PEMBANGUNAN PERTANIAN DAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN Oleh KELOMPOK 2 .

Latar Belakang     Kebijakan Pertanian Masa Orde Baru diarahkan pada pertumbuhan sektor pertanian sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi nasional. Revolusi Hijau keberhasilan Indonesia mencapai ³Swasembada Beras´ pada tahun 1984. bahkan nyaris sirna. Perhatian terhadap komoditi pertanian lainnya berkurang.A. semakin memperburuk kondisi dalam 15 tahun terakhir. Perhatian pemerintah terpusat pada beras. Perdagangan bebas (bebas bea impor). .

Permasalahan    Apa sebab-sebab merosotnya Pertanian di Indonesia? Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertanian di Indonesia? Adakah kaitan antara nilai-nilai Pancasila dengan permasalahan pertanian saat ini? .B.

. Mengetahui solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertanian di Indonesia.C. Tujuan    Untuk mengetahui sebab-sebab merosotnya Pertanian di Indonesia. Untuk mengetahui ada tidaknya kaitan antara nilai-nilai Pancasila dengan permasalahan pertanian saat ini.

Kebijakan Pembangunan Pertanian yang Berasaskan Kerakyatan dan Keadilan .Pembahasan Kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk pembangunan pertanian dan penanggulangan kemiskinan : A. Kebijakan Komoditi B. Kebijakan Umum Pembangunan Pertanian C.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara :  Memberikan subsidi kepada para petani. Kebijakan Komoditi Menghadapi tantangan ekonomi global dalam komoditi pertanian.  Membuat kebijakan peningkatan produksi komoditi pertanian .A. pemerintah perlu meningkatkan kualitas produk pertanian dalam negeri.

sehingga ekonomi Indonesia mengembang besar namun kosong bagaikan balon udara.Faktor penyebab merosotnya pertanian di Indonesia :    Globalisasi (perdagangan bebas) Kebijakan pemerintah dalam komoditi pertanian lebih cenderung berpihak pada konsumen. Pemerintah terlalu memprioritaskan pertumbuhan ekonomi makro. .

bukan pada konsumen.B. selama kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi oleh produk pertanian domestik. Kebijakan Umum Pembangunan Pertanian    Peningkatan sektor makroekonomi harus seiring dengan mikroekonomi. Kebijakan harga pangan harus berpihak pada kesejahteraan petani. Menghindari impor komoditi pertanian vital (impor beras). .

C. . Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri. Kebijakan Pembangunan Pertanian yang Berasaskan Kerakyatan dan Keadilan   Menerapkan Asas Dasar Ekonomi Pancasila dan Asas Kerjasama (Koperasi).

Kebijakan pembangunan pertanian harus berasaskan kerakyatan dan keadilan . Kebijakan pemerintah harus berpihak pada rakyat secara mayoritas. Peningkatan pertumbuhan ekonomi makro harus seiring dengan ekonomi mikro. jadi kebijakan pemerintah harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan umum. sehingga jurang pemisah kaya dan miskin bisa dipersempit. Perlu diketahui bahwa mayoritas rakyat Indonesia hidup dalam kemiskinan.Kesimpulan     Pemerintah harus melaksanakan asas Ekonomi Pancasila demi terwujudnya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful