KOPERASI SEKOLAH

1.) Konsep Koperasi Pengertian Koperasi Istilah koperasi berasal dari bahasa Inggris : Coperation sedangkan, Coperation berasal dari dua kata: Co yang artinya bersama dan Operation yang artinya usaha. Jadi Koperasi adalah badan usaha yang beranggota orang seseorang atau badan hokum koperasi dengan melandaskan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas azas kekeluargaan. o Tujuan Kopersi Sekolah a) Mendidik dan menanamkan kesadaran hidup bergotong royong serta memupuk rasa setia kawan di kalangan siswa b) Memupuk rasa cinta kepada sekolah dan menanam sifat disiplin dikalangan siswa. c) Menanamkan rasa tanggung jawab dikalangan siswa dan membiaakan hidup bergotong royong di masyarakat. d) Mengembangkan dan mempertinggi pengetahuan dan ketrampilan para siswa dalam berkoperasi. e) Memelihara hubungan baik dan kekeluargaan dilingkungan siswa. f) Meningkatkan kesejahteraan ekonomi para siswa o Manfaat Koperasi Bila mendapatkan barang yang kita perlukan untuk keperluan sekolah dengan adanya koperasi sekolah, kita bisa menjaga hubungan kebersamaan dan kekurangan.

sedangkan pembibing hanya sekedar memberikan petunjuk dan pengawasan seperlunya. c) Memberikan dorongan agar para siswa dapat beusaha dan bekerja atas kemampuan diri sendiri. c) Menggalakkan semangat berkoperasi dikalangan para anggotanya . Organisasi dan Atministrasi Bagian Usaha Bagian Keuangan o Peranan Kepala Sekolah dan Guru a) Memberi bimbingan dan pengawasan dalam mendirikan dan mengembangkan koperasi sekolah.) Struktur Organisasi Kepala Sekolah Siswa Sekolah Rapat Anggota Pengawas Guru Guru Penasehat Guru+BP3 Pengurus Pengawas Bag. b) Mendorong dan merangsang para angotanya untuk masuk dan menjadi anggota pribadi. b) Mengembangkan Inisiatif para siswa untuk dapat mengolola dan mengembangkan koperasi sekolah. o Peranan OSIS dan BP3 a) Bertindak sebagai pemeriksa berdirinya kopersi sekolah.2.

) Survey Internal o Barang yang sangat dibutuhkan untuk melengkapi dalam membangun sebuah koperasi sekolah. b. buku tulis.) Pembukaan oleh kepala sekolah atau pemrakarsa.kepala sekolah.sitip.dan guru. c) Merencanakan tanggal dan tempat serta undangan rapat untuk mendirikan koperasi sekoah yang di undang yaitu perwakilan siswa. ) Tahap Persiapan a) Pertemuan awal para pemrakarsa untuk merintis berdirinya koperasi sekolah. . o Harapan calon anggota kopersi kedepan yaitu : koperasi yang telah didirikan dapat berjalan dengan baik. b) Siswa – siswa harus selalu bekerja sama dengan menjaga keharmonisan dalam menjalankan koperasi.) Pendirian koperasi dipimpin oleh kepala sekolah.dan susunan acara rapat mendirikan koperasi sekolah. ) Tahap Mendirikan a.daftar hadir. b) Adanya foto copy dan alat-alat lainnya untuk membuat kliping-kliping.dan alat-alat gambar lainnya. dan diharapkan kepada semua siswa untuk selalu dijaga dan memanfaatkan koperasi yang telah dibangun dan selalu menjaga hubungan baik dengan para pengurus kopersi. 3. a) Makanan – makanan yang harganya mampu dijangkau oleh para siswa.o Peranan Siswa Sekolah a) Siswa mengemukakan ide – idenya untuk membangun koperasi.pinsil. o Dalam membentuk koperasi dibutuhkan tahap – tahap sebagai berikut : 1.penggaris. b) Membentuk tim kerja untuk mempersiapkan anggaran dasar. d) Menyiapkan format berita acara rapat. 2. buku gambar.

) Analisa Faktor Kegagalan. .4.) Survey External o Data nama barang dan harga barang yang dibutuhkan dalam koperasi sekolah Nama Barang Pulpen Pensil Keruan Sitip Buku Stipo Busur Jangka Penggaris Buku Kotak-kotak Stabilo Spidol Spidol Permanen Penggaris Ujian Pulpen Kaligrafi Gunting Kartun Kertas HVS 10 lembar Kertas Jeruk Tulang Sampul Sampul Buku 5 lembar Sampul Plastik 5 lembar Harga Barang 2500 1000 1000 1500 2500 3500 1000 7000 1000 2500 3500 6000 5500 1000 12000 2500 2000 1000 1000 500 500 500 5.

o Kebanyakan faktor penyebab kegagalan sebuah koperasi adalah tidak adanya transparansi dari pengurus inti koperasi dalam memberikan laporan tentang keuangan sehari-hari yang menyebabkan timbulnya kecurigaan dari pada anggota koperasi yang lain. a) . Adanya kerjasama yang baik diantara sesama anggota koperasi untuk memajukan koperasinya. b) . Kepengurusan yang professional yang dapat memberikan kepercayaan para anggotanya untuk memajukan koperasi c) .Adanya keterbukaan dalam pengelolaah koperasi yang mana dibuktikan dengan adanya rapat anggota koperasi setiap tiga bulan sekali.) Analisa Faktor Keberhasilan. 6. .