuliah tersebut akan dihapus dari daftar mata kuliah yang dipilih. Apabila Anda memutuskan suatu mata kuliah yang sudah dipilih akan dihapus.Gambar 9d. maka klik perintah Hapus. juga bisa dihapus.

tidak disediakan tombol perintah khusus. Anda dapat memilih menu Lihat KRS. Yaitu. sebagai dokumen bagi Anda dan untuk dimintakan persetujuannya kepada dosen pembimbing. maka Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya. mencetak hasil pengisian KRS. lihat hasilnya pada printer yang terkoneksi dengan komputer yang digunakan. Mahasiswa dapat melakukannya dengan memilih menu pada Browser yang digunakan dengan cara : Klik menu File Klik Pilihan Print Preview. Lihatlah apakah mata kuliah yang diambil sudah sesuai dengan yang direncanakan? Gambar 11. MELIHAT HASIL KRS Apabila setiap mata kuliah yang diambil sudah tidak ada yang bentrok. Untuk mencetak hasil pengisian KRS. Tampilan melihat hasil sesuai KRS. Panduan KRS online IPB 11 . dan jumlah SKS sesuai dengan yang diperkenankan. akan ditampilkan hasil pengisian KRS Baru Klik Pilihan Print. mahasiswa sebaiknya memeriksa hasilnya dengan memilih pilihan menu Jadwal Saya. Untuk itu.MELIHAT JADWAL SESUAI KRS Setelah berhasil memilih dan mengisikan daftar mata kuliah sebagai KRS Baru. Hasil dari printout ke kertas dapat dilihat pada contoh Gambar 12 berikut ini.

pada menu utama klik pilihan Ganti Password. Gambar 13. Tampilan KRS untuk dicetak MENGGANTI PASSWORD Untuk menjaga hal-hal yang tidak diharapkan dari pelaksanaan pengisian KRS online ini.Gambar 12. diharapkan setiap mahasiswa dapat menjaga kerahasiaan user access dan password-nya untuk mengakses intranet IPB yang sekaligus juga berfungsi sebagai user password KRS online. Disarankan secara periodik Anda selalu melakukan perubahan password. Akan ditampilkan form Ganti Password seperti berikut. Untuk melakukan perubahan password. Tampilan Ganti Password Panduan KRS online IPB 12 .

Hal-hal yang perlu ditanyakan berkaitan dengan KRS Online.- Panduan KRS online IPB 13 . Ruang Sidang Direktorat Administrasi Pendidikan. Mudah-mudahan panduan ini dapat membantu para mahasiswa pada waktu pengisian KRS online. Pada petak password baru tuliskan password baru sebagai pengganti password saat ini. Pada petak password baru (lagi) ulangi penulisan password baru. Sekian.Untuk melakukan penggantian password. Kampus IPB Darmaga. Gedung AHN/Rektorat Lantai 1. PETUNJUK PENGISIAN Berisi informasi/panduan tentang penggunaan KRS Online dan hal-hal lain yang perlu disampaikan kepada mahasiswa berkaitan dengan akademik dan administrasi pendidikan.id (menggunakan tanda garis bawah (_) antara dit dan ap) Telepon : (0251) 8626641 Sekretariat Layanan Terpadu. Isi password baru dan password baru (lagi) harus tepat sama. terima kasih. Klik perintah Ganti! Untuk menggantikan password. silahkan menghubungi DIREKTORAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN melalui : • • • Email : dit_ap@ipb. pada kotak password lama tuliskan password saat ini.ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->