Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi dan Modernisasi 21 Mei 2009 Dampak Positif a.

Perubahan Tata Nilai dan Sikap Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap

masyarakat yang semua irasional menjadi rasional. b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif Dampak negatif modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut. a. Pola Hidup Konsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. b. Sikap Individualistik Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkanorang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. c. Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeserbudaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain. 1

2. 2 . karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. ideologi.nilai nasionalisme 1.nilai nasionalisme terhadap bangsa. Dampak Globalisasi terhadap Nasionalisme Munculnya globalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasukIndonesia. sosial budaya dan lain. Dilihat dari globalisasi politik. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa. Coca Cola. Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai. Kesenjangan Sosial Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arusmodernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis.nilai nasionalisme 1. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.dll. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia. Dari aspek globalisasi ekonomi.lain akan berdampak kepada nilai. jika pemerintahan djalankan secara jujur. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial. Dampak globalisasi tersebut meliputi dampak positif dan dampak negatif di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik.d. hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat. Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai.) membanjiri di Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Pizza Hut. 3. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang 2. ekonomi. bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. terbukanya pasar internasional. Dari globalisasi aspek ekonomi. 3.

Dampak negatifnya sebagai berikut. 4. dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga.4. Dampak Globalisasi Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu. dan dibutuhkan oleh pasar dunia. terkait. kreatif. Apa yang di luar negeri dianggap baik memberi aspirasi kepada masyarakat kita untuk diterapkan di negara kita. Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. dengan catatan produk ekspor Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. dan antarnegara saling berinteraksi. antarkelompok. Dampak positif globalisasi antara lain: 1. Dampak negatif globalisasi bagi kegiatan ekonomi di Indonesia terutama bersumber dari ketidaksiapan ekonomi Indonesia dalam persaingan yang semakin bebas. Bila tidak dipenuhi akan dianggap tidak aspiratif dan dapat bertindak anarkis sehingga mengganggu stabilitas nasional. Globalisasi ekonomi membawa dampak positif maupun negatif. Akan tetapi secara keseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadap bangsa menjadi berkurang atau hilang.pengaruh di atas memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap nasionalisme. misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. bergantung. 1. Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor. Sebab globalisasi mampu membuka cakrawala masyarakat secara global. Apabila investasinya bersifat langsung. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia. Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata. Hal ini membuka kesempatan bagi pengusaha di Indonesia untuk melahirkan produk-produk berkualitas. ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia. sehingga membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia. 2. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa. Kemungkinan hilangnya pasar produk ekspor Indonesia karena kalah bersaing dengan produksi 3 . karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. 3. Dengan adanya individualisme maka orangtidak akan peduli dengan kehidupan bangsa. 5. Pengaruh. Bila dipenuhi belum tentu sesuai di Indonesia. Jika terjadi maka akan menimbulkan dilematis. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin.

ancaman produk batik Cina yang lebih murah bagi industri batik di tanah air. Timbulnya gelombang demokratisasi ( dambaan akan kebebasan ). Dampak Globalisasi dalam bidang Politik Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan. Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi ) 4. Lapangan kerja di Indonesia yang sudah sempit jadi semakin sempit. Munculnya lembaga-lembaga ekonomi dunia seperti Bank Dunia. globalisasi bisa berdampak positif atau negatif tergantung kesiapan kita menghadapinya. Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional. 2. 2. Membanjirnya produk impor di pasaran Indonesia sehingga mematikan usaha-usaha di Indonesia.negara lain yang lebih murah dan berkualitas. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan 2. Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli usaha dan kekuasaan politik pada segelintir orang. Dana Moneter Internasional. Kesimpulannya. Investasi yang sudah ditanam di Indonesia bisa dengan mudah ditarik atau dicabut jika dirasa tidak lagi menguntungkan. Dampak dlm bidang Ekonomi 1. WTO. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri 6. 4. Dampak Globalisasi dalam bidang Sosial Budaya : Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD/ VCD atau DVD. Mudah memenuhi kebutuhan 4 . Dampak positif Globalisasi : 1. Misalnya produk pertanian kita kalah jauh dari Thailand. 3. Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi. Ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi. 3. Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara-negara kaya dengan negara-negara miskin. Mudah melakukan komunikasi 3. Ancaman masuknya tenaga kerja asing (ekspatriat) di Indonesia yang lebih profesional SDMnya. Hal ini bisa memengaruhi kestabilan ekonomi. Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran 5. Misalnya. antara lain : Globalisasi dan liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi.

Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat. Membuat sikap menutup diri. Dilihat dari globalisasi politik. Informasi yang tidak tersaring 2. meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara.nilai nasionalisme 1. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat Munculnya globalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. 2. sosial budaya dan lain.nilai nasionalisme terhadap bangsa. ekonomi. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa. Coca Cola. Dampak globalisasi tersebut meliputi dampak positif dan dampak negatif di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik. terbukanya pasar internasional.Dampak negatif Globalisasi: 1. Dari globalisasi aspek ekonomi. pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Pizza Hut. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia. Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa. • Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai. 5 .dll. jika pemerintahan djalankan secara jujur. ideologi. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia. 3. berpikir sempit 4. Perilaku konsumtif 3.nilai nasionalisme 1. 3. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang 2.lain akan berdampak kepada nilai. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk 5. bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat.) membanjiri di Indonesia. hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald. Dari aspek globalisasi ekonomi.

Hal itu berakibat pada perubahan pola hidup. masyarakat dapat menolak unsur-unsur yang akan membawa perubahan. Tapi sekarang kita tidak perlu kemana-mana. pola pikir. 6 . Setiap kali terjadi gangguan keseimbangan. Adapun dampak negatifnya adalah bahwa generasi muda yang tidak siap akan adanya informasi dengan sumber daya yang rendah hanya akan meniru hal-hal yang tidak baik seperti adanya bentuk-bentuk kekerasan. tawuran. dan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma kebudayaan bangsa Indonesia. Pada era globalisasi ini menuntut manusia yang kreatif dan produktif. Akan tetapi dengan adanya arus globalisasi kadang-kadang tidak disertai penyaringan. Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi adalah mampu memacu produktivitas dan inovasi para pelaku ekonomi agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk-produk yang lain. tetapi sekarang dengan adanya pesawat telepon kita tidak perlu bertemu langsung cukup berbicara melalui telepon saja. Sehingga tidak mampu memenuhi tuntutan zaman karena sudah terbiasa menerima teknologi dan hanya mampu membeli tanpa membuatnya. Sedangkan dampak negatifnya adalah mampu menimbulkan sifat konsumerisme di kalangan generasi muda. Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Dampak positif globalisasi di bidang sosial adalah para generasi muda mampu mendapatkan saranasarana yang memungkinkan mereka memperoleh informasi dan berhubungan dengan lebih efisien dengan jangkauan yang lebih luas. dan lainlain.Dampak Globalisasi terhadap sosial budaya Keadaaan keseimbangan dalam masyarakat merupakan keadaan yang diidam-idamkan oleh setiap masyarakat. Semua informasi diterima apa adanya. Dalam keadaan yang demikian. sebab tidak ada pertentangan-pertentangan dalam norma-norma dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat. individu-individu secara psikologis merasakan adanya suatu ketentraman. B. kita cukup melihat di televisi. dahulu apabila kita akan menonton siaran sepak bola kita harus ke negara yang mengadakan pertandingan. Dengan adanya fasilitas yang canggih membuat seseorang enggan untuk berhubungan dengan orang lain sehingga rasa kebersamaan banyak berkurang. melukis di tembok-tembok. Penolakan ini disebabkan masyarakat takut terjadi goyahnya keseimbangan sistem yang berarti dapat muncul ketidaktentraman. Manfaat globalisasi di antaranya adalah informasi yang dapat diperoleh secara mudah. 1. cepat. dan lengkap dari seluruh dunia sehingga pengetahuan dan wawasan manusia menjadi lebih luas. Dampak Globalisasi Adanya globalisasi mampu membuat dunia tampak sempit. Ketika akan menghubungi seseorang kita harus bertemu dengan orang tersebut. 2. Adanya globalisasi membawa manfaat bagi umat manusia tetapi ada juga dampak buruknya.

serta tingkat efisiensi dan kompetisi yang tinggi di berbagai bidang kehidupan. Dalam era globalisasi ini tidak dapat menghindar dari arus derasnya kompleksitas perubahan (Inovasi) sebagai akibat canggihnya teknologi informasi. Politik Penyebaran nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung dalam bentuk unjuk rasa. koperasi semakin sulit berkembang. masyarakat mufakat dan gotong royong. telekomunikasi dan transportasi. Dampak Globalisasi di Bidang Budaya Segi budaya merupakan segi yang paling rentan terkena dampak negatifnya. Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang. dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya sudah semakin ditinggalkan. tatanan ekonomi dunia yang mengarah pada pasar bebas. oposisi. antene parabola. kelompok.3. Semakin lunturnya semangat gotong 7 . 2. media televisi. Ekonomi Berlakunya the survival oe the fittest sehingga siapa yang memiliki modal yang besar akan semakin kuat dan yang lemah tersingkir. maupun media cetak yang kadang-kadang ditiru habis-habisan. Bentuk informasi dan sarana yang dapat diterima dengan bebas mampu memengaruhi pola bertindak dan berpikir generasi muda. Sebagai contoh. Seperti hal nya bangsa-bangsa lain. Pemerintah hanya sebagai regulasi dalam pengaturan ekonomi yang mekanismenya akan ditentukan oleh pasar. Berapa indikator pengaruh negatif maupun positif globalisasi yang melanda bangsa dan negara indonesia antara lain dapat dilihat pada matrik berikut ini : Indikator Perubahan/Dampak Globalisasi 1. diktator mayoritas atau tirani minoritas. menurunnya budaya membaca di kalangan pelajar. Sosial dan Budaya Mudahnya nilai-nilai barat yang masuk baik milalui internet. Semakin menguatnya nilai-nilai politik berdasarkan semangat individual. PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA INDONESIA Bangsa indonesia. Semakin lunturnya nilai-nilai politik yang berdasarkan semangat kekeluargaan. demonstrasi yang semakin berani dan terkadang ”mengabaikan kepentingan umum” dengan cara membuat kerusuhan dan anarkis. mereka lebih suka melihat televisi yang memperlihatkan tontonan yang mengandung unsur kekerasan yang kemudian mereka tiru. 3.

berbangsa. dan hakim) yang lebih profesional. 8 . cepat. Ledakan Informasi Kemajuan iptek dan arus komunikasi global yang makin canggih. dan bernegara karna dianggap tidak ada hubungannya (sekularisme). Laju pertumbuhan dan akumulasi pengetahuan serta informasi meningkat sangat cepat secara tajam (eksponensial) 5. kepedulian. jaksa. Pertahanan dan Keamanan Semakin menguatnya supremasi hukum. Semakin memudarnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat. Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat. transparan dan akuntabel. dan berkapasitas tinggi. 4. solidaritas. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum (polisi. dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia. demokratisasi. dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu hanya ditangani oleh segelintir orang. Hukum.royong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful