Gereja Lutheran

Gereja-gereja Lutheran adalah gereja-gereja yang berasaskan ajaran Martin Luther, tokoh Reformasi gereja pada abad ke-16 yang mengkritik ajaran dan praktek Gereja pada waktu itu.

Ajaran

Segel Luther Ajaran khas Martin Luther yang seringkali juga diakui sebagai ciri khas ajaran Reformasi disimpulkan dalam tiga sola, yaitu sola fide, sola gratia, dan sola scriptura, yang berarti "hanya iman", "hanya anugerah", dan "hanya Kitab Suci". Maksudnya, Luther menyatakan bahwa keselamatan manusia hanya diperoleh karena imannya kepada karya anugerah Allah yang dikerjakannya melalui Yesus Kristus, sebagaimana yang disaksikan oleh Kitab Suci. (Efesus 2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.). Dengan demikian, Luther menolak ajaran Gereja saat itu yang menjanjikan keselamatan melalui penjualan surat-surat pengampunan dosa (indulgensia). Luther menyatakan bahwa manusia diselamatkan bukan karena amal atau perbuatannya yang baik, melainkan semata-mata oleh karena anugerah Allah. Hal ini didasarkan pada perkataan Paulus dalam Surat Roma: "Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." (Roma 5:8)

Sakramen
Gereja Lutheran mengakui dua sakramen: Pembaptisan dan Perjamuan Kudus. Katekismus Lutheran mengajarkan bahwa pembaptisan adalah karya Allah, berlandaskan perkataan dan janji Kristus; sehingga dilayankan baik bagi bayi maupun orang dewasa. Gereja Lutheran percaya bahwa roti dan anggur dalam perjamuan kudus adalah sungguhsungguh tubuh dan darah Kristus yang dianugerahkan kepada umat Kristiani untuk dimakan dan diminum, yang diperintahkan oleh Kristus sendiri.

Banyak Kaum Lutheran yang melestarikan pendekatan liturgis terhadap Ekaristi. Komuni Kudus (atau Perjamuan Tuhan) dipandang sebagai tindakan sentral dari pemujaan Kristiani. Gereja Lutheran percaya bahwa roti dan anggur dalam perjamuan kudus hadir bersama dengan tubuh dan darah Yesus, bukannya menggantikan atau melambangkan tubuh dan darah-Nya belaka. Mereka mengaku dalam Apologi dari Pengakuan Augsburg:

"...kami tidak menghapuskan Misa namun secara rohaniah mempertahankan dan membelanya. Di kalangan kami Misa dirayakan setiap Hari Tuhan dan pada hari-hari raya lainnya, bilamana Sakramen itu disediakan bagi orangorang yang hendak mengambil bagian darinya, setelah mereka diperiksa dan diampuni. Kami juga mempertahankan bentuk-bentuk liturgis tradisional, seperti urut-urutan dalam pembacaan Alkitab, doa-doa, busana liturgi, dan hal-hal serupa lainnya." (Apologi dari Pengakuan Augsburg, Artikel XXIV.1)

Ikonoklasme
Beberapa tokoh reformasi Protestan, khususnya Andreas Karlstadt, Huldrych Zwingli dan Yohanes Calvin mendukung penyingkiran citra-citra religius dengan mendasarkan pendapat mereka pada larangan penyembahan berhala dan pembuatan citra pahatan dari Allah dalam Dekalog (Sepuluh Perintah Allah). Hasilnya, patung-patung dan gambargambar dirusak dalam serangan spontan individual maupun huru-hara ikonoklastis yang tidak sah. Meskipun demikian, dalam banyak kasus citra-citra religius disingkirkan secara baik-baik oleh otoritas sipil di kota-kota dan daerah-daerah teritorial Eropa yang baru saja direformasi. Tidak seperti Gereja-Gereja Protestan lainnya, Gereja-Gereja Lutheran pada umumnya tidak begitu anti terhadap penggunaan citra-citra religius. Ini disebabkan oleh pernyataan Martin Luther sendiri bahwa orang-orang Kristen harus bebas untuk menggunakan citracitra selama mereka tidak menyembahnya sebagai ganti Allah.

Gereja-gereja Lutheran di Indonesia
Selain HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), gereja-gereja Lutheran di Indonesia umumnya menyebar di Sumatera Utara, yakni wilayah pelayanan misi RMG (Rheinische Missions-Gesselschaft) dulu. Gereja-gereja tersebut adalah GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia), GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun), GKPA (Gereja Kristen Protestan Angkola), GKPPD (Gereja Kristen Protestan Pakpak-Dairi), HKI (Huria Kristen Indonesia), GPKB (Gereja Punguan Kristen Batak), GKLI (Gereja Kristen Luther Indonesia), GPP (Gereja Protestan Persekutuan). Gereja-gereja di Nias dan Kepulauan Mentawai juga tergolong gereja-gereja Lutheran, yaitu BNKP (Banua Niha Keriso Protestan), AMIN (Angowulua Masehi Indonesia Nias), ONKP (Ora Niha Keriso Protestan), BKPN (Banua Keriso Protestan Nias), dan GKPM (Gereja Kristen Protestan Mentawai). Selain menjadi anggota Federasi Lutheran se-Dunia (LWF), banyak dari gereja-gereja di atas yang juga menjadi anggota PGI

sumbangan-sumbangannya terhadap dokumen-dokumen konfesional untuk digunakan di gereja-gereja. tetapi pengaruhnya pertama-tama dirasakan dalam Reformasi Swiss. tradisi ini umumnya kemudian dikenal sebagai Calvinisme. Calvin adalah seorang pengungsi Perancis di Geneva. dan sistem ini paling dikenal karena doktrin predestinasi dan kerusakan total. Namun karena pengaruh Yohanes Calvin yang besar dan peranannya dalam perdebatan konfesional dan gerejawi sepanjang abad ke-17. melainkan lebih mengikuti Ulrich Zwingli. dengan Calvin sebagai salah satu pemimpin pertamanya. meskipun akhirnya ia menjadi yang paling terkemuka. iman Hervormd. termasuk Calvin yang kelak menjadi sangat . Gereja-gereja Hervormd. Kini. Heinrich Bullinger. Sejak awal telah jelas bahwa doktrin gereja-gereja Hervormd berkembang dalam arah yang bebas dari Luther. sehingga kadang-kadang varian dari Kekristenan Protestan yang kadang-kadang disebut sebagai tradisi Hervormd. Ia telah menandatangani Pengakuan Augsburg Lutheran setelah direvisi oleh Melancthon pada 1540.[2] Tradisi Hervormd dikembangkan oleh teologi-teolog seperti Martin Bucer. Ia hanyalah salah satu di antara banyak tokoh lainnya yang mempengaruhi doktrin-doktrin gereja-gereja Hervormd.[1] Gerakan ini dinamai sesuai dengan reformator Perancis Yohanes Calvin. Calvin memberikan pengaruh secara pribadi yang besar terhadap Protestanisme. yang tidak bersifat Lutheran. di bawah sejumlah penulis dan pembaharu. Peter Martyr Vermigli. tergolong pada tahap kedua dari Reformasi Protestan. dan sumbangannya yang besar dalam bentuk tafsiran Alkitab. dan Huldrych Zwingli dan juga dipengaruhi oleh para reformator Inggris seperti misalnya Thomas Cranmer dan John Jewel. ketika gereja-gereja Injili mulai tebentuk setelah Martin Luther dikucilkan dari Gereja Katolik. atau teologi Hervormd. Karya ini mengalami sejmlah revisi pada masa hidupnya. Latar belakang sejarah Yohanes Calvin Pengaruh internasional Yohanes Calvin dalam perkembangan doktrin-doktrin Reformasi Protestan dimulai ketika ia berusia 25 tahun. Lewat Institusi bersama dengan karya-karya polemik dan penggembalaan Calvin. ketika ia mulai menulis edisi pertamanya dari Institusi Agama Kristen pada 1534 (diterbitkan pada 1536). dan juga Calvin. termasuk terjemahan yang mengesankan ke dalam bahasa Perancis sehari-hari.Calvinisme Calvinisme adalah sebuah sistem teologis dan pendekatan kepada kehidupan Kristen yang menekankan kedaulatan pemerintahan Allah atas segala sesuatu. istilah ini juga merujuk kepada doktrin dan praktik dari Gereja Hervormd.

John Marrant mendirikan sebuah jemaat di sana di bawah asuhan Koneksi Huntingdon. Jauh di kemudian hari. Mereka kemudian dikenal sebagai orang-orang Boer atau Afrikaner. ketika kemashyurannya dihubungkan dengan gerejagereja Hervormd. Belanda.menonjol. Korea dan Nigeria. termasuk orang-orang Puritan dan Huguenot Perancis dan para pemukim Belanda dii New Amsterdam (New York). mulai dari abad ke-17. Dalam bahasa Inggris. khususnya Swedia. Kebanyakan pemukim di Atlantik Tengah dan New England. Calvin sendiri tidak pernah digunakan seperti model dan tidak pernah diperangi secara langsung oleh Arminianisme. yakni orang-orang kulit hitam yang berjuang untuk Britania pada masa Perang Kemerdekaan Amerika. atau disebut juga doktrin rahmat. Sebagian dari gereja-gereja Calvinis terbesar dimulai oleh tenaga-tenaga misi abad ke-19 dan 20. dan bagian-bagian dari Jerman (kkhususnya daerah-daerah tetangga Belanda) dan berpengaruh pula di Perancis. kadang-kadang dikenal dengan singkatan TULIP: • • • • Total depravity (Kerusakan total) Unconditional election (Pemilihan tanpa syarat) Limited atonement (Penebusan terbatas) Irresistible grace (Anugerah yang tidak dapat ditolak) . tetapi bukan sebagai ringkasan lengkap dari tulisan Calvin atau teologi gereja-gereja Reformed pada umumnya. Hongaria. penerbitannya menyebarkan gagasan-gagasannya tentang gereja reformasi yang benar ke banyak bagian Eropa. adalah Kaum Calvinis. yang umumnya adalah loyalis kulit hitam. namun kemudian ditolak setelah sinode Uppsala pada 1593 lebih memilih Lutheranisme. AS. Para pemukim Calvinis Belanda juga merupakan koloniskolonis Eropa pertama yang sukses di Afrika Selatan. dan Polandia. Calvinisme sempat populer di Skandinavia. Transilvania yang saat itu independen. yang besar khususnya adalah gereja-gereja di Indonesia. seluruh kumpulan ajarannya kemudian disebut sebagai "Calvinisme". Calvinisme menjadi sistem teologis dari gereja mayoritas di Skotlandia (lihat John Knox). Sebagian besar wilayah Sierra Leone dihuni oleh para pemukim Calvinis dari Nova Scotia. Kelima poin itu berfungsi sebagai ringkasan perbedaan antara Calvinisme dan Arminianisme. Doktrin Teologi Calvinis kadang-kadang diidentifikasi dengan lima poin Calvinisme. yang merupakan sebuah respon poin demi poin terhadap lima poin dari Remonstrans Arminian (lihat Sejarah perdebatan Calvinis-Arminian) dan yang berfungsi sebagai sebuah ringkasan dari keputusan yang dihasilkan oleh Sinode Dort tahun 1619. Penyebaran Meskipun banyak dari praktik Calvin dilakukan di Geneva.

[4] . yang berarti "sebelum" + lapsus. "di bawah". "jatuh"). yang berpendapat bahwa Allah menetapkan sebagian orang untuk keselamatan dan sebagian untuk kebinasaan sebelum manusia jatuh ke dalam dosa.[3] Perbedaan pandangan Lapsarian Supralapsarianisme Infralapsarianisme Antelapsarianisme Sublapsarianisme Postlapsarianisme Pemilihan untuk keselamatan dan penentuan kebinasaan Penciptaan manusia pilihan dan non-pilihan Penciptaan manusia Mengijinkan kejatuhan Penebusan bagi orang-orang pilihan oleh Pemilihan untuk keselamatan dan penentuan Kristus kebinasaan Penebusan bagi orang-orang pilihan oleh Kristus Catatan : Urutan dalam Infralapsarianisme maupun Supralapsarianisme bukanlah urutan kronologis / waktu. yang berarti "setelah" + lapsus. maka menimbulkan berbagai variasi dari Calvinisme.[3] Infralapsarianisme (dari bahasa Latin: infra . kadang-kadang disebut "Calvinisme rendah". Inti dari penegasan kanon ini adalah bahwa Allah mampu menyelamatkan setiap orang yang kepadanya telah diberikan rahmat dan bahwa apa yang dilakukan-Nya tidak dapat digagalkan oleh kefasikan atau ketidakmampuan manusia. Berikut ini adalah beberapa variasi yang ada: Lapsarianisme Dalam teologi Calvinis skolastik. "jatuh") atau dikenal juga dengan sublapsarianisme atau postlapsarianisme. tetapi hanya urutan berdasarkan logika. atau Antelapsarianisme. ada dua aliran dari pemikiran mengenai kapan dan siapa yang dipredestinasikan Allah: • • Supralapsarianisme (dari bahasa Latin: supra. berpendapat bahwa penetapan Allah terhadap siapa yang dipilih dan siapa yang ditolak terjadi setelah kejatuhan manusia ke dalam dosa.• Perseverance of the saints (Ketekunan orang-orang kudus) Meskipun ini urutannya berbeda daripada Kanon dari Dort. "di atas". kadang-kadang disebut "Calvinisme tinggi". Variasi-variasi Calvinisme Akibat dari reformasi atau pengembangan yang dilakukannya sepanjang sejarah Calvinisme.

Ia melihat pernyataan yang jelas dari Alkitab mengenai penentuan lebih dulu dari Allah dan memegang hal itu dengan teguh. dan doa bagi yang hilang) dalam mewujudkan keselamatan itu. Sementara penganut Arminian menyangkal kedaulatan Allah. maka Tuhan pun kemudian memilih orang-orang yang Ia akan bawa kepada iman di dalam Kristus. HiperCalvinis meninggalkan fakta tanggung jawab manusia. Menurut Edwin H. namun melihat bahwa tidak ada satupun yang dengan sendirinya akan percaya. Hiper-Calvinis terlalu menekankan kedaulatan Allah dan terlalu mengabaikan tanggung jawab manusia dalam karya keselamatan. Secara sederhana. Amyraldisme menyatakan bahwa Tuhan telah menyediakan penebusan Kristus bagi semua orang tanpa kecuali.Empat-poin Calvinisme Empat-poin Calvinisme atau kadang disebut juga Amyraldisme adalah bentuk modifikasi dari teologi Calvinis yang menolak salah satu dari lima poin Calvinisme. Hiper-Calvinisme Hiper-Calvinisme adalah keyakinan bahwa Allah menyelamatkan umat pilihan melalui kehendak kedaulatan-Nya tanpa atau hanya sedikit menggunakan metode (seperti penginjilan. Palmer. sekalipun merupakan kutub-kutub yang bertentangan. dan mendukung penebusan tidak terbatas (unlimited atonement). Hiper-Calvinisme bertentangan secara frontal dengan Arminianisme. Jadi orang Arminian dan orang hyper-Calvinist.[5] . sebetulnya sangat dekat dalam cara berpikirnya. yakni doktrin penebusan terbatas (limited atonement). khotbah. dengan demikian tetap mempertahankan doktrin Calvinis tentang pemilihan tanpa syarat. Tetapi karena tidak mampu mendamaikannya secara logis dengan tanggung jawab manusia. ia menyangkal tanggung jawab manusia itu.

Mereka mengharapkan perubahan yang radikal dari Gereja Katolik Roma. Mereka pun dianggap kurang setia terhadap ajaranajaran Alkitab. Gereja Baptis dimulai oleh Roger Williams yang mendirikan Providence. Gereja ini percaya bahwa baptisan hanya diberikan kepada orang dewasa yang sudah dapat mengakui imannya secara sadar dan bertanggung jawab. harus sama sekali dipisahkan.” Williams. Baptisan. mendirikan First Baptist Church of America di Providence pada tahun 1639. Dengan demikian baptisan anak tidak sah. menurut mereka. mereka sendiri juga berbeda-beda di dalam pemahaman mereka. Gereja dan negara. Kelompok Baptis ini berkembang dari kaum Separatis di Inggris. banyak orang merasa kurang puas dengan apa yang telah dilakukan oleh Luther maupun Calvin. sementara yang lainnya menolak ajaran itu dan menerima ajaran tentang kehendak bebas dari Arminianisme (Baptis Umum). menurut mereka. Orang-orang ini kemudian mulai membentuk kelompok-kelompok gereja yang sepaham. yang merasa bahwa kelompok itu tidak cukup radikal dalam memisahkan diri mereka dari ajaran dan praktek Gereja Inggris. Sebagian menerima ajaran tentang predestinasi dari Calvinisme (Baptis Khusus). khususnya dalam hal hubungan antara Gereja dan negara dan baptisan. harus dibaptiskan ulang dengan baptisan yang sah. Latar belakang sejarah Ketika Reformasi terjadi pada awal abad ke-16. Perkembangan Di Amerika. atau orang-orang yang membaptiskan kembali. Oleh karena itulah oleh orang-orang Katolik maupun Protestan mereka dijuluki kaum Anabaptis. orang-orang ini mulai menggunakan nama Baptis sebagai nama diri mereka. Mereka yang telah dibaptiskan pada masa bayi. Praktik pelayanan baptisan hanya kepada orang dewasa di kalangan Gereja Baptis ini kelak juga ditiru oleh beberapa denominasi lain. sehingga muncullah aliran Baptis yang pertama. Dalam prakteknya. walaupun tidak lama menjadi seorang Baptis. Rhode Island. sebagai “tempat perlindungan bagi mereka yang merasa hati nuraninya terusik.Gereja Baptis Gereja Baptis adalah nama generik untuk gereja-gereja di lingkungan Protestan yang dicirikan antara lain oleh penolakannya terhadap baptisan anak (baptisan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil). sehingga tidak akan terjadi lagi penguasaan oleh salah satu lembaga terhadap yang lainnya. Di tempat-tempat lain. orang- . harus dilakukan kepada orang yang benar-benar mengaku percaya. Sebagian dari mereka kemudian melakukan perombakan-perombakan sendiri terhadap Gereja pada waktu itu. Pada abad XVII di Inggris.

orang Baptis disisihkan dan ditolak. Charleston Baptist Association dibentuk pada tahun 1751. Sebagian Gereja mengakui bahwa Alkitab tidak mengandung kesalahan (ineransi) dan karena itu harus diterima dan ditafsirkan secara harafiah. gereja-gereja Baptis juga berkembang pesat. sehingga sampai sekarang Gereja Baptis menjadi denominasi terbesar di negara itu. gereja-gereja Baptis mengalami pertumbuhan yang pesat. Namun demikian. Pada tahun 1773. khususnya di kalangan suku Karen. ada juga sejumlah perbedaan bahkan di lingkungan Gereja Baptis sendiri. sehingga sesampainya mereka di Myanmar mereka telah menjadi misionaris Baptis. dalam gerakan misi besar-besaran ke seluruh penjuru dunia. Keyakinan ini berkembang karena dari . Di kalangan orang-orang kulit hitam. Pada masa Kebangunan Rohani Besar pada akhir abad ke-18. Tritunggal. Philadelphia Baptist Association dibentuk pada tahun 1707. kebebasan beragama adalah hak setiap orang – bukan cuma orang Kristen atau Baptis melainkan apapun juga agama seseorang. Gereja Baptis tidak mempunyai ajaran yang resmi. Gereja Baptis mengakui bahwa baptisan hanya dilayankan kepada orang dewasa. hakikat manusia dan dosanya. Misi ke negara lain Pada awal abad ke-19. Perjamuan kudus dipahaminya hanya sebagai peringatan tentang penderitaan dan kematian Yesus. orang-orang Baptis ini sangat menekankan kebebasan beragama dan pemisahan antara Gereja dan negara secara ketat. Gereja Kongregasionalis mengutus sepasang suami-istri misionaris ke Myanmar. sehingga peristiwa itu tidak dianggap memiliki arti yang lebih istimewa dibandingkan dengan bagian lain dari liturgi. Dalam pelayaran mereka ke India. Menurut mereka. Seperti halnya nenek moyang mereka di Inggris. Pekerjaan mereka di Myanmar menghasilkan buah yang sangat luar biasa. Untuk mendukung upaya penginjilan pada abad ke-18 orang-orang Baptis mulai mendirikan perhimpunan-perhimpunan. sementara yang lainnya menerima infalibilitas Alkitab dalam arti pengajarannya dapat dan layak diterima dan dijadikan pegangan hidup orang Kristen. terbentuk sejumlah Gereja Baptis independen yang kemudian menjadi dua kelompok denominasi yang besar. dll. Ajaran Ajaran Gereja Baptis pada umumnya hampir sama dengan ajaran kebanyakan Gerejagereja Protestan. Satu-satunya keyakinan mereka yang paling jelas adalah kebebasan beragama. seperti pengakuan terhadap kewibawaan Alkitab. yakni Foreign Mission Baptist Convention pada tahun 1880 dan National Baptist Convention pada tahun 1895. karena mereka dianggap memeluk agama yang berbeda dengan agama yang dipeluk oleh sebagian besar pendatang di benua baru ini. yang bernama Adoniram dan Ann Judson. kedua suami-istri ini dipengaruhi oleh sejumlah orang Baptis.

khususnya kelima butir doktrinnya: TULIP – Total depravity.pengalaman mereka sendiri ketika mereka ditindas oleh Gereja karena mereka tidak mengikuti ajaran yang berlaku saat itu. .” Namun kini mereka cenderung untuk menempatkan kewibawaan pendeta di atas kedudukan kaum awam. Limited atonement. Secara tradisional Gereja Baptis menempatkan Yesus dan Roh Kudus sebagai kriteria satu-satunya dalam menafsirkan Alkitab. Manusia dipilih tanpa syarat oleh Allah. Gereja-gereja Baptis yang menolak perbudakan umumnya berada di Utara. Yang terbesar di antaranya adalah Gereja Baptis Selatan (Southern Baptist Convention) yang terbentuk pada tahun 1845 karena masalah perbudakan. Ada pula Baptist General Conference (yang berasal dari Baptis Swedia) dan North American Baptist Conference (yang berasal dari Baptis Jerman). Masih banyak lagi Gereja Baptis lainnya di Amerika Serikat. Namun demikian. ada juga kecenderungan-kecenderungan di kalangan gereja-gereja Baptis tertentu untuk merumuskan ajarannya. Kelompok Baptis Landmark ini percaya bahwa Gereja Baptis sudah ada sejak masa Yohanes Pembaptis. pada kenyataannya mereka lebih dipengaruhi oleh Arminianismeyang membuat teologi Calvinis mereka lebih moderat dan lebih evangelikal. dan pada tahun 1907 mereka membentuk Konferensinya sendiri yang bernama Northern Baptist Convention yang kini berubah namanya menjadi American Baptist Convention. Sebelumnya pada tahun 1905 dari Southern Baptist terbentuk kelompok Landmarkism yang membentuk American Baptist Association dan Baptist Bible Fellowship pada tahun 1950-an. Dari Northern Baptist Convention muncul General Association of Regular Baptist Churches pada tahun 1932 dan Conservative Baptist Churches pada tahun 1940. Irresistible Grace. Di Amerika Serikat saja diperkirakan ada lebih dari 50 denominasi yang menyebut dirinya Baptis. Jadi tampaknya kedua aliran teologi yang sesungguhnya bertentangan ini justru dipertemukan di Gereja Baptis Keluarga Gereja Baptis Di dunia ada banyak sekali denominasi Gereja Baptis. Anugerah yang tidak dapat ditolak. Penebusan yang terbatas. Sebagian teolog lainnya menekankan bahwa meskipun secara teologis mereka Calvinis. dan Ketekunan hidup orang Kristen). Secara tradisional Gereja Baptis percaya akan ajaran tentang “imamat am orang percaya. khususnya di kalangan kaum kulit hitam. Southern Baptist juga menolak penahbisan perempuan sebagai pendeta. Perseverance of the Saints (Keadaan manusia yang sama sekali berdosa. Sebagian orang berpendapat bahwa Southern Baptist secara historis menganut teologi Calvinis. namun kini rumusan Iman Baptis dan Pesan 2000 dari Southern Baptist Convention dipergunakan sebagai satu-satunya pemahaman yang sah untuk menafsirkan Alkitab. Unconditional election. sehingga banyak pendeta perempuan di Gereja itu terpaksa harus melepaskan jabatan mereka. Di lingkungan Southern Baptist Convention yang mempunyai anggota sekitar 16 juta orang ini muncul pula perdebatan tentang aliran teologi Gereja ini.

Gereja Baptis di Indonesia Seperti juga halnya di banyak negara lain di Asia (kecuali di Myanmar yang kuat dipengaruhi oleh American Baptist Convention). melainkan cenderung untuk membentuk kelompoknya sendiri. Di banyak negara Gereja Baptis tidak bergabung menjadi anggota Dewan Gereja Nasional.. Di Indonesia. Gereja Baptis Independen sudah ada sejak tahun 1970an. Billy Graham. Martin Luther King. dan Charles Spurgeon dari Inggris.Gereja German Brethren (Dunkard) dan Gereja Menonit juga tergolong di dalam keluarga Gereja-gereja Baptis. dan Walter Rauschenbusch. Tokoh-tokoh Baptis Beberapa tokoh Baptis yang terkemuka adalah John Bunyan. tetapi juga didapatkan di seluruh belahan dunia karena gencarnya program misi mereka. Di Kalimantan terdapat sejumlah kecil Gereja Baptis yang berasal dari pekerjaan misi Conservative Baptist dari Amerika Serikat. Jr. atau lebih tepatnya Gereja-gereja Anabaptis. Hubungan dengan Gereja-gereja Lain Gereja-gereja Baptis pada umumnya kurang bergaul dengan Gereja-gereja dari denominasi yang lain. Selain berbagai denominasi Gereja Baptis. Gereja-gereja Baptis di Indonesia. pengarang buku “Perjalanan Seorang Musafir”. Bill Clinton dan Al Gore di Amerika Serikat. ada juga kalangan Baptis tertentu yang tidak setuju dengan sistem denominasi. Jimmy Carter. salah satu contohnya adalah Gereja Baptis Independen Alkitabiah Graphe. melainkan mempertahankan otonomi tiap jemaat lokal. . Kelompok ini memakai nama Baptis Independen. Jesse Jackson. umumnya berafiliasi dengan Southern Baptist Convention. Gereja-gereja Baptis Independen banyak terdapat di Amerika Serikat.

dan pendidikan. Gereja Methodist dikenal sebagai gereja yang unik karena ini adalah satu-satunya Gereja Protestan yang anggotaanggotanya terdiri atas suku Batak dan orang-orang keturunan Tionghoa. Kini Gereja Methodist Indonesia menjalin hubungan erat dengan gereja methodist lainnya seperti United Methodist Church di Amerika Serikat dan Gereja Methodist Korea. Kalimantan.Gereja Methodist Indonesia Gereja Methodist Indonesia (GMI) adalah sebuah gereja protestan yang beraliran methodisme atau Wesleyan. konferensi yang pertama pun diselenggarakan di Sumatera Utara. dari Banda Aceh di bagian barat hingga Makasar di bagian timur. Pada 9 Agustus 1964. Latar belakang Methodisme datang ke Indonesia pertama kali pada 1905 setelah para misionaris Amerika mulai bekerja di Malaysia dan Singapura. kesehatan. Gereja Methodist di Indonesia dijadikan gereja otonom. Pada 1913. Hal ini mempersulit kedudukan Gereja Methodist di Indonesia yang pada waktu itu berada di bawah kepemimpinan Bishop Malaya. dan namanya secara resmi disebut sebagai Gereja Methodist Indonesia (GMI). Robinson. Mandiri Pada 20 Januari 1963 pemerintah Indonesia menyatakan sikap bermusuhan dengan Malaysia. GMI merupakan gereja beraliran methodis terbesar di Indonesia. sementara Gereja-gereja Protestan lainnya saat itu pada umumnya tersegregasi. setelah datangnya Bishop J. Di Indonesia. Pelayanan yang diberikan mencakup pelayanan jasmani maupun rohani dalam bentuk pelayanan kesejahteraan. dan Sumatera. Gereja Methodis di Indonesia saat itu adalah satu-satunya Gereja yang tidak dimulai oleh para misionaris Belanda ataupun Jerman. Pelayanan saat ini Daerah pelayanan Gereja Methodist Indonesia meliputi hampir setengah wilayah Indonesia. Pada saat itu. para misionaris Amerika mulai bekerja di Jawa. .

157 pendeta yang ditahbiskan. antara lain lagu-lagu rohani yang digunakan lebih modern dibandingkan dengan lagu-lagu lama yang bernuansa Gregorian. Batak. Sekitar 80% dari jemaat-jemaat GMI tinggal di daerah-daerah pedesaan. dan sejumlah sekolah dari tingkat playgroup hingga universitas. cenderung untuk tetap tinggal di dalam denominasi mereka masing-masing. Mandarin. Pimpinan Gereja Methodist Indonesia ditata dengan sistem episkopal. namun gerakannya muncul lebih awal dan terpisah dari gereja arus utama.adalah sebuah gerakan di kalangan Protestanisme yang sangat menekankan peranan karunia-karunia Roh Kudus. 248 pos pelayanan. Saat ini GMI mempunyai 276 gereja. . sehingga jauh dari kesan kesenjangan tingkat kerohanian. Inggris. Pimpinan GMI saat ini adalah Bishop Darwis Manurung STh. dan sejumlah bahasa setempat lainnya. Kebaktiankebaktiannya diselenggarakan dalam bahasa Indonesia. serta ratusan pelayan awam yang melayani 40. Orang Kristen Karismatik. Anggota-anggota GMI terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa.dan Wilayah II yang terdiri atas Sumatera Selatan dan Jawa.Min (Wilayah II). Aliran ini sangat mirip dengan gerakan Karismatik. GMI juga memiliki dua sekolah tinggi teologi. yaitu Wilayah I yang terdiri atas Aceh sampai Pekanbaru .Wesley (STT-Wesley) di Jakarta. yang berarti pucuk pimpinannya terletak di tangan seorang uskup (bishop). dan KONTA WILAYAH II : Sekolah Tinggi Theologia . (Wilayah I) dan Bishop Amat Tumino M. setidak-tidaknya pada awal gerakannya. Gereja Pentakosta memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut: • • • • Sangat menekankan keyakinan akan peranan Roh Kudus dan karunia-karunia Roh Kudus di dalam kehidupan sehari-hari para pengikutnya. sejumlah klinik. Gereja Pentakosta Gereja-gereja Pentakosta atau Pentakostalisme (aliran Pentakosta) . Pembaharuan infrastruktur ibadah. Sumatera Utara.913 calon anggota.Gereja Methodist Indonesia (STT-GMI) di Bandarbaru.yang di Indonesia sering disebut juga Pantekosta . yaitu untuk KONTA WILAYAH I :Sekolah Tinggi Theologia .183 anggota penuh serta 49. Desakralisasi hubungan antara imam dan jemaat yang lebih ditekankan pada nilai kekeluargaan. Daerah pelayanan GMI dibagi menjadi dua wilayah. Gereja mengizinkan peran kaum perempuan dalam pelayanan. Secara ringkas.GMI mempunyai sebuah rumah sakit Methodist (Rumah Sakit Methodist di Medan).

adalah bukti normatif dari baptisan Roh Kudus. tetapi karena berbagai alasan pribadi (misalnya. kebanyakan denominasi Pentakosta tergabung dalam evangelikalisme. Bagi Dr. Dr. Penalaran dihargai sebagai bukti kebenaran yang sahih. Orang Pentakosta berbeda dengan orang Fundamentalis karena mereka lebih menekankan pengalaman rohani pribadi. Orang Pentakosta memiliki pandangan dunia yang trans-rasional. Bagi orang Pentakosta. tetapi tidak memperlihatkan apa yang disebut "bukti fisik awal" dalam bentuk berbahasa Roh. Dr. tetapi orang-orang Pentakosta tidak membatasi kebenaran hanya pada ranah nalar. Meskipun mereka sangat memperhatikan ortodoksi (keyakinan yang benar). mereka juga menekankan ortopati (perasaan yang benar) dan ortopraksis (refleksi atau tindakan yang benar). Klaim ini unik bagi kaum Pentakosta dan merupakan salah satu dari sedikit perbedaannya dengan teologi Karismatik. 1 Korintus.Teologi Secara teologis. Jackie David Johns dalam bukunya tentang kepemimpinan formatif Pentakosta. Namun hanya sedikit orang yang berpandangan seperti ini. Para pendukungnya mengatakan bahwa posisi Pentakostal sangat erat dengan penekanan Lukas dalam Kisah Para Rasul dan mencerminkan suatu hermeneutika yang lebih tajam. hingga pada tingkat ineransi (tidak mengandung kesalahan) dan orang harus bertobat dan percaya kepada Yesus. menyatakan bahwa Alkitab mempunyai tempat yang khusus dalam pandangan dunia pentakostal karena Roh Kudus selalu aktif di dalam Alkitab. Para kritikus gerakan ini menyatakan bahwa doktrin ini tidak cocok dengan kritik Paulus terhadap gereja perdana di Korintus yang sangat menekankan bahasa Roh (lih. Beberapa gereja Pentakosta utama juga meyakini bahwa mereka yang tidak berbahasa Roh belum menerima berkat yang mereka namakan baptisan Roh Kudus. ps. Alkitab adalah referensi utama bagi persekutuan dengan Allah dan pedoman untuk memahami dunia. pertemuan dengan Alkitab adalah pertemuan dengan Allah. 12-14 dalam Perjanjian Baru. Salah satu ciri paling utama yang membedakan Pentakostalisme dengan Evangelikalisme adalah penekanannya pada karya Roh Kudus. Hal ini terjadi apabila seorang percaya dipenuhi oleh Roh Kudus. Robbins menulis sehubungan dengan keyakinan karismatik bahwa sejarah Gereja menolak pendapat bahwa karunia-karunia karismatik menghilang tak lama setelah . Johns. Bahasa Roh yang juga dikenal dengan glossolalia. mereka tidak melakukannya. karena kurangnya pengertian). Beberapa pendeta dan anggota gereja mengakui bahwa seorang percaya mungkin mampu berbahasa Roh. artinya mereka menekankan bahwa Alkitab itu sepenuhnya dapat dipercaya. Dale A.

Church of God in Christ. Mereka tidak menerima kelompok ini sebagai anggota mereka. dan yang juga menyingkapkan berbagai rahasia manusia demi kebaikan mereka sendiri [pengetahuan]. "Ketika Allah menganggap perlu.k.".. meskipun jumlahnya tidak pasti. "Kerasulan" atau yang oleh para pengecamnya disebut sebagai orang-orang Pentakosta "Yesus saja". Di AS gereja-gereja Pentakostal diperkirakan mempunyai lebih dari 20 juta anggota. Menurut sebuah artikel Musim Semi 1980 dari Christian History.k. Robbins mengutip seorang bapa Gereja mula-mula. Tertulianus (l. Sebagian gereja Pentakosta berpegang pada teologi Keesaan yang menolak doktrin Tritunggal (Trinitas) yang tradisional dan menganggapnya tidak alkitabiah.. Kaum Pentakostal Keesaan ini kadang-kadang juga dikenal dengan "Nama Yesus".000 (4%) penduduk Hispanik. Hal ini sebagian disebabkan . termasuk sekitar 918. bahkan menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal. Robbins juga mengutip tulisan Ireneus berikut ini. Alasan cukup mendasar penolakan itu adalah. dekan Regent University School of Divinity (Sekolah Teologi Universitas Regent) di Virginia Beach bahwa 25% dari seluruh umat Kristen di dunia adalah Pentakostal atau karismatik Denominasi-denominasi Pentakostal terbesar di AS adalah Assemblies of God (Sidang Jemaat Allah).. Robbins.000 denominasi pentakostal atau karismatik di seluruh dunia. Pemeluk Christianity Today melaporkan dalam sebuah artikel yang berjudul "World Growth at 19 Million a Year" (Bertumbuh 19 juta angota di seluruh dunia) bahwa menurut sejarahwan Vinson Synon.[1] Keyakinan bahwa orang tidak diselamatkan apabila ia tidak berbahasa roh ditolak oleh kebanyakan aliran utama Pentakosta. termasuk Pentecostal World Conference dan Fellowship of Pentecostal and Charismatic Churches of North America menentang teologi Keesaan dan menganggapnya sebagai ajaran sesat. Dr. Mereka juga percaya bahwa Allah menyatakan diri-Nya dalam berbagai peran. 347-407). dan United Pentecostal Church. Church of God (Cleveland). kami mendengar banyak saudara di gereja yang memiliki karunia-karunia bernubuat. Namun demikian organisasi-organisasi pentakostal trinitarian yang utama. 232-269). 275-339). 182-251). Firmilianus (l. 155-230) melaporkan kejadian-kejadian serupa. seperti halnya pula dengan Origenes (l." Menurut Dr. Jumlah ini mencakup jemaat-jemaat yang tidak berafiliasi. mereka melakukan banyak perbuatan yang ajaib.. dan ketika gereja banyak berdoa dan ber-puasa. Kelompok Keesaan ini pun memperlakukan hal yang sama terhadap kelompok trinitarian. dan yang berbahasa Roh. ada sekitar 11. Hal ini disebabkan oleh keyakinan mereka bahwa para Rasul yang mulamula itu membaptiskan orang-orang Kristen baru di dalam nama Yesus.k. dan Krisostomus (l. bahwa jemaat adalah tubuh yang memiliki peran dan karunia masing-masing. Denominasi Keesaan Pentakostal yang terbesar di Amerika Serikat adalah United Pentecostal Church. ". Dr.masa para rasul. dan bukan dalam tiga pribadi yang berbeda.k. 130-202) yang menulis sbb.k. Ireneus (l. Eusebius (l.k.

sebuah gereja Pentakostal. gereja-gereja Pentakostal/Karismatik yang utama adalah • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Gereja Gerakan Pentakosta (GGP). Perkiraan lain menyebutkan jumlah hampir 400 juta. 500 an ribu Gereja Kristen Kemah Daud (GKKD). meskipun kebanyakan pemimpin mereka masih orang Amerika Utara. dan menawarkan tidak hanya harapan tetapi juga sebuah cara hidup yang baru. Pada tahun 2003 anggotanya berjumlah 780. 20 an ribu Jemaat Pentakosta Indonesia (JPI). Gereja ini didirikan dan dipimpin oleh David Yonggi Cho sejak 1958. • Di Indonesia gereja-gereja Pentakosta diperkirakan mempunyai lebih dari 2 juta anggota. Menurut Christianity Today. Gereja Bethel Indonesia (GBI). 20 an ribu Abbalove Ministries. menurut sebuah laporan PBB pada 1999. Gereja Tiberias Indonesia. Gereja Kristen Perjanjian Baru (GKPB). Gereja Pentakosta Indonesia (GPI). Gereja Kerasulan adalah gereja yang paling cepat berkembang di seluruh dunia. • Gereja Yesus Sejati. Gereja Kristen terbesar di dunia adalah Yoido Full Gospel Church (Gereja Injil Sepenuh Yoido) di Korea Selatan. Gereja Kegerakan Pantekosta Minahasa (GKPM) Gereja Segala Bangsa (GESBA) Gereja Pimpinan Rohulkudus (GPR) Gereja Mawar Sharon (GMS) dan lain-lain. Gereja Bethany Indonesia. adalah gereja pribumi yang didirikan oleh orang-orang Tionghoa di daratan Tiongkok. namun pusatnya sekarang berada di Taiwan. Pentakostalisme adalah "iman yang hidup di antara kaum miskin. 600 an ribu Gereja Pantekosta Serikat Di Indonesia (GPSDI). Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII). Pentakostalisme kadangkadang disebut sebagai "gerakan ketiga Kekristenan". Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI). Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah (GSSJA). Gereja Sidang Pantekosta DI Indonesia (GSPDI). yang menjangkau ke dalam kehidupan sehari-hari anggotanya. "Gereja-gereja Pentakostal sangat berhasil dalam merekrut ." Selain itu. Sebagian terbesar dari pemeluknya terdapat di negara-negara Dunia Ketiga. Jakarta Praise Community Church. Gereja Bethel Tabernakel (GBT).karena sebagian ajaran Pentakostalisme juga dianut oleh denominasi non-Pentakostal yang dikenal sebagai gerakan karismatik.000. Perhitungan konservatif atas penganut Pentakostalisme di seluruh dunia pada tahun 2000 diperkirakan sekitar 115 juta.

30. di kalangan gereja-gereja Brazilia. pada umumnya Dennis Bennett. mengumumkan kepada jemaatnya pada tahun 1960 bahwa ia telah menerima pencurahan Roh Kudus. Gerakan Karismatik Gerakan Karismatik dalam berbagai hal memiliki ciri-ciri khas Pentakosta. Karismatik merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan kaum Kristiani yang percaya bahwa manifestasi Roh Kudus tersebut juga bisa terjadi dan seharusnya dipraktekkan sebagai pengalaman pribadi setiap orangorang percaya pada masa sekarang ini. "Para pendetanya seringkali meminta anggotanya persembahan yang jumlahnya layak ditertawai. seorang dari Gereja Episkopal Amerika seringkali disebut-sebut sebagai pionir dari gerakan ini. Christianity Today mencatat "Para sarjana telah lama mengecap Pentakostalisme sebagai agama yang tidak memperhatikan hal-hal yang ada di dunia sini. namun orang-orang ini memberikan 20." Christianity Today juga mencatat bahwa kaum Pentakostal Brazilia berbicara tentang Yesus yang riil dan dekat kepada mereka. Banyak kaum Karismatik pada akhirnya kemudian membentuk denominasi terpisah dalam gereja-gereja baru. Kitab Kisah Para Rasul mencatat (mengisahkan) mengenai manifestasi Roh Kudus seperti kesembuhan ilahi. Pada tahun 1960. di mana pemeluk Pentakostal pada umumnya sangat miskin. dan kecenderungan asketik (bertarak). serta melakukan berbagai hal bagi mereka termasuk memberikan makanan dan tempat bernaung. Namun demikian. dan kadang-kadang bahkan 50 persen dari penghasilan mereka. Van Nuys. Segera setelah peristiwa ini. Sejarah Awal. Bahkan para sarjana Pentakostal yang sangat dihormati pun mengakui hal ini. Bennet. religiositas yang mendalam. mujizat. Bagi banyak orang. nubuat." Juga menurut Christianity Today. Kata charis digunakan dalam Alkitab untuk menjelaskan mengenai berbagai-bagai pengalaman supranatural (khususnya dalam 1 Korintus 12-14). dan lain-lain). Kata karismatik berasal dari sebuah kata Yunani charis yang berarti kasih karunia.anggotanya dari kalangan yang paling miskin. ia pindah melayani . California. dan glossolalia yang terjadi pada masa gereja mula-mula pada awal abad pertama. Amerika Serikat. seorang Rektor Gereja Episkopal Santo Markus. Gerakan ini pada awalnya bersifat antardenominasi di dalam gereja-gereja aras utama Protestan dan Katolik. karena gerakan ini sangat menekankan pengalaman karismatik. 1950-1975 Adalah sulit untuk menentukan kapan waktunya dan di mana tepatnya Kristen Karismatik mulai muncul sebagai gerakan yang berpengaruh di antara gereja-gereja aras utama. khususnya dalam hal karunia-karunia Roh seperti tercatat dalam Alkitab (bahasa lidah/bahasa roh/glossolalia. Selain itu. hal ini dianggap sebagai kesimpulan yang tidak terelakkan.

Pembaharuan Karismatik Katolik diawali pada individu seperti Kevin Ranaghan dan pengikutnya di University of Notre Dame. yang telah. Di New Zealand. Boris Zabrodsky. Dinamika. Branham. karena diminta untuk secara sukarela keluar atau bahkan ada juga yang dipecat. Gerakan gereja rumah di Inggris Raya dan gerakan Vineyard di Amerika Serikat adalah contoh-contoh struktur gereja karismatik yang formal. Gereja Hillsong di Australia adalah contoh gereja Pentakosta yang mengadopsi praktek dan kepercayaan karismatik. [1] Pelayanannya ini banyak mempengaruhi puluhan ribu kaum Anglikan di seluruh dunia sekaligus memulai gerakan pembaharuan di dalam tubuh Gereja Katolik Roma dan Gereja-Gereja Ortodoks. Mereka yang keluar ini kemudian menggabungkan diri dengan gereja-gereja Pentakosta lain ataupun membentuk gereja/denominasi mereka sendiri.di Vancouver dalam dalam banyak lokakarya dan seminar mengenai karya Roh Kudus. pada waktunya juga mempengaruhi denominasi Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah Australia. Gerakan pembaharuan karismatik namun demikian tidak mempengaruhi Gereja Ortodoks Timur sehebat di gereja-gereja aras utama lainnya. South Bend. Keuskupan Agung Ortodoks Yunani. 1975-2000 Sementara banyak kaum karismatik tetap berada di dalam lingkup denominasinya. Gereja Ortodoks Ukrania di Amerika. Indiana. Lutheran. gerakan terbesar Pentakosta adalah Gereja Hidup Baru (New Life Churches). seperti William M. di samping berbagai gereja lokal dan internasional yang juga berdiri di sana. pendiri Persaudaraan Teolog Baru Santo Simeon • Fr. untuk mendapatkan karunia-karunia Roh Kudus. Dennis Bennet adalah rekan Ranaghan di Gereja Episkopal. • Pada tingkat internasional. Beberapa kaum pembaruan karismatik di Gereja Ortodoks di antaranya adalah: Fr. pendiri Komite Pelayanan Pembaruan Spiritual Ortodoks (SCOSR) yang menerbitkan koran "Theosis". selama tidak mengganggu tugas utama mereka di jemaat/kongregasinya. Para pendeta dari Southern Baptist Convention pada akhirnya keluar dari denominasi mereka. seperti Episkopal. Amerika Serikat. dan Katolik. banyak yang lainnya telah keluar secara sukarela maupun dipaksa. Eusebius Stephanou. David du Plessis bersama-sama dengan para gembala/pendeta dari gereja-gereja lainnya (termasuk Lutheran dan bahkan dari Southern Baptist Convention) turut menyebarluaskan gerakan tersebut. . Tetapi para pendeta/pastor dari gereja-gereja Episkopal dan Katolik diijinkan untuk tetap berada di gerejanya. Antara 1960-1970. Gerakan Karismatik tampaknya dipengaruhi oleh Gerakan Hujan Akhir dan para pengajar dari Gerakan tersebut. muncul pembaharuan di kalangan gereja-gereja aras utama. Sejak sekitar tahun 1975.

di mana kaum Kristen Pentakosta kebanyakan sangat miskin. dan perkembangan aliran Pentakosta tampaknya tidak akan pernah terlepaskan dalam topik . Hal-hal di atas." [3] Christianity Today juga mencatat bahwa kaum Pentakosta Brasilia mengobrolkan Yesus seakan-akan pribadi yang nyata dan dekat dengan mereka dan melakukan berbagai hal untuk mereka seperti menyediakan makanan dan tempat tinggal. Gerakan ini pada awalnya dianggap sebagai bidah oleh denominasi Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah pada masa itu. menurut Christianity Today. "Para pengkhotbah tak henti-hentinya menghimbau jemaat untuk memberikan suatu jumlah yang tampaknya menggelikan. "Gereja-gereja Pentakosta telah sangat berhasil dalam merekrut anggota-anggotanya dari yang termiskin di antara kaum papa. belum sepenuhnya disepakati oleh banyak sarjana/peneliti pada tingkatan yang lebih tinggi. dan fenomena Toronto Blessing." Juga menurut Christianity Today. Sejak pertengahan 1980an. aliran Pentakosta dan gerakan Karismatik sering dianggap sebagai gerakan sama. di mana kedua gerakan ini telah mengadopsi berbagai eleman dan pengajaran dari Gerakan Hujan Akhir tersebut.Gerakan Hujan Akhir ini merupakan sebuah gerakan yang muncul pada tahun 1950an di antara gereja-gereja Pentakosta. aliran Pentakosta adalah "sebuah semangat iman di antara kaum papa. C. dan bahkan 50 persen dari pendapatan mereka. menawarkan tidak hanya harapan. Masa ini ditandai dengan pelayanan-pelayanan internasional terkenal di kalangan Kristiani seperti." [2] Sebagai tambahan. Peter Wagner. "Para sarjana telah lama menganggap aliran Pentakosta sebagai seperti agama besar dari "dunia lain". dalam laporan PBB pada tahun 1999 dinyatakan. semangat keagamaan. para jemaat tidak jarang memberikan zakat/persembahan perpuluhan mereka hingga 20. tapi sebuah cara baru untuk menjalani kehidupan." [5] Gerakan Karismatik dan Aliran Pentakosta Gerakan Karismatik memiliki banyak kemiripan dengan aliran Pentakosta. Word-faith Theology. membawa kepada sebuah kesimpulan bahwa gerakan ini menekankan akan pengalaman karismatik. di kalangan gereja-gereja Brasilia. Pada masa modern. yang berfokus pada hal-hal yang di atas ketimbang hal-hal duniawi. walaupun demikian. Masa ini disebut Gelombang Ketiga Roh Kudus. yang menjamah hingga kehidupan sehari-hari pemercayanya. [4] Sebagai tambahan. gerakan Karismatik telah mencatat sejumlah perubahan yang cukup besar dalam ilmu teologi dan pengaruhnya. Dengan pandangan ini. dan tendensi kepertapaan. Kesimpulan ini. Karismatik: Sebuah Perspektif Dunia Seperti telah tertulis di atas. 30. gerakan Karismatik dan aliran Pentakosta semakin lama semakin berkemiripan dalam hal pengalaman dan teologi.

Perbedaan di antara keduanya juga bisa dilihat dari gaya dan tata ibadah (misalnya cara penyembahan. dan di Filipina sendiri. Pengaruh aliran Pentakosta terhadap gerakan Karismatik tidak dapat dipungkiri. Pembaharuan Karismatik Katolik (PKK) Artikel utama dari topik ini: Pembaharuan Karismatik Katolik Meskipun kaum Kristen Karismatik tidak eksklusif dalam satu denominasi saja. Gerakan Karismatik ini kemungkinan besar adalah sub-gerakan terbesar yang ada di kalangan Katolik Roma.perkembangan Karismatik. bersama-sama dengan Katolik Tradisionalis. harus dimengerti bahwa keduanya secara umum memiliki kesamaan yang sangat besar. Para pastor/pendeta maupun awam karismatik seringkali mengadakan kebaktian-kebaktian kebangunan rohani (KKR) di berbagai tempat. namun karena tidak satupun gerakan tersebut yang monolitik. ada juga banyak perbedaan yang memisahkan secara tajam Karismatik dari Pentakosta. Karena kemiripannya. Hal ini . teologi Karismatik tidak secara khas serta merta mengikuti kaum Protestan. juga sulit untuk menyatakan mereka sebagai gerakan yang sama. dan metode pelayanan altar). sekalipun harus mengadakan perjalanan-perjalanan yang jauh dari tempat domisilinya. dan keduanya dikenal dengan gaya khotbah yang berai-api. Gerakan Karismatik juga muncul dalam tubuh Gereja Katolik. Keduanya mengakui kuasa Roh Kudus. walaupun kadang-kadang juga bisa sangat berbeda. tidak mendirikan gereja baru. dan Paus Yohanes Paulus II juga dikabarkan memiliki seorang karismatik yang menjadi rujukannya. Di dalam tubuh Gereja Katolik Roma secara Internasional. Walaupun sangat mirip sehingga kadang sulit dibedakan dengan aliran Pentakosta yang menjadi inspirasinya. Aliran Pentakosta lahir jauh lebih dahulu daripada Gerakan Karismatik. Hingga suatu definisi yang lebih baik disepakati secara luas (khususnya karena kedua gerakan ini relatif masih muda di dalam aliran-aliran Kristen). Walau demikian. beberapa aspek kunci juga membedakan keduanya: • • • • • kebanyakan Karismatik menolak keutamaan glossolalia yang diberlakukan oleh Pentakosta menolak beberapa ajaran Pentakosta yang dianggap legalisme oleh Karismatik banyak Karismatik seringkali tetap berada di denominasinya sendiri. pada masa kini semakin lama semakin sulit untuk membedakan Karismatik dan Pentakosta sebagai gerakan yang terpisah. cara berkhotbah. contohnya Karismatik Katolik di Gereja Katolik Roma. Kesembuhan Ilahi telah diterima secara meluas di antara kedua Gerakan. gerakan ini terutama sekali menjadi populer di kalangan Filipino (orang-orang Filipina) dan komunitas Hispanik di Amerika Serikat.

yang biasanya diterjemahkan menjadi “Injili” dalam bahasa Indonesia. kata yang sama dalam bahasa Inggris “Evangelical”. Cambridge University Press. Freston. serta bertindak sesuai dengan. Dalam pengertiannya yang paling sempit. James Guth Akron Survey of Religion and Politics in America. biasanya diartikan sebagai Protestan atau bahkan Lutheran seperti yang biasa digunakan dalam terjemahannya ke dalam bahasa Jerman "evangelisch". Bliss Institute University of Akron. yang mungkin tidak menyetujui pengajaran karismatik. didasarkan pada."baik" dan angelion "kabar" atau "berita".menerangkan suatu situasi sulit bagi banyak otoritas gereja. Evangelicalism in Modern Britain: A History from the 1730s to the 1980s. dalam pengertian leksikal. Diakses pada 15 Februari 2007 . Kata ini berasal dari kata bahasa Yunani untuk 'Injil' atau 'kabar baik': ευαγγελιον evangelion. merujuk kepada apapun juga yang tersirat dalam keyakinan bahwa Yesus adalah Mesias. namun kesulitan untuk menentangnya.. Di Jerman. Africa and Latin America. orang-orang. Lihat lebih jauh dalam "Penggunaan" di bawah ini. Unwin Hyman. Evangelikalisme dicirikan oleh penekanan pada penginjilan. Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. artinya. karena gerakan ini didukung oleh anggota-anggota paling berkuasa di Gereja. menjadi evangelikal berarti menjadi Kristen. Otoritas Gereja juga menghadapi situasi di mana mereka harus terus menerus memastikan bahwa inovasi-inovasi apa pun yang muncul di tubuh jemaat adalah konsisten dan tidak bertentangan dengan Alkitab dan doktrin Gereja Katolik Roma. dan gerakan-gerakan sosial Protestan telah sering dicap evangelikal yang dibedakan dari liberalisme Protestan. Green. pengalaman pertobatan secara pribadi. tetapi juga yang lebih jarang digunakan. Perlu dicatat bahwa di Eropa daratan. Rujukan • • • Bebbington. David (16 September 1989). dari eu. Evangelikalisme Evangelikalisme adalah istilah yang biasanya merujuk kepada praktik-praktik dan tradisi-tradisi keagamaan yang terdapat dalam agama Kristen Protestan konservatif. ISBN 052160429X. dan dimotivasikan oleh. Karena sifat gerakan ini yang mudah menerima pengajaran-pengajaran baru. iman yang berorientasi pada Alkitab dan keyakinan tentang relevansi iman Kristen pada masalah-masalah kebudayaan. penyebaran pesan kabar baik dari Perjanjian Baru. ISBN 0415104645. kelompok Protestan yang dikenal sebagai Lutheran di AS dan di berbagai tempat lainnya di seluruh dunia. secara eksklusif disebut sebagai Evangelische atau Injili. Evangelicals and Politics in Asia. Gereja-gereja. Paul (16 September 2010). John. Penggunaan Istilah 'evangelikal'. yang tergolong ke dalam Gereja Injili di Jerman.

Menikah dan Melayani William Booth menikah dengan Catherine Mumford yang dilahirkan di Ashbourne. proyek-proyek pembangunan masyarakat. Hiburan satu-satunya adalah agama. Eerdmans. Booth dilahirkan di Nottingham. rumah sakit. Sehari-hari mereka mengenakan pakaian seragam dengan pangkat-pangkat kemiliteran. Catherine dibesarkan dalam keluarga Kristen. Sejak masa kecilnya. Ia bergabung dengan sebuah Gereja Metodis dan belakangan memutuskan untuk menjadi pendeta. Mark (16 September 1994). panti asuhan. Booth yang muda juga sadar betapa orang-orang miskin ini seringkali mengalami penghinaan dan nista dari orang-orang lain. Karena itulah sejak kecil ia terpaksa harus ikut menopang keuangan keluarganya. Pada usia 13 tahun ia dikirim untuk magang di sebuah pegadaian. Derby. Namun dalam pekerjaan itu pula ia memperoleh pengalaman dan kesadaran tentang arti kemiskinan yang dialami banyak orang. dari prajurit sampai jenderal. Mereka melaksanakan berbagai program seperti dapur umum untuk kaum miskin.As quoted in Noll. Scandal of the Evangelical Mind. Booth tidak menyukai pekerjaan ini. ISBN 0802837158 Bala Keselamatan Bala Keselamatan (Inggris: Salvation Army) adalah salah satu denominasi di kalangan Gereja Protestan yang terkenal dengan pelayanan sosialnya. dan pada usia 12 tahun ia telah membaca seluruh Alkitab sebanyak 8 . Inggris pada tahun 1829 dalam sebuah keluarga kontraktor bangunan kecil yang jatuh bangkrut. Pada usia remajanya itu pula Booth menjadi Kristen dan seringkali berusaha mengajak orang-orang lain untuk menjadi Kristen juga. dll. dan karena itu seringkali murung dan kesepian. Setelah magangnya selesai. pada tanggal 17 Januari 1829. Masa kecil William Booth William Booth Aliran Bala Keselamatan ini dimulai oleh William Booth. Catherine adalah seorang anak perempuan yang bersungguh-sungguh dan sensitif. seorang pendeta Gereja Metodis. rumah tumpangan. Booth pindah ke London dan di sana kembali ia bekerja di sebuah rumah gadai.

Ketika Booth mulai berkhotbah keliling kepada orang-orang miskin. Karena itu. setelah nama Misi Kristen diganti menjadi Bala Keselamatan. Ketika Booth menjadi Jenderal. Pelan-pelan Booth berhasil mendirikan pos-pos pekabaran Injil namun hasil pekerjaannya tetap belum memuaskan. “Misi Kristen” hanyalah satu di antara 500 organisasi amal dan keagamaan yang berusaha menolong orang-orang miskin di East End.” Ia menjadi tenaga pendorong utama yang menimbulkan banyak perubahan dalam gerakan ini. Catherine berbicara kepada orang-orang kaya untuk mengimbau mereka mendukung secara finansial pelayanan yang mereka lakukan. Baru pada tahun 1878. Mereka menikah pada tanggal 16 Juni 1855 dalam sebuah upacara yang sangat sederhana. Catherine merasa benar-benar percaya. setelah mengalami pergumulan iman. Setelah menikah William Booth menjadi seorang pengkhotbah keliling yang berkelana di seluruh Inggris. Suatu kali William Booth datang dan berkhotbah di gereja Catherine. organisasi ini mulai berkembang. dan melepaskan jabatannya sebagai seorang pendeta Metodis dan menjadi pengkhotbah keliling. hingga dua orang di antaranya mencapai kedudukan sebagai Jenderal di dalam Bala Keselamatan. Namun baru pada usia 16 tahun. dan mereka seringkali dilempari batu dan petasan lewat jendelanya oleh para pengacau. merancang bendera. .kali. topi untuk kaum perempuan dan berbagai pemikiran untuk Bala Keselamatan. Karena itu. Di luar sebuah pub yang bernama Blind Beggar. Karena itu Booth kembali ke London bersama keluarganya. Booth berada di East End di London. Pada suatu hari di tahun 1865. Namun Booth merasa ia harus melakukan lebih daripada itu. berkhotbah kepada sekumpulan orang di jalan-jalan. Catherine mempunyai minat khusus untuk berbicara kepada para pecandu alkohol. beberapa misionaris mendengarkan Booth berbicara dan tertarik oleh khotbahnya yang sangat mengesankan.” Pertemuan-pertemuan di malam hari diselenggarakan di sebuah gudang tua. Segera mereka saling jatuh cinta dan bertunangan. Di rumah. Catherine dikenal sebagai “Ibu Pasukan. Ia mulai dengan mengajar di sekolah Minggu karena pada waktu itu perempuan tidak biasa diizinkan berbicara di pertemuan-pertemuan orang dewasa. Booth segera sadar bahwa inilah yang selama ini dicari-carinya. ia pun segera mendirikan gerakannya sendiri yang dinamainya “Misi Kristen. Catherine membesarkan 8 orang anaknya di dalam iman Kristen. sambil berkhotbah kepada siapa saja yang mau mendengarkannya. mereka meminta Booth untuk memimpin serangkaian kebaktian kebangunan rohani yang sedang mereka selenggarakan di sebuah tenda besar. Pelayanan Catherine Catherine mulai membantu pelayanan gereja di Brighouse.

sementara misi Bala Keselamatan ditujukan kepada kaum buruh dengan masalah-masalah mereka yang riil sehari-hari. menyatakan “Kami percaya akan keselamatan yang dipahami . Teologi revivalis (kebangunan rohani) yang berkembang di Amerika Serikat juga sangat mempengaruhi William Booth dan Catherine. Bagi mereka. misalnya. Khotbah-khotbah Booth yang berapi-api dan sederhana. Bala Keselamatan berusaha menciptakan suasana Kristen yang tidak terlalu "menggereja" karena mereka merasa bahwa suasana seperti itu tidak akan membuat orang-orang yang tidak terbiasa ke gereja betah. sejak awal mereka telah merencanakan untuk mengembangkan sayap organisasi mereka ke Amerika Serikat. Semangat ketentaraan inilah yang menjiwai gerakan Bala Keselamatan yang dengan cepat menyebar ke luar negeri. Gereja adalah untuk orang-orang kelas menengah yang formal dan sok.Perkembangan Peta perkembangan Bala Keselamatan di seluruh dunia Gagasan tentang pasukan yang berjuang melawan dosa sangat menarik perhatian banyak orang dan Bala Keselamatan mulai berkembang dengan cepat. Sementara perjamuan kudus tidak diselenggarakan karena kekuatiran bahwa hal itu akan menimbulkan keinginan untuk minum-minum di antara mereka yang telah meninggalkan alkohol. organisasi ini telah bekerja di 58 negara. Mereka yakin bahwa cara khotbah mereka akan lebih diterima di sana daripada di Inggris. dengan segera mengundang banyak orang untuk meninggalkan masa lalu mereka danmemulai hidup baru sebagai anggota pasukan dalam Bala Keselamatan. Booth. (2) setelah pertobatan orang cenderung tetap berdosa. dan sekarang Bala Keselamatan bekerja di 103 negara di seluruh dunia. kasih Allah bagi manusia dan kasih manusia terhadap Allah membersihkan sisa-sisa keakuan dan kesombongannya. tetapi Allah menawarkan kesempurnaan di dalam anugerah-Nya. Teologi Teologi Bala Keselamatan didasarkan pada dua pokok pemikiran: (1) bahwa pertobatan adalah sesuatu yang mutlak dalam kehidupan orang Kristen. yakni baptisan dan perjamuan kudus. baptisan cukup dilambangkan dengan janji yang sungguh-sungguh dihadapan Tuhan. Teologi Bala Keselamatan didasarkan pada teologi para Reformator dengan modifikasi di sana-sini. Itulah sebabnya. Pada saat Booth meninggal pada tahun 1912. di mana orang cenderung menolak bentuk-bentuk Kekristenan yang berbeda. Semangat untuk tidak "menggereja" ini telah menyebabkan Bala Keselamatan tidak mempraktikkan sakramen. Orang harus percaya bahwa ia dilahirkan dalam kuasa dosa warisan dan kelepasan hanya bisa diperoleh dengan menerima anugerah Kristus pada salib. Melalui anugerah itu.

yang terdiri atas Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru diberikan oleh ilham Allah dan bahwa hanya kedua kitab itu sajalah yang menjadi dasar aturan Ilahi bagi iman dan praktek kristiani. murah hati. tidak akan pernah jatuh dari anugerah Allah. dan sebagai akibat dari kejatuhan mereka. pribadi Catherine yang sabar. akan dihukum.” Di luar prinsip-prinsip teologi yang abstrak. sehingga konon pada abad ke-18 John Wesley pernah berkata kepada Whitfield. dan Whitfield. yang tidak terpilih. sama sekali kehilangan kemuliaannya. Pemelihara. semua orang telah menjadi berdosa. 2. dan Pemerintah dari segala sesuatu. 4.. hakikat ilahi dan manusiawi dipersatukan. Jadi. Kristus mati untuk orang-orang pilihan saja. Menurut ajaran ini. Roh Kudus akan dicurahkan dan Injil disebarkan di seluruh dunia. sehingga Dia adalah Allah sejati dan manusia sejati. Dengan menggabungkan latar belakang Metodis William Booth dengan ajaran Calvin. Bala Keselamatan menekankan “pengalaman pengudusan pribadi yang mendalam.dalam gaya lama (old-fashioned salvation). sehingga anugerah Allah tidak bisa ditolak. Pemahaman kami tentang keselamatan sama dengan apa yang diajarkan di dalam Alkitab dan diberitakan oleh Luther. sekali ia bertobat. dan hanya Dialah satu-satunya yang layak disembah. Kami percaya bahwa Allah dikenal dalam tiga pribadi – Bapa. yang diisi oleh kuasa roh dan pengabdian kepada pelayanan Kristen . dan orang percaya. Sang Pencipta. Oleh karena itu. pada akhir abad ke-19. 3. mengajarkan tentang teologi kesucian seperti yang dikembangkan oleh Wesley. Kami percaya bahwa di dalam pribadi Yesus Kristus. Kristus akan kembali pada abad milenium ini dan akan mengakhiri sejarah. Wesley. dan bukan untuk semua orang. peka dan oergaisator yang efisien dalam mengatur uang dan orang lain menjadi unsure yang penting dalam organisasi Bala Keselamatan. Kami percaya bahwa Kitab Suci. Allah itu Maha kuasa dan karenanya Ia pasti telah menetapkan sejak kekekalan. maka para tokoh Bala Keselamatan merumuskan 11 butir doktrin sbb. dan karenanya samasama terkena murka Allah. 5.. tetapi karena ketidaktaatannya mereka kehilangan kemurnian dan kebahagiaan mereka.: 1." Salah seorang tokoh Bala Keselamatan.” Teologi Whitfield yang diterima oleh Bala Keselamatan adalah ajaran predestinasi Calvin. Kami percaya bahwa leluhur kita yang pertama diciptakan dalam keadaan tanpa dosa. Anak. “Allahmu adalah iblisku. Pemikiran ini sangat bertentangan dengan ajaran John Wesley yang menekankan kehendak bebas. Taiz menyatakan bahwa Booth percaya bahwa Allah dapat membebaskan semua orang dari berbagai pengaruh dosa dan bentuk yang negatif. dan Roh Kudus. Kami percaya bahwa hanya ada satu Allah yang sempurna dan tidak terbatas di dalam kesempurnaannya. yang bernama Taiz. . sementara yang lainnya. bahwa sebagian orang – yakni mereka yang terpilih – akan diselamatkan. yang hakikatnya tidak terpisah-pisahkan dan setara di dalam kuasa dan kemuliaan-Nya.

8. melalui kematian-Nya telah melakukan penebusan bagi seluruh dunia sehingga barangsiapa yang percaya kepada-Nya akan diselamatkan. adalah perlu bagi keselamatan. . Kulawi (Sulawesi Tengah). Semarang. dan tubuh mereka dapat dipertahankan tidak bercacat hingga kedatangan kembali Tuhan kita Yesus Kristus. Kedudukan ini sekarang dijabat oleh Jenderal Shaw Clifton. Kami percaya bahwa adalah hak semua orang percaya untuk sepenuhnya dikuduskan dan bahwa seluruh roh. dan penghukuman kekal dari orang-orang yang jahat. dll. RSU "William Booth" di Semarang. 11. Bandung. Mereka tiba di Batavia dan kemudian mulai melayani di Purworejo. Kami percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus. iman kepada Tuhan kita Yesus Kristus. 10. Bala Keselamatan di Indonesia Pelayanan Bala Keselamatan di Indonesia telah berlangsung sejak datangnya dua orang rohaniwan berkebangsaan Belanda pada tanggal 20 November 1694. Kami percaya akan keabadian jiwa. RS Ibu dan Anak "Catherine Booth" di Makassar. 9. seorang berkebangsaan Irlandia Utara. Kami percaya bahwa pertobatan kepada Allah. jiwa. kebangkitan tubuh. Kalimantan Timur. Kami percaya bahwa kelanjutan keadaan keselamatan tergantung kepada iman yang terus-menerus taat kepada Kristus. Jombang. Jawa Tengah. dan kelahiran kembali melalui Roh Kudus. kebahagiaan kekal dari orang-orang yang benar. sejumlah sekolah di Jakarta. Sejumlah program yang dilakukan oleh Bala Keselamatan di Indonesia adalah RSU "William Booth" di Surabaya. Kini pelayanan mereka mencakup lebih kurang 15 provinsi di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa kita dibenarkan oleh anugerah melalui iman kepada Tuhan kita Yesus Kristus dan bahwa ia yang percaya kepadanya mempunyai saksi di dalam Diri-Nya. 7. Pimpinan Bala Keselamatan di Indonesia di sebut Komandan Teritorial yang saat ini dipegang oleh Komisioner Basuki Kartodasono dan berkedudukan di Bandung. Pimpinan Bala Keselamatan se-dunia Pimpinan tertinggi Bala Keselamatan se-dunia berpangkat jenderal dan berkedudukan di London.6. Kec. Long Iram. penghakiman umum pada akhir zaman. Inggris.

Ellen G White. Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Salah satu kelompok yang menonjol dalam penyelidikan ini dipimpin William Miller. Belakangan pengikut-pengikut Gerakan Miller ini menyadari bahwa mereka telah keliru menafsirkan hari kedatangan kembali Yesus. USA Pada awal abad ke-19 banyak orang Kristen – Situs resmi www. Gereja ini berakar pada Gerakan Millerite yang muncul di Amerika Serikat pada pertengahan abad 19. Metodis. Pengikut-pengikut Gerakan Miller ini antara lain: James White. Pada tanggal 23 Mei 1863 sebagian pengikut Gerakan Miller secara resmi . dan menyebut hari yang mereka harapkan Yesus akan datang sebagai "Hari Kekecewaan". Para penyelidik Alkitab itu mengharapkan beberapa kejadian yang sangat penting akan terjadi sehubungan dengan nubuatan 2300 petang dan pagi dalam Daniel 8. diorganisasi. dalam bahasa Inggris the Seventhday Adventist Church. Asia dan Afrika Kantor Pusat 12501 Old Columbia Pike. Mereka percaya bahwa Yesus akan datang ke bumi pada tanggal 22 Oktober 1844. Orang-orang Advent percaya bahwa Yesus akan segera datang.adventist. White. Arminian Ellen G.Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh adalah denominasi Kristen yang beraliran evangelis. Di bait suci/kaabah surgawi itu Yesus Kristus memulai pekerjaan penghakimannya demi keselamatan manusia sebab “Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. hari ketujuh dalam pekan. Andrews Pendiri Sejarah Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Di seluruh dunia khususnya di Penyebaran Amerika Utara. Sekitar 20 tahun pengikut-pengikut Miller tersebar di Amerika Serikat tanpa terorganisir.org termasuk di dalamnya kalangan Baptis. Joseph Bates.[2] Pada tahun 1863. James White. Kongregasionalis – melakukan studi mendalam tentang Daniel 8. N. J.[3] Orientasi Data-data Klasifikasi Protestan Adventist.” (Ibrani 7:25). sebagai hari Sabat. seorang anggota Gereja Baptis. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka. Silver Spring. Penyelidikan Alkitab memberikan penjelasan bahwa pada hari itu Yesus memasuki ruang maha suci di Bait Suci surgawi dan memulai penghakiman dunia ini. dan Joseph Bates. tetapi tidak seorangpun tahu kapan harinya. Presbiterian. Gereja ini juga dikenal dengan nama Gereja Advent.[1] Ciri utama Gereja Advent adalah pengudusan hari Sabtu. Anglikan. Lutheran. MD 20904.

Gereja Advent masuk ke Indonesia pada tahun 1901 di Padang. Maryland. yang dimuat dalam Buku Tahunan Gereja 1889. dan mencakup seluruh dunia.[6] Hari Sabat (dasar kepercayaan 20) . Sumatera Barat. Michigan menerbitkan sebuah "sinopsis kepercayaan kita" dalam 25 dalil. Tahun 1989 hingga sekarang. Dokumen ini. Michigan dengan anggota sebanyak 3. dan hanya Alkitab saja."[5] Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh menerima Alkitab sebagai satu-satunya kepercayaan mereka dan memegang kepercayaan dasar tertentu sebagai ajaran Kitab Suci. Silver Spring. kantor pusat Gereja Advent berada di 12501 Old Columbia Pike. Ajaran dan Dasar-dasar Kepercayaan Gereja Bertahun-tahun lamanya Gereja Advent enggan merumuskan dasar-dasar kepercayaannya. 26) .Kedatangan Juru Selamat akan secara nyata. merupakan pengertian dan pernyataan gereja tentang ajaran Kitab Suci. MD 20904. Bagi Gereja Advent dasar kepercayaan bukanlah untuk digunakan sebagai pernyataan keyakinan dalam perangkat kepercayaan konkrit secara teologis. Pada tahun 1903 kantor pusat denominasi ini pindah ke Tacoma Park.Pemeliharaan hari Sabat. Kepercayaan dasar seperti yang diuraikan di sini. Pada saat itu orang benar yang dibangkitkan dan orang benar yang hidup akan dimuliakan dan diangkat untuk bertemu Tuhan mereka. pikiran dan rohani yang tak dapat terpisahkan dan bergantung . terlihat. Perubahan atas pernyataan-pernyataan ini dapat dibuat dalam Rapat Umum General Conference ketika gereja dipimpin oleh Roh Suci pada pengertian kebenaran Alkitab yang lebih lengkap atau menemukan bahasa yang lebih baik dalam menyatakan ajaran-ajaran firman Allah yang suci. Pengajaran satu-satunya yang dianut orang Advent ialah: "Alkitab. pribadi. Dasar-dasar kepercayaan ini disempurnakan lagi pada tahun 2005 dengan menambahkan satu paragraf (dasar kepercayaan 11).[6] Ajaran-ajaran Gereja Advent yang menonjol antara lain: • • • • Hukum Tuhan Allah(dasar kepercayaan 19) . Gereja Advent berkembang hingga ke seluruh dunia.[6] Kedatangan Kristus yang Kedua kali (dasar kepercayaan 25-28) .[4] Melalui penginjilan yang intensif. USA.500 orang.[6] Sifat Alami Manusia(dasar kepercayaan 7. Pada tahun 1872 percetakan Advent di Bettle Creek. setelah mendapat sedikit perbaikan dan perluasan menjadi 28 bagian. ini perayaan tindakan penciptaan dan penebusan Allah.Hukun Allah diwujudkan dalam Sepuluh Hukum dan digambarkan dalam kehidupan Kristus mengikat semua bangsa di segala zaman. Tahun 1980 diadakan rapat umum Gereja Advent sedunia untuk membahas dan memperluas dasar-dasar kepercayaan gereja walaupun dalam 27 paragraf. yakni hari ketujuh dalam sepekan adalah dari matahari terbenam hingga matahari terbenam.membentuk organisasi gereja yang bernama General Conference of Seventh-day Adventists di Battle Creek.Tiap orang merupakan satu kesatuan tubuh.

Umat yang sisa ini akan mengumumkan keselamatan melalui Kristus. Hari Sabat mereka isi dengan berbakti di rumah atau di gereja.Pada zaman akhir waktu kejahatan merajalela. sekelompok umat sisa telah dipanggil untuk memelihara hukum Allah dan iman kepada Yesus.Allah akan membinasakan Setan dan orangorang jahat dan membersihkan bumi dari dosa. Tulisantulisannya merupakan sumber kebenaran yang berwewenang.[6] Pertentangan Besar (dasar kepercayaan 8) .[6] Pengadilan Pemeriksaan (dasar kepercayaan 24) . Di dalamnya Kristus melayani demi orang percaya untuk memperoleh pengorbanan penebusan-Nya yang telah dipersembahkan sekali untuk selamanya di kayu salib. Mereka dilarang melakukan hal-hal yang dianggap merusak tubuh. Pertentangan ini telah dimulai di surga pada waktu seorang makhluk ciptaan yang telah diberi kuasa memilih. harus dikenal sebagai warga yang baik dalam integritas Kekristenannya dan dalam mengusahakan kesejahteraan semua orang.Seluruh umat manusia sedang terlibat dalam suatu pertentangan besar antara Kristus dan Setan. yang terus memberi hiburan. Mereka berkumpul dalam satu lingkaran keluarga ketika hari Jumat senja dan menyambut hari Sabat dengan doa dan nyanyian.Yesus Kristus memulai pelayanan pengantaraan-Nya sejak kenaikan-Nya. Tulisan tersebut juga memperjelas bahwa Alkitab adalah standar semua ajaran. Pengumuman ini dilambangkan oleh tiga malaikat dalam Wahyu 14. Gereja Advent berbakti pada hari Sabat yaitu hari Sabtu. Pada tahun 1844.[6] Praktik Keagamaan Di dalam Gereja Advent diajarkan bahwa dalam setiap lingkungan masyarakat dimana mereka tinggal. dan bacaan-bacaan sekular atau siaran televisi sekular tidak diperkenaankan pada hari tersebut. dan menutup hari Sabat pada Sabtu senja dengan doa dan pernyataan syukur. .[6] Umat yang Sisa (dasar kepercayaan 13) . yaitu bait suci sejati yang didirikan oleh Tuhan. .[6] Bait Suci Surga (dasar kepercayaan 24) . seperti misalnya rajah (tato) dan melubangi daun telinga atau cuping hidung untuk dipasangi anting-anting.dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?" (1 Korintus 6:19).[6] Karunia Nubuat (dasar kepercayaan 18) . bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu. White.[6] Akhir Dosa (dasar kepercayaan 27) . anggota-anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.Salah satu karunia Roh Kudus adalah karunia nubuat yang diwujudkan dalam pelayanan Ellen G. mengunjungi orang sakit. petunjuk dan perbaikan kepada gereja. Akhir pelayanan Kristus ini akan menandai tertutupnya pintu kasihan bagi manusia sebelum Kedatangan Kedua kali. Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah. yaitu pengadilan pemeriksaan. Alam semesta akan bebas dari dosa dan orang berdosa untuk selamanya. yaitu akhir dari masa nubuatan 2300 hari.• • • • • • sepenuhnya kepada Allah. Semua ini didasarkan pada ucapan Rasul Paulus: Atau tidak tahukah kamu. Kematian merupakan keadaan tidak sadar untuk semua orang. dalam keangkuhan diri telah menjadi Setan.Ada bait Suci di surga. Ia memasuki fase kedua dari pelayanan penebusanNya. bimbingan.

dan mengkonsumsi makanan rendah lemak yang terdapat dalam kacang-kacangan dan polong-polongan. Penelitian itu. Sejak permulaan Gereja Advent.[14] Sakramen Ada dua sakramen dalam Gereja Advent. sebagaimana memperoleh warisan dari Protestan. menegaskan bahwa orang Advent hidup lebih lama karena mereka tidak merokok.Makanan dan Kesehatan Sejak dekade 1860-an ketika dimulai.[16] Pernikahan . tembakau atau obat-obatan terlarang. Selain itu. sebuah tindakan yang di dalamnya serta merupakan bagian anugerah yang mendatangkan keselamatan. orang-orang Advent menghindari konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein.[11] Dan Buettner penulis dari National Geographic memaparkan tentang orang-orang Advent yang umur panjang dalam bukunya. menolak pandangan mengenai sakramen sebagai sebuah opus operatum. [12][13] Menurut survei tahun 2002 di seluruh dunia oleh Gereja ini. pemilihan makanan. diperkirakan sekitar 35% dari orang Advent mempraktikan vegetarianisme.[15] Baptisan dengan diselamkan melambangkan kematian.[8] Penelitian yang didanai oleh US National Institutes of Health menunjukkan bahwa ratarata umur Advent di California 4-10 tahun lebih lama daripada rata-rata penduduk California. menerapkan gaya hidup yang sehat.[7] Orang Advent dikenal oleh sebab "pesan kesehatan" mereka yang menganjurkan vegetarianisme dan kepatuhan terhadap hukum halal-haram dalam Imamat 11. Gereja mencegah anggotanya dari penggunaan alkohol. Sakramen ini didahului oleh upacara pembasukan kaki sebagai persipan untuk upacara yang kudus ini. yaitu. Perintis Gereja Advent mendorong dan menjadi pemrakarsa sarapan sereal. dan kebangkitan Kristus diakui Gereja Advent sebagai syarat masuk ke dalam keanggotaan gereja. seperti dikutip pada National Geographic edisi November 2005. dan pemeliharaan Sabat sebagai faktor utama yang membuat orang Advent berumur panjang.[9][10] Kekompakan jaringan sosial orang Advent juga diduga sebagai salah satu faktor yang memperpanjang umur mereka. Sakramen Perjamuan Tuhan bagi Gereja Advent adalah untuk memperingati kematian Tuhan. penguburan. dan makanan lain yang digolongkan sebagai "makanan haram". The Blue Zones: Lessons for Living Longer From the People Who've Lived the Longest The Blue Zones: Lessons for Living. dan "konsep komersial modern makanan sereal " berasal dari kalangan orang Advent. yaitu: Baptisan dan Perjamuan Tuhan. kesehatan menjadi penekanan dari gereja Advent. Pesan kesehatan ini adalah berpantang dari daging babi. Ia menyatakan bahwa penekanan pada usaha kesehatan. kerang. Baptisan hanya dapat diberikan pada orang dewasa dan yang mengaku bertobat. tidak minum alkohol.

gereja berharap agar. Jakarta Selatan 12810. Uni Konferens atau Uni Mission. Geoscience Research Institute di Universitas Loma Linda menerbitkan jurnal setengahtahunan Origin yang mendukung ajaran 7 hari penciptaan dunia. Kav 4-5. Namun.kasih dan perhatian dengan maksud untuk mendorong pasangan itu menuju persatüan yang lengkap dalam Kristus. gereja harus menunjukkan . suatu badan orang-orang percaya yang terorganisasi dan bersatu. pasangan itu harus menyadari dan menghargai bahwa pendeta Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Jalan Martadinata No. Pimpinan pusat Gereja Advent terdapat di Maryland. Amerika Serikat Kantor Pusat Gereja Advent di Indonesia kawasan barat terletak di Gedung Pertemuan Advent. Dendengan Luar." [18] Evolusi Gereja Advent mempercayai Tuhan menciptaan dunia dalam waktu 7 hari literal. General Conference (Pimpinan Pusat).[17] "Gereja menyadari bahwa keputusan terakhir dalam memilih pasangan hidup seseorang adalah orang itu sendiri. 3. yang mencakup seluruh uni di seluruh dunia. suatu badan yang terdiri dari konferenskonferens atau daerah-daerah di dalam satu wilayah yang lebih besar. dan dengan keras meminta agar para pendeta gereja tidak melaksanakan upacara pernikahan bagi pasangan seperti itu. yang telah berjanji untuk meninggikan prinsip yang telah digariskan di atas. Konferens atau daerah setempat. tidak akan melaksanakan upacara pemberkatan tersebut. provinsi atau wilayah. 2. MT Haryono. Jl. dan Kantor Pusat Gereja Advent di Indonesia kawasan timur terletak di Kantor East Indonesia Union Conference. Gereja ini aktif dalam mempromosikan Hikayat Ciptaan sebagai tantangan pada teori evolusi. suatu badan yang terdiri dari gereja-gereja yang terorganisasi di suatu negara bagian. jika seseorang memilih pasangan hidupnya dan yang bukan anggota gereja Advent. Manado 95127 . Divisi adalah bagian dari General Conference yang memiliki tugas administratif yang ditugaskan di wilayah geografis tertentu. 16.Gereja Advent tidak menganjurkan pernikahan antara seorang anggota Gereja Advent dengan seorang yang bukan anggota Gereja Advent. 4. Jika ternyata seseorang telah menikah dengan yang tidak seiman.[17] Struktur Organisasi Dalam Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh ada empat tingkat dasar konstituante yang dimulai dari orang percaya secara perorangan hingga pada organisasi pekerjaan gereja sedunia[19]: 1. Gereja setempat. Blok A. unit organisasi terbesar.

[20] Jangkauan keluar Gereja Advent melayani orang-orang non-Kristen dan orang Kristen dari satuan lain.Pelayanan Gereja Advent Pekerjaan misi Gereja Advent saat ini mencapai lebih dari 200 negara.[21] Kekebasan beragama adalah posisi yang disokong dan dianjurkan oleh Gereja Advent. Gereja Advent percaya bahwa Kristus memanggil pengikutnya untuk satu tugas yang disampaikan ke seluruh dunia.[22] Media Pelayanan Gereja Advent adalah organisasi keagamaan terbesar dalam pelayanan televisi dan radio • • • • • • • • The Hope Channel: saluran televisi resmi Gereja Advent. Three Angels Broadcasting Network The Voice Of Prophecy The Quiet Hour It Is Written Amazing Facts Breath Of Life Omaha Cox Channel 23 .

Inc. dan International Bible Students Association (tahun 1914). bahasa Inggris) (bukan diterjemahkan Sadarlah!. milenarian. Persatuan Saksi-Saksi Yehuwa dipersatukan di seluruh dunia oleh majalah Menara Pengawal (Menara Pengawal Memberitakan Kerajaan Yehuwa (The Watchtower Announcing Jehovah's Kingdom. Brooklyn. karena sewaktu pertama kali terbit menggunakan kata Sedarlah! yang lebih halus makna dan ungkapannya) adalah . Agama ini diorganisasi secara internasional. Amerika Serikat. Watchtower Bible and Tract Society of New York. yaitu Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania (didirikan pada tahun 1884). Rekan majalahnya adalah Sedarlah! (Awake!.[1] Wewenang tertinggi kehidupan mereka berdasarkan hukum-hukum dan prinsip-prinsip dari Kitab Suci atau Alkitab. Kantor Pusat mereka berada di Brooklyn. Majalah Menara Pengawal dibahas serentak di seluruh dunia pada setiap hari Minggu di Balai Kerajaan Saksi-Saksi Yehuwa pada sesi kedua Pelajaran Menara Pengawal. setelah sesi Khotbah Umum atau ceramah umum yang membahas berbagai topik berdasarkan Alkitab. bahasa Inggris)). lebih dikenal di dunia Barat sebagai Jehovah's Witnesses. Kantor Pusat Gedung Percetakan 4 Blok di 117 Adams Street.Saksi-Saksi Yehuwa Saksi-Saksi Yehuwa adalah suatu denominasi Kristen. Saksi-Saksi Yehuwa sendiri bukanlah suatu sekte. (tahun 1956). restorasionis yang dahulu bernama Siswa-Siswa Alkitab hingga pada tahun 1931. yang mencoba mewujudkan pemulihan dari gerakan Kekristenan abad pertama yang dilakukan oleh para pengikut Yesus Kristus. Semua pengaturan diarahkan oleh kelompok penatua yang dikenal dengan nama Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa. Amerika Serikat. New York. mereka tidak pernah memisahkan diri dari gereja atau kelompok besar manapun. New York. Mereka memiliki tiga dari tujuh Badan Hukum di Amerika Serikat untuk mempermudah pekerjaan mencetak dan mendistribusikan lektur-lektur mereka.

Jumlah penyiar Saksi-saksi Yehuwa di seluruh dunia lebih dari 7.313. dan lainnya yang digolongkan ke dalam bentuk percabulan) untuk memelihara kebersihan di dalam Sidang Jemaat mereka sendiri. Saksi-Saksi Yehuwa mengabar dari rumah ke rumah di Sofia. antara Sabtu dan Minggu. Jadwal pertemuan-pertemuan ini mungkin berbeda di daerah lain.majalah yang berisi pengetahuan umum dan menganjurkan kewaspadaan akan hal rohani ataupun kemajuan dunia ilmu pengetahuan dan medis.298 sidang (tercatat pada tanggal 1 September 2009) yang tersebar di 236 negara di dunia. Bulgaria. antara Senin sampai Jumat diadakan Pembahasan Alkitab Sidang dan Sekolah Pelayanan Teokratis dengan menggunakan buku panduan Memperoleh Manfaat dari Sekolah Pelayanan Teokratis. Perhimpunan Saksi-Saksi Yehuwa yang dilakukan di Balai Kerajaan Saksi-Saksi Yehuwa terdiri dari Perhimpunan Umum atau Khotbah Umum dan Pelajaran Menara Pengawal pada akhir pekan.173 penyiar dan berada di 105. dan Perhimpunan Dinas yang membahas surat Pelayanan Kerajaan Kita yang ditujukan kepada semua Saksi-Saksi Yehuwa. amoralitas (seperti melakukan seks pranikah. seks oral. Pada tengah pekan. inses. seks anal. . menggunakan narkoba). selingkuh. Saksi-Saksi Yehuwa dikenal di dunia Barat sebagai kelompok yang datang dari rumah ke rumah untuk mengabarkan berita Kerajaan Yehuwa dan selalu menggunakan Alkitab terjemahan Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru sebagai pedoman tertinggi mereka. Perhimpunan Kristen di Balai Kerajaan Saksi-Saksi Yehuwa. Pemecatan dalam Sidang Jemaat Pemecatan anggota sidang Saksi-Saksi Yehuwa didasarkan atas perbuatan pencemaran diri (merokok. berzinah.

seorang bekas anggota Badan Penguasa Saksi-Saksi Yehuwa. perbedaan-perbedaan doktriner yang paling kontroversial berkaitan dengan hakikat Allah dan Yesus.[3] Para pengritik menyatakan bahwa Lembaga Menara Pengawal telah membuat sejumlah ramalan yang tidak tergenapkan dan perubahan-perubahan doktrin selama bertahun-tahun. khususnya penolakan terhadap Tritunggal. penghormatan telah diperlihatkan terhadap prinsip kesucian hidup" yang diwakili oleh darah. kehadiran Yesus kembali ke bumi. dengan menyatakan bahwa tuntutan-tuntutan mereka tidak konsisten dan kontradiktif. Gereja perlahan-lahan menyimpang. Alkitab Sejumlah pakar telah mengkritik Terjemahan Dunia Baru. . Yang menjadi soal adalah apa yang dilambangkan oleh darah. sementara mengklaim bahwa dirinya adalah "saluran satu-satunya "[4] yang digunakan oleh Allah untuk terus-menerus menyampaikan kebenaran. Kepercayaan tentang darah Raymond Franz. Keyakinan-keyakinan para Saksi Yehuwa tentang neraka. dan keselamatan juga kontroversial.[5] Akan tetapi. bagi Saksi-Saksi Yehuwa darah sebagai cairan per se bukanlah persoalan yang sebenarnya.[6][7] Darah sama sekali ditolak untuk penggunaan apa pun. dalam suatu Kemurtadan Besar (2 Tesalonika 2:6-12). Barangkali. Mereka mengatakan bahwa "hal yang penting ialah bahwa penghargaan telah diperlihatkan terhadap kesucian darah. kecuali dipersembahkan. terjemahan Alkitab yang diterbitkan oleh Saksi-Saksi Yehuwa. Berlawanan dengan doktrin Tritunggal. Jadi kebanyakan doktrin of Saksi-Saksi Yehuwa berbeda dari Kekristenan arus utama.Kontroversi Perbedaan kepercayaan terhadap doktrin Kristen Saksi-Saksi Yehuwa mengajarkan bahwa setelah kematian rasul yang terakhir. Pertentangan akan pernyataan yang ditulis oleh majalah internal Sejumlah buku yang kritis terhadap Watch Tower Bible & Tract Society. dan dianggap sebagai ajaran sesat oleh kebanyakan pakar Kristen arus utama. keabadian jiwa. telah menantang kebijakan-kebijakan Saksi-Saksi Yehuwa tentang transfusi darah.[2] Meskipun kalau diperhatikan lebih dalam Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru menerjemahkan ungkapan Lord Jesus sebagai Tuan Yesus bukan sebagai Tuhan Yesus sebagaimana dilakukan oleh Alkitab Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia. melainkan ia diciptakan oleh Allah. dan menyatakan bahwa kelompok ini telah mengubah Alkitab untuk dicocokkan dengan doktrin mereka dan bahwa terjemahan tersebut mengandung sejumlah kesalahan dan ketidakakuratan. mereka percaya bahwa Yesus bukanlah Allah yang mengenakan tubuh manusia. dari ajaran-ajaran asli Yesus dalam beberapa pokok yang penting.

Pada 1 Juni 2001 SK ini kemudian dicabut. seperti misalnya Congrégation des témoins de Jéhovah de St-Jérôme-Lafontaine v. Dalam kasus-kasus hukum tertentu. pada waktu-waktu lain digunakan pula alasan-alasan lain yang lebih umum seperti misalnya kemacetan lalu lintas dan kebisingan. Meskipun larangan seperti itu kadangkadang secara spesifik ditujukan kepada kelompok keagamaan ini. Walaupun begitu. Sebab. Ajaran yang mereka yakini juga dianggap bertentangan dan menyimpang dari kebijaksanaan dan politik pemerintah RI dan dianggap meresahkan karena perilaku penyebaran agama. Tajikistan dan kota Moskwa telah menentang gedung-gedung fasilitas (seperti misalnya Balai Kerajaan) dan penyelenggaraan pertemuan-pertemuan besar di wilayah mereka. Saksi-Saksi Yehuwa mengajarkan bahwa "kebebasan untuk mengambil keputusan harus dilakukan dalam batas-batas hukumhukum dan prinsip-prinsip Allah. sebenarnya sejak tanggal 19 Juli 1996." [10] dan bahwa “hanya Yehuwa sajalah yang bebas menetapkan tolok ukur tentang apa yang baik dan buruk. Mereka juga melakukan antitesa terhadap beberapa aspek pemerintahan [13]. Saksi Yehuwa memuat hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku. . dan pengaturan terhadap kehidupan para anggota — membatasi kesanggupan anggota-anggotanya untuk melaksanakan hak kebebasan pribadinya[8] [9].Pengurangan kebebasan pribadi jemaat Para pengritik juga telah berdebat bahwa berbagai kebijakan dan praktik Saksi-Saksi Yehuwa — termasuk terhadap perlakuan kepada anggota-anggota yang memisahkan diri mereka atau yang telah dikucilkan (disfellowshipped) oleh jemaat. Saksi-Saksi Yehuwa di Indonesia Secara resmi pengajaran Saksi-Saksi Yehuwa di Indonesia dilarang melalui Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor 129 Tahun 1976. Tap MPR Nomor XVII/1998 tentang HAM. 26 Tahun 1998. SSY telah membuka kantor cabang Indonesia berupa gedung yang dipergunakan sebagai tempat pertemuan dan pusat kegiatan. Jaksa Agung telah melarang kegiatan Saksi Yehuwa atau Siswa Alkitab di seluruh wilayah Indonesia. hal ini telah menimbulkan keresahan di kalangan umat beragama umumnya karena praktek kunjungan-kunjungan ini dilakukan ke rumah-rumah masyarakat yang sudah beragama. pertikaianpertikaian yang muncul yang diajukan berdasarkan penggunaan lahan. [14]. Lafontaine (Village). sambil membatasi informasi eksternal tentang kelompok tersebut dari para bekas anggota. tampaknya pada hakikatnya berakar pada bias keagamaan. lewat SK itu. demikian klaim Saksi-Saksi Yehuwa. Pada Februari 1994 ada upaya untuk mencabut SK ini dengan berlandaskan Pasal 29 UUD 1945. pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa mempromosikan dirinya sebagai saluran yang dipergunakan oleh Allah [12] untuk menafsirkan dan mengajar para anggota tentang "apa yang baik dan buruk.”[11] Akan tetapi. Belarus. Pengikut yang cukup rajin mendatangi orang-orang dari rumah ke rumah. seperti menolak salut bendera dan menolak ikut berpolitik. dan Instruksi Presiden No." Pelarangan penggunaan fasilitas umum untuk pertemuan di dunia Berapa negara seperti Uzbekistan.