Bangsa Maritim Sejahtera & Merata: Visi Indonesia 2030

1

Visi Perekonomian Indonesia 2030

Cetakan Pertama, Mei 2009 Badan Penerbit Ekonomi Pembangunan (BPEP) UNS Jl. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Solo, 57136. Telp/Fax +62271-668607, 668609 Editor: Lukman Hakim, Dwi Prasetyani, Hery Sulistyo JNS Desain Sampul: Lestude Penata Letak: elha Hak cipta dilindungi undang-undang Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit Perpusatakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT) Visi Perekonomian Indonesia 2030 /Lukman Hakim, Dwi Prasetyani, Hery Sulistyo JNS, Cetakan 1, Solo: BPEP, 2009. vii + 200 hlm: 14 cm x 21 cm ISBN 978-979-17320-0-0

PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com§

Namun selama ini.754 km2 adalah daratan. Selama pelaksanaan Pembangunan Jangka Panjang (PJP) tahap pertama yang dijalankan sejak tahun 1969 sampai dengan 1994 dan diteruskan hingga saat ini lebih memfokuskan kepada paradigma daratan dari pada lautan.110 buah.pdffactory. Paradigma pembangunan yang dominan selama itu adalah memfokuskan tranformasi struktural dari sektor pertanian ke industri dan jasa. Dominasi lautan itu menyebabkan Indonesia menjadi negara kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 18.498 juta km2 adalah lautan. sisanya 1/3 persen atau 1. mutlak dilakukan pada Pembangunan Jangka Panjang (PJP) 20 tahun yang akan datang. Indonesia adalah bangsa yang mempunyai luas wilayah 2/3 persen atau 3. Peristiwa dua tahun terakhir ini khususnya gempa di berbagai daerah dan sebagian terjadi Tsunami mengingatkan kita bahwa kita hidup di daerah kepulauan yang rentan terhadap bencanabencana itu.302.890. Cetak biru tranformasi struktural ini berasal dari pemikiran Barat yang telah diterapkan diberbagai negara negara yang PDF created with pdfFactory Pro trial version www.com§ . orientasi pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah adalah membangun daratan dan melupakan lautan.2 Visi Perekonomian Indonesia 2030 PENDAHULUAN Perubahan orientasi pembangunan dari paradigma daratan menjadi lautan.

Jika pada sistem perencanaan sebelumnya hanya berdasarkan atas Keputusan Presiden atau Keputusan Menteri.pdffactory. posisi lembaga perencanaan pembangunan Bappenas dan Bappeda sempat terabaikan. Ini menyebabkan posisi perencanaan pembangunan serta lembaga pelaksanan menjadi semakin kuat. Tentu saja hal ini menyebabkan cetak biru pembangunan “ daratan” itu tidak sesuai dengan keadaan Indonesia yang didominasi oleh kelauatan. jangka menengah (lima tahun) atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan jangka panjang (20 tahun) yang dinamakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) baik untuk tingkat nasional maupun daerah. Undang-undang SPPN ini merupakan tonggak bersejarah bagi perencanaan pembangunan di Indonesia. 3 Pada masa akhirkepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri tahun 2004 terlahir salah satu undangundang yang sangat penting dalam bidang perencanaan pembangunan yakni Undang-undang Nomor 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).Bangsa Maritim Sejahtera & Merata: Visi Indonesia 2030 dominasi wilayahnya adalah daratan seperti Eropa dan Amerika Serikat. dengan UU SPPN menjadi semakin kokoh seperti halnya pada masa Orde Baru. perencanan pembangunan berjangka PDF created with pdfFactory Pro trial version www. maka dengan UU SPPN ini.com§ . sistem perencanaan pembangunan dipayungi oleh undang-undang. Dalam sejarah pembangunan Indonesia. Apabila pada masa reformasi yang lalu. Maka pemahaman di mana kita berdiri dan hidup menjadi sangat penting dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang 20052030. UU SPPN ini mengatur perencanaan pembangunan berjangka yakni jangka pendek (satu tahun) yang disebut dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

pdffactory. 1983/1984 s/d 1988/1989 (Repelita IV).com§ .4 Visi Perekonomian Indonesia 2030 sudah kerap dilakukan baik pada masa Demokrasi Parlementer. Tidak dapat dipungkiri bahwa kesinambungan Pembangunan Jangka Panjang I ini karena faktor stabilitas politik Pemerintah Orde Baru di bawah pimpinan Presiden Soeharto yang dalam kurun waktu itu berkuasa. Pembangunan Nasional Semesta Berencana 1961 s/d 1969. Berdasarkan pengalaman seperti itu. Perencanaan pembangunan yang berjalan secara optimal adalah pada masa Orde Baru. Demokrasi Terpimpin sampai dengan Orde Baru. 1973/74 s/d 1978/79 (Repelita II). 1989/1990 s/d 1993/ 1994. Dengan kata lain selama kurun PDF created with pdfFactory Pro trial version www. Hipotesis adanya ketidakstabilan politikakan menghancurkan sistem perencanaan terbukti dengan RPJP ke-2 yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Orde Baru mulai tahun 1994/1995 sampai 2014/ 20 15. namun seiring dengan jatuhnya regim Orde Baru pada tahun 1998 menyusul adanya krisis ekonomi 1997 menyebabkan RPJP ke-2 “Orde Baru” itu terhenti. maka kedua perencanaan itu tidak berjalan secara optimal (Kunarjo 1992: 10). Pembangunan berjangka menengah atau lima tahunan yang telah diterapkan pada masa sebelum Orde Baru adalah Rencana Juanda 1956 s/d 1960. 1979/1980 s/d 1982/1983 (Repelita III). Namun karena ketiadaan dukungan dana pembiayaan yang memadai dan juga adanya ketidakstabilan politik. Rangkaian Repelita dari tahun 1969 sampai 1994 itu disebut Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) I di mana dasar normatifnya terdapat di GBHN yang ditetapkan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tiap 5 tahun sekali. jelas bahwa RPJP akan dapat diterapkan jika prasyarat stabilitas politik terpenuhi. yakni 1969 s/d 1973 (Repelita I).

Dalam sistem presidensial ini.Bangsa Maritim Sejahtera & Merata: Visi Indonesia 2030 5 waktu itu penguasa tidak pernah ganti. Sementera itu. Dengan sistem presidensial murni yang berlaku dewasa ini. Pada prinsipnya UUD 1945 tidak melarang upaya menjelaskan konsep masa depan yang disusun dalam bentuk Undang-undang. Rancangan masa depan yang menjangkau 20 tahun dalam bentuk visi dan misi sangat diperlukan oleh Indonesia seperti dilakukan oleh nePermasalahannya dalam draft RPJP kedua yang disampaikan oleh Pemerintah kepada DPR tetap mengedepankan pada paradigma daratan. Demikian juga pendekatan yang dipakai oleh Sastrosoenarto (2006) yang menyusun buku cukup komprehensif tentang visi Indonesia 2030. Bahkan dengan ini justru baik pemerintah maupun DPR dapat bersama-sama merancang sebuah masa depan secara lebih holistik. Situasi ini tidak memungkinkan pada masa sistem presidensial yang dibatasi hanya dua periode.pdffactory. namun tetap mendasarkan pada pendekatan daratan. diperlukan sebuah pemikiran alternatif yang PDF created with pdfFactory Pro trial version www. menurut S ila la h i (20 0 5) Presid en terp ilih tid a k p erlu m eny u su n R PJP. pasalnya merupakan arah dan pedoman pembangunan nasional.com§ . seperti halnya Pemerintah Orde Baru. Rachbini (2005) – Ketua Pansus RPJP DPR RI – lebih mengedepankan azas manfaat. Oleh sebab itu. Penyusunan RPJP dapat diinterpretasikan sebagai pemaksaan terhadap presiden terpilih untuk menuruti policy presiden sebelumnya (pembuat RPJP). Ini menandakan bahwa diantara kita belum sepenuhnya melihat arti pentingya lautan bagi bangsa ini. Menurutnya RPJP merupakan penjabaran visioner yang akan membantu menjabarkan secara lebih komprehensif dan lebih sistematis UUD 1945. UUD sudah dapat dianggap sebagai RPJP karena dari pembukaan sampai pasal. m ela in k a n cukup Rencana Pembangunan Lima Tahun saja. menanggapi pandangan ini.

Beberapa korporat .gara lain antar lain Malaysia. Shell mempersiapkan diri menghadapi era penggunaan Hydrogen sebagai bahan bakar utama pada masa depan. sejak tahun dekade tahun 1960-an hingga tahun 2000-an ini konsisten membuat skenario 25 tahunan (Ringland. 3. Rendahnya kepercayaan terhadap globalisasi (low trust globalization) yakni suasana di mana sebagian masyarakat mulai meragukan perdagangan bebas pada era yang bersifat legalistik (legalistic world). Korea dan China. yang merupakan pioner dalam penyusunan visi. METODOLOGI Referensi utama dalam penyusunan skenario dan visi Indonesia 2030 adalah beberapa literatur pokok dalam manajemen strategis yang biasanya mengambil kasus pada tingkat korporat (Miller 1998). 2006) yaitu: 1. Bendera (flags) yakni menguatnya negara bangsa PDF created with pdfFactory Pro trial version www. Shell mempunyai tiga skenario global untuk tahun 2030 (Bentham. Shell misalnya. Dalam “Shell Global Scenarios to 2030”.pdffactory. Membuka pintu (open doors) yakni meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap investor pada era yang pragmatik (pragmatic world). 1998).com§ . Termasuk dalam penyusunan skenario dan visi Indonesia tahun 2030 ini diupayakan untuk mengacu paradigma kemaritiman.6 Visi Perekonomian Indonesia 2030 justru melihat masalah laut sebagai faktor paling penting dalam mengembangkan Indonesia di masa yang akan datang. misi dan skenario dalam jangka panjang antara lain adalah General Electric perusahaan yang bergerak dalam bidang perkakas elektronik dari Amerika Serikat dan dan perusahaan minyak Belanda Royal Dutch/Shell.

di mana terdapat akselerasi liberalisasi ekonomi dan semakin kuatnya penerapan system pemerintahan terpusat. “The Elephant Retreats to the Woods'. di mana terdapat pengembagan teknologi informasi dan pasar dalam sistem demokrasi parlementer dan menguatnya masyarakat madani. di mana terdapat pengembangan industri dan pasar dalam sistem politik yang partisan dan maraknya k o ru p s i.Bangsa Maritim Sejahtera & Merata: Visi Indonesia 2030 yang bersifat dog matik (dogmatic world).pdffactory. penyusunan skenario tidak hanya diterapkan pada perusahaan MNC. Studi ini dilakukan untuk mengukur dampak perekonomian kedua negara tersebut terhadap perkembangan Kota London: Tiga skenario India 2015 adalah 1. “Problematic Child'. Ini merupakan scenario evolusioner 3. “Industrial Periphery'. di mana terdapat pengembangan industri generasi ketiga dan pasar dalam sistem demokrasi parlementer dan menguatnya masyarakat madani. “Grey Mouse'. di mana meneruskan liberalisasi ekonomi dan sistem pemerintahan mengarah lebih federatif . Sebagai contoh Klinec (2004) menyusun empat skenario untuk Slovakia yang terdiri atas: 1. “The Elephant Breaks Its Chains'. “The Elephant Lumbers Along'. Dalam perkembangannya. di mana terdapat pengembangan industri dan momentum ekonomi dalam sistem politik yang partisan dan maraknya korupsi. 4. Penyusunan skenario untuk suatu negara yang lebih kompre-hensif dilakukan oleh City of London (2006) untuk India dan China tahun 2015. 2.com§ 7 . dimana mengurangi liberalisasi ekonomi tetapi menggabungkan pemerintahan yang PDF created with pdfFactory Pro trial version www. Ini merupakan skenario revolusioner. melainkan juga diimplementasikan di suatu negara. 2. 3