MAJALAH

er0 Z
O_o

MATH & CS For N0thing, but Fun

EDISI 01 | JULI 2008

Dalam edisi ini:

Menjelang SNMPTN
lim 4 x 2 + 8 x − x 2 + 1 − x 2 + x
x →∞

?

OSN Matematika SMP 2007

MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008

2

Mau, donk MAJALAH Zer0 nya.

Edisi elektronik MAJALAH Zer0 gratis Zer0

MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008

3

Pengantar
Ini adalah edisi pertama MAJALAH Zer0. Majalah ini akan berisi matematika dan kaitannya dengan ilmu komputer. Majalah ini dibuat sebagai salah satu jalur informasi perkembangan matematika, khususnya Indonesia, dengan tujuan mengubah paradigma masyarakat secara umum bahwa matematika itu mematikan, kalau tidak hanya menakutkan, dengan menegaskan kaitan matematika dan pemecahan masalah. Orientasi penyampaian materi pada majalah ini adalah pemecahan masalah: bukan hanya menginformasikan melainkan menguak motivasi, sehingga pembaca bisa terlibat secara aktif dalam memecahkan masalah melalui materi yang ada. Akibatnya siswa dapat belajar secara mandiri bagaimana agar lebih percaya diri dalam mengambil keputusan pada setiap langkah pemecahan masalah berdasarkan argumentasi yang masuk akal. Kegiatan seperti ini memang sedang gencar diusahakan penerapannya pada kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah, sehingga usaha kami ini diharapkan dapat menjadi jembatan menuju kegiatan belajar mengajar yang diimpikan itu. Majalah ini dibuat untuk siswa yang sedang menjalani pendidikan dasar 12 tahun dan secara khusus untuk siswa yang hendak mengikuti OSN. Dan tentu saja untuk para pencita matematika secara lebih umum. MAJALAH Zer0 dibangun oleh beberapa kolom. Saat ini kami menyediakan lima kolom utama, yaitu artikel, catatan sekolah, masalah dan solusi, berita, dan iklan. Untuk setiap kolom, kami mengundang pembaca untuk turut berpartisipasi menyumbangkan ide, atau iklan khusus untuk kolom iklan, dengan cara mengirimkan tulisan Anda ke salah satu alamat imel editor. Selain materi kami juga terbuka pada kritik dan saran untuk mengembangkan MAJALAH Zer0. Serta untuk membangun komunitas kami menyediakan beberapa blog dimana majalah ini tersedia. Selamat menikmati.
Editor Bernard, glupdotup@yahoo.com Johan Gunardi, johan.gunardi@yahoo.com

Blog http://zer0toinfty.wordpress.com
http://artofmathematics.wordpress.com

MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008

4

Menjelang SNMPTN
Kita berharap matematika semudah mengedipkan mata yang terjadi secara alami bahkan ada kesan kendali alam bawah sadar. Untuk mengasah intuisi kita terhadap matematika kita perlu banyak latihan. Latihan merupakan hal yang benar-benar mujarab mengatasi masalah matematika. Tetapi, seperti latihan untuk tubuh, latihan matematika juga harus rutin dengan bobot yang ditingkatkan setiap kali latihan. Buang jauh-jauh-jauh pikiran merusak bahwa matematika itu sulit karena justru itulah yang mebuat kita sulit. Ingat pepatah: cara kita menanggapi suatu masalah menentukan seberapa sukses kita menyelesaikannya. Jadi jangan takut hadapi saja, habisi semua soal, dan raih kemengangan. Bagi mereka yang akan mengikuti SNMPTN sekedar memberitahu: matematika itu ladang skor khususnya matematika...umum..eh dasar. SNMPTN merupakan seleksi nasional untuk masuk beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Akibatnya persaingan dalam SNMPTN sangat ketat, sehingga bagi kamu yang akan mengikutinya diperlukan kesiapan materi dan mental. Kesiapan materi biasanya memengaruhi kesiapan mental, sehingga diperlukan proses latihan yang kontinu dengan bobot yang memberat sampai standar SNMPTN atau bahkan lebih. Hadapi saja matematika dengan serius, tetapi santai. Teknisnya kita bahas beberapa contoh bagaimana menghadapi masalah matematika untuk mendapatkan trik yang mengarahkan pada solusi. Masalah yang akan kita bahas adalah masalah persamaan dan fungsi dan teori limit.

Persamaan dan Fungsi
Contoh 1. Tentukan f (5) , jika ( f g )( x) = x 3 − 6 x + 3 dan g ( x) = x 2 − 2 x + 3 .

Sebelum kita mempunyai ide untuk mengatasi masalah matematika, biasanya kita perlu merasakan terlebih dahulu masalah itu. Langkah paling alami untuk menyelesaikan masalah seperti ini adalah memformulasikan ulang apa yang sudah diketahui. Jika kita menyubsitusikan g ( x) pada f g kita akan mendapatkan persamaan
f ( x 2 − 2 x + 3) = x 3 − 6 x + 3 .

Wow. Bila kita mencari fungsi f(x) terlebih dahulu tentunya akan sangat sukar. Namun, bila mempertimbangkan permintaan masalah, yaitu mencari f(5), maka pencarian f(x) tidak diperlukan. Karena kita harus mencari f(5), maka kita perlu mencari x sehingga g(x) = 5. Dengan nilai x ini kita bisa mendapatkan f(5), yaitu menyubsitusi nilai x itu pada ekspresi x3 − 6 x + 3 .
Solusi. Dari g(x) = 5 kita peroleh persamaan x2 − 2 x − 2 = 0 .

y. Mari kita coba buktikan. . Konjektur yang dapat kita tarik adalah bila p. Dengan cara yang sama kita juga dapat membuktikan bahwa q = p −1 r . 2 ⎝ ⎠ Tampilan masalah ini tampak begitu berantakan! Biasanya masalah yang ditampilkan cukup berantakan solusinya akan mudah terlihat setelah kita mempercantik tampilannya.z tak nol. maka p = r q −1 . p r −1 g −1 = f . Masalahnya masih tetap sama yaitu mencari f(x). Jadi f(5) = 7. 3 Fungsi r punya balikan. Ingat kembali bahwa unsur identitas dalam ruang fungsi yang punya balikan adalah x. dan r fungsi x yang mempunyai balikan serta memenuhi p q = r . yaitu p p −1 = x dan p −1 p = x . p r −1 g −1 = f g g −1 . dengan fungsi baru p(x) = x3 dan r(x) = 2x – 1. Sekarang kita bisa membuktikannya. 2 2 ⎝ ⎠ ⎝ ⎠ −1 −1 −1 3 Terbukti. Berdasarkan persamaan yang diketahui kita akan memperoleh ekuivalensi f −1 p = g r . q. f f −1 p r −1 = f g r r −1 . Contoh 2. Jika informasi yang diberikan ditulis ulang akan tampak ekspresi yang lebih baik: f −1 p = g r .MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 5 Dengan menggunakan rumus abc kita peroleh x = 1 ± 3 . yaitu r −1 ( x) = ( x + 1) / 2 . p r −1 = f g . Solusi. Jadi p q = r ekuivalen dengan p q q −1 = r q −1 atau p = r q −1 . Untuk masing-masing nilai x ini x3 − 6 x + 3 sama dengan 7. sehingga x = y ⋅ z −1 ⋅ w−1 .x. sehingga dengan menyubsitusi fungsi-fungsi yang bersesuaian kita peroleh f ( x) = ( p r −1 ⎛ g −1 ( x) + 1 ⎞ ⎛ g −1 ( x) + 1 ⎞ g )( x) = p(r ( g )) = p ⎜ ⎟=⎜ ⎟ . Persamaan diatas tampak seperti persamaan 1 x ⋅ y = w ⋅ z dengan w. Analogi ini akan membantu kita menyelesaikan persamaan fungsi. Buktikan: jika fungsi f dan g punya balikan dan memenuhi f −1 ( x 3 ) = g (2 x − 1) maka ⎛ g −1 ( x) + 1 ⎞ f ( x) = ⎜ ⎟ . Tidak ada salahnya cicipi dulu sebelum melanjutkan baca. Sekarang konjektur sudah terbukti.

Seperti ditemukan pada masalah-masalah berikut. tentukan x 6 + x −6 . Contoh 4. Jadi mutlak x selalu lebih besar atau sama dengan 0.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 6 Latihan 1. Jadi |x + y| = 4. Tentukan f −1 (9) . Latihan 2. mungkin kita bisa menguadratkan persamaan yang diketahui untuk memunculkan suku yang dicari. Jawaban a dan b berturut-turut adalah 2 dan -3. Namun. sehingga diperoleh (log 3) x1 (log 3) x2 = log 3 (log 3) x1 + x2 = log 3. Salah satu cara yang paling naïf adalah mencari akar-akar x dan kemudian menjumlahkannya. Masalah tentang persamaan biasanya tampak begitu sederhana. Jika x1/ 2 + x −1/ 2 = 3 tentukan x + x −1 . Contoh 3. Jika kita mencari secara langsung nilai x dari persamaan yang diketahui kita akan kesulitan menghadapi persamaan pangkat empat. untuk setiap bilangan real x didefinisikan sebagai x≥0 ⎧ x. maka persamaan itu menjadi persamaan kuadrat dalam y. tetapi usaha pencariannya malah akan membuat kita mandek. Tentukan | x + y | jika | x + y − 4 | + | x − y + 2 |= 0 . | x | . | x |= ⎨ x < 0. Sebagai klu. Solusi. Berapa jumlah akar persamaan (log 3) 2 x + (log 3) x + log 3 = 0 ? Pertanyaannya langsung pada permasalahan. b. x 4 + x −4 = ( x 2 + x −2 ) 2 − 2 = 14 . jika f (2 x 2 + x − 1) = 3x +1 . tentukan x 4 + x −4 . Secara khusus | x + y − 4 |= 0 yang mengakibatkan x + y = 4. Yang kita cari adalah nilai x 4 + x −4 dan yang menjadi masalah sekarang adalah hubungan nilai itu dengan persamaan yang diketahui. Jika x 2 + x −2 = 2 . Dan kita beruntung karena ketika menguadratkan persamaan yang diketahui kita peroleh x 4 + 2 x 2 x −2 + x −4 = 16 atau x 4 + x −4 = 16 − 2 = 14 . Karena yang ditanya melibatkan pangkat empat. jawabannya berturut-turut adalah 7 dan 2. Solusi. Karena nilai mutlak selalu ≥ 0. Yang kita perlukan adalah sedikit sentuhan kreativitas. Contoh 5. Masalah ini cukup membingungkan jika kita tidak paham arti nilai mutlak. Solusi. Persamaan yang diinginkan equivalen dengan ((log 3) x )2 + (log 3) x + log 3 = 0 yang merupakan persamaan kuadrat dalam (log 3) x . Hasil kali kedua akarnya adalah . ⎩ − x. a. maka | x + y − 4 |= 0 =| x − y + 2 | . Dengan mengingat sifat pengalian pangkat kita coba keberuntungan dengan mengalikan akar-akar y. Mutlak x. Jika kita misalkan y = (log 3) x . Jika ( g f )(2 x + 5) = 5 x + 7 dan g ( x) = x − 1 . sedangkan yang diketahui melibatkan pangkat dua. Jika x 2 + x −2 = 4 . tentukan f −1 (−12) . kesederhanaan inilah yang menjadi masalah sebenarnya.

kita peroleh (a + 2b + c) 3 22 + (2a + b + 2c) 3 2 + 4a + 2b + c = 6 . Sket. b = 0. Kalikan silang dan kelompokkan berdasarkan akar pangkat tiga. Jadi A = 2 3 4 − 2 .MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 7 log 3 = (log 3) x1 (log 3) x2 = (log 3) x1 + x2 . dengan a = 3 4 . 2β 2 tentukan b + 1. Karena persamaan itu identik maka kita punya sistem persamaan ⎧ 4a + 2b + c = 6 ⎪ ⎨ 2a + b + 2c = 0 ⎪ a + 2b + c = 0. yaitu a = 2. dan c = −2 . Maka kita punya persamaan. 2 a −1 (a + a + 1)(a − 1) 4 −1 Contoh 7. Akibatnya jumlah akar-akar persamaan yang diinginkan adalah 1. misalnya. Masalah ini tidak seperti masalah merasionalkan penyebut biasa. . Solusi 2. Dan membuat kita mandek bahkan di langkah pertama. Contoh 6. Solusi. maka A= 6(a − 1) 6(a − 1) 6( 3 4 − 1) = 3 = = 2 3 4 − 2. dan c = −2 . ⎩ Penyelesaiannya dengan mudah didapatkan dengan menggunakan metode eliminasi. Sambil menerka-nerka kita kita misalkan hasilnya berbentuk a 3 22 + b 3 2 + c . Misalkan A = a 3 22 + b 3 2 + c . Jika α dan β adalah akar persamaan x 2 + bx − 2 = 0 dan α 1 =α − . yang menjadi pertanyaan berikutnya mungkin bagaimana bentuk sederhananya jika memang bilangan itu dapat dirasionalkan penyebutnya. Perhatikan bahwa penyebut dapat ditulis sebagai a 2 + a + 1 . b = 0. yang dipenuhi oleh a = 2. 6 3 2 + 2 +1 4 3 2 = a 3 22 + b 3 2 + c . Sederhanakan A = 6 3 2 + 3 22 + 1 4 sehingga penyebutnya rasional. karena melibatkan akar pangkat 3. Ok. Berdasarkan a 3 − 1 = (a − 1)(a 2 + a + 1) . Maka (a + 2b + c) 3 22 + (2a + b + 2c) 3 2 + 4a + 2b + c = 6 .

tentukan 6 log 5 ( 14 − 4 6 + 5+2 6 . Karena 2β 2 2 2 Contoh 8. Karena P(x) habis dibagi 2 x 2 − 11x + 5 = (2 x − 1)( x − 5) . . Maka kita dapatkan persamaan 1 a 71 9b 55 a 9b + − − + 45 = + − = 0. f(s)/g(s) berbentuk tak tentu. (1) 4 8 4 2 2 8 2 (2) 4 ⋅ 54 + a ⋅ 53 − 71⋅ 52 − 9b ⋅ 5 + 45 = 770 + 125a − 45b = 0 yang penyelesaiannya adalah a = −4 dan b = 6 . Tentukan a + b + c. Perhatikan bahwa persamaan yang diberikan equivalen dengan 6 ⋅ 6 x (2 x − 4) = 2 x − 4 atau (2 x − 4)(6 ⋅ 6 x − 1) = 0 . Jadi b + 1 = 5. maka α + β = −b dan αβ = −2 . Persamaan kuadrat (a − 1) x 2 − 6 x + (c + 4) = 0 dan (2b − 1) x 2 + ax − (b + 1) = 0 akar-akarnya saling berkebalikan. Jadi x1 + x2 + x3 + x4 = −a / 4 = 1 . x2 . tentukan f (1). x1 + x2 ? x1 x2 Solusi. Kita akan mencari fungsi f secara eksplisit. Perhatikan bahwa x3 + x −3 = ( x + x −1 )3 − 3 x 2 x −1 − 3 xx −2 = ( x + x −1 )3 − 3( x + x −1 ). Jika 6(12) x + 4 = 24 ⋅ 6 x + 2 x akar-akarnya adalah x1 dan x2 . β akar persamaan x 2 + bx − 2 = 0 . x3 . (jawaban: 7) Latihan 4. maka ⋅ −b = −2 atau b = 4 . Karena α . maka P (1/ 2) = P(5) = 0 .MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 8 Solusi. Sehingga 2 x = 4 atau 6 ⋅ 6x = 1 yang secara berturut-turut mengakibatkan x = 2 atau x = −1 . Tentukan sisa jika p( x) dibagi x3 – x. Latihan 3. ) (jawaban: (3b − a + 1) (2a + 2b) ) Latihan 5. Jika P( x) = 4 x 4 + ax 3 − 71x 2 − (9b) x + 45 habis dibagi 2 x 2 − 11x + 5 dan x1 . x1 x2 2 Contoh 9. Jadi akar-akar persamaan 6(12) x + 4 = 24 ⋅ 6 x + 2 x adalah 2 dan -1. x4 adalah akar-akar P ( x) = 0 . Jadi f ( x) = x3 − 3x . sehingga bagaimana pun urutannya nilai x1 + x2 1 =− . Maka dengan mudah kita hitung f (1) = 13 − 3 ⋅1 = −2 . (1/2) Limit Cheat Sheet Jurus paling ampuh untuk menghitung limit adalah dengan menggunakan teorema L’Hospital. Jika f ( x + x −1 ) = x3 + x −3 . α 1 1 1 = α − atau (α + β ) = αβ . maka berapa nilai x1 + x2 + x3 + x4 ? Solusi. Jika p( x) = x5 + ax 2 + bx + a + b habis dibagi x 2 − 1 . yaitu jika f dan g fungsi yang dapat diturunkan. Solusi. berapa Contoh 10. Jika log 2 = a dan log 3 = b .

4−2 x2 − x a a −b b = lim ( a − b )( a 2 + ab + b 2 ) = b + b + b = 3b . Contoh 1. yaitu 2a-4=0 atau a=2. maka f(1) juga harus = 0. Contoh 5. ∞. Sekarang kita akan mencari limit . Karena g(1)=0. x 2 + x + 3 − 2 x 2 − 3x + 7 lim x →2 x3 − 8 − x2 + 4 x − 4 = lim x →2 ( x − 2)( x 2 + 2 x + 4)( x 2 + x + 3 + 2 x 2 − 3 x + 7) = lim x →2 −( x − 2) 2 ( x − 2)( x 2 + 2 x + 4)( x 2 + x + 3 + 2 x 2 − 3 x + 7) = 0. maka limit berikut ada: lim x→s f ( x) f '( x) = lim . Umumnya manipulasi aljabar. dan pembangian dengan pangkat tertinggi. Efektifnya. teorema di atas baru kita coba aplikasika setelah metode standar pencarian nilai limit dilakukan. Contoh 2. termasuk perkalian sekawan. 2 2 s →t s t − st st ( s − t ) t Contoh 4. lim a →b Contoh 3. lim x →0 x2 + x − 2 4 + 2 − 2 = = 2 . atau − ∞ . untuk suatu s yang menyimbolkan a ∈ . Tentukan nilai a+b jika lim a x 2 + 3 − ( x + 3) =b x →1 x2 + x − 2 Misalkan f ( x) = a x 2 + 3 − ( x + 3) dan g ( x) = x 2 + x − 2 . lim s →t 3s 2 − st − 2t 2 ( s − t )(3s + 2t ) 5 = lim = . karena bentuknya sudah tertentu.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 9 0/0 atau ∞ / ∞ . Dan a →b a− b a− b tentu saja masalah ini dapat diselesaikan dengan mengaplikasikan teorema L’Hospital karena fungsi limitnya berbentuk tak tentu. karena pencarian turunan cukup menyulitkan untuk fungsi-fungsi tertentu. g ( x) x→ s g '( x) Persamaan di atas secara implisit menjelaskan sebuah proses menurunkan fungsi sampai didapat bentuk tertentu.

Jadi nilai a+b=2. Jika f ( x) = x 2 + 2 x + 3 maka tentukan nilai lim x →1 f (2 x + 3) − f ( x 2 + x + 3) . Tentukan nilai limit 3 lim x →∞ x 3 + 2 x + 1 − 3 81x 3 + x + 21 2x x + x − 2 Karena pangkat tertinggi adalah 3/2. sehingga nilai limit yang akan kita cari menjadi − x( x − 1)( x 2 + 3 x − 8) 4 lim = . maka kita perlu mencari fungsi-fungsi yang berkaitan. maka secara langsung kita memperoleh nilai limit yang diinginkan. yaitu 3/2. yaitu 0. Contoh 8. . x2 + x − 2 Karena f(2.1+3) = f(1+1+3). Tentukan nilai limit lim 4 x 2 + 8 x − x 2 + 1 − x 2 + x x →∞ Masalah limit tersebut dapat kita susun ulang menjadi lim ( x 2 + 2 x − x 2 + 1) + lim ( x 2 + 2 x − x 2 + x ) x →∞ x →∞ yang dapat diselesaikan dengan cara mengalikan dengan konjugat seperti biasa dan diperoleh hasil.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 10 lim 2 x 2 + 3 − ( x + 3) x →1 ( x + 2)( x − 1) 3x 2 − 6 x + 3 ( x + 2)( x − 1)(2 x 2 + 3 + ( x + 3)) 3( x − 1) 2 ( x + 2)( x − 1)(2 x 2 + 3 + ( x + 3)) =0 x →1 = lim = lim x →1 Sehingga b=0. x →1 ( x + 2)( x − 1) 3 Contoh 7. f(2x+3) = 4x2 + 16x + 18. dan f(x2+x+3) = x4+2x3+9x2+8x+18. Contoh 6.

Dengan menyelesaikan ruas kiri kita akan mendapatkan persamaan a −8 =1 2(2 + 2) atau a = 16. tetapi bila kita pisahkan limit dan memanfaatkan identitas sin 2 x = 2sin x cos x . jika tidak nilai limitnya akan sama dengan ∞. Untuk limit-limit yang berhubungan dengan trigonometri kita usahakan muncul bentuk limit trigonometri paling dasar.b2 = 0 dengan selesaian b = -2 atau 2. x 2 tan x + sin 3 2 x Contoh 10. seperti pada contoh berikut. lim x →∞ x 2 (4 − b 2 ) + x(a − 2b 2 ) + 1 2( 4 x 2 + ax + 1 + b x 2 + 2 x . hanya b = 2 yang memenuhi hipotesis. (1) karena nilainya sama dengan 1 maka pangkat tertinggi variabel x2 harus sama dengan 0. Jika b = -2 maka nilai limit yang diinginkan akan menjadi ∞. yaitu lim x →0 sin x tan x = 1 dan lim =1. namun biasanya pencarian turunannya cukup sulit. lim ? x →0 x sin x tan x Jika kita mencari identitas yang cocok. Jurus paling ampuh tetap dengan mengandalkan teorema L’Hospital. Jadi a + b = 18. Jangan tergesa-gesa mencari identitas yang cocok. Tentukan nilai a+b jika lim x →∞ 4 x 2 + ax + 1 − b x 2 + 2 x =1 2 Setelah kita kalikan dengan konjugat yang bersesuaian. Sehingga limit (1) menjadi lim x →∞ x(a − 8) + 1 2( 4 x + ax + 1 + 2 x 2 + 2 x ) 2 = 1. kita peroleh . x →0 x x Kita juga perlu mengingat beberapa identitas trigonometri yang cukup dikenal. kontradiksi. mungkin akan kesusahan. kontradiksi.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 11 Contoh 9. sehingga 4 .

x →1 x →1 tan( x 2 − 1) 4( x − 1) Kedua persamaan terakhir benar karena ketika x → 1 . lim x →0 1 − cos x 2 x 2 tan 2 2 x(1 + cos x 2 ) = lim x →0 2sin 2 ( x 2 / 2) x 2 tan 2 2 x(1 + cos x 2 ) . lim ∑ n→∞ 6i i =1 n . 2 2 x →1 ( x + 1) 4( x − 1) tan( x − 1) 4 x2 −1 sin(4 x − 4) Tentu saja persamaan di atas benar jika lim = 1 dan lim = 1. 2 sin 2 ( x 2 / 2) (2 x) 2 1 1 1 lim = = . lim ( x + 3) sin(4 x − 4) ( x 2 − 1) 4 ⋅4⋅ = ⋅ 4 = 4. Sekarang kita hanya perlu menyusun ulang. lim 1 − cos x 2 x →0 x 2 tan 2 2 x Kita coba mengalikan pembilang dengan konjugatnya. kita hanya perlu menyusun ulang permasalahan dengan cermat. lim x sin 2 2 x x + 8 ⋅ lim ⋅ ⋅ cos x = 1 + 8 = 9. lim ( x 2 + 2 x − 3) sin(4 x − 4) x →1 ( x 2 − 1) tan( x 2 − 1) Kita susun ulang menjadi. 2 2 2 2 x →0 16 ( x / 2) tan 2 x (1 + cos x ) 8 ⋅ 2 16 2 i + 3i Contoh 13. Contoh 11. maka 4 x − 4 → 0 juga x2 −1 → 0 . x →0 sin x x →0 (2 x ) 2 tan x Kebanyakan solusinya sudah didepan mata. Contoh 12.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 12 lim x 2 cos x sin 2 2 x + lim x →0 sin x x →0 x tan x Kita hanya tinggal menyusun ulang supaya solusinya mudah terlihat. Persamaan terakhir didapat dengan menerapkan identitas 1 − cos 2 x = 2sin 2 x.

x→ 4 jika x = 4 (serang langsung: -4/5) ⎧ x − 3. Tentukan nilai a + b. jika lim x →1 g ( x) + f ( x) g ( x) jika x ≠ 4 . Jika lim x →1 (serang langsung: -1/2) 4. yang masing-masing secara berturut-turut berjumlah (1/3)/(1-1/3) = 1/2 dan 1. lim 2 . = 2 . identitas. x →1 ( x − a ) tan( x − 1) (faktorkan: 1) x 2 + ax + b 6. 8.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 13 Mari kita buat sedikit variasi. jika lim = 9. Solusi masalah ini sudah didepan mata. Misalkan f ( x) = ⎨ ⎩5. 5 x + 2 sin x + 8 x cos x 1. Jangan terkecoh dengan notasi sigma di dalam limit. . lim x →1 x 2 − 2 x + cos( x − 1) . x →a x−a (pembilang fungsi limit punya faktor x-a: -15) 7. Tentukan nilai lim x →1 f ( x) g ( x) − f ( x) = 3. (definisi: 1) . i n→∞ n →∞ 6 2 i =1 i =1 3 n Persamaan terakhir menunjukkan jumlah dua deret geometri tak hingga dengan rasio 1/3 dan 1/2. lim ( x + 1)3 + ( x − 1)3 . n 2 i + 3i 1 1 lim ∑ = lim ∑ i + i . lebih lanjut limit dan penjumlahan tak hingga biasanya sering digunakan. Dan latihan supaya mantap yang secara umum dapat diselesaikan dengan mengaplikasikan teorema L’Hospital. maka tentukan nilai lim x →1 x −1 x2 −1 (kali sekawan. Tentukan nilai dari lim f ( x) . x →0 ( x + 1) 2 − ( x − 1) 2 (faktorkan: 3/2) x 3 − (a + 1) x 2 + ax 5. kita hanya perlu menyadarinya: deret geometri. x →0 x + tan 2 x + sin x (susun ulang: 5) 2. sehingga jumlah totalnya adalah 3/2. susun ulang: ¾) 3. lim 2 . (1 − x) 2 x 2 − x − f ( x) f ( x) .

x →∞ (selisih kubik: 6) 12. 2 x →∞ x →∞ x →∞ x 2x 2 tidak ada! Padahal dalam lembar soal semua pilihannya bilangan rasional. Jika f(x) = sin (x). Karena jika itu terjadi kita akan terperangkap pada paradigma bahwa matematika itu sekedar rutinitas dan membuat matematika membosankan. . Hadapai saja dengan serius. Satu hal yang dapat dipelajari adalah bahwa belajar matematika tidak hanya berlatih untuk menyelesaikan masalah dengan cepat. x →0 sec 3 x − sec 2 x (identitas: -9/5) f (π − h) − f (π ) 4 4 . lim sec 4 x − sec 5 x . Jika f(x) polinom berderajat 3 dan diketahui bahwa lim x →1 x →−2 lim f ( x) f ( x) . maka tentukan nilai lim 2 2 2 x → −1 x − x − 2 x −4 (f(x) punya faktor x-1 dan x+2: 4/3) Tips Sampai sini kita telah membahas dua bagian kecil dari seluruh materi yang diujikan dalam SNMPTN. hanya kehilangan beberapa fungsi ∗ limitnya ada dan bernilai satu. tetapi santai. lim 3 x +1 − 4 x +3 + 6 x +1 . maka tentukan nilai lim h →0 h 2 (definisi turunan: 1) 11.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 14 9. periksa apa yang salah pada argumentasi berikut untuk menghitung lim ( x 2 + sin x) x 2 ∗ yang bentuk fungsinya ∞ / ∞ : x →∞ lim x 2 + sin x L 2 x + cos x L 2 − sin x = lim = lim . lim 3 x 3 + 12 x 2 + 5 x − 2 − 3 x 3 − 6 x 2 + x − 2 . Salah satu akibatnya adalah melupakan konsep dan inilah yang menjadi jerat utama. x →∞ 3 x −1 + 4 x − 2 + 6 x −1 f ( x) = 12 dan x −1 (pangkat dari yang tertinggi: 36) 13. = − 3 . Matematikawan tidak pernah mati. 10. Masih ingat definisi limit dan teorema L’Hospital yang sangat ampuh untuk menghitung limit? Jika ya. Padahal matematika dapat digunakan sebagai jembatan yang mengarahkan kita pada pemecahan masalah yang dapat terjadi di kehidupan sehari-hari.

10. maka nomer orang-orang yang tereliminasi berturut-turut adalah. Identifikasi Masalah Kita akan membahas variasi masalah josephus: dimulai dengan n orang dinomeri dari 1 sampai n searah jarum jam dan setiap orang kedua dihilangkan sampai tersisa satu yang selamat. tentu saja tugas kita adalah mencari j(n). dia berada di antara 41 para pemberontak Yahudi yang terperangkap di sebuah gua karena orang-orang romawi. n j(n) 0 0 1 1 2 1 3 3 4 1 5 3 6 5 7 7 8 1 9 3 Sampai sini kita sadar bahwa dugaan kita salah.1 dan jumlah mereka ada sebanyak n orang. Sampai sini kita mendapatkan hubungan j(n) secara rekursif untuk n genap. Setelah putaran pertama nomer-nomer orang yang selamat adalah ganjil dari 1 sampi 2n . 9. 7. Dugaan ini didukung kenyataan bahwa j(2) = 1. (1) . kita masih belum yakin sampai beberapa n lainnya. Karena jika terdapat nol orang masalah ini tidak ada. Sekarang kita akan fokus terlebih dahulu jika terdapat 2n orang. 8. Jadi secara keseluruhan kita menghitung j(n) dua kali lalu dikurangi satu. misalkan terdapat 10 orang. 3. tetapi sekarang setiap nomernya berkurang satu. tetapi kita tahu pola yang baru bahwa j(n) selalu ganjil. Kelompok ini memutuskan untuk bunuh diri daripada tertangkap dengan cara berkumpul melingkar dan setiap orang ketiga harus bunuh diri selama proses mengitari sampai tersisa dua orang.1. Kita dapat yakin bahwa j(n) selalu ganjil karena pada putaran pertama setiap bilangan kelipatan dua (genap) tereliminasi. Ini berarti kita harus menghitung lagi j(n). Josephus dan temannya diam-diam tidak setuju dengan rencana konyol ini dan ia mulai menghitung tempat mana yang harus ditempati agar ia dan temannya tidak mendapat giliran bunuh diri. Tetapi.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 15 Masalah Josephus Konon masalah ini pernah terjadi pada Flavius Josephus. Jadi untuk kasus ini yang selamat adalah orang bernomer 5. 6. Namun. Kita sudah tahu bahwa j(10) = 5 dan secara alamiah kita mungkin menduga bahwa j(n) = n/2 untuk n genap. Ketika perang Jewish-Roman. maka kita definisikan j(0) = 0. 1. sejarahwan abad pertama. Misalkan j(n) adalah nomer orang yang selamat. Pola lain yang kita dapati adalah bahwa kalau n genap. putaran kedua mirip dengan masalah sebelumnya hanya nomernya yang berbeda. 2. Sebagai contoh. 4. j(2n) = 2j(n) .

tapi setelah orang bernomer 2n tereliminasi orang yang tereliminasi berikutnya adalah satu – meninggalkan orang-orang selamat bernomer dari 3 sampai 2n + 1 yang ada sebanyak n.2m) menyisakan 2m orang. j(2n + 1) = j(n) + 1.1.2m). Berdasarkan tebakan kita. Pertama kita eliminasi orang bernomer 2. perhitungan j(n) tampak lebih efisien. 4. Kita akan melihat bilangan n sembarang. Misalkan n sembarang. variabel n mengecil dengan faktor paling tidak dua. Namun. dengan m adalah bulat positif terbesar sehingga 2m tidak melebihi n. kita tulis n = 2m + (n . Ini berarti kita menghitung dua kali j(n) baru ditambah satu. Perhatikan bahwa pada perhitungan j(n). Pertanyaannya adalah apakah setiap n pangkat dari 2. j(n) = 1? Tunggu dulu… setiap bilangan pangkat dari 2 kalau ditulis dalam basis dua selalu muncul satu sebanyak satu kali. Contohnya j(20) didapat mengunakan persamaan (1). Setelah kita dapatkan persamaan (3) kita dapat mendaftarkan j(n) untuk setiap n yang cukup besar dengan cepat dan berharap kita dapat melihat pola yang baru. bagaimana jika terdapat 2n + 1 orang? Sama seperti sebelumnya pada putaran pertama semua orang bernomer genap tereliminasi sebanyak n. j(2n + 1) = 2j(n) + 1. …. yaitu dua kali j(10) . sehingga orang yang terakhir . Secara matematis hubungan rekursif ini ditulis. yaitu menghitung j(n). Mungkinkah ada hubungan j(n) dengan representasi bilangan sebagai basis dua? Jika teringat penulisan dalam basis 2 mungkin kita juga teringat bagaimana merepresentasikan bilangan dalam basis 10 ke dalam basis 2. tetapi nomer ini adalah nomer sesudah dikurangi 2(n . Matematika pada dasarnya adalah memolakan sesuatu secara logis. orang bernomer 1 lah yang selamat. sebagai bilangan yang dekat ke 2m. j(n) = 1.2m). 8. tetap saja untuk mempermudah perhitungan dan pengingatan persamaan j(n) harus lebih ekplisit. kita akan coba mempertajam pengamatan diatas.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 16 Kita dapat menghitung j(n) untuk n yang cukup besar sekarang. Perhatikan bahwa masalah sekarang sama seperti masalah sebelumnya. (3) Tidak seperti persaman rekursif biasa yang suku ke-n-nya bergantung pada beberapa suku tepat secara berurutan pada suku sebelum suku ke-n. hanya saja setiap orang nomernya ditambah satu. j(2n) = 2j(n) . Namun. Sebelum melihat masalah ini dari segi penulisan bilangan dalam basis dua. 6. 2(n . j(n)-nya bernilai satu. Kita hampir yakin bahwa kalau n = 2m. (2) Jadi kita telah mendapatkan hubungan j(n) untuk semua kasus. Misalnya untuk mengitung j(1000) kita hanya perlu menghitung 11 suku sebelumnya. n j(n) 0 0 1 1 2 1 3 3 4 1 5 3 6 5 7 7 8 1 9 3 10 11 12 13 14 15 16 5 7 9 11 13 15 1 Dari tabel diatas kita dapati bahwa setiap bilangan pangkat dari dua sampai 16. yaitu untuk setiap n bulat positif: j(0) = 0.1 yang tidak lain adalah 9 karena kita tahu bahwa j(10) = 5.

+ a0 2 0 = ( ak ak −1 . kembali ke 2 keluaran algoritma diatas adalah ak..MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 17 selamat adalah yang bernomer 2(n .. j(n) tampaknya didapat dengan menggeser satu bit n ke kiri secara siklis lalu terjemahkan ke dalam basis 10. j(5) = j(1012) = 0112 = 3. jika n mod 2 = 0. maka ak = 1 4..a0 ) = (ak −1ak − 2 . Sebagai contoh. selesai 7. k = k + 1 6. jika tidak.. dengan m adalah bulat positif terbesar sehingga 2m tidak melebihi n. 15 = 23 + 22 + 21 + 20 = 10002..2m) + 1. n = n div 2 5. maka ak = 0 3.a0 ) 2 . yang memenuhi n = ak 2k + ak −1 2k −1 + . n = ak 2 k + ak −1 2 k −1 + . + a0 20 (5) (4) dan n ditulis dalam basis 2 sebagai ak ak −1. k = 0 2. maka ak = 1. jika n = 1. Sayangnya hasil ini baru komplit jika kita sudah membuktikan bahwa j(2m) = 1.. Tampaknya kita perlu membuktikan konjektur berikut: untuk n bulat positif. tetapi ini mudah dibuktikan secara induksi terhadap m.a0 . misalkan n = 5... Agar lebih jelas.... Setelah itu kita mendapatkan persamaan yang hampir eksplisit tentang j(n). Tidak ada salahnya melihat apa yang terjadi jika tabel diatas kita buat dalam basis dua. n j(n) 0 0 1 1 10 1 11 11 100 101 110 111 1000 1001 1010 1011 1 11 101 111 1 11 101 111 Apakah ada pola tertentu? Kebetulan ada: n dalam basis dua. yaitu j(n) = 2(n – 2m) + 1. Indeks dua pada penulisan terakhir untuk menunjukkan bahwa bilangan itu ditulis dalam basis 2 (penjumlahan pangkat dari 2)..a0 ak ) 2 (6) . Bilangan Biner Salah satu metode yang sering dipakai untuk menuliskan bilangan dalam basis dua jika diberikan bilangan dalam basis 10 adalah dengan menerapkan algoritma pembagian: diberikan n dalam basis 10 1. j (ak ak −1.

Ok.. + a1 2 + ak ) − 1. a0 = 0.... n selalu bersisa nol.a2 a1 ) + 1 = 2(ak −1 2k −1 ak − 2 2k − 2 + . Maka. kita akan coba mencari bentuk lain dari j(n) dan berharap generalisasi dapat dilakukan dengan lebih mudah... mungkinkah berdasarkan (1) kalau n bersisa 1 jika dibagi dua kita harus . + a1 2 + ak ) + 1... + a1 22 + ak . Dengan demikian... Asumsikan bahwa pernyataan (6) diatas benar untuk setiap n yang banyaknya dijit n dalam basis dua kurang dari k + 1.a1a0 ) 2 = 2( ak 2 k −1 + ak −1 2 k − 2 + . Karena kasus ini juga benar maka pernyataan (6) di atas terbukti secara induksi...... -0- asumsi induktif Penjumlahan Pangkat dari Dua Tapi tunggu dulu. asumsi induktif karena ak = 1 Jadi pada kasus ini pernyataan (6) benar. Sekarang kita harus pertimbangkan masing-masing kasus ketika n genap dan ganjil.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 18 Kita akan membuktikan pernyataan (6) diatas secara induksi terhadap banyaknya dijit n dalam basis 2. dalam basis dua representasinya tetap dan hasil pergeseran siklisnya pun tetap.a2 a1 ) 2 + 1) = 2 j (ak ak −1. kita tidak berhenti sampai disini. + a2 2 + a1 ) + 1 .a1a0 ) 2 = 2( ak 2 k −1 + ak −1 2 k − 2 + . sehingga n = ( ak ak −1 . Beda yang paling mencolok adalah adanya persamaan (1) dan langkah 2 pada algoritma (4). + a1 22 + ak 2 + 1.. Sebagai kasus basis n = 1.. = ak −1 2k ak − 2 2k −1 + . j (2 ⋅ (ak ak −1... yaitu satu.a2 a1 )) = 2 j (ak ak −1.a2 a1 ) − 1 = 2(ak −1 2k −1 ak − 2 2k − 2 + .. j ((ak ak −1. a0 = 1 dan n = ( ak ak −1 . Untuk kasus n ganjil.. Bukti. = ak −1 2k ak − 2 2k −1 + .. + a1 22 + ak 2 − 1 = ak −1 2k ak − 2 2k −1 + . Perhatikan juga bahwa setiap bilangan yang kurang satu dari pangkat dari 2 dari tabel diatas nilai j(n)-nya adalah bilangan itu sendiri... Pada kasus n genap. Perhatikan bahwa persamaan (3) jika dibuat algoritma akan mirip algoritma (4).. + a2 2 + a1 ) . Atau jika n dalam basis dua semua dijitnya bernilai satu maka j(n) = n. mungkin ini karena setiap dibagi 2..

+ b1 20 ) − 1. Yap. = bk 2k + bk −1 2k −1 + .a1 ) 2 + 1) = 2 j (ak ak −1.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 19 mengurangi j(n) dengan satu? Sampai sini kita bisa membuat konjektur baru. Untuk kedua kasus (7) benar. = bk 2k + bk −1 2k −1 + .. Untuk kasus n ganjil. maka a0 = 1 dan n = 2( ak 2 k −1 + ak −1 2 k − 2 + . + b0 .. Karena (3) kita harus mempertimbangkan dua kasus...a1 ) + 1 = 2(bk 2k −1 + bk −1 2k − 2 + .. Sebagai langkah induksi kita misalkan bahwa j(n) pada (7) selalu benar jika banyaknya dijit n dalam basis 2 kurang dari k + 1.a2 a1 ) − 1 = 2(bk 2k −1 + bk −1 2k − 2 + . Sekarang misalkan banyaknya dijit n adalah k + 1. + b1 ) + 1. Jika banyaknya dijit n sama dengan satu maka n = 1 dan j(n) = 1. Kembali prinsip induksi menjadi pilihan pertama. + a0 2 0 maka j (n) = bk 2k + bk −1 2k −1 + . + a2 2 + a1 ) + 1 . + b1 2 + b0 . dengan bn = 1 jika an = 1 atau bn = -1 jika an = 0.. n = ( ak ak −1.. sehingga pernyataan (7) terbukti benar. yang secara matematis ditulis sebagai: Misalkan n bulat positif. + b1 2 + b0 .. Bukti..... -0- asumsi induktif asumsi induktif Komputasi Sampai sini kita telah berhasil menjawab kasus khusus masalah josephus. Kita akan menginduksi pernyataan (7) terhadap k dengan k + 1 adalah banyaknya dijit n jika n direpresentasikan dalam basis 2.. Pada kasus ini konjektur (7) benar. Dan sekarang kita perlu bukti.a2 a1 ) 2 ) = 2 j (ak ak −1. Delphi merupakan .a1a0 ) 2 .. maka a0 = 0 atau n = ( ak ak −1 .... j (2 ⋅ (ak ak −1.. Untuk lebih meyakinkan kita coba n = 10 yang sudah diketahui bahwa j(10) = 5. Jika kita menggunakan pernyataan (7). maka j(10) = j(10102) = 23 + (-1) x 22 + 21 + (-1) x 20 = 5. Jika n = ak 2 k + ak −1 2 k −1 + ....... Sekarang kita akan coba membuat implementasinya menggunakan bahasa Delphi. Maka. hasil verifikasi positif. Maka j (2 ⋅ (ak ak −1... (7) Kita sudah yakin untuk n pangkat dari 2 atau kurang satu dari pangkat dari 2. yaitu untuk n ganjil dan n genap. Jika n genap.a1 ) 2 .

Kita nyatakan ulang: j(0) = 0. yaitu persamaan rekursif (3). j(2n) = 2j(n) . end. Namun. Sekarang tentu saja posisi seperti Josephus sudah sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 20 salah satu bahasa pemprograman dengan orientasi pada objek dan merupakan pengembangan bahasa Pascal. exit. j(2n + 1) = 2j(n) + 1. modifikasinya untuk permainan di kelas bisa sangat mengasikkan. sampai sini saja pembahasan kasus khusus Masalah Josephus. end. Secara eksplisit kita sudah punya algoritma yang cocok untuk diimplementasikan. if (n mod 2 = 0) then j_rek := 2*j_rek(n div 2) – 1 else j_rek := 2*j_rek(n div 2) + 1. Kita tinggal menyusun sebuah fungsi rekursif seperti diatas. Sekila Logika Berapa Panjang diagonal AC? . Ok.1. Delphi dibuat sangan user friendly sehingga kita cenderung dapat memprogram dengan cepat. Kode dan program dapat dicari di salah satu blog MAJALAH Zer0. Sebelumnya. untuk mempermudah pengecekan n kita perlu definisikan j(1) = 1 dan inilah yang menjadi kriteria berhenti perhitungan rekursif itu. Maka algoritma implementasinya tampak seperti: function j_rek(n {bilangan positif}) if n = 1 then j_rek := 1.

1) Tidak memuat angka nol. 2) Angka-angka penyusun bilangan itu berbeda. Ada 13 kado yang berbeda yang akan dibagikan semuanya kepada Ami. II. dan Mia mendapat paling sedikit 2 kado. Ima dan Mai masing-masing mendapat paling sedikit 3 kado. Tentukan nilai A agar 4 x x + x2 + 1 4. Diketahui bahwa x + Ax 2 1 = 5/6. namun tidak membalik semua kartu yang nomornya habis dibagi 5 dan 2. Suatu bilangan asli disebut bilangan kuaprim jika memenuhi keempat syarat berikut. ada berapa banyak susunan kado yang mungkin diperoleh? 5. Pada setiap dua sisi kartu ditulis bilangan yang sama. dan Mia. . Pertama-tama Leny menyusun semua kartu dengan tulisan merah menghadap ke atas. III. Kemudian Leny melakukan tiga langkah berikut ini: I. 4) Setiap pasang angka berurutan membentuk bilangan prima atau bilangan kuadrat. Membalik semua kartu yang nomornya habis dibagi 2 Membalik lagi semua kartu yang nomornya habis dibagi 3 Membalik lagi semua kartu yang nomornya habis dibagi 5. = 7 . Mai. sisi pertama berwarna merah dan sisi yang lain berwarna hijau. Jika Ami mendapat paling sedikit 4 kado. Hitunglah luas daerah dari tiga daerah setengah lingkaran yang beririsan seperti tampak pada gambar berikut. Tentukan banyak kartu Leny sekarang yang bernomor berwarna merah dan menghadap ke atas! 2. 3) Satu angka pertama dan satu angka terakhir merupakan bilangan prima atau bilangan kuadrat. Ima. 3. Satu set kartu memuat 100 kartu yang masing-masing ditulisi bilangan dari 1 sampai dengan 100.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 21 OSN Matematika SMP 2007 Masalah 1.

2) Angka pertama yang dipakai adalah minimal 1. angka ketiga minimal 3. 16. a dan b adalah bilangan asli kurang dari 10) ditata sedemikian rupa sehingga membentuk persegi dengan lubang berbentuk persegi pula di tengah-tengahnya.7. 64.4. 3) Angka yang sama bisa digunakan beberapa kali.2. Lubang berbentuk persegi di tengah-tengah tersebut memiliki keliling 16 satuan panjang. yaitu 9 dan 3 merupakan bilangan prima atau bilangan kuadrat. dan s adalah bilangan asli. Carilah bilangan kuaprim 6-angke paling kecil. Setiap pasang angka berurutan. Jadi 971643 merupakan bilangan kuaprim. kita periksa bilangan 971643: ⎫ ⎫ ⎫ ⎫ 971643 tidak memuat angka nol. c = 3r . A. Satu angka pertama dan satu angka terakhir dari 971643. dan d = 3s dan jika p. Empat bangun berbentuk layang-layang seperti gambar berikut ( a > b . 8. Carilah bilangan kuaprim 6-angka paling besar. berapakah nilai terkecil dari p × q × r × s yang memenuhi a 2 + b3 + c 5 = d 7 . 7. yaitu 97. r . Angka berapa yang tidak pernah termuat dalam sebarang bilangan kuaprim? Jelaskan. b = 3q . 71. B. q.8.3. Berapa banyak password berbeda yang mungkin disusun Ucok? .5. dan 43 membentuk bilangan prima atau bilangan kuadrat.9. dan seterusnya. Jika a = 3 p . Ucok bermaksud menyusun suatu kode kunci (password) yang terdiri dari 8 angka dan memenuhi ketentuan berikut: 1) Angka yang dipakai adalah 1. C. angka kedua minimal 2. Berapakah keliling yang mungkin diperoleh jika diketahui pula bahwa a dan b adalah bilangan-bilangan yang relatif prima.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 22 Sebagai contoh. A.6. 6. Angka-angka penyusun 971643 berbeda.

Pada langkah pertama. pada langkah kedua 17 kartu merah dibalik jadi hijau. Maka banyaknya kartu merah adalah 50-17+16-7+3=45. L1 adalah luas daerah abu-abu di bawah. sehingga 16 kartu merah dibalik menjadi hijau. Berapa banyak password berbeda yang mungkin disusun Ucok. sehingga 3 kartu hijau dibalik menjadi merah. A. Hasil survey terhadap N orang dengan pertanyaan apakah mereka memelihara anjing. Ada 7 kartu yang habis dibagi 5 tetapi tidak 2 dan 3. L 2 adalah luas daerah putih. Maka pada langkah ketiga 7 kartu merah dibalik. dan paling sedikit ada 74 orang yang memelihara paling sedikit dua jenis binatang di rumah. B. Untuk sebarang bilangan bulat a. Kapan berlaku a + (b × c) = (a + b) × (a + c) ? Jelaskan jawaban Anda. Berapakah nilai maksimum dan minimum dari nilai N yang mungkin? Solusi 1. Ada 3 kartu yang habis dibagi 3 dan 5 tapi tidak 2. L3 adalah luas daerah abu-abu di atas. dan c berlaku a × (b + c) = (a × b) + (a × c) . 13 orang tidak memelihara kucing. Perhatikan gambar berikut. sedangkan 50 kartu nomor ganjil menjadi merah. Ada 17 kartu yang habis dibagi 3 tapi tidak habis dibagi 2. 61 orang tidak memelihara anjing. 9.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 23 B. burung. semua kartu nomor genap dibalik. Ada 16 kartu yang habis dibagi 3 dan 2. 10. b. Jadi. 2. atau kucing dirumah adalah sebagai berikut: 50 orang memelihara burung. jika ketentuan 3) diganti dengan: tidak boleh ada angka yang digunakan lebih dari satu kali. Jadi 50 kartu nomor genap menjadi hijau. Cari contoh yang menunjukkan bahwa a + (b × c) ≠ (a + b) × (a + c) . .

3.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 24 Luas daerah 1 adalah luas dua buah seperenam lingkaran dan sebuah segitiga.960. 2) = = 900900 4!4!3!2! 13! (4. atau x 4 − 47 x 2 + 1 = 0 . Misalkan (a.3. 4. . dan Mia berturut-turut bisa mendapat (5. Persamaan kedua dapat disusun ulang menjadi 5 x 4 − (6 A − 5) x 2 + 5 = 0 . 2 ⎝2⎠ 8 2 Maka luas totalnya adalah 43 5 3 . Mai. Banyak susunan yang mungkin untuk masing-masing adalah 13! = 720720 5!3!3!2! 13! (4. 3 ⎝6 ⎠ 2 Luas daerah 2 bisa didapat dengan cara serupa.2). (4. 4. 2) = = 900900 4!3!4!2! 13! (4.c.3. Perhatikan bahwa segitiga itu sama sisi dengan tinggi 3 . Maka Ami.3) = = 1441440 4!3!3!3! (5. Ima.4. (4.3) kado. sehingga 5 x 4 − 235 x 2 + 5 = 0 . dan Mia.3. sehingga A = 40 . Ima.d) adalah banyaknya kado yang dapat diterima berturut-turut oleh Ami.3. Maka substitusikan 6 A − 5 = 235 . 4.3. π+ 24 4 3. yaitu 3 1 3 ⎛1 ⎞ 1 = π+ .2).3.3.3. Kuadratnya adalah x 4 + 2 x 2 + 1 = 49 x 2 . Kalikan persamaan pertama dengan x . Kalikan dengan 5.4. Mai.3.3.3. 2) = Jumlah susunan semuanya adalah 3.963. (4.b. sehingga x 2 + 1 = 7 x .2). sehingga luasnya 1 ⎛1⎞ 1 L3 = × π × ⎜ ⎟ = π . sehingga luasnya 4 ⎛1 ⎞ 1 L1 = 2 ⎜ × π × 22 ⎟ + × 2 × 3 = π + 3 . L 2 = 2 ⎜ × π ×12 ⎟ + ×1× 4 2 3 ⎝6 ⎠ 2 Luas daerah tiga adalah setengah lingkaran dengan jari-jari ½.

45.33. Pasangan 31. Pasangan 39. sehingga angka keempat adalah 6. Panjang sisi persegi kecil itu adalah a − b .37.75. 78. maka ruas kiri juga.68. Maka 3 × 330 m = 37 r .44. 7.65. Pasangan bilangan relatif prima kurang dari 10 yang mungkin adalah (5. Maka digit yang tidak mungkin adalah 0 dan 8.35 tidak memenuhi. Pasangan 41.76. A. (9. Karena habis dibagi 2. sehingga angka kelima adalah 7. sehingga keliling yang mungkin adalah 24. Maka sisi persegi besar yang mungkin adalah 6. maka a − b = 4 .42. Jadi bilangan kuaprim 6-digit terbesar adalah 973641. sehingga angka ketiga adalah 3. Ini tidak mungkin karena tidak memenuhi syarat III. yang mungkin adalah 3.6. Mulai dari angka pertama 9.14. Untuk mendapat nilai terbesar dan terkecil. angka 0 juga tidak mungkin. Ini menyebabkan 30m + 1 = 7 r .34.43. maka pasti di angka pertama.78 tidak memenuhi.38.47. Bilangan kuadrat tidak pernah berakhiran dengan 2.74. sehingga angka kelima adalah 4. kita mulai dari angka paling kiri dan mencari nilai paling kecil untuk masing-masing angka. .45. sehingga 32 p + 33q + 35 r = 37 s 32 p (1 + 33q − 2 p + 35 r − 2 p ) = 37 s.46 tidak memenuhi.42. Bilangan kuaprim 6-digit terkecil adalah 136479.66. sehingga angka keenam adalah 1.4.67.1). Pasangan 79. (7.3).74 tidak memenuhi.10. Jadi angka 8 tidak pernah menjadi angka di belakang.72. sehingga angka ketiga adalah 36. Perhatikan bahwa bilangan kuadrat tidak pernah berakhiran dengan angka 0. Pasangan 69. Pasangan 99.3.8. Karena kelilingnya 16. Maka 3q − 2 p = 0. C.8.5).46. Pasangan 61. Angka kedua tidak mungkin 1.77.44. 40. sehingga 2 p = 3q = 5r .32. 2.5r − 2 p = 0 . 6.43. Karena syarat I. Mulai dari angka pertama 1.76.75. Gambarnya adalah sebagai berikut. Pasangan 49.73. Substitusikan nilai-nilainya.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 25 5. B. pasti habis dibagi 30 juga. sehingga angka keempat adalah 4. Karena ruas kanan pangkat dari 3. sehingga angka keenam adalah 9. Maka 2 p habis dibagi 15. Jika 8 ada di bilangan kuaprim.4. sehingga angka kedua adalah 7.48.63 tidak memenuhi. Misalkan 2 p = 30m . 56. Pasangan 71.98 tidak memenuhi.62.

Maka banyak susunannya adalah 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 = 256 . 10.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 26 Nilai m = 1 dan m = 2 tidak memenuhi. a + (b × c) = 1 + (2 × 3) = 7 (a + b) × (a + c) = (1 + 2) × (1 + 3) = 3 × 4 = 12. Maka banyak susunannya adalah 9 × 8 × 7 × 6 × 5 × 4 × 3 × 2 = 362880 . Perhatikan diagram Venn berikut. 8 kemungkinan angka kedua. A. 8. Akibatnya. Maka nilai minimumnya adalah 3. sampai 2 kemungkinan angka kedelapan. . tetapi dua sudah terpakai. b = 2. Ada tiga kemungkinan angka ketujuh. Perhatikan bahwa a + (b × c) = (a + b) × (a + c) a + (b × c) = a 2 + (a × c) + (b × a ) + (b × c) a 2 + (a × c) + (b × a) − a = 0 a × (a + b + c − 1) = 0 Jadi a = 0 atau a + b + c = 1 . sehingga r = 13 . Ada empat kemungkinan angka keenam. sehingga tinggal dua. 7 kemungkinan angka ketiga. B. B. s = 13 . tetapi satu sudah terpakai. Dan seterusnya. c = 3 . Ini menjawab bagian A. q = 30. Ambil a = 1. dan seterusnya. ada dua kemungkinan angka kedelapan. r = 18. p = 45. Mulai dari belakang. 9. Jadi a + (b × c) ≠ (a + b) × (a + c) . sehingga tinggal dua. Ada 9 kemungkinan angka pertama. Jadi p × q × r × s = 315900 .

e = 1. Dari 1. Maka dari itu N ≤ 61 + 87 = 148 . d ≤ 61 . Jadi nilai minimumnya 86. Kita cari dulu maksimumnya. g = 24. b = c = d = h = 0 . Karena f ≤ b + e + f + h = 50 . maka a + b + d = 61 − f ≥ 11 . Maka N = (a + b + d ) + (e + f + g + h) + c ≥ 11 + 74 + 0 = 85 . nilai maksimumnya 148. f = 49. d = 61. b = e = h = 0 . N = 86 bisa didapat jika a = 12. Dari 3 dan 4. menyebabkan a + b + c + e = a ≤ 11 . Jika N=85. 1 2 3 4 Perhatikan bahwa N = a + b + c + d + e + f + g + h . Sekarang kita cari nilai minmumnya. f = 50 . kontradiksi dengan 3. Ini bisa didapat ketika a = b = e = f = 0. h = 50 . g = 24. c = 13.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 27 Didapat b + e + f + h = 50 a + b + d + f = 61 a + b + c + e = 13 e + f + g + h = 74. maka a + b + d = 11. Sekilas Logika Tambahkan satu titik agar persamaan ini menjadi benar: . a + b + c + d + e + f + g + h ≤ 13 + 74 = 87 .c = 0. Dari 2.

00 yang dibayar ketiga orang. mungkin kita semua sudah pernah melihatnya. Tapi.000. Kita tidak perlu menambah dua nilai ini.01$=(0. Kita ambil segitiga sembarang ABC.00.000. seperti gambar berikut. tetapi tidak bisa dibagi rata. ada banyak “bukti-bukti” yang keliru. seharusnya kita menghitung 27000+3000. Misalkan $ menyatakan dolar. tetapi kelihatannya sempurna.000. Percayakah Anda bahwa matematika bisa menggandakan uang sampai seratus kali lipat? Saya bisa buktikan itu.000. Tetapi ada kesalahan tersembunyi pada bukti itu. Di sinilah kesalahannya! Pada ruas kiri satuannya adalah $. Sekarang kita akan buktikan bahwa semua segitiga itu sama kaki.00. Kesalahan yang sama terjadi pada langkah keempat: (10s)2=100s. Jadi langkah ketiga tidak berlaku. yang membuat “bukti” ini. matematika tidak berhasil menemukan kesalahan dari bukti ini. . ketiga orang itu membayar masing-masing Rp9. mana mungkin bisa seperti itu? Pasti ada kesalahan pada bukti di atas.00.000+2.000.00.01$ = (0. Kita akan melihat beberapa contoh bukti keliru lainnya. Tiga orang makan bersama di sebuah restoran. Baiklah.1$)2. AK4. y bilangan real positif. Sekarang. Benjamin J. Kemudian pelayan itu sadar bahwa seharusnya mereka hanya membayar Rp25.00 sisanya menghilang? Letak kesalahannya adalah saat kita menghitung 27.000. Totalnya Rp29. totalnya Rp27.1$)2 = (10s)2 =100s=1$ Ternyata satu sen kita telah berubah menjadi satu dolar! Uang itu menjadi seratus kali lipat. Sekilas. yaitu pada langkah ketiga.00. Jadi ia memberikan Rp1. mengatakan bahwa beberapa Ph. Ke mana Rp1.000. kemudian menyimpan Rp2.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 28 Argumentasi yang Keliru AK1.00 sisanya. Ia ingin mengembalikan Rp5. perhatikan langkah kedua: 0. dan pelayan menyimpan Rp2. mungkin bukti itu kelihatan sempurna.00 itu. Tapi saya tetap tuliskan. AK3. Sekali lagi.000. 1s = 0.00 yang diterima pelayan itu adalah bagian dari Rp27.00 ke masingmasing orang. Rp2.000. Untuk yang berikut ini. AK2.000.000. bukti ini mungkin tampak sempurna. sehingga masing-masing membayar Rp10.000. Pelayan mengatakan bahwa mereka harus membayar Rp30. karena kita menghitung jumlah yang dibayar ketiga orang ditambah dengan jumlah yang dibawa pulang.000.000. dan s menyatakan sen. Lihat persamaan ini: 1 = 1 ⋅ 1 = (−1) ⋅ (−1) = −1 ⋅ −1 = −1 Terbukti bahwa 1 = -1.D. Banyak orang yang tidak tahu bahwa xy = x y hanya berlaku untuk x.00. Jadi. Tilly. karena sangat menarik. sedangkan pada ruas kanan satuannya adalah $2.00. Dalam matematika. karena sudah sangat terkenal. $ dikali $.

sisi. tarik garis tegak lurus terhadap AB dan memotong AB di E. Jadi AB=AE+EB=AF+FC=AC. sehingga ABC adalah segitiga sama kaki.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 29 Kita ambil garis bagi sudut A dan titik tengah BC di D. sehingga EP=FP. sehingga bukti tidak berlaku. Ini menyebabkan segitiga EBP dan FPC juga kongruen (sudut. Dari titik P. tarik garis tegak lurus terhadap BC yang memotong garis bagi A di titik P. titik P seharusnya berada di luar. Jadi gambar kita dari awal sudah salah. sisi. Sebenarnya. sehingga EB=FC. sudut). Dari titik D. kesalahan bukti ini sudah ada dari awal. Bukti Tanpa Kata . sudut). Jika kita gambar segitiga tidak sama kaki dengan benar. Perhatikan bahwa segitiga AEP dan AFP kongruen (sudut. Bukti kali ini tampaknya benar-benar sempurna.

Mereka bisa melihat warna topi semua ilmuwan lain. Cantumkan informasi sedetil mungkin untuk memudahkan editor menyunting masukan dan tulis sebagai file Word. Besok pagi. Untuk masukan masalah sertakan solusi Anda. 2. Bilangan diantara empat bilangan kubik oleh editor Buktikan bahwa. kecuali warna topinya sendiri. sehingga mereka tidak bisa mendengar tebakan ilmuwan lain untuk menganalisa warna topinya. buktikan bahwa a + 2b + 6ab ≤ 9 . dan bisa saja ada dua topi yang berwarna sama. Bagaimana strategi mereka agar paling sedikit ada satu orang yang selamat? . Tetapi semua ilmuwan menyebutkan warna topinya bersamasama. masingmasing dari mereka dipakaikan topi dengan suatu warna. Yang bisa menebak dengan benar akan bebas. Titik D berada pada sisi BC. Untuk menentukan hidup matinya. selalu ada dua bilangan yang selisihnya habis dibagi 7. Garis bagi sudut ABC berpotongan dengan DM di titik P. Malam ini. Alamatkan solusi atau masalah Anda melalui email ke salah satu alamat emai editor. Masalah pertidaksamaan oleh editor Jika 4a 2 + 13b 2 ≤ 13 . Buktikan bahwa ΔBAP = ΔACB . Misalkan M adalah titik tengah AC. Tidak ada komunikasi diperbolehkan setelah memakai topi. 4. 5. Ada seratus kemungkinan warna yang dipakaikan. mereka akan melakukan permainan. para ilmuwan akan mengatur strategi. Masalah segitiga oleh editor ABC adalah segitiga. tetapi yang salah akan dibunuh. Masalah 1. Mereka harus menebak warna topinya. sehingga BA=BD. 3. Ilmuwan yang mencoba tertahan Seratus orang ilmuwan ditangkap suku primitif di suatu pulau terpencil. Menyederhanakan akar pangkat tiga oleh editor Tentukan nilai dari 3 45 + 29 2 + 3 45 − 29 2 dalam bentuk yang paling sederhana.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 30 Masalah & Solusi Anda dapat turut berpartisipasi dengan mengirimkan solusi untuk masalah yang disediakan atau mengirim masalah baru untuk dipublikasikan. di antara empat bilangan kubik.

C. sehingga banyaknya cara yang diinginkan adalah 280. Jadi A dan C tidak mencontek. Akibatnya C berkata bohong dan B tidak mencontek. D. Akibatnya C berkata jujur bahwa B mencontek. Pada saat ujian seorang guru memanggil tiga siswa yang dicurigai mencontek. Kompetisi Matematika 2007 oleh UNPAR. A dan B mencontek A dan C mencontek B dan C mencontek Hanya C yang mencontek Hanya A yang tidak mencontek Solusi. () () () ( )( )( ) . sehingga C mencontek. 504 E.C. Akibatnya B berkata jujur bahwa A mencontek. Namun. A.” C: “B mencontek. B. Kita akan membagikan 9 mainan sehingga setiap anak mendapatkan tiga mainan. Jadi A dan C sama-sama mencontek atau sama-sama tidak mencontek. sedangkan B selalu berlawanan dengan A (atau C). E. Konsisten dengan asumsi. Saat ditanyai diperoleh pernyataan dari masing-masing siswa. Masalah itu adalah Banyaknya cara agar 9 mainan yang berbeda dapat dibagi secara merata kepada 3 anak adalah A. 60480 C. maka ia berkata jujur bahwa C tidak mencontek. Sehingga pernyataan yang benar dari B adalah bahwa A tidak mencontek. yaitu: A: “C tidak mencontek. Jika A mencontek maka ia berkata bohong. maka pernyataan berikut yang mungkin terjadi adalah A.B. Banyaknya cara menyusun mainan sehingga anak pertama mendapatkan 3 mainan adalah 9 .” B: “A mencontek. Sedangkan anak kedua dan ketiga berturut-turut 3 adalah 6 dan 3 .” Jika yang mencontek berbohong dan yang tidak.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 31 Solusi 1. berkata jujur. Dalam seleksi pertama terdapat masalah yang solusinya tidak ada pada pilihan. Jadi jawabannya adalah B. Jika A tidak mencontek. 84 D. Kompetisi Matematika 2007 oleh UNPAR. 1680 B. Maka banyaknya cara membagikan 9 mainan secara merata kepada 3 3 9! tiga anak terurut adalah 9 6 3 = = 1680 . Konsisten dengan asumsi. 588 Solusi (tidak ada jawaban). agar urutan anak tidak 3 3 3 (3!)3 diperhatikan maka jumlah itu harus dibagi 3!. 2. Jadi A dan C mencontek.

yaitu jika ada sebanyak genap buah apel maka banyaknya cara ada satu. 3. Pertama selidiki batasan untuk apel.. Menyusun buah-buahan Ada berapa cara kita dapat mengisikan n buah-buahan ke dalam sebuah kantong jika batasan yang harus dipenuhi adalah o o o o Banyaknya apel harus genap Belimbing ada sebanyak kelipatan 5 Paling banyak ada empat ceri Paling banyak ada satu duku Sebagai contoh ada 7 cara untuk mengisi kantong jika tersedia 6 buah-buahan: Apel Belimbing Ceri Duku 6 0 0 0 4 0 2 0 4 0 1 1 2 0 4 0 0 5 1 0 0 5 0 1 Solusi. 1− x D( x) = 1 + x . lainnya nol. ceri. dan duku secara berturut-turut adalah 1 . 1 − x2 Dengan cara serupa maka fungsi pembangkit untuk belimbing. jika ada 1 apel maka banyaknya cara no karena apel hanya boleh sebanyak genap buah. Jika tersedia nol apel. Sayangnya.. 1 − x5 1 − x5 C ( x) = 1 + x + x 2 + x3 + x 4 = . Dengan demikian fungsi pembangkitnya adalah A( x) = 1 + x 2 + x 4 + . jika ada 2 apel maka ada tambahan satu cara. banyaknya cara yang diperlukan adalah satu. B ( x) = 1 + x5 + x10 + .. begitu seterusnya. Kita akan mencari fungsi pembangkit (generating function) yang sesuai..MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 32 Komentar Mungkin sebagian peserta menjawab D. = Konvolusi fungsi pembangkit jumlah total banyaknya cara memenuhi A( x) B( x)C ( x) D( x) = 1 1 1 − x5 1 ⋅ ⋅ ⋅1 + x = . = 1 . jawaban tersebut baru benar ketika urutan pembagian mainan pada ketiga anak itu sudah ditentukan. 2 2 5 1− x 1− x 1− x (1 − x ) .

2). ada satu pasangan yang muncul dua kali. Buktikan bahwa barisan itu periodik. Karena pasangan (0.0) tidak mungkin muncul.3). Hasil ini konsisten berdasarkan contoh diatas untuk n = 6 .(2.3.(3. (1. Pasangan (a.3. Solusi.2.1.1). + − sin10 sin 50 sin 70 1 1 1 + − sin10 sin 50 sin 70 sin 50 sin 70 + sin10 sin 70 − sin10 sin 50 .b) terkecil yang mungkin adalah (1. barisan itu membentuk 100 pasangan. Setiap nilai pada barisan ini ditentukan dari dua nilai sebelumnya (kecuali dua nilai pertama). (1. Misalkan P= Kita akan menghitung pembilang dan penyebutnya masing-masing.1) ⇓---------periode------◊ Jadi panjang maksimum periode yang mungkin adalah 99.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 33 Hampir semuanya dicoret! Dan kita tahu bahwa koefisien x n fungsi pembankit itu adalah n + 1 . = sin10 sin 50 sin 70 Solusi.…. 1.… Banyaknya semua pasangan yang mungkin muncul adalah 100. Berapa panjang maksimum yang mungkin dari periode itu. 5.3.(2.(1. (1.1). Pandang 101 bilangan berurutan dari barisan Fibonacci. 4. (1.(3.8. Fibonacci dalam modulo 10.1. 2 4 4 ) ( ) . sin 50 sin 70 + sin10 sin 70 − sin10 sin 50 1 1 1 = ( cos 20 + cos 60 ) + ( cos 60 − cos80 ) − ( cos 40 − cos 60 2 2 2 1 3 = cos 20 − ( cos80 + cos 40 ) + 2 4 1 3 3 = ( cos 20 − 2 cos 60 cos 20 ) + = .5).3). Untuk pembilang.1).2. Berdasarkan prinsip burung merpati.5. muncul pada suku ke-100.… merupakan barisan fibonacci dalam mod 10.1).b) yang berulang.5). Pasangan pertama terkecil. Hitung 1 1 1 . Sederhana bukan. sehingga barisan itu akan periodik jika ada pasangan (a.….2).1.(1. maka hanya 99 pasangan yang mungkin muncul. Misalkan barisan 1.

maka nilainya pasti k=6. 11. n adalah bilangan asli. menurut prinsip rumah merpati. Maka 5m≡5 (mod 6). dan dua subhimpunan ini tidak beririsan. Jika n=1. Jadi P = 1/ 8 6. Kita bagi dua kasus: i) Asumsikan n adalah bilangan genap. Agar nilainya lebih kecil dari 14. m=1. Maka suatu subhimpunan bisa memiliki jumlah anggota 10. Jadi m adalah bilangan genap. sehingga k memiliki angka terakhir 6. Solusi. Jumlah anggota suatu subhimpunan terbesar yang mungkin adalah 91+92+93+…+99=855. …. Pertama. 7. nilai k adalah 14. sehingga 19n-5m≡4 (mod 6). Baltic Way 1999 Tentukan nilai minimum dari bilangan asli k yang berbentuk k=19n-5m. sedangkan jumlah terkecil yang mungkin adalah 10. Karena himpunan itu terdiri dari 10 anggota. Maka A-C dan B-C tetap memiliki jumlah yang sama. pasti ada dua subhimpunan berbeda yang jumlahnya sama. Tetapi 19n≡1 (mod 6). Misalkan . 19n memiliki angka terakhir 1 dan 5m memiliki angka terakhir 5. Sekarang misalkan dua subhimpunan itu adalah A dan B. anggap m adalah bilangan ganjil. maka banyaknya subhimpunan tidak kosong adalah 210-1=1023. di mana m. Tetapi subhimpunan ini bisa saja beririsan. sehingga terbukti.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 34 Sedangkan untuk penyebutnya. 855. Jadi sekarang kita akan mencari solusi untuk 19n-5m=6. Buktikan bahwa kita selalu bisa memilih dua subhimpunan tak kosong yang tidak beririsan yang jumlah semua anggotanya sama. ada 846 kemungkinan. 12. sedangkan yang diminta di soal tidak beririsan. 8 3/ 4 = 6. dan tidak mungkin nilainya 6. IMO 1972 Kita punya himpunan yang terdiri dari sepuluh bilangan dua digit yang berbeda. Kita akan mencari nilai k yang lebih kecil dari 14. sin10 sin 50 ⋅ sin 70 1 = ( cos 40 − cos 60 ) sin 70 2 1 1 = sin 70 cos 40 − sin 70 2 4 1 1 = ( sin110 + sin 30 ) − sin 70 4 4 1 1 = sin 30 + ( sin110 − sin 70 ) 4 4 1 = . Karena 1023>846. Solusi. dan irisannya adalah C.

Maka ≤ bc . Menurut pertidaksamaan 2 2 4 2 2 b+c AM-GM. Karena b = c . an −1 + 4 an −1 an an + 4 9. b+c Solusi. Tetapi dengan trigonometri. Perhatikan bahwa an = a0 a1a2 an − 4 = a0 a1a2 an 2 − 4an = a0 a1a2 an 2 − 4an + 4 = a0 a1a2 (an − 2) 2 = an +1 an − 2 = an +1 an − an +1 = 2. maka B = C = 450 . f ( n + 1) > f ( n) . sehingga kesamaan harus terjadi. Sudut 2 A = 900 . Solusi. n=2n’. b. Jadi k=(19n’+5m’)(19n’-5m’). ii) Asumsikan n ganjil. 10. Tetapi 19n≡1 (mod 3) dan 5m≡±1 (mod 3). sehingga nilainya tidak mungkin sama dengan 6. Untuk kedua kasus di atas. Jika a0 = 1 dan an +1 = a0 a1 a2 an + 4 . Radius lingkaran luar R dari segitiga dengan sisi a. luasnya = 4R 4 1 1 (b + c) bc 1 b+c bc sin A ≤ bc . padahal 4≡1 (mod 3). sehingga 19n-5m≡0 atau 2 (mod 3). Jadi sudut-sudutnya adalah 900. Tentukan sudut-sudut segitiga itu. n ∈ + : f (2) = 2 . c memenuhi persamaan R= a bc .MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 35 m=2m’. yaitu b = c . . 19n memiliki angka terakhir 9. 450. Jadi nilai k tidak mungkin sama dengan 4. Jadi nilai terkecil k adalah 14. Agar nilainya <14. atau ≤ bc . Tetapi (19n’+5m’)>6. n ≥ 0 . 8. ≥ bc . sehingga untuk semua m. sehingga k memiliki angka terakhir 4. dan sin A = 1 . Kanada 1969 Tentukan semua fungsi f : → f ( mn) = f ( m) f ( n) . buktikan an − an +1 = 2 untuk setiap n ≥ 1. tidak ada nilai yang kurang dari 14. 450. Luas segitiga itu adalah abc (b + c) bc . maka k=4.

Perhatikan ( ) Kemudian bahwa: f 2k = 2k < 2k + 1 < 2k + 1 < ( ) < 2 k +1 − 1 < 2 k +1 = f 2k +1 ( ) Karena f ( x ) adalah fungsi naik. maka f ( x ) = x untuk setiap bilangan asli x . 4a + 1 4b + 1 4c + 1 Solusi. Maka terbukti. c adalah bilangan real positif sehingga 1 1 1 + + = 2 . Perhatikan bahwa f (1× 2) = f (1) f (2) . b. f 2k + 2 . Jika bentuk terakhir ini disederhanakan.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 36 sehingga f (1) = 1 . agar jumlah semua batas menjadi genap. Solusi. Solusi. maka barisan f 2k . f (2n) = f (2) f ( n) = 2 f ( n) . Jepang 2001 Setiap kotak pada papan persegi panjang berukuran m×n diberi warna hitam atau putih. Misalkan “batas” menyatakan banyaknya kotak hitam yang berbatasan dengan suatu kotak hitam. maka banyaknya kotak hitam harus bilangan genap. Karena f (1) = 1 . Tentukan nilai dari f (10) . Masing-masing kotak hitam berbatasan dengan kotak-kotak hitam lainnya sebanyak suatu bilangan ganjil. 11. Jika a. Fungsi f memenuhi f ( x) + f (2 x + y ) + 5 xy = f (3 x − y ) + 2 x 2 + 1 untuk bilangan real x. Ketaksamaan yang akan dibuktikan ekuivalen dengan 1 1 1 1 1 1 + + ≥ + + − 1 . Ini menyebabkan f ( x ) = x untuk setiap 2 k ≤ x ≤ 2 k +1 . buktikan a +1 b +1 c +1 bahwa 1 1 1 + + ≥1. ( ) ( ) ( ) . Karena setiap kotak hitam memiliki batas sebanyak bilangan ganjil. dan totalnya 2. Sekarang kita cukup membuktikan 4a + 1 4b + 1 4c + 1 a + 1 b + 1 c + 1 1 1 1 ≥ − untuk setiap bilangan asli x . y . 12. f 2 k +1 ( ) memiliki nilai berbeda-beda dari 2 k sampai 2k +1 . Buktikan bahwa banyaknya kotak hitam adalah suatu bilangan genap. Tetapi ini berlaku untuk setiap bilangan asli k . Jadi total batas seluruhnya adalah suatu bilangan genap. Maka f 2 k = 2k untuk setiap bilangan asli k. Terbukti. maka batas A dan batas B masing-masing menambah nilai 1. 4x +1 x +1 3 kita mendapat ketaksamaan yang terbukti dengan trivial: (2 x − 1) 2 ≥ 0 . 13. Jika suatu kotak hitam A berbatasan dengan kotak hitam B. sehingga ini berlaku untuk setiap bilangan asli x ≥ 2 . f 2k + 1 .

8 x . misalkan juga sudut di seberang 7x adalah sudut A. z = 1 − c . Jika sudut lainnya adalah B. y = 1 − b. Substitusikan sehingga f (10) = −49 . Solusi. Ketaksamaan yang diminta ekuivalen dengan ( x + y )( y + z )( z + x) ≥ 8 . Misalkan Maka x = 1 − a . y = 5 . 14. 20] Panjang AC sama dengan DB sama dengan jari-jari lingkaran. Sederhanakanlah. 2 sehingga sudut A adalah 600. x = 10. dan a + b + c = 2 . 10. 7 x. atau ( x + y )( y + z )( z + x ) ≥ 8 xyz . b. c = 2 − a − b = x + y . 27] Persamaan menjadi benar jika kita tambahkan titik dibawah satu terakhir. a = 2−b−c = y+ z . yang terbukti dengan AMxyz GM. buktikan bahwa a b c ⋅ ⋅ ≥ 8. (71-1)(71+1) = 7! . 15. maka sudut-sudutnya membentuk barisan aritmetika dengan suku pertama B dan selisih 60-B. terbukti.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 37 Solusi. Jika panjang sisi-sisi pada suatu segitiga memiliki perbandingan 3:7:8. kita dapat sisi 1 (7 x) 2 = (3x) 2 + (8 x) 2 − 2(3 x)(8 x) cos A . Maka f (10) + f (25) + 250 = f (25) + 200 + 1 . Solusi Sekilas Logika [hal. c adalah bilangan real antara 0 dan 1. Jika a. sehingga didapat cos A = . Misalkan panjang sisi-sisinya adalah 3 x. b = 2 − a − c = x + z . Dengan hukum kosinus. [hal. maka buktikanlah bahwa sudut-sudutnya membentuk barisan aritmetika. 1− a 1− b 1− c Solusi. sudut satu lagi adalah 120-B.

siswa.konvoi.com/read/xml/2008/06/14/18194353/konvoi. Bagi yang belum lulus masih ada ujian kejar paket C yang setara dengan Unas SMA pada tanggal 24 Juni 2008.cucu.kompas.warnai. Sehingga turunnya tingkat kelulusan diimbangin dengan meningkatnya kualitas kelulusan.kelul usan http://www. Berdasarkan hasil UNAS 2008 yang diumumkan pada 14 Juni 2008 WIB didapat bahwa presentase kelulusan UNAS tahun ini secara umum munurun dari tahun lalu dari segi kuantitas.kompas. Bahkan di Malang seorang kakek diduga meninggal setelah mendengar berita bahwa kedua cucunya tidak lulus yang memicu penyakit sesak nafasnya.tak. sedangkan nilai terendah 4. Ini tentu saja kabar baik baik pendidikan di Indonesia secara umum.macet.com/read/xml/2008/06/16/1151530/surabaya.kompas.warnai. Hal ini dapat terjadi karena syarat kelulusan tahun ini dinaikkan dari tahun sebelumnya baik dari standar nilai sampai banyaknya mata pelajaran yang diujikan. Tidak segan-segan polisi menindak siswa yang kedapatan melanggar aturan lalu-lintas disamping aturan standar lainnya. serta mata pelajaran yang diujiakan menjadi enam dari tahun lalu yang hanya mengujikan 3 mata pelajaran.25 dari 4. Di lain pihak. Hasil tersebut memberikan efek yang memukul bagi orang-orang yang berhubungan secara langsung dengan siswa peserta UNAS selain si siswa sendiri.com/read/xml/2008/06/16/06535314/dua.kompas. angka kelulusan dinaikkan menjadi 5 dari 4..kendaraan.tegal http://www. Pada ujian 2008.. Kebanyakan segera melalukan konvoi kendaraan dan corat-coret baju dengan alasan kendang-kenangan teman.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 38 Berita Hasil UNas 2008 Selamat pada siswa yang lulus UNAS 2008.pengumuman. Sebagai contoh Dinas Pendidikan Lampung memastikan bahwa tingkat kelulusan siswa SMA/MA/SMK yang ikut UNAS 2008 turun sampai satu persen.ratusan. siswa yang lulus merayakan kelulusannya dengan berbagai cara.un.un.tewas. Pertama tentu saja harus yakin bahwa .com/read/xml/2008/06/14/18194353/konvoi.mendadak Aturan Pelaksanaan SNMPTN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang disingkat SNMPTN merupakan penganti SPMB dengan aturan yang serupa.kelulusa n.un.kelulusa n.di. Referensi http://www.rayakan. sedangkan bagi yang sudah lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi SNMPTN sudah di depan mata. Bagi kamu yang akan mengikuti SNMPTN 2008 aturan pelaksanaan harus sangat diperhatikan demi kesusuksesan pelaksanaan mulai dari pendaftaran sampai waktu ujiannya sendiri.pengumuman.di.kendaraan. sedangkan kota Tegal tingkat kelulusannya menurun sampai enam persen.tegal http://www.samuan.lulus.

Bagi peserta ujian yang memilih kelompok IPC biaya mengikuti ujian Rp 175. Formulir Pendaftaran yang telah diisi dengan benar. dapat diwakilkan dan harus dibayar tunai. Urutan pilihan Program Studi merupakan prioritas pemilihan. 2... 5. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di wilayah mana saja. Setiap peserta ujian kelompok IPS dapat memilih paling banyak 2 (dua) program studi kelompok IPS. Sedangkan aturan pelaksanaan antara lain adalah sebagai berikut. 8.000. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih. Uang yang telah disetorkan ke bank tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.(seratus lima puluh ribu rupiah). 1. Setiap peserta ujian kelompok IPC dapat memilih paling banyak 3 (tiga) dengan catatan sediktinya 1 (satu) program studi kelompok IPA dan 1 (satu) program studi kelompok IPS. Peserta yang hanya memilih 1 (satu) program studi saja diperbolehkan memilih program studi dari PTN di wilayah mana saja.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 39 seleksi PTN pilihanmu adalah SNMPTN.(seratus tujuh puluh lima ribu rupiah). Program Studi dan Jumlah Pilihan 1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Kelompok IPA dan Kelompok IPS. Pembayaran dapat dilakukan melalui cabang Bank Mandiri manapun.000. Setiap peserta ujian kelompok IPA dapat memilih paling banyak 2 (dua) program studi kelompok IPA. 6. 2. Biaya Ujian 1. 4. dimulai tanggal 16 Juni dan berakhir 27 Juni 2008. Daftar kode program studi dari berbagai PTN dapat dilihat pada lampiran 4. Bagi peserta ujian yang memilih kelompok IPA saja atau kelompok IPS saja biaya mengikuti ujian Rp 150. 2. Tata Cara Pengembalian Formulir Pendaftaran 1. teliti dan lengkap harus dikembalikan ke Panitia Lokal penyelenggara ujian pada waktu dan tanggal yang . 3. Tata Cara Memperoleh Formulir Pendaftaran Pembayaran biaya mengikuti ujian dilakukan pada semua Bank Mandiri. 7. salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengambil formulir pendaftaran. 3. Bukti pembayaran asli dari bank ditukarkan dengan Formulir Pendaftaran dan buku panduan peserta SNMPTN 2008 di Panitia Lokal penyelenggara ujian.

Pengembalian Formulir Pendaftaran dilaksanakan antara tanggal 16 Juni sampai dengan tanggal 28 Juni 2008 pada pukul 08.00-13.30 Tes Kemampuan Kuantitatif dan Kemampuan Bahasa Kamis 07. Pengembalian Formulir Pendaftaran harus dilakukan oleh peserta sendiri dan tidak boleh diwakilkan.30-08. untuk lulusan tahun 2008 dapat menggunakan Surat Tanda Lulus (STL) dan pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar Jadwal Ujian Ujian diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada : Hari dan tanggal WIB WITA WIT Kegiatan Rabu 07. Situs ini juga akan secara resmi mengumumkan hasil ujian mulai pukul 00.30 Tes Kemampuan IPS Aturan pelaksanaan SNMPTN secara lengkap dapat diperoleh dari situs resminya.00 11.00 Istirahat 11.00-13.30-09. yaitu http://www.00 – 16.00-11.00 09. 3.30-10.00-11.00-12.00 08.00-12.00 12.snmptn.30 13.00.00-12.00 09.30-11.30-12. 4. .ac. 2.MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 40 telah ditetapkan. Apabila anda terlambat maka pendaftaran akan ditunda pada hari berikutnya.00-10.00-14. Dokumen yang harus dibawa adalah Ijazah / STTB asli beserta fotokopinya bagi lulusan tahun 2006 dan 2007.00 Pengisian data pribadi peserta 2 Juli 2008 08.00 Tes Kemampuan IPA 3 Juli 2008 10.30 09.30-10.id.30 12.30 10.00 tanggal 1 Agustus 2008.00 08.

MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 41 Iklan Simpan Iklan Di Sini Simpan Iklan Di Sini Simpan Iklan Di Sini .

MAJALAH Zer0 EDISI 01 | JULI 2008 42 Daftar Isi MENJELANG SNMPTN PERSAMAAN DAN FUNGSI LIMIT CHEAT SHEET TIPS MASALAH JOSEPHUS IDENTIFIKASI MASALAH BILANGAN BINER PENJUMLAHAN PANGKAT DARI DUA KOMPUTASI OSN MATEMATIKA SMP 2007 MASALAH SOLUSI ARGUMENTASI YANG KELIRU MASALAH & SOLUSI MASALAH SOLUSI BERITA HASIL UNAS 2008 ATURAN PELAKSANAAN SNMPTN 4 4 8 14 15 15 17 18 19 21 21 23 28 30 30 31 38 38 38 .