Pengertian Power Point PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang

dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk presentasi. PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut: Operasi Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web). PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline). PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut: • PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12) • PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12) • POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12) • PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

dan presentasi online. data. Membujuk: presentasi yang berisi informasi. Menginformasikan: presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. musik. 3. PowerPoint sebagai pendukung presentasi misalnya adalah PowerPoint sebagai alat bantu visual dalam presentasi oral. dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. seperti : clip art. atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan. gambar animasi (GIF dan Flash). PowerPoint 2003 memiliki fasilitas untuk memaket slide presentasi ke dalam CD. Tujuan presentasi tersebut adalah sebagai berikut: 1. o Online Presentation (Presentasi Online): melalui internet atau LAN. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear) sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut. movie (video klip). Menyediakan banyak pilihan media presentasi: o Overhead Tranparacies (Tranparansi Overhead): menggunakan slide proyektor atau OHP. Meyakinkan: presentasi berisi informasi. profil perusahaan. picture. Presentasi ini dapat ditampilkan . 3. Menghibur: presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan. Tujuan presentasi akan sangat menentukan bagaimana kita akan melakukan dan mendesain presentasi. antara lain sebagai berikut: 1. 5. Presentasi dapat berisi bujukan. Kondradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan. 2. o Print Out dan Handout : presentasi dicetak dan dibagikan pada peserta. Presentasi Multimedia: kita dapat menambahkan berbagai multimedia pada slide presentasi. Presentasi semacam ini dapat disertai dengan narasi dan ilustrasi suara. 4. atau video yang dimainkan pada saat presentasi. PowerPoint dapat pula menjadi media utama penyampaian presentasi. dan bukti-bukti yang disusun secara logis agar orang mau melakukan suatu aksi/tindakan. Keunggulan MS PowerPoint PowerPoint memiliki beberapa keunggulan dibandingkan program lain. Menginspirasi: presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang. 2. background audio/music¸narasi. misalnya pada presentasi produk/iklan mini. data. o Slide Show Presentation (Presentasi Slide Show): menggunakan LCD atau InFocus.Tujuan power point Presentasi memiliki beberapa tujuan. Pemaketan slide presentasi ke dalam CD. PowerPoint dapat merupakan bagian dari keseluruhan presentasi maupun menjadi satusatunya sarana penyampaian informasi. PowerPoint merupakan salah satu media untuk menyampaikan presentasi.

yaitu Standar toolbar. toolbar dan takspane. a. Window : Berisi fasilitas untuk o membuka beberapa dokumen o presentasi dan antar dokumen. Mengenal Fungsi Menu Ms PowerPoint o Secara umum menu dalam Ms PowerPoint dikelompokkan dalam 3 kategori. dan pemilihan o bahasa. Modus Slide Show yang lengkap. . o 2. 4. o Format : Berisi perintah untuk o mengatur teks. Drawing toolbar berisi fasilitas untuk menggambar pada lembar kerja. o View : Berisi perintah pengaturan o tampilan menu-menu aplikasi o Insert : Berisi perintah-perintah untuk o menyisipkan slide serta objek. Edit : Berisi perintah-perintah pengeditan dokumen. Formatting toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif. Toolbar dalam MS PowerPoint terbagi menjadi 3 tipe. Formatting toolbar. o b. File : Berisi kumpulan perintah standar yang berlaku untuk seluruh dokumen. dan Drawing toolbar. c. 7.langsung (autorun) dan masih dapat ditampilkan walaupun tidak terinstall program PowerPoint . o Pulldown Menu o Terdiri atas : o a. o H.Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh. 6. o G . pemeriksaan ejaan. Slide Show : Berisi perintah o pengaturan transisi antar slide. o animasi dll. 9. b. Fungsi dari masing-masimg toolbar 5. Toolbar o Bagian ini berisi tombol-tombol bergambar (ikon) yang memilki fungsi masing-masing. serta o background.objek o presentasi. o I. o Tools : Berisi perintah pengaturan o menu. Help : Berisi fasilitas bantuan o / petunjuk penggunaan MS Power o Point secara interaktif 8. layout presentasi. yaitu Pulldown menu.

o o Efek animasi merupakan salah satu kelebihan PowerPoint Tidak kurang dari 203 efek animasi yang tersedia. tampilan PowerPoint juga memuat pane (jendela) yang lain. diantaranya slide pane. Tampilan Slide o Normal View o Normal view memperlihatkan tampilan editing dimana Anda dapat menulis/mengedit dokumen presentasi. Penggunaan efek animasi yang tepat dan efektif dapat membantu keberhasilan presentasi. dan Notes o Selain taks pane yang berisi menu. Slide. garis dan shape. Dalam tampilan ini semua efek dan komponen animasi dimainkan. Outline. o 3. . 13. Outline merupakan jendela yang memperlihatkan keseluruhan isi lembar kerja. Jadi. o Slide Sorter View o Slide sorter view adalah tampilan multi slide dalam bentuk thumbnail. Namun. o Slide Pane (peaceholder) adalah area yang o meliputi lembar kerja Anda. Efek animasi ini dapat diterapkan pada objek teks. notes pane. Penggunaan efek animasi dalam desain presentasi harus benar-benar efektif. grafik. o Notes Pane adalah jendela dibawah slide pane yang o berfungsi untuk memberikan catatan kecil bila perlu . tampilan pada slide show merupakan tampilan akhir presentasi. 11. dan outline pane. 12. Slide Show Tampilan slide show merupakan tampilan full screen presentasi. Dalam tampilan ini anda dapat mengatur urutan slide dengan cara drag and drop. 10. gambar. tidak hanya satu slide saja. penggunaan efek animasi yang berlebihan justru akan mengacaukan presentasi.Taks Pane Taks pane merupakan jendela berisi perintah yang melengkapi fungsi menu pada toolbar.