Artikel Tahun Baru Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu

tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia. Bagi sebagian orang, pergantian tahun merupakan saat yang dinanti-nanti, namun bagi sebagian lagi masih diliputi tanda tanya bagaimana kondisi tahun depan. Setiap pergantian tahun, selalu diikuti dengan refleksi dan resolusi baru. Luangkan waktu untuk melihat kembali apa yang sudah kita raih dalam satu tahun ini. HIDUPKAN IMPIAN BARU Memasuki tahun baru, sebaiknya segera menetapkan impian baru. Apakah itu menghidupkan kembali impian lama yang belum terwujud atau benarbenar menetapkan impian baru yang hendak diraih di tahun 2009. Mulailah menetapkan impian. Menghidupkan impian akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Karena memiliki impian akan memberi motivasi bagi kita untuk bertindak mewujudkannya. Memiliki impian dapat menjadi arah bagi kita untuk melangkah kedepan. Bahkan menghidupkan impian seperti membangkitkan energi dari dalam diri, dapat menjadi pendorong bagi kita untuk memperkuat diri dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan.Memiliki impian dapat memberi kita dorongan untuk hidup lebih terencana, hidup lebih efisien guna merealisasikan mimpi kita. Mimpi dapat menjadi pendorong seseorang untuk melakukan tindakan yang terarah demi merealisasikan impian.Dengan impian akan menghidupkan harapan. Dengan harapan akan melahirkan tindakan. RENCANA DAN TINDAKAN Setelah memiliki impian, langkah berikutnya yang sangat penting adalah memvisualisasikan impian tersebut menjadi sebuah tujuan yang jelas dan rinci. Kemudian mulailah menyusun rencana dan strategi untuk melakukan tindakan-tindakan dalam merealisasikan impian tersebut. Dengan demikian memiliki kejelasan impian sangatlah penting dalam membantu memudahkan menyusun rencana rinci dan tindakan yang diperlukan.Ingatlah bahwa impian tanpa rencana dan tindakan hanyalah sekedar impian. Ketika sudah menetapkan impian, menyusun rencana, berusahalah dalam tindakan selalu fokus pada impian dan rencana kita. Dengan fokus akan menjadi lebih bersemangat, lebih terarah dan melahirkan kreativitas untuk mencari berbagai cara baru dalam merealisasikannya.

Arahkan hati dan pikiran kita tentang indahnya meraih kesuksesan dalam merealisasikan impian kita.Kalau hal itu dilakukan secara konsisten dan terarah. kita akan menikmati hasilnya di tahun mendatang. .

bahkan mereka sebagian besar tak hafal nama-nama bulan Hijriah tersebut. tapi hari Jum’at dan (mungkin) Sabtu. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal. pendidikan terakhir Faculty of Agriculture and Forestry. Pada bulan Ramadhan umat Islam yang sudah baligh (dewasa) wajib berpuasa. yang dipakai sebagai penanggalan resmi adalah Tahun Hijriah.biomagwolrd.com/?id=rudinis dan kalung/ gelang biomagnet http://www. yang tahun ini bertepatan dengan 7 Desember 2010. Tahun Baru Hijrah adalah 1 Muharam 1432. sehingga tanggal gajian juga disesuaikan dengan tanggal tersebut. Indonesia menggunakan Tahun Masehi.com 0815 910 5151 Makna Tahun Baru Hijriah bagi Seorang Muslim dan Bagaimana Menyambutnya:Bagian I OPINI Bakaruddin Is | 04 December 2010 | 23:30 1131 26 2 dari 4 Kompasianer menilai Aktual. Seorang Muslim boleh tidak berpuasa bila ada . Begitu juga hari libur.Saya pensiunan PNS di Departemen Pertanian. hari libur akhir pekan pada sabtu dan Minggu. Saat ini giat dalam kegiatan Dakwah dan Tabligh serta menjalankan bisnis Air Oxy http://www. sebagaimana yang lazim di Indonesia. 12 dan 13 Zulhijah serta Tahun Baru Hijriah 1 Muharam. Tidak lain karena Indonesia bukanlah Negara Islam. Padahal bagi seorang Muslim sangat penting mengetahui tanggal dan bulan Hijriah.my-oxy. Di Negara-negara Islam seperti Arab Saudi. Mengapa umat Islam di Indonesia banyak yang lupa atau tidak tahun tanggal. Saat penulis berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan Ibadah Haji yang kebetulan bertepatan dengan pergantian tahun baru dari 31 Desember 2003 ke 1 Januari 2004. dan haram hukum nya bila tidak puasa. Jadi yang didingat hanya tanggal dan bulan Masehi. Univesity of Melbourne. tidak terlihat samasekali baliho-baliho atau spanduk ucapan Selamat Tahun Baru 2004. Wukuf di Arafah saat Ibadah Haji tanggal 9 Zulhijah. Begitu juga. bulan dan tahun Hijriah?. Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban pada tanggal 10 Zulhijah. termasuk dosa besar. dan Hari Tasyrik tanggal 11. Walaupun lebih dari 80 persen penduduk Indonesia yang berjunlah lebih 230 juta jiwa adalah Muslim. baik di Madinah maupun Mekah. bukan Sabtu dan Minggu. sehingga tanggal gajian seorang pegawai negeri sipil (PNS) misalnya adalah pada setiap tanggal 1 Masehi atau tanggal 25 bagi karyawan Swasta. karena berhubungan dengan pelaksanaan ibadah. (Tolong teman-teman Kompasianer yang tinggal di Arab untuk mengoreksinya bila salah). tapi hanya sebagian kecil yang tahu persis kapan tahun baru Islam . Ibadah-ibadah tersebut antara lain puasa atau saum yang dilaksanakan satu bulan penuh (29 atau 30 hari) pada bulan Ramadhan. Australia. walaupun penduduknya mayoritas Muslim.

penentuan hari-hari Islam ditentukan oleh Mukti (seperti MUI). bahwa nama nama bulan Hijriah adalah Muharam. Jadi sangat jelas penting bagi seorang Muslim/ Muslimah mengetahui persis tahun Hijriah. karena Negara tidak dapat mencampuri urusan keyakinan. tapi tahun saat beliau hijrah (pindah) atau mengungsi dari Kota Mekah ke Madinah. terdapat perbedaan antara satu Negara dengan Negara lainnya. Sebaliknya umat Islam dilarang (haram hukumnya) berpuasa pada hari-hari Raya Idul Fitri (1 Syawal) dan Idul Adha dan hari-hari Tasrik atau tanggal 10-13 Zulhijah. terkadang terdapat perbedaan tanggal 1 Ramadhan. Peristiwa Hijrah dan Perkembangan Islam Sekedar mengingatkan. Ini bisa terjadi karena begitu demokratisnya Indonesia. karena mau dibunuh oleh orang-orang kafir Quraish saat itu. misalnya sakit berat. Ramadhan. Jumadil Akhir. atau wanita yang sedang mengandung atau menyusui. bahkan dalam satu Negara seperti Indonesia. . tapi harus bayar fidiyah (pengganti). Rajab.uzur atau halangan. Rabi’ul Awal. baik berpuasa di bulan lain atau dibayar dengan memberi makan orang miskin. Safar. dan Zulhijah. Itulah sebabnya sering tanggal 1 Ramadhan saat dimulai bulan puasa. Tanggal 1 Bulan Hijiriah Penentuan tanggal 1 pada bulan Hijriah ditandai dengan terbitnya hilal atau tampak bulan sabit pada saat terbenamnya matahari dengan derajat ketinggian tertentu. sedang musafir. Sekedar mengingatkan bagi yang lupa. Syawal. sehingga tidak ada perbedaan hari Raya di seluruh Malaysia. bukan dimulai dari tahun lahirnya Nabi Muhammad SAW. Zulakedah. Sa’ban. Hilal. Jumadil Awal. dimana Pemerintah dan semua rakyat Malaysia tunduk danmematuhinya. yang berakibat berbeda juga saat lebaran. Rabi’ul Akhir. bahwa Tahun Hijriah atau Tahun Baru Islam. Berbeda dengan Malaysia misalnya.

beliau meninggalkan kota kelahiranya Mekah. Akhirnya. penuh kasih sayang. Selama kurun waktu 12 tahun sejak Nabi diutus. Rasulullah diperintahkan Allah SWT untuk pindah (hijrah). kaum Muhajirin dan Anshar. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu” (Al-Hujurat ayat 13) . Nabi dan para sahabat Muhajirin mendapat sambutan hangat oleh kaum Anshar (penduduk asli Madinah). yang dibangun Rasulullah SAW di Madinah merupakan contoh masyarakat ideal yang patut ditiru. dakwah Rasulullah tidak mendapat sambutan menggembirakan. Karena itu. Dalam kurun waktu relatif singkat. masyarakat Muslim.“Hai manusia. Karena itu. berhijrah ke kota Madinah. Mekah. yaitu Abu Lahab. Karena itu tidak mengherankan jika peristiwa hijrah merupakan titik awal bagi perkembangan Islam dan bagi pembentukan masyarakat Muslim yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW. pelecehan. yang kemudian dikenal dengan Tahun Baru Hijriah. Arab Saudi Berbicara tentang perkembangan Islam. Agama Islam pun mengalami perkembangan amat pesat. Menurut para pakar sejarah. tentu tidak bisa lepas dari peristiwa hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah. tidak mengherankan jika Khalifah Umar bin Chatab menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal perhitungan tahun baru Islam. supaya kalian saling mengenal. bahkan sebaliknya banyak menghadapi terror. hinaan. Dakwah Nabi di Makkah pada saat itu banyak mengalami rintangan berupa tantangan dan ancaman dari kaum musyrikin dan kafir Quraisy. hanya sekitar 8 tahun. Di Madinah. Allah berfirman.Masjidil Haram. dan ancaman dari kaum musyrikin dan kafir Quraisy yang dikomandani oleh paman Nabi sendiri. saling bahu-membahu dan lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan peribadi. sesungguhnya kami menciptakan kalian dari seorang lelaki dan seorang perempuan dan menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. suara Islam mulai bergema ke seluruh penjuru dunia dan Islam pun berkembang meluas ke seluruh pelosok permukaan bumi.

sehingga tidak sedikit yang menempuh jalan pintas.Umat manusia kadang-kadang terjebak kepada sesuatu yang bersifat jangka pendek. karena hijrah merupakan tonggak kebangkitan Islam yang semula diliputi suasana dan situasi yang tidak kondusif di Mekah menuju suasana yang prospektif di Madinah.a. meski harus meninggalkan tanah kelahiran. Manusia sering tergesa-gesa dan ingin cepat berhasil apa yang diinginkannya. Dalam konteks sekarang ini. Madinah. bahkan beliau telah membina hubungan baik dengan beberapa kelompok Yahudi yang hidup di Madinah dan sekitarnya pada waktu itu.w.a. dan hijrah daru halhal yang baik ke yang lebih baik lagi. dan para sahabatnya telah melawan rasa sedih dan takut dengan berhijrah. Arab Saudi Kedua: Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa opimisme yang tinggi.w. Hidup di dunia adalah sebagai jalan untuk menuju kehidupan Akhirat. Ketiga: Hijrah mengandung semangat persaudaraan. Mesjid Nabawi. sanak saudara dan harta benda mereka. Islam menekankan bahwa hidup ini adalah perjuangan dan dalam berjuang pasti banyak tantangan dan rintangan. termasuk korupsi misalnya. dan melupakan yang bersifat jangka panjang bahkan yang abadi selama-lamanya. Rasulullah s. dan kaum . seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW pada saat beliau mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar. pemaknaan hijrah tentu bukan selalu harus identik dengan meninggalkan kampung halaman seperti yang dilakukan oleh Rasulullah s. Hikmah dari Peristiwa Hijrah Nabi Beberapa hikmah yang dapat dipetik dari Hijrahnya Nabi dan para sahabat dari Mekah ke Madinah saat itu adalah: Pertama: perisitwa hijrah Rasululah dan para sahabatnya dari Mekah ke Madinah merupakan tonggak sejarah yang monumental dan memiliki mkjna yang sangat berarti bagi setiap Muslim. yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik.

karena hijrah dalam arti seperti ini tidak akan pernah berhenti. Kalau Tahun Masehi. Sehingga tidak heran kalau ada saatnya dimana tahun baru Islam (1 Muharam) hampir bersamaan dengan Tahun Baru Masehi (1 Januari). tetapi di saat terbenamnya matahari atau munculnya bulan. sehingga suatu saat bulan Ramadhan bersamaan dengan bulan Juni.saya baru saja mengunjungi kaum yang berpendapat bahwa hijrah telah telah berakhir”. tapi di Negara-negara yang mengalami empat musim seperti di Eropa dan . hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal pada tahun 2010 jatuh pada tanggal 10 September. Merupakan Bukti Maha Adilnya Allah Berbeda dengan tahun Masehi. Berbeda dengan Indonesia dan Negara-negara tropis. dan taubat itu tidak ada hentinya sehingga matahari terbit darisebelah barat”. Mesjid Baiturahman. Rasulullah bersabda: ”Sesungguhnya hijrah itu tidak ada hentinya. Dengan perbedaan antara bulan Hijriah dengan bulan Masehi itu. Itulah sebabanya Tahun Masehi (dari Isa Al Masih) dalam Islam disebut Tahun Syamsyiah (matahari). maka bulan Ramadhan atau bulan Puasa setiap tahun bergeser sekitar 10-12 hari setiap tahun Masehi. tetapi pemaknaan hijrah lebih kepada nilai-nilai dan semangat berhijrah itu sendiri. Dalam sebuah riwayat dikisahkan. terdapat selisih sekitar 10-12 hari setiap tahun. tapi pada tahun 2009. sehingga terhentinya taubat. permulaan hari atau pergantian hari bukan di pagi hari atau jam 00. hampir tidak ada perbedaan lamanya berpuasa untuk sepanjang tahun.NAD Itulah sebabnya. ada pergeseran kegiatan keagamaan Islam pada tahun Masehi. kecuali Februari yang 28 atau 29 hari. ada seorang yang mendatangi Rasulullha dan berkata: “Wahai Rasulullah.01.Muhajirin. yaitu bulan Januari s/d Desember berpuasa sekitar 14 jam (jam 4 pagi sampai 18. dan ada saatnya tahun kemudian puasa dilaksanakan bulan Desember.00). Sebagai contoh. sedangkan Tahun Hijriah atau Tahun Islam disebut juga Tahun Qomariah (bulan). Idul Fitri bersamaan dengan 22 September. tetapi bulan Hijriah terdiri dari 29 dan 30 hari. setiap bulan terdiri dari 30 hari atau 31 hari. Banda Aceh.

Sedangkan pada bulan Maret dan September dimana matahari persis ada di Khatulistiwa. Keadaan sebaliknya yang dialami oleh penduduk di belahan Bumi Bagian Selatan seperti Australia dan Selandia Baru. sehingga penentuna bulan puasa berdasarkan Tahun Hijriah. Karena bulan Juni adalah Musim Dingin (Winter). mulai jan 02 dinihari (Imsyak) sampai jam 22. misalnya bulan Juni.00 sore. kasihan umat Muslim di bagaian Utara yang harus puasa sampai 18-20 jam dengan temparatur sangat panas di atas 50 derajat C. dan sebaliknya yang di belahan Selatan lebih lama (berbanding terbalik). setiap tahun seperti itu. Seandainya. Disitulah salah satu bukti betapa adilnya Allah. kaum Muslimin di belahan Utara dan Selatan berpuasa dengan jumlah jam yang sama. dan orang di belahan Selatan puasanya sangat singkat. fluktuasi lamanya berpuasa setiap tahun hampir tidak berbeda banyak. karena matahari baru terbenam. bulan Ramadhan ditetapkan berdasarkan bulan Masehi. di daerah dekat Equator (Khatulsitiwa) seperti Indonesia.Amerike Serikat dan Kanada. sehingga mereka hanya berpuasa sekitar 10 jam saja. bukan Tahun Masehi. Untungnya Tuhan Maha Adil. juga Australia dan Selandia Baru. Selamat Tahun Baru Hijriah Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini Amin .00 malam baru berbuka. lamanya berpuasa sangat bervariasi. maka umat islam yang tinggal di belahan bumi Bagian Utara berpuasa lebih singkat. Malysia dan Negara-negara Arab dimana umat Islam terbesar ada di sana atau daerah Sub Tropis. maka waktu Imsyak sekitar jam 6. Sebagai contoh bila bulan puasa bertepatan dengan bulan Juni atau Musim Panas di Eropa. maka penduduk yang tinggal di belahan bumi Bagian Utara akan berpuasa sampai 18-20 jam.00 pagi dan waktu Magrib sekitar jam 16. Allahu Akbar. sekitar 12 jam. Kan sangat tidak adil?. Keadaan sebaliknya terjadi bila bulan Desember.

semua merayakannya. Apa makna tahun baru? Kenapa banyak orang bahkan sebagian besar bergembira. Agar kita benar-benar bisa menghayati makna tahun baru ini dan memperbaiki serta menyempurnakan apa yang telah kita lakukan. . He he he. jika apa yang terjadi di tahun 2010 masih terjadi juga di tahun 2011 ini. Nanti malah membuat kita menjadi penakut dan tidak optimis menghadapi hidup.Tahun 2010 telah berlalu. Ada koruptor yang masih dengan enaknya melenggang seakan tidak punya beban. Padahal pergantian tahun berarti semakin tuanya umur manusia dan semakin tuanya umur bumi dan alam semesta ini. Makna tahun baru bagi sebagian orang ( mungkin ) adalah adanya perubahan. Jangan membuat blog ini sebagai Tuhan ya. Dan ada banyak hal yang membuat orang membuat Tuhan Tuhan baru dalam diri mereka. Yuk kita tinggalkan tahun 2010 dengan penuh optimisme untuk menyongsong tahun yang lebih baik. Ya kiamat. Jika kita belum bisa memahami apa makna tahun baru. kekurangan dan kekeliruan di tahun 2010. Blogger juga begitu. Yang terpenting adalah Tahun Baru tidak membuat Tuhan Baru. jika keteledoran masih tetap kita lakukan. Monoton di dalam aktivitas hidup kadang membuat kita bosan dan akhirnya mematikan semangat di dalam beraktivitas sehari-hari. bersuka ria dengan datangnya tahun baru? Apa yang membuat mereka begitu bahagianya dengan tibanya pergantian tahun? Tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh negara di dunia. Selamat Tahun Baru 2011. Hidup itu perlu perubahan. Percayakah anda? Sudahlah kita tak akan membahas itu ya. Kalau manusia. penuh optimisme dan penuh semangat di dalam menjalankan hidup. Sehingga karena itu maka manusia merayakannya denga penuh antusias. Manusia itu baru dan sangat suka pembaharuan. tidak membuat kita ingat pada Sang Pencipta. Di tahun baru 2011 ini cobalah kita belajar dari kegagalan. Semua yang terjadi pada tahun sebelumnya harus kita jadikan pelajaran dan peringatan. Maka dari itulah maka segala aktivitas di dunia diliburkan karena menyambut Tahun baru. Ada artis yang dipuja setinggi langit sehingga bersalah secara hukumpun masih dielu-elukan. lebih bahagia dan lebih semangat. Hari di mana alam dan seisinya akan dimusnahkan. Kiamat. bumi dan alam semesta telah tua kan berarti semakin dekatnya dengan yang namanaya kehancuran dengan datangnya kiamat. Tahun baru 2011 telah datang. maka tidak ada gunanya kita merayakannya. Ada bencana yang beruntun terjadi. perlu inovasi dan perlu variasi. Lihatlah lagi cermin kita di tahun 2010. Karena memang manusia suka perubahan.

2.. Yang telah memberikan kenikmatan yang luas serta karunianya yang berlimpah ruah.Padahal secara tidak langsung mereka sendiri berdoa minta keselamatan dan kebaikan ditahun berikutnya.Tuhan semesta alam . Bersyukur kepada ALLAH atas nikmat yang diberikan kepada kita.sedekah alam yang tidak ada aturannya dari Rosul SAW. Tahun baru Hijriyah .dan tahun yang akan datang kita akan berusaha mengurangi bahkan menghilangkan kekurangan kita ditahun sebelumnya. Berprasangka buruk kepada orang lain . Mengadakan hataman Al Quran dan mempelajari serta menghayatinya agar kita dapat menjadikan AL Quran sebagai benar – benar pedoman bagi hidup kita di tahun berikutnya. 4. 3.Alhamdulillah. Ada beberapa golongan yang tidak suka akan adanya doa awal dan ahir tahun . Berdoa kepada ALLAH agar tahun berikutnya lebih baik dari tahun sebelumnya ( Doa awal tahun) 4. Memohon ampun kepada ALLAH SWT atas dosa yang banyak kita lakukan ditahun sebelumnya ( Doa ahir tahun ) Jadilah kita sebagai muslim yang baik dan selalu berpegang teguh kepada ajaran Rosul SAW. Tidak bersyukur kepada ALLAH atas nikmat yang diberikan kepada kita. 3. 2.dimana kita diberikan kenikmatan oleh ALLAH bertemu ke tahun berikutnya. . . Mengadakan ritual yang sirik seperti membakar sesajen sesembahan buat jin – jin .Kalau mereka tidak berdoa yang mereka termasuk kategori orang yang sakit hatinya. Bila mana di tahun sebelumnya kita terlalu banyak kekurangan . Berhura – hura seakan masa bodoh atas kenikmatan yang ALLAH berikan kepada kita.dengan saling membidah – bidah kan orang yang sedang berdoa di malam tahun baru. itu semua karena pikiran dangkal mereka. Sebentar lagi kita akan menyambut pergantian tahun baru islam dari 1431 H menuju 1432 H . Hal – hal yang baik dilakukan untuk menyikapi tahun baru hijriyah : 1. Hal – hal yang salah yang dilakukan untuk menyikapi tahun baru hijriyah : 1. Segala puji bagi ALLAH SWT .

Malu kita sebagai manusia yang penuh dosa. karena Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.” (HR.Agar hari berikutnya lebih baik dari hari ini. takut kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang telah disiapkannya untuk hari esok dan takut kepada Allah. . ALLAHUMMA AAaMIIIIIIIIIINNN .(seperti doa awal tahun) Rasulullah saw.“Hai orang-orang beriman.tidak bertobat kepada ALLAH SWT. bersabda: “ Semua anak-anak Adam pernah melakukan kesalahan. Ibnu Majah dan Darimi) Melalui doa ahir tahun kita bertobat kepada ALLAH.benarkah kita bersyukur dan bertobat hanya pada awal dan ahir tahun saja ? Tentu tidak. dan sebaikbaik oang yang salah adalah yang bertaubat..kita harus bersyukur setiap waktu dan bertobat setiap melakukan kesalahan. kita memohon kepada ALLAH SWT agar ditahun berikutnya kita dapat mempersiapkan bekal yang lebih baik dari sebelumnya. Semoga tahun berikutnya kita lebih baik daripada tahun ini .Cuman pada hakikatnya pada malam pergantian tahun kita bersyukur kepada ALLAH dan memohon taubat kepadanya. Tetapi. .atas dosa – dosa yang sangat banyak yang kita lakukan. (QS. Al-Hasyr: 18) Dari takut kepada ALLAH.

terlebih ketika disebutkan dosa-dosanya. kadang surut kadang juga pasang. kita masih sering menemukan orang menangis meraung-raung di tengah lautan massa. Namun saya percaya. sebab besok hari di awal tahun. Mungkin. subuh-subuh telah menerjang gelap dan dingin. di ruang-ruang hiburan saling berlomba menampilkan “sang penghibur” –dan bisa dipastikan menampilkan biduan atau dancer yang secara visual tampak sesksi dan sensual-. Setelah pesta dan perenungan akhir tahun itu selesai. kala meniup terompet di malam tahun baru nanti. Macet lagi. ketupat sayur dll masih terus berjuang hidup. . sekali lagi saya tekankan. bagaimana seharusnya kita memaknainya (?) Apakah memang ada hal baru setiap masuk pada bilangan tahun yang baru (?) Rasa-rasanya. Namun ada juga yang memaknai awal tahun dengan perenungan. Hingga subuh pun tiba. Matahari yang menyembul adalah matahari yang itu-itu juga. Jalanan dibanjiri kendaraan. surga dan neraka. Lalu semuanya riuh dalam tawa kegembiraan. maka perenungan ini pun dibuat secara massal yang dikemas dalam Tabligh Akbar. meski juga tak tahu apa maknanya. dan akan bertemu tahun bilangan baru. Langit di sekeliling kita tiba-tiba seperti memekik karena begitu banyak yang meniupkan terompet. Agar terkesan meriah.Mencari ‘Makna’ Tahun Baru December 31st. –padahal menurut saya. dalam artian tidak tamat riwayatnya alias wafat. berdoalah semoga Israfil tetap tak tergoda untuk turut meniup terompet sangkakalanya.” Bilangan tahun sebentar lagi berubah. mendengking saling bersahutan. menerangi langit dengan kembang api. ketika berada di tengah atmosfir ribuan manusia yang menangis. Dan kembang api terus berdenyar menerangi angkasa. mungkin. dan menyatakan akan tobat setobat-tobatnya. ia akan turut dalam larutan airmata.Apa mungkin kita bisa merenung di tengah orang banyak (?) Namun nyatanya. dan mejeng-mejeng di pinggir jalan hingga menjelang subuh. semuanya akan senyap. debar-debar dan gegap-gempita itu hanya akan kita rasakan ketika menjelang malam awal tahun.berubah kesiangan. Klakson pun mulai dipencet. Meski kita tidak tahu bagaimana setelah keluar dari barisan jamaah. nyatanya sama saja dengan pagi hari sebelumnya. sebab kehidupan harus tetap dijalani. Sebab begitulah iman manusia. Pedagang bubur. selain hanya bisa hura-hura dengan meniupkan terompet. dibikinlah count down raksasa yang menampilkan hitungan mundur sebelum suara mengelegar di seantero jagad. biasanya pekerjaan diliburkan atau mungkin meliburkan diri. ibarat gelombang. Atau.bukan tangis yang dibikin-bikin. Barangkali karena telah berhasil melewati tahun. pedagang di pasar akan tetap tidak berubah. seolah tak pernah putus hingga ujung malam. Barangkali jadwal bangun pagi saja yang – mungkin. Biar terkesan gebyar. Dan –tentu saya yakin. sudah pasti. seakan malam itu semua orang mesti turun ke jalan agar tidak kehilangan momentum awal tahun. Dan pagi hari di awal tahun itu. itu hanyalah bentuk kompensasi dari kebingungan manusia memaknai awal tahun. 2010 | Oleh Cordova Press “Jangan lupa. dan juga segala hal tentang kedurhakaan kepada orangtua. Hiburan pun terkadang berlangsung sampai pagi. Sementara.

dan pastinya juga telah lupa buat apa meniup terompet hingga mulut terasa bengkak dan menghabiskan lusinan kembang api yang cahayanya semu di malam tadi. Memang.Lalu. sepanjang hari awal tahun itu pun kita habiskan dengan tetap agak malas. kala meniup terompet di malam tahun baru nanti. Namun jangan lupa. berdoalah semoga Israfil tetap tak tergoda untuk turut meniup terompet sangkakalanya . tahun baru tanpa terompet sepertinya tak lengkap.

Diantaranya. Malah doa nabi Ibrahim untuk bapaknya sendiri tidak dikabulkan oleh Allah SWT. sehingga Allah SWT menenggelamkannya bersama umat yang lainnya.Hakikat Silaturahmi June 16th. Namun pada hakikatnya silaturahmi bukanlah sekedar hubungan nasab. 4:1) Silaturahmi secara bahasa berasal dari dua kata.” (49:10). menjenguk ketika sakit. sehingga Allah SWT mengadzabnya bersama kaum yang lainnya. Begitupun dengan Nabi Muhammad SAW tidak bisa bersama-sama didalam surga bersama pamannya Abu Thalib.” (QS. Al-Qur’an telah banyak menceritakan kisah terputusnya silaturahmi. (QS. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (QS.”Ya Tuhan kami. karena seorang Musyrik. 2008 | Oleh Cordova Press “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturrahim (Arham). sebagaimana ayat diatas kata al-Arham (rahim) diartikan sebagai Silaturahmi. Allah SWT mengajarkan sebuah doa supaya senantiasa ada dalam keimanan. Nabi Luth AS harus berpisah dengan istrinya dikarenakan tidak mau mengikuti ajarannya. saling menghormati. Sebagaimana firman-Nya. 9:114). dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau. saling mendoakan. yakni silah (hubungan) dan Rahim (Rahim perempuan) yang mempunyai arti Hubungan nasab. maka Ibrahim berlepas diri dari padanya. janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Maka. sebagaimana firman-Nya. Nabi Nuh AS harus berpisah dengan anaknya Kan’an dikarenakan tidak mau mengikuti ajarannya. Nabi Ibrahim AS menjadi jauh dengan bapaknya. karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. menghasud dan lain sebagainya. karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia). padahal mereka mempunyai hubungan nasab. tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah. Hubungan persaudaraan inilah yang menjadikan sesama muslim mempunyai kewajiban untuk saling membantu. mengantarkan sampai ke kuburan ketika meninggal dunia. Untuk menghindari terputusnya silaturahmi. 3:8) Wallahu a`lam bi ash-Shawab. sehingga Allah SWT mengibarat kan umat Islam bagaikan satu tubuh. . “Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. namun lebih jauh dari itu hubungan sesama muslim merupakan bagian dari silaturrahmi. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun”. larangan saling mencela. padahal pamannya sangat menjaga dan menyayangi beliau. “Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara.

beberapa teman dekat sempat mengucapkan selamat jalan melalui telepon bahkan ada seorang temanku yang belum pernah ke Saudi ingin sekali berangkat haji dengan menanyakan kepadaku. Di kesempatan itu pulalah pemilik biro perjalanan haji dan umrah tersebut menawarkan . Pucuk dicinta ulam tiba pikirku. Seperti yang sering disebutkan dalam surat Ar Rahman berulang-ulang. mereka menawarkan untuk umrah di bulan Januari dengan memanfaatkan undangan salah seorang Amir di Saudi Arabia untuk mendapatkan visa umrah tentunya. Sempat aku bernazar saat dalam pendidikan. Beberapa jam sebelum kami berangkat ke bandara. Tak terasa waktu demi waktu kujalani dan hari kelulusanku pun tiba. jika ada biro perjalanan haji yang membutuhkan tenaga dokter. adalah ketentuan Allah. Tidak masalah. maka temanku tersebut siap untuk berangkat. kami sangat menyadari itu karena aku dan istri sering mengalami hal-hal yang menurut kami adalah semacam ketentuan atau jalan dari Allah SWT yang sulit kami jabarkan secara gamblang di sini. sungguh mulia niatnya pikirku saat mendengarkannya bercerita. datanglah manajer dan pemilik biro perjalanan haji dan umrah tersebut ke kediaman kami. insya Allah aku dan keluarga akan menjalani ibadah umrah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmatNya tiada terhingga. untuk memberitahukan dengan berat hati bahwa perjalanan umrah tertunda untuk waktu yang tidak ditentukan karena masalah visa. Saat hari pemberangkatan tiba. jika lulus nanti. Ada sebuah biro perjalanan haji dan umrah di Jakarta yang secara tak sengaja kami temui di Makkah Al Mukkarama sejak tahun 2006. jawabku dan istriku sambil tersenyum mantap. Pihak biro pun merasa heran bercampur lega saat itu karena kami tidak marah ataupun kecewa bahkan kami sempat berbincang-bincang mengenai masalah lainnya.Aku seorang suami dan ayah dari dua orang anak yang sangat lucu. ketika aku dan istriku menunaikan ibadah haji. saat kelulusanku ternyata hampir bersamaan dengan musim haji sehingga rasanya untuk menjalankan ibadah umrah kami sekeluarga harus bersabar hingga 3-4 bulan ke depan. Allah selalu menjawab niat baik umatnya apalagi jika umatnya ingin mendekatkan diri kepadaNya. karena seperti kita ketahui bahwa ibadah umrah untuk Asia Tenggara baru dibuka pada bulan Maret. karena ini adalah undangan Allah sehingga masalah berangkat atau tidak. Saat ini aku baru saja menyelesaikan pendidikan dokter spesialis di Jakarta.

rizki kembali menghampiri kami di awal bulan Februari. cukup sejuk walaupun matahari bersinar dengan terang. masjid Rasulullah SAW terlihat binar-binar kebahagiaan di wajahnya yang sulit dijelaskan di sini. tidak berangkat umrah. hadiahnya ? Inilah hadiahnya. tak sabar rasanya ingin menyapa Rasulullah SAW. pemilik biro tersebut memberitahukan kepada kami bahwa visa sudah didapatkan dan kami dapat berangkat tanggal 4 Februari 2010. Jarak hotel kami dengan masjid hanya terpaut pagar pembatas saja. doa temanku langsung diijabah oleh Allah SWT. sempat ku terhenyak karena beberapa saat yang lalu temanku ingin sekali menunaikan ibadah haji dengan menjadi tenaga kesehatan di sana. Ini adalah nikmat pertama. karena begitu diberi satu ujian dan kita dapat menerimanya maka kita akan lulus dan naik kelas tentunya. Bahkan aku sempat tidak menyadari bahwa jadwal berangkat tersebut di bulan Februari. bagaimana mungkin beberapa komponen bertemu pada saat yang sama sehingga menghasilkan suatu keputusan penting ? Apakah ini suatu kebetulan ? Tentu tidak. Kukatakan apa adanya kepada pemilik biro perjalanan tersebut bahwa aku merasa sangat terhormat dan berterima kasih karena sudah dipercaya. Pemilik biro tersebut tanpa ada keraguan sedikitpun langsung menyetujuinya. kenapa tiba-tiba jadi sangat lancar seperti ini ? Kebetulankah ? Tentu tidak. namun hal itu tidak memupuskan niat ayahku untuk beribadah. Fabi ayyi alaa irobikum matukadzibaan (Karunia Tuhanmu mana lagi yang kan kau dustakan). namun rasa bahagia kami sekeluarga serta merta telah menghilangkan rasa lelah tersebut begitu melihat keagungan masjid Nabawi. karena sepertinya aku salah membaca pesan singkat melalui Short Message Service yang dikirimkan oleh pihak biro perjalanan tersebut yang sempat kukira berangkat pada tanggal 4 Maret 2010. bahkan ayahku yang belum lama ini terkena serangan jantung dan berhasil selamat walaupun terlihat mulai tua dan lelah namun begitu melihat masjid Nabawi. Tidak disangka. Pesawat berangkat dari bandara Soekarno-Hatta dengan tujuan Madinah Al Munawara tak terasa kami tempuh dalam waktu 10 jam. Badan sedikit letih mungkin karena jet lag. walaupun jarak tersebut harus ditempuh dengan beberapa kali istirahat dengan berjalan kaki. telah terbayang di pelupuk kami semua bahwa kami akan segera bertemu dengan Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya. Di sinilah tangan Allah bekerja. cuaca cerah di Madinah.aku untuk menjadi tenaga medis saat ibadah haji tahun 2010 ini. dengan sabarnya ibuku menunggu ayah saat berjalan. namun demikian bagi seorang yang pernah terkena serangan jantung mungkin terasa jauh karena harus berjalan beberapa saat. ini adalah ketentuan Allah SWT. kembali ini adalah campur tangan dari Allah SWT. namun diganti dengan menghajikan seorang teman. namun apabila tidak keberatan sebaiknya temanku yang berangkat karena atas pertimbangan bahwa temanku belum pernah berhaji serta -mungkin jugamemang doa temanku tersebut yang diijabah oleh Allah SWT. suhu berkisar 15-17 derajat celcius. berangkat umrah dilancarkan. Subhanallah. . Subhanallah.

kami bergegas untuk melaksanakan ibadah umrah. apalagi anak perempuanku semangatnya hampir mengalahkan semua anggota keluarga lainnya karena selalu meminta untuk melihat Kabah yang sebelumnya hanya dapat dilihatnya di majalah atau layar kaca. tak lupa pula kami selau minum air zam-zam yang disediakan di masjid tiap kali selesai sholat. Betapa damai dan indahnya suasana hati kami semua saat berada di Madinah. bergetar hati ini rasanya ketika mengucapkan itu di depan makam Rasulullah dan sahabat-sahabatnya .” Perjalanan umrah kami lanjutkan menuju Makkah Al Mukarramah untuk menunaikan ibadah umrah. Tak kuasa hati ini rasanya begitu kembali memandang Kabah.Assalamualaika ya Rasulullah. Kembali hati ini berdegup kencang. karena sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Selama dalam perjalanan kami bersama muthawif tak henti-hentinya mengucapkan talbiyyah “Labbaik allahuma labbaik. anak lelaki. Enam tahun yang lalu saat aku menunaikan ibadah umrah pertama kalinya aku pernah memohon kepada Allah SWT agar aku diberikan kesempatan untuk dapat mencium batu yang berasal dari . terharu. begitu bersemangatnya mereka semua untuk beribadah. istri. aku. Tak terasa air mata mengalir dari mata ayahku. Tanpa menyia-nyiakan waktu yang ada. ya Allah telah engkau dengarkan doaku sehingga aku bersama keluargaku tercinta dapat kembali menjadi tamu Mu ya Allah. tak lupa kami semua pamit kepada Rasulullah SAW. namun lihatlah hari ini ya Rasulullah. Suasana Masjidil Haram memang cukup lengang saat itu karena musim umrah belum mulai. saudarasaudara kami. labbaika laa syarika laka labbaik…” Menyambut panggilan Allah SWT. umatmu sudah datang dari berbagai penjuru dunia. bercampur aduk menjadi satu karena akan melihat Baitullah. Dua hari di Madinah kami isi dengan ibadah di masjid. tak henti-hentinya dia mengucapkan “aku suka air zam-zam. betapa berat ya Rasulullah perjuanganmu saat itu untuk menyiarkan Islam. kota yang dicintai Rasulullah SAW.Intercontinental Makkah. bahkan anak perempuanku yang berusia 6 tahun pun merasa senang sekali berada di Madinah khususnya di masjid Nabawi. Pasti ini karena doa orangtua kami. dan mutawif. tak terasa kami sudah berada di depan Dar Al Tawhid. kupandangi wajah anggota keluargaku satu persatu dari mulai ayah. dan selalu kami sempatkan untuk sholat di Raudah. anak perempuanku. ibu. tak terlihat sedikitpun rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan mobil GMC. dan kerabat-kerabat kami yang selalu mendoakan. betapa bersyukurnya aku dan istri memiliki anak-anak yang soleh dan solehah. Tak terasa air mata sudah mulai menitik. anak laki-lakiku yang berusia 9 tahun. Subhanallah anak ini ujarku. Miqat kami ambil di Bir Ali di pagi hari dengan cuaca cerah dan udara yang sejuk. mata ini kembali mengalirkan air matanya. betapa besar rasa sayang Allah SWT kepada keluarga kami. senang. setelah sempat berhenti sesaat untuk makan siang di pertengahan jalan.

Kemudahan-kemudahan dan berbagai keajaiban terus terjadi pada keluarga kami yang jika dijabarkan satu persatu. ternyata diantara shaf depan yang sudah penuh terisi tersebut tersisa tempat untuk tiga orang. Saat itu kami bertiga. terima kasih orang tuaku. terima kasih istri dan . Dalam doaku. penuh perhatian. cukup dengan antri tidak sampai dua menit dan hal tersebut dapat terlaksana dengan sangat sempurna. hubungan kami dengan para mutawif di sana pun sudah seperti keluarga. lainkafartum inna adzabii lasyadiid. sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum apabila kaum tersebut tidak berusaha. saat itu seharusnya museum ditutup karena belum waktunya buka. Terima kasih ya Allah.syurga yang dilekatkan di Kabah atau biasa disebut dengan Hajar Aswad. Bahkan ketika kami sedang mengunjungi museum Kabah yang izinnya terkenal ketat. “Ayo pak kita maju aja ke depan jalan pelan-pelan” ungkap mutawifku. setelah menunggu dengan sabar selama 6 tahun ternyata Allah tidak tega membiarkan umatnya merengek terus meminta hal yang sama. Begitu pula saat aku tiba-tiba mengungkapkan keinginan untuk sholat fardhu di depan Kabah ketika qamat mulai dilantunkan. Bahkan saat menunaikan ibadah haji pun aku sempat berdoa dengan doa yang sama. padahal saat itu aku jauh berada di belakang. ternyata kami diperbolehkan masuk dengan mudah. harus berdesak-desakan. aku sempat memohon agar diberikan kesempatan untuk menciumnya. sabar. dan berdedikasi tinggi. mungkin akan terlalu panjang jika disebutkan di sini. Terima kasih ya Allah. Perjalanan spiritual selama 8 hari serasa cepat sekali berlalu dengan indah. betapa Engkau selalu mendengarkan keinginan setiap umatMu. namun tanpa harus menyakiti orang lain karena untuk menujunya. Lainsyakartum laidzadanakum. begitu ikhlas. Tak henti-hentinya kami sekeluarga bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan kepada kami.. hanya saja memang doaku sedikit terdengar mission impossible. Namun bagi Allah SWT tiada yang tak mungkin. Pada kesempatan umrah kali ini Allah SWT membiarkan aku dan keluargaku mencium Hajar Aswad berkali-kali tanpa harus berdesak-desakan. Subhanallah.

Kupersembahkan untuk Iin. Semoga semua ini jadi amalan baik kita dan menjadi modal di akhirat kelak. dan Medine Tangerang. terima kasih Cordova.anak-anakku. Rafi. 16 Februari 2010 .