P. 1
polusi suara

polusi suara

|Views: 1,170|Likes:
Published by ihsai

More info:

Published by: ihsai on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

http://www.scribd.

com/doc/27913395/Pengaruh-PolusiSuara-Terhadap-Sistem-Transportasi Polusi suara berdampak pada banyak fungsi tubuh manusia, karena indera pendengaran adalah sensor pemberi masukan kepada otak untuk mengatur banyak fungsi lainnya, termasuk emosi, keseimbangan, dan bahkan kecerdasan. Selain itu, kebiasaan mendengarkan suara yang melebihi ambang batas juga menumpulkan kemampuan indera pendengaran untuk dapat menangkap suara-suara yang lebih halus dan indah.

BAB POLUSI SUARA
A. Pengertian polusi suara Suara, adalah karunia yang diberikan Tuhan pada manusia. Begitu pentingnya suara, sehingga Tuhan pun “menghadiahkan” indera pendengaran berupa telinga pada manusia. Niscaya, tanpa adanya telinga dan suara, banyak kegiatan manusia terganggu, contoh paling “kental” adalah terganggunya proses komunikasi. Sayangnya, perlakuan manusia pada indera

pendengaran seringkali tak pada tempatnya. Berjam-jam memutar musik jenis heavy metal dengan volume full, atau nonton konser musik rock persis di bawah sound system,

boleh jadi pada suatu waktu akan berakibat fatal pada indera pendengaran. Diakui, indera pendengaraan kita lebih sering terganggu oleh kondisi yang memang tidak kita inginkan. Misalkan gemuruh lalu lintas, tinggal di pinggir bandar udara, bekerja di pabrik dengan suara mesin yang keras, dan masih banyak lagi. Secara sederhana, para ahli mengatakan bahwa inilah yang dimaksud polusi suara. Cirinya adalah bising yang teramat mengganggu, sehingga lambat laun mempengaruhi kondisi kejiwaan manusia. Bukan hanya itu, jika kondisi ini dialami dalam kurun waktu yang panjang, imbasnya akan membuat telinga berkurang kepekaannya. Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) Prof dr H Haryoto Kusnoputranto MPH DrPH, mengatakan, bising adalah suara-suara yang tidak kita kehendaki. “Manusia mempunyai kemampuan untuk mendengarkan frekuensi-frekuensi suara mulai dari 20 hertz hingga 20.000 hertz,” papar Haryoto. Di rentangan itulah, tukas Haryoto, manusia dapat mendengar. Sementara itu, manusia juga dapat mendengar suara desibel (tingkat Kebisingan- red) dari 0 (pelan sekali), hingga 140 desibel (suara tinggi dan menyakitkan). “Kalau lebih dari 140 desibel, bisa terjadi kerusakan pada gendang telinga dan organ-organ di dalam gendang telinga,” ungkap Haryoto.

lama bekerja dua jam. Dan tingkat kebisingan 100 desibel. asalkan waktu paparannya diperhatikan. selama delapan jam seseorang bekerja pada 70 desibel. pendengaran manusia dapat mentolerir lebih dari 80 desibel. “Idealnya. ambang batas maksimum yang aman bagi manusia adalah 80 desibel. lama bekerja satu jam. lama kerjanya sekitar empat jam. Gambar 1. Namun ia melanjutkan. . Tingkat kebisingan 95 dersibel. tutur Haryoto. Apabila seseorang bekerja melebihi ambang batas yang telah ditolerir.” kata Haryoto.Haryoto mengatakan. maka untuk jangka panjang akan mengalami gangguan pendengaran. Grafik Garis Bentuk Gelombang Kenyaringan Suara Pada mereka yang bekerja pada tingkat kebisingan 90 desibel.

Meskipun jumlah keluhan yang terdaftar di kota-kota besar selama beberapa tahun terakhir ini telah berkurang. sebagaimana yang sering terjadi ada korbankorban dari kebisingan akibat piano dan karaoke. dan 2. jelas Dengan antara karakteristik siapa [2]. Diantara hal: pencemaran lingkungan yang lain. tidak dan ada siapa perbedaan agresornya korbannya. .Polusi udara didefinisikan sebagai "suara yang tak dikehendaki. Kerusakannya dibandingkan pengecualian). dengan setempat dan sporadis air dan pencemaran pencemaran udara (Bising pesawat udara merupakan Mengenai karakteristik [1] di atas. pencemaran atau polusi suara dianggap istimewa dalam 1. polusi suara masih merupakan bagian besar dari keluhan-keluhan masyarakat (Gb 1). ada masalah mengenai bagaimana menempatkan suara antara tingkat penilaian subjektif seorang individu yang menangkapnya sebagai "kebisingan" dan tingkat fisik yang dapat diukur secara obyektif. Penilaian pribadi dan penilaian subyektif sangat menentukan untuk mengenali suara sebagai pencemaran suara atau tidak. musik dsb. atau yang menyebabkan rasa sakit atau yang menghalangi gaya hidup. misalnya yang merintangi terdengarnya suarasuara.

adalah: 1.Gambar 2. Kebisingan akibat industri Lingkungan industri merupakan sumber kebisingan. Sumber Polusi Suara (Kebisingan) Menurut Federal Noise Control Act of 1972. 1989 2. Kebisingan pada pesawat terbang sangat tergantung dari . beberapa jenis kebisingan utama. Beberapa jenis alat yang menjadi sumber bising antara lain terlihat pada Tabel 1 Tabel 1 Sumber Polusi Suara Dan Penyebab Sumber: Irwin danDavid. Kebisingan akibat pesawat terbang. Grafik Keluhan Tentang Polusi di Dunia Tahun 1977-2001 2. Kebisingan akibat pesawat terbang terjadi pada saat pesawat akan lepas landas atau mendarat di bandar udara.

Kebisingan berpengaruh penumpang. 4. serta bising yang ditimbulkan oleh sistem dan proses pembakaran pada kereta api tersebut. besar fan. bunyi sinyal di perlintasan kereta api. dari Contohnya. Salah satu sumber utama polusi suara atau kebisingan adalah bunyi lalu lintas kendaraan bermotor. Kebisingan akibat kereta api Bising kereta api pada umumnya diakibatkan oleh pengoperasian dari kereta api atau lokomotif tersebut.perkembangan mempunyai jenis pesawat kebisingan dan yang jenis lebih mesinnya. Bunyi lalu lintas adalah bunyi yang tidak konstan tingkat suaranya. umumnya 1986). 3. bising di stasiun. petugas lapangan terbang dan masyarakat yang bekerja atau tinggal disekitar lapanganterbang. Tetapi sumber utama penyebab kebisingan kereta api adalah bunyi bising akibat roda dan gesekan antara roda dengan rel. Tingkat gangguan bising dari bunyi lalu lintas . pesawat yang menggunakan mesin turbo jet tingkat pesawat yang menggunakan mesin turbo Setiap pesawat memberikan kontribusi kebisingan yang berbeda karena adanya perbedaan-perbedaan daya dorong pesawat dan keunikan karakter setiap pada jenis akibat awak pesawat pesawat pesawat (Saenz pada dan danStephen. dan pengerjaan serta pemeliharaan konstruksi rel. Kebisingan akibat lalu lintas.

Sumber bising utama dari mobil adalah bunyi pembakaran mesin serta bunyi gesekan antara ban dengan lapisan perkerasan jalan raya. Dimana bising kendaraan bermotor itu sendiri bersumber dari mesin kendaraan. terutama yang bemesin diesel. bising terutama dihasilkan oleh bunyi mesin. serta frekuensi bunyi yang dihasilkannya (Magrad. Bising lalu lintas ditimbulkan oleh bising yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Truk (kendaraan berat. Bunyi pembakaran dalam mesin truk memberikan kontribusi bising yang besar terhadap kebisingan jalan raya. tetapi karena jumlahnya yang banyak maka kebisingan yang dihasilkan menjadi cukup besar. bunyi pembuangan kendaraan. kekerapan kehadirannya dalam satu satuan waktu. terutama saat truk .dipengaruhi oleh tingkat suaranya. dapat menghasilkan tingkat bising lebih besar 15 dBA daripada mobil (kendaraan ringan). Pada saat mesin mobil dinyalakan serta saat melakukan percepatan maksimum. sumber bising terbesar adalah bunyi gesekan roda dan perkerasan jalan Truk (kendaraan berat). karena ukuran dan tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya. serta burryi yang dihasilkan oleh interaksi antara roda dengan jalan. Mobil (kendaraan ringan) pada umumnya relatif tidak bising. sedangkan saat mobil melaju dengan kecepatan ringgi. 1982). termasuk bus) dan mobil merupakan sumber bising utama di jalan raya.

1982). Proporsi kebisingan yang menganggu Kebisingan lalu lintas berada pada frekuensi 100 sampai 4000 Hz. Akibat Polusi Suara a. yang harus dilihat • Kuatnya bising. anak-anak. 3. dan saat truk mencapai kecepatan diatas 80 km/jam Kebisingan jalan raya {road traffic) memberikan proporsi frekuensi kebisingan yang paling mengganggu jika dibandingkan dengan kebisingan lapangan terbang (aircraft). hewan.melakukan percepatan. ungkap Haryoto. kereta api maupun faktor-faktor lainnya (Croome. Manusia Untuk adalah. manusia. . Tabel 2. sedangkan kebisingan akibat ban dan knalpot (pembuangan) terjadi ditas dari 250 Hz. melihat dampak kebisingan terhadap gangguan kesehatan . Pada umumnya bunyi lalu lintas berada pada frekuensi 1000 Hz.

• • • Type bising tersebut (terus menerus. polusi suara dapat menyebabkan : • stabil. sementara. Pada umumnya. maka dapat memacu jantung untuk bekerja lebih keras memompa darah keseluruh tubuh. hal ini dipicu oleh emosi yang tidak epidemiologis mengaitkan Amerika terjangkit penyakit Hipertensi. diawali saat suara masuk dan menggetarkan gendang telinga. tukas Haryoto. tekanan darah akan naik. Ia Hipertensi (tekanan darah tinggi) kemudian di masyarakat. • Ketulian Proses perjalanan suara. “Disini ada cairan yang kemudian bergetar dan mengalir. kemudian masuk ke dalam liang rumah siput. Getaran tersebut disalurkan melalui liang tulang pendengaran. Di cairan itu ada saraf-saraf. ketidakstabilan emosi mengakibatkan stress. Cairan ini kemudian merangsang .” tutur Haryoto. memaparkan Serikat. Dalam waktu yang lama. Lama pajanannya. atau rambut getar. frekwensi melengking atau tinggi).Hasil penelitian tersebut menyebutkan. hasil Penelitian serta studi itu resiko Menurut Haryoto. Jika ditambah dengan penyempitan pembuluh darah. Sudah berapa lama seseorang berada dalam suasana bising. dan inilah yang disebut hipertensi. kebisingan.

saat mereka pensiun. punya potensi terkena ketulian. Hal ini sedikit banyak merupakan pengaruh dari lingkungan. dan bekerja selama delapan jam satu hari. “Sehingga. jika ruangan kerja bising secara terus menerus. rambut getar akan terkikis dan pendengarannya akan berkurang. Polusi emosi udara menjadi dan tak suara yang tinggi Emosi membuat yang tak masyarakat perkotaan menjadi tidak nyaman dan terkendali.” ulas Haryoto. besar kemungkinan mereka terkena Noise Induced Hearing Lose atau ketulian yang distimuli oleh kebisingan.saraf-saraf. Untuk lebih lengkapnya lihat tabel di bawah: . • Stress Berdasarkan penelitian. baja. dan getarannya diinterpretasikan oleh otak.” cetus Haryoto. Pekerja di pabrik besi. terkendali ini mampu membuat penduduk kota merasa lebih tertekan dan jika terjadi secara terus menerus akan menyebabkan overpressure dan menjadi stress. Apabila mereka tidak melakukan pemeriksaan secara berkala atau medical examination setiap tahunnya. masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menjadi stress dan melakukan bunuh diri. Maka. dan semen.

kondisi ini bisa sangat meresahkan. Atlantic suaranya paus Right sebagai jenis Eubalaena harus dari North volume Whales dampak peningkatan kebisingan lingkungan. khususnya paus jenis right whales. paus pun harus berteriak agar seruannya bisa terdengar di perairan laut yang semakin bising. .Tabel 3. Berdasarkan glacialis atau meningkatkan penelitian. Akibat Polusi Suara b. Hewan Polusi udara ini ternyata tak hanya berdampak pada kesehatan manusia." ujar Susan Parks. "Peningkatan kebisingan laut akibat ulah kegiatan manusia menjadi perhatian bagi pihak konservasi hewan laut. Sama halnya dengan manusia yang harus berteriak untuk memecah kebisingan. Pada titik tertentu. tetapi juga pada kehidupan paus di lautan.

peneliti akustik dari Penn State University. Tapi pada abad ke-20. Polusi ini jelas mempengaruhi kehidupan paus. dibuat larangan untuk pemburuan paus jenis ini. karena paus harus jeli membedakan panggilan yang disuarakan paus lain. Kini. Akibatnya. paus harus berteriak dan meningkatkan amplitudo serta energi untuk dapat berkomunikasi. sebagian besar terbentuk dua kali lipat setiap dekade atau 10 tahun. kemampuan mengubah vokalisasi paus dilakukan guna mengimbangi kebisingan lingkungan. terutama yang berkaitan dengan komunikasi paus yang digunakan untuk mencari makanan dan melangsungkan proses perkawinan. Menurut Parks. perenang yang lamban dan mengapung setelah mati. Suara paus yang disebut upcall atau contact call. Jumat (30/7/2010). Paus ini kaya akan lemak. yang termasuk dalam rentang gelombang ultrasonik biasanya bisa terdengar hingga ribuan kilometer. banyak pemburu paus yang mengincar right whales yang membuatnya semakin terancam punah. Tapi karena semakin bisingnya lautan. populasi paus jenis right whales selalu dimonitor untuk menentukan kesehatan dan jumlah . Polusi suara di lautan. yang sangat penting untuk komunikasi dalam populasi paus. Right whales adalah paus balin besar yang sering berenang mendekati pantai. seperti dilansir dari Livescience. Hal ini akhirnya membuat paus semakin stres.

