P. 1
Karya Ilmiah Remaja

Karya Ilmiah Remaja

|Views: 156|Likes:

More info:

Published by: ariwibowodwiapriyono on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2015

pdf

text

original

KARYA ILMIAH REMAJA (KIR

)

:  TIM WIDYAISWARA LPMP JATENG  2008 

OLEH

Lomba Karya Ilmiah Remaja 

Di ruang perpustakaan sekolah sedang terjadi diskusi yang serius antara guru dengan seorang muridnya yang kepingin banget jadi anggota LKIR. Guru : "Apa yang dapat kamu sumbangkan untuk LKIR di sekolah kita?" Murid: "Sebuah penemuan dari penelitian yang saya lakukan sendiri." Guru : "Apa itu?" 

 

Murid: "Menggabungkan (stek) 2 jenis tumbuhan yang sangat berlainan species. Dan ternyata berhasil." Guru : Apa 2 jenis tumbuhan itu...? 

Murid: "Kelapa dan singkong." Guru : Terdiam, sepertinya tidak percaya. "Lalu apa yang terjadi dengan kedua tumbuhan itu?" 

Murid: "Jadi gethuk."

Bagaimana Penelitian yang Baik ?
1. 2. 3.

Dirancang dengan baik Dilaksanakan dengan baik Dilaporkan secara baik

Rancangan yang Baik 
Tajam

/ Terfokus  Ide/gagasan belum banyak diteliti sangat bermanfaat  Up to date  Kontribusi pada keilmuan dan profesi  Ada teori yang diacu  Tujuan penelitian lebih ke praktis  Rumusan (judul) menggoda

Bagaimana Kajian Pustaka ? 
Relevan  Mutakhir  Sumber

primer/hasil riset sebelumnya  Studi pustaka/kemajuan yang dicapai  Studi pendahuluan  Daftar rujukan

Bagaimana Acuan Metodenya ? 
Ketepatan

strategi dan pendekatan  Ketepatan rancangan  Kejelasan variabel  Penggunaan instrumen  Cakupan subjek  Ketepatan dan ketajaman

Bagaimana Melaksanakannya ? 
Kelengkapan

alat/protokol  Ketepatan waktu sesuai rancangan  Keterlaksanaan prosedur yang dirancang  Kevalidan data yang diperoleh  Keterwakilan populasi

Bagaimana Melaporkannya ? 
Sistematika/format

laporan  Tata tulis ilmiah (paragraf, tanda baca, dll)  Keterbacaan dengan visualisasi  Kelengkapan laporan

Format Penulisan Karya Tulis
1.

2.

Pengantar : dalam pengantar, paling tidak harus menuliskan : a. sifat, skop (ruang-lingkup), dan tujuan penelitian (ruangb. tinjauan pustaka yang relevan dengan permasalahan c. cara penelitian d. hasil utama penelitian (ditambahkan setelah penelitian selesai) dan manfaat penelitian. Bahan dan cara, harus menyertakan: a. sampel, jumlah sampel, dan karakteristiknya (misalnya: umur, jenis kelamin, dll) b. keterbatasan pengambilan sampel (kalo ada tentunya) c. uraian prosedur detail penelitian (ini bermanfaat supaya penelitian bisa diulang oleh peneliti lain).

3. Dalam hasil, setidaknya harus menuliskan: karakteristik sampel b. pemaparan hasil (harus menggunakan variabelvariabel-variabel yang digunakan sebagai alat untuk menjawab permasalahan penelitian). Catatan : Variabel ?  Variabel : sesuatu yang dapat berubahberubahubah
a.

4. Pembahasan harus meliputi:
a. b. c. d.

e. f. g.

tinjauan penemuan-penemuan penting penelitian penemuanpertimbangan penemuan-penemuan dalam kaitannya penemuandengan penelitian terdahulu yang relevan implikasi penemuan terhadap teori pemeriksaan yang hati-hati terhadap hasil yang tidak hatimendukung atau hanya sebagian yang mendukung hipotesis keterbatasanketerbatasan-keterbatasan studi yang mungkin berakibat pada kesimpulan dan generalisasi studi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya implikasi studi untuk praktisi atau studi terapan.

5. Kesimpulan bisa memberi gambaran:
a. b. c. d. e.

menyatakan kembali tesis secara singkat meringkas interpretasi hasil dan membahasnya dalam konteks teoritis yang lebih luas pendek dan langsung ke sasaran menjelaskan manfaat khusus dan umum hasil studi menuju ke kata-kata penutup (jadi jangan katasampe bikin kata-kata yang malah membuka katakembali pembahasan..he..he..he.. bisa berabe tuh!).

6. Dalam abstraksi (ikhtisar atau ringkasan) yang harus ditulis adalah:
a. b. c. d. e.

problem penelitian subjek penelitian metode dan prosedur penelitian hasil penelitian kesimpulan dan implikasi studi

7. Judul tulisan:
a.

b.

c. d.

memuat kata-kata kunci penting yang mewakili kataisi tulisan (contoh: Seks bebas di kalangan anakanak-anak remaja di Jakarta dan pengaruhnya terhadap konsentrasi siswa, mata pelajaran, kenaikan kelas, dan kehidupan beragama (kepanjangaen nih) judul itu bisa diperpendek menjadi Seks bebas di kalangan remaja Jakarta dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik dan kehidupan beragama lepas dari kata-kata berulang yang tidak katamenyumbangkan makna isi penelitian mengandung sebanyak-banyaknya 12-15 kata sebanyak12kunci yang merupakan rangkuman ide utama

8. Dalam ucapan terima kasih, boleh menuliskannya seperti ini:
a.

b.

pihakpihak-pihak yang membantu penelitian dalam hal: penyediaan daftar pustaka, organisasi ide dan penulisan, penyediaan bahan dan alat, dan proses penelitian itu sendiri (bisa individu, institusi, atau organisasi). Juga, sebagai yang pertama dan utama, adalah kepada Allah Swt. yang telah memberikan kemudahan kita dalam membuat penelitian tersebut. Betul? sumber dana penelitian: nama/jenis dana, nomor (bila ada), dan tahun penerimaan dana.

8. Aturan penulisan efektif pada tingkat kalimat:
a. b. c. d. e. f.

tunjukkan tindakan penting dengan kata kerja, bukan kata benda letakkan pelaku sebagai subjek dari kata kerjanya letakkan informasi yang lebih singkat sebelum informasi yang panjang dan kompleks letakkan infromasi yang sudah akrab dan berulang pada awal kalimat letakkan pula informasi baru dan tidak terduga pada akhir kalimat desain tali topik kalimat supaya membentuk pandangan yang koheren (saling berhubungan) dan konsisten.

9. Penulisan efktif dalam paragraf:
semacam desain issue (pokok persoalan) yang jelas pada bagian akhir di mana kamu memperkenalkan tali-temali tema, istilah talikerennya thematic strings b. rumuskan maksud-maksud kalimat (point maksudsentence) yang tepat untuk setiap unit tulisan (discourse) c. biasakan untuk memperlihatkan maksud paragraf (paragraph point) di bagian akhir pokok bahasan (pada awal paragraf), dan jangan terlalu sering memaparkannya di bagian akhir diskusi (di akhir paragraf).
a. buatlah

10. Untuk daftar pustaka bisa dituliskan (catatan: penulisan ditulis berurutan):
Sistem Harvard: nama pengarang, tahun di dalam tanda kurung, judul karangan, nama jurnal dan volume/nomor, sertakan nomor halaman, (plus, nama penerbit dan kota di mana diterbitkan bila sumbernya buku). b. Sistem Vancouver: nama pengarang, judul karangan, nam jurnal, tahun tanpa tanda kurung, volume/nomor, dan nomor halaman jurnal, (plus, nama penerbit dan kota di mana diterbitkan bila sumbernya buku). c. Sistem alfabetik: nama pengarang, judul karangan, nama jurnal, volume/nomor, dan nomor halaman jurnal, tahun tanpa tanda kurung, (juga penerbit dan kota di mana diterbitkan jika sumbernya buku).
a.

11. Tabel yang dibuat harus:
a. b. c. d. e. f. g. h. i.

judul tabel harus ada nomor tabel juga kudu ada dong diletakkan segera setelah disebut dalam teks harus disebut di dalam teks format tabel yang satu dengan yang lain harus konsisten satuan harus disebutkan singkatan harus diterangkan kepanjangannya dalam catatan di bawah tabel judul lajur dan baris harus mewakili variabel yang diukur pada lajur dan baris bilangan desimal dari atas ke bawah harus konsisten (jika dua angka di belakang koma, semuanya sama).

12. Untuk gambar/grafik, perlu diperhatikan halhal-hal berikut:
a. b. c. d.

e. f.

nomor dan judul gambar harus ada sumbu vertikal dan horisontal pada grafik kudu diberi nama satuan ukuran pada masing-masing sumbu masingharus dicantumkan keterangan gambar dibuat seringkas mungkin, sedangkan penjelasan lengkap dijelaskan di dalam teks diletakkan segera setelah disebut dalam teks harus disebut dalam teks.

Edison Ginting

Edison Ginting

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->