P. 1
fatma

fatma

|Views: 144|Likes:
Published by Indhry Asthuthy

More info:

Published by: Indhry Asthuthy on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

Arti dan Istilah

Definisi Adsorbsi, Absorbsi dan Desorpsi
Definisi Adsorbsi, Absorbsi dan Desorpsi Adsorbsi merupakan peristiwa penyerapan pada lapisan permukaan atau antar fasa, dimana molekul dari suatu materi terkumpul pada bahan pengadsorbsi atau adsorben. Ditinjau dari bahan yang teradsorbsi dan bahan pengadsorben adalah dua fasa yang berbeda, oleb sebab itu dalam peristiwa adsorbsi, meteri teradsorpsi akan terkumpul antar muka kedua fasa tersebut. Pada adsorbsi fisika terjadi proses cepat dan setimbang (reveraibel) sedangkan adsorbsi kimia berlangsung lambal tetapi ireversibel. Perbedaan antara adsorbsi kimia dengan adsorbsi fisika kadang-kadang tidak jelas dan banyak prinsip-prinsip adsorbsi fisika berlaku juga pada adsorbsi kimia. Absorpsi adalah proses pemisahan bahan dari suatu campuran gas dengan cara pengikatan bahan tersebut pada permukaan absorben cair yang diikuti dengan pelarutan. Kelarutan gas yang akan diserap dapat disebabkan hanya oleh gaya-gaya fisik (pada absorpsi fisik) atau selain gaya tersebut juga oleh ikatan kimia (pada absorpsi kimia). Komponen gas yang dapat mengadakan ikatan kimia akan dilarutkan lebih dahulu dan juga dengan kecepatan yang lebih tinggi. Karena itu absorpsi kimia mengungguli absorpsi fisik. Adsorpsi (penyerapan) adalah suatu proses pemisahan dimana komponen dari suatu fase fluida berpindah ke permukaan zat padat yang menyerap (adsorben). Biasanya partikel-partikel kecil zat penyerap dilepaskan pada adsorpsi kimia yang merupakan ikatan kuat antara penyerap dan zat yang diserap sehingga tidak mungkin terjadi proses yang bolak-balik (Tinsley, 1979). Dalam adsorpsi digunakan istilah adsorbat dan adsorban, dimana adsorbat adalah substansi yang terjerap atau substansi yang akan dipisahkan dari pelarutnya, sedangkan adsorban adalah merupakan suatu media penyerap yang dalam hal ini berupa senyawa karbon (Webar, 1972). Kriteria adsorben yang baik : 1.Adsorben-adsorben digunakan biasanya dalam wujud butir berbentuk bola, belakang dan depan, papan hias tembok, atau monolit-monolit dengan garis tengah yang hidrodinamik antara 05 dan 10 juta. 2.Harus mempunyai hambatan abrasi tinggi. 3.Kemantapan termal tinggi. 4.Diameter pori kecil, yang mengakibatkan luas permukaan yang diunjukkan yang lebih tinggi dan kapasitas permukaan tinggi karenanya untuk adsorbsi. 5.Adsorben-adsorben itu harus pula mempunyai suatu struktur pori yang terpisah jelas yang memungkinkan dengan cepat pengangkutan dari uap air yang berupa gas. Mekanisme Adsorpsi Proses adsorpsi dapat digambarkan sebagai proses dimana molekul meninggalkan larutan dan menempel pada permukaan zat adsorben akibat kimia dan fisika (Reynolds, 1982). Proses adsorpsi tergantung pada sifat zat padat yang mengadsorpsi, sifat atom/molekul yang diserap, konsentrasi, temperatur dan lain-lain.

Meskipun gangguan pendengaran memang karena usia tua. akibat penyakit dan sebab lain yang tidak diketahui asal mulanya. Karena kebanyakan gangguan pendengaran bisa diatasi secara berhasil dengan menggunakan alat bantu dengar. ada banyak penyebab lain dari gangguan tersebut. Mengetahui jenis gangguan pendengaran adalah penting untuk memberikan penanganan yang tepat. Seorang anak bisa juga memiliki gangguan pendengaran campuran yang merupakan kombinasi dari keduanya. Istilah "gangguan pendengaran" atau "kerusakan pendengaran" tidak berarti ketulian Seseorang yang tuli adalah yang tidak bisa memproses atau ¿mendengar¿ suara dengan atau tanpa sebuah alat bantu dengar. Gangguan pendengaran biasanya dibagi ke dalam dua kategori: gangguan pendengaran konduktif dan gangguan pendengaran sensorineural. tergantung dari bagian telinga mana gangguan pendengaran tersebut berasal. Seorang anak yang terlahir dengan gangguan pendengaran memiliki resiko lebih besar untuk mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa dan wicaranya dibanding anak yang mengalami gangguan pendengaran setelah bahasa dan wicaranya berkembang. Jenis-jenis gangguan pendengaran Banyak orang menghubungkan gangguan pendengaran dengan usia tua. Hal ini meliputi keturunan. Semakin parah gangguan pendengaran biasanya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perkembangan bahasa dan wicara Sangatlah penting bahwa gangguan pendengaran didiagnosa dan ditangani sedini mungkin Bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa kemampuan bahasa dan wicara pada anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran bisa berkembang seperti anakanak yang pendengarannya normal. Tingkat gangguan juga memiliki pengaruh besar. jika pada mereka dipasangkan alat bantu dengar sebelum usia 6 bulan.Gangguan pendengaran bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak Faktor-faktor tertentu bisa mempengaruhi pengaruh gangguan pendengaran pada perkembangan anak. . gangguan pendengaran harus diistilahkan dengan benar yaitu: gangguan pendengaran.

Infeksi bagian tengah telinga (otitis media) .1.Cerumen telinga atau kotoran-kotoran lainnya Menumpuknya kotoran seperti cerumen di dalam liang telinga bisa menyebabkan gangguan pendengaran konduktif. 2. Kotoran harus dibersihkan oleh ahli jika diketahui menyebabkan gangguan pendengaran. Jika tidak ada komplikasi lain. maka pendengaran biasanya kembali normal setelah kotoran dibersihkan.Gangguan pendengaran konduktif Ada sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran konduktif: infeksi di bagian tengah telinga sambungan tulang retak gendang telinga berlubang kelainan pada bagian telinga luar otosclerosis serumen / kotoran telinga 2. Gangguan pendengaran sensorineural Ada sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural: bertambahnya usia keturunan penyakit kondisi congenital trauma akustik Penyebab-penyebab umum gangguan pendengaran konduktif pada anakanak 1.

Namun. penyakit yang diderita oleh ibu baik sebelum maupun selama kehamilan. gondongan. Sindrom Down).Trauma Akustik Paparan ke suara keras secara terus menerus atau terpapar singkat dengan suara yang mengejutkan bisa menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural (misalnya: petasan dan letusan senjata api). Infeksi akut telinga tengah sangat menyakitkan dan harus segera ditangani. Jika tidak segera ditangani. akumulasi jaringan parut sebagai akibat dari sering terjadinya infeksi bisa juga menyebabkan gangguan pendengaran konduktif yang lebih sulit diatasi. Gangguan pendengaran congenital bisa karena keturunan. Jenis gangguan pendengaran ini bisa muncul karena faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan seperti alkohol. terutama pada anak-anak kecil. 3. Gangguan pendengaran congenital bisa karena sindrom genetik (mis.Infeksi Kasus infeksi tertentu yang parah seperti campak. Penyebab-penyebab umum gangguan pendengaran sensorineural pada anak-anak 1. Tanda-tanda gangguan pendengaran Anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran seringkali belajar untuk menutupi tanda-tanda kurangnya kemampuan mendengar dengan menjadi lebih . atau komplikasi pada saat melahirkan. obat-obatan atau pengobatan yang dilakukan selama kehamilan. meningitis atau batuk rejan bisa menyebabkan berbagai tingkat gangguan pendengaran sensorineural. Gendang telinga yang sehat akan membaik sendiri dengan menutup kerusakan tersebut dengan jaringan parut.Infeksi telinga bagian tengah merupakan kelainan yang umum terjadi. 2.Congenital Jenis gangguan pendengaran ini menyiratkan bahwa anak anda terlahir dengan gangguan pendengaran. yang berasal dari sejarah keluarga yang diketahui maupun tidak diketahui. gendang telinga bisa rusak.

Diagnosa Proses diagnosa dilakukan untuk meyakinkan atau menghilangkan kecurigaan anda sehubungan dengan pendengaran anak anda. Tes pendengaran merupakan sebuah tes sederhana dan tidak menyakitkan untuk mengetahui apakah anak anda mengalami gangguan pendengaran atau tidak. Mengetes pendengaran bayi melalui program screening pendengaran bagi bayi yang baru lahir adalah cara terbaik untuk mendeteksi kerusakan pendengaran sedini mungkin. Setelah beberapa tes atau pertemuan. sensorineural atau campuran). Jika ragu. buatlah janji untuk bertemu dengan audiologist atau konsultasikan dengan dokter anda untuk melakukan tes pendengaran. audiologist atau dokter anda akan memberikan hasil tes anak anda beserta diagnosa. seringkali orang tualah yang mulai mencurigai adanya gangguan pendengaran. Anda akan diberi tahu jenis gangguan pendengaran (konduktif.peka terhadap tanda-tanda informatif lain di sekitar mereka seperti perubahan cahaya saat pintu dibuka atau ditutup. . Tahukan anda.. Salah satu alasan pertumbuhan ini adalah tingkat kebisingan yang tinggi di mana anak-anak terpapar di sekolah dan tempat-tempat penitipan anak. Percayalah pada intuisi anda Anda harus meyakini intuisi anda jika anda mencurigai anak anda memiliki kesulitan mendengar. angkanya menjadi 30%. dan gerakan udara. Karena hal ini.. sementara pada tahun 1997. getaran di lantai. Biasanya dokter juga akan menjelaskan prognosis / perubahan apa yang bisa terjadi dari waktu ke waktu. Saat ini semakin banyak anak mengalami gangguan pendengaran. Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 1977. Seorang anak tidak pernah terlalu muda untuk dites pendengarannya. reaksi mereka bisa kelihatan normal. Sebuah penelitian seorang warga negara Denmark mengenai gangguan pendengaran pada anak-anak menunjukkan bahwa 7% dari anak-anak memiliki gangguan pendengaran di sekolah. sehingga gangguan pendengaran menjadi sulit diketahui. dan studi telah menunjukkan bahwa semakin awal seorang anak diberikan alat bantu dengar. Jika screening pendengaran tidak rutin. tingkat gangguan pendengaran (ringan sampai berat) dan apakah satu atau kedua telinga yang terganggu. semakin baik perkembangan ketrampilan bahasanya.

Seringkali. Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan audiologist. Ingat bahwa anda tidak sendirian Ada begitu banyak sumber yang ada bagi anda dan anak anda. atau orang tua lain atau pendidik atau anak-anak penderita gangguan pendengaran lainnya. Pembahasan lebih lanjut akan memfokuskan pada informasi penting yang akan membantu anda dalam memutuskan tindakan-tindakan terbaik guna meningkatkan kualitas kehidupan anak anda. Orang-orang ini tidak hanya bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan anda dan menanggapi permasalahan anda. Kita harus bisa menerima dan yakin adanya jalan keluar untuk mempersiapkan langkah selanjutnya. Reaksi-reaksi ini cukup wajar. Reaksi yang biasanya terjadi Meskipun anda mungkin mencurigai anak anda mengalami gangguan pendengaran. namun pengalaman-pengalaman mereka bisa juga membantu anda memberikan perspektif positif pada permasalahan secara keseluruhan. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah kehidupan anak saya akan terhalang dengan gangguan pendengaran?”. Yang lain mungkin menolak dan tidak bisa menerima adanya gangguan tersebut. Emosi-emosi ini bisa muncul karena adanya pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab. Oleh sebab itu. dokter. atau jika . audiologist atau dokter anda akan melengkapinya dengan fakta-fakta mengenai gangguan pendengaran. Tes pendengaran Jika anda mencurigai bahwa anak anda memiliki gangguan pendengaran. berbicaralah mengenai hal itu kepada setiap orang yang anda rasa akan memberikan penjelasan mengenai masalah tersebut atau sekedar menjadi pendengar permasalahan anda. namun mengetahui kenyataan bahwa gangguan tersebut benar-benar ada biasanya mengejutkan. “Apakah anak saya akan berbicara dengan normal?” sering terdengar. atau bahkan orang-orang yang didiagnosa memiliki gangguan pendengaran sewaktu kecil. jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan kesadaran akan adanya jalan keluar memberikan kelegaan yang besar bagi para orang tua.Informasi adalah penting Tanpa mempedulikan jumlah informasi yang anda terima. Tanyakan kepada ahli perawatan pendengaran anda untuk menginformasikan organisasi-organisasi bagi para penderita gangguan pendengaran di daerah anda. Sementara orang tua akan menyalahkan mereka sendiri dan merasa putus asa.

Cara melakukan tes pendengaran Tes pendengaran yang umum dilakukan. Jika anak anda lebih muda dari 6 bulan atau jika audiogram tidak dapat diperoleh karena anak tersebut tidak kooperatif selama pemeriksaan. Tes pendengaran untuk anak-anak Kami telah mengumpulkan daftar beberapa tes yang paling sering digunakan untuk mengetes anak-anak. di mana orang yang dites harus mengatakan apakah dia bisa mendengar suara atau tidak. Di mana harus melakukan tes pendengaran Di beberapa negara. Tes ini bisa membantu memberikan peringatan kepada orang tua mengenai kesulitan mendengar. Audiogram Audiogram adalah gambaran grafis mengenai hasil yang diperoleh selama tes pendengaran atau audiometri. Audiologist yang terbiasa mengetes orang dewasa mungkin tidak memiliki peralatan penting yang bisa digunakan untuk mengetes anak-anak secara benar. Jika anak anda berusia lebih dari 6 bulan. Ada banyak jenis metode tes yang ada yang dipilih menurut usia dan tingkat kedewasaan anak anda. audiogram dapat dibuat pada saat anak anda telah berusia lebih tua atau lebih dapat diajak bekerja sama. tes pendengaran bisa dilakukan. Pada kasus di atas. Hasil ini sebaiknya tersedia . Tes pendengaran tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan fisik pada anak anda. tes pendengaran dilakukan sebagai bagian rutin perawatan bayi. sebaiknya anda pergi ke audiologist yang secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap anak-anak. hasil audiogram seharusnya dapat tersedia bagi anda. biasanya tidak berhasil untuk anak-anak karena metode ini memerlukan respon subyektif dari anak tersebut. Anak-anak pada usia berapapun – bahkan yang baru lahir – bisa dites pendengarannya.ada kondisi medis atau fisik telinga yang mengkawatirkan. Mintalah selalu hasil audiogram dari audiologist anda. seorang audiologist atau dokter dapat mendiagnosis kelainannya bedasarkan hasil lain selain dari audiogram. Oleh sebab itu.

.jika anda ingin melihat lagi hasil tersebut di lain waktu atau jika anda ingin membandingkan hasil tersebut dengan hasil audiogram sebelum ataupun sesudahnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->