blogspot. telinga manusia terdiri dari tiga bagian. karena spesies paus ini sudah tergolong langka. “. cara penanganan polusi suara http://lkpk-indonesia. 4. tengah. ujarnya.html Polusi Suara. Ada namun Terlupakan Kamis. terdapat saluran. Di bagian tengah. terdapat rumah siput. Di telinga luar. Yaitu telinga luar. dan dalam. Maret 01. 2007 Lebih lanjut Haryoto memaparkan.com/2007/03/polusisuara-ada-namun-terlupakan. .populasi globalnya. Bising Sebabkan Hipertensi Menurut Haryoto. terdapat gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran. hal yang penting dilakukan adalah upaya mencegah ketulian. Sementara di bagian dalam.

sebab di situlah sumber kebisingan.” lanjut Haryoto lagi. hidrocarbon. Standar ini. Melainkan dapat menyebabkan hipertensi Lalu bagaimanakah cara untuk menghilangkan kebisingan? Menurut Haryoto. Haryoto mengatakan. “Setelah itu. bagaimana standar suara itu dipatuhi. produsen-produsen kendaraan bermotor hendaknya mengeluarkan standar kebisingan pada produknya. bukan cuma saat kendaaran bermotor diluncurkan. khususnya di jalan raya. upaya lainnya adalah memberikan peredam suara dan alat pelindung telinga. “Kalau Investor atau penanam modal ingin membeli mesin untuk pabrikpabriknya. yang pertama kali dilakukan adalah mengatasi sumber kebisingan tersebut.”ProfHaryoto menambahkan. dampak akibat kebisingan bukan hanya gangguan pendengaran saja. . ujar Haryoto. lanjut Haryoto. karbon monoksida nya saja yang diperhatikan. Melainkan juga standar suaranya. hendaknya memilih mesin yang dapat mengurangi kebisingan. Sementara untuk mengatasi kebisingan kota. diimplementasikan dan dipantau oleh kalangan produsen kendaraan bermotor. Sebetulnya.” cetus Haryoto. Ia menambahkan. “Jadi bukan cuma gas emisi.” tutur Haryoto.

Selama 24 jam kebisingan dibagi dua. yakni 70 desibel. masalah suara bukan masalah yang sepele. . dan kebisingan malam. Upaya mengukur tingkat kebisingan di suatu daerah. kebisingan tidak boleh melampui 70 desibel. Contoh daerah yang tingkat kebisingannya di atas 70 desibel adalah kawasan Glodok. tapi dalam waktu 24 jam. dilakukan satu saat saja. ungkap Haryoto. tutur Haryoto. pemeriksaan kir hanya seputar gas emisinya. yaitu kebisingan siang. Karena selama ini.Tapi juga pengawasan pada empat hingga lima tahun sesudahnya. “Apapun peruntukannya.” ungkap Haryoto. Kebisingan siang berlaku mulai jam enam pagi hingga jam sepuluh malam. hendaknya memeriksa suara kendaraan bermotor dengan seksama. pemeriksaan KIR yang dilakukan oleh Pemda DKI. lanjut Haryoto. Padahal. Tak heran beberapa waktu lalu timbul kerusuhan. beberapa tempat di Jakarta sudah melampui ambang batas kebisingan.” cetus Haryoto. Berdasarkan penelitian dalam lima tahun terakhir. Haryoto mengatakan. “Jadi dapat dibayangkan tingkat emosional mereka yang berdiam di wilayah itu (Glodok-red). hanya karena penertiban. sesuai Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup.

hingga jam enam pagi. masyarakat dapat mengganti suasana dengan pergi ke daerah yang tingkat kebisingannya rendah. Dan untuk mengurangi kebisingan.Sementara kebisingan malam dimulai dari jam sepuluh malam. “Ini sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup. ungkap Haryoto. . nomor 48/MENLH/11/1996 tanggal 25 November 1996. seperti refreshing ke gunung. tepi pantai atau daerah-daerah pedesaan.” ulas Haryoto.

Memang. yang seringkali disebut terapi musik. Pada paparan kali ini. akan disampaikan trik-trik mengelola musik yang menurut sebagian orang merupakan polusi suara menjadi sesuatu yang enak untuk dinikamati. Berlawanan dengan suara bising. sejatinya.Akibat polusi suara Pengaruh/Akibat-akibat dari Kebisingan • Pengaruh pada manusia Tabel 1-1 Jenis-jenis dari Akibat-akibat kebisingan Pengeolaan Polusi Suara di Luar Negeri . hingga kini keutungan penuh dari terapi musik masih terus dalam penelitian. dapat digunakan sebagai sarana pengobatan. Suara yang dihasilkan dari perpaduan alat musik ini. kemampuan musik untuk memperbaiki dan mempengaruhi kesehatan serta harmoni sama hebatnya dengan kemampuan suara bising dalam menghancurkannya. namun hingga sejauh ini hanya terdapat sedikit penelitian yang dilakukan .

dan memperbaiki konflik. musik juga memiliki kekuatan. Hal ini telah berhasil digunakan oleh sebuah institut selama mereka melakukan sesi terapi grup. Efek yang menyembuhkan dari terapi musik tidak hanya terbatas pada kesehatan mental. Telah dilakukan pula observasi di rumah sakit. membantu memecahkan masalah. dari para penderita dengan gangguan syaraf atau gangguan mental. mendorong perasaan rileks serta meredakan depresi. . Terapi musik membantu orang-orang yang memiliki masalah emosional dalam mengeluarkan perasaan mereka. diabetes dan kanker. terapi musik sepertinya memberi kekuatan komunikasi dan ketrampilamn fisik . Sebagai pelengkap dalam perawatan di panti rehabilitasi. Studi tentang kesehatan jiwa. baik fisik maupun mental. membuat perubahan positif dengan suasana hati. penyakit jantung. telah menunjukkan kalau terapi musik sangat efektif dalam meredakan kegelisahan dan stress. begitu pula perannya dalam memperbaiki fungsi.terkait manfaat musik. yang dilakukan pada pasien-pasien penderita luka bakar. sebagai contohnya.

terapi musik juga memiliki peran tersendiri. Pasien dan ahli terapi akan memilih musik yang digunakan untuk terapi sesuai dengan kebutuhan dan selera. ahli terapi mungkin berpartisipasi dalam aktivitas ini bersama pasien atau secara sederhana membimibingnya. Pasien bisa juga didorong untuk bicara tentang gambaran dan perasaan yang muncul saat musik tersebut diputar. berbicara dan mendengarkan masalah. Terapi musik dapat mengurangi kebutuhan pengobatan selama kelahiran dan melengkapi fungsi matirasa dalam operasi dan perawatan gigi. Dan tak perlu pengalaman dibidang musik sebelumnya ataupun kemampuan bermain musik untuk . terutam jika yang dirawat anak-anak serta pasien yang menjalani prosedur pembedahan. Pasien juga dapat memilih berbagai jenis aliranmusik. Selama sesi reguler. Musik juga berguna untuk mengatasi trauma pada bayi yang lahir premature.Dalam hal belajar. dari musik klasik atau era baru hingga jazz sampai rock. terapi musik juga membantu menghilangkan rasa sakit kronik. Disamping situasi akut ini.

atau bisa juga hanya berinteraksi dan rileks bersamasama saat musik dimainkan. ahli terapi musik ini dapat ikut terlibat dengan memperdengarkan lagulagu favorit si pasien untuk membantunya lebih rileks dan mengurangi rasa sakit. Pasien mungkin menampilkan musik dengan pasien lain yang memiliki kondisi serup. Beberapa sesi terapi musik telah diatur dalam setting grup.menjalankan terapi musik ini. Afrika. Dan sekarang. namun sebenarnya di Asia. Orang-orang Barat dapat dibilang masih baru dalam menemukan manfaat musik sebagai obat. Namun untungnya. dengan keseluruhan keterangan di atas.lintasberita. terapi musik tak selalu membutuhkan kehadiran ahli terapi. jika terapi musik harus melalui bimbingan ahlinya. Jika pasien berada di rumah sakit untuk melakukan operasi atau melahirkan.com//go/1220834 . Eropa dan Amerika Selatan metode semacam ini telah lama digunakan. walau mungkin Anda membutuhkan bantuan saat mengawalinya. Anda mulai bertanyatanya. http://www.

(JIS Z 8106 [IEC60050-801] kosa kata elektroteknik Internasional Bab 801: Akustikal dan elektroakustik) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->