DAFTAR ISI

Pendahuluan Konstruksi utama motor kapasitor Rangkaian pengganti (Ekivalen) Cara kerja motor run kapasitor Cara merubah arah putaran motor run kapasitor Contoh motor 1 phasa sebagai motor pompa air Kesimpulan Referensi Lampiran

.

1 1

..

2 2

. ..

3 4 6

. .

6 7

karena motor ini merupakan motor induksi. Konstruksi utama motor kapasitor 1. dan karenanya diperoleh kopel mula yang lebih besar. Rotor Rotor merupakan bagian yang berputar. Rotor yang digunakan pada motor ini adalah rotor sangkar. sehingga rotor dapat berputar. Kapasitor pada motor ini berfungsi untuk memperoleh beda fasa 90o antara arus kumparan utama Im dan arus kumparan bantu Ia (Ia terdahulu 90o dari Im). Diameter kawat belitan utama lebih besar dibanding diameter belitan bantunya. Belitan utama dan bantu jumlah lilitannya sama banyak tetapi diameter kawatnya berbeda diantara keduanya. Gambar rotor sangkar 1 .MOTOR RUN KAPASITOR Pendahuluan Motor kapasitor adalah motor AC 1 fasa dimana kumparan bantunya dipasang seri dengan kapasitor. Stator Stator merupakan bagian yang diam dan merupakan tempat belitan tembaga sebagai penginduksi medan magnet putar (fluks magnet) ke rotor. Gambar stator 2. Pada stator terdapat 2 belitan. yaitu belitan utama dan belitan bantu. Hal ini untuk mendapatkan nilai belitan utama selalu mempunyai nilai resistansi rendah dan nilai reaktansi tinggi sedangkan belitan bantu mempunyai nilai resistansi tinggi dan nilai reaktansi rendah.

2 .3. Kedua komponen fluks yang berlawanan arahnya tersebut tentunya akan menghasilkan kopel yang sama besar dan berlawanan arah pula (arah maju dan mundur). sehingga belitan utama dan belitan bantu menghasilkan medan magnet yang kemudian medan magnet tersebut diinduksikan ke rotor sangkar. Jenis kapasitor yang umum dipakai adalah kapasitor minyak. dari hal ini akan diperoleh kopel maju yang lebih besar. Gambar kapasitor Rangkaian pengganti (Ekivalen) Gambar motor run kapasitor Gambar vektor Cara kerja motor run kapasitor Motor run kapasitor bekerja pada sumber tegangan AC 220V. Untuk itu belitan bantu diseri dengan kapasitor. Tegangan ini diberikan pada terminal L (phasa) dan N (netral). belitan utama dan belitan bantu akan mengalami beda fasa 90o antara arus kumparan utama Im dan arus kumparan bantu Ia (Ia terdahulu 90o dari Im). Oleh sebab itu agar motor dapat berputar diperlukan sebuah kapasitor untuk menaikkan atau menambah sedikit kopel maju. Kapasitor Kapasitor selain digunakan pada start awal yang menimbulkan kopel mula besar. kapasitor pada motor ini juga digunakan sebagai perbaikan cos . sehingga rotor dapat berputar. Kedua komponen fluks utama dan fluks bantu bergerak berlawanan arah.

yaitu : 1. Dengan membalik hubungan polaritas kumparan bantu 3 .Cara merubah arah putaran motor run kapasitor Ada 2 cara untuk merubah arah putaran motor run kapasitor. Dengan membalik hubungan polaritas kumparan utama 2.

Pengawatan motor L N PE 4.Contoh motor 1 phasa sebagai motor pompa air 1. Tampilan motor 2. Bagian utama motor Stator Belitan stator Rotor sangkar 4 . Name plate motor kapasitor 3.

5. rumah terminal Kapasitor Tutup stator depan Tutup kipas pendingin Kipas hisap Sekat air Bearing Sumbu as Rotor Bearing Kipas Pendingin 5 . Bagian lengkap motor pompa Tutup rumah kipas hisap Tutup stator belakang. sambungan pipa Rumah stator. rumah kipas hisap. stator.

Abdul Kadir.com/AC-DC-motors/54_Permanent-Split-CapacitorMotors.L. 2. http://www. India http://dunia-listrik. Ir. 4. Pada saat run kapasitor berfungsi sebagai perbaikan cos . Pada keadaan ini motor bekerja seperti motor start kapasitor atau motor fasa belah (motor dengan sentrifugal). Karena kapasitor dipakai pada saat start dan run.industrial-electronics. 2.com/2009/04/motor-listrik-ac-satu-fasa. dengan memutar as rotor ke arah yang diinginkan (umumnya motor pompa air berputar kearah kanan. Type motor ini kopel awalnya kurang bagus. Jenis motor ini banyak digunakan pada pompa air satu fasa.blogspot. Jika kapasitor pada motor ini rusak (dengan kata lain kumparan bantu dan kapasitor terputus dari sumber listrik). 1.com/Single-Phase-Electric-Motors-Characteristics-Applications. tetapi kopel jalan (torsi jalan) merata.html http://www. B. 4. Motor ini tidak memerlukan saklar sentrifugal untuk memutuskan hubungan kapasitor dan kumparan bantu dari hubungan paralel dengan kumparan utama pada saat motor bekerja. Penerbit Djambatan Electrical Technology.electricalcontractor. Referensi Dasar Tenaga Listrik.net/forums/ubbthreads. 5.Kesimpulan 1. Agar rotor dapat berputar dapat dibantu menggunakan tangan untuk menambah kopel maju (start). Theraja.php/ubb/showflat/Forum/15/topic/000084/Number/0/sit e_id/1 7.html 6. jadi as rotor dibantu diputar kearah kanan juga). Penerbit ITB Mesin Tak Serempak. http://www. Prof. 3. maka hanya kumparan utama yang dialiri arus listrik dan hal ini menyebabkan rotor tidak berputar (fluks maju dan mundur yang ditimbulkan kumparan utama sama besar). Kebanyakan pompa air berbagai merek banyak menggunakan jenis motor run kapasitor dengan kecepatan mendekati 3000 rpm. yaitu dengan mambalikkan polaritas salah satu kumparan (kumparan bantu atau kumparan utama). Motor run kapasitor pompa air. 6 .htm 8. 3.clrwtr. Zuhal. Untuk merubah arah putaran motor run kapasitor. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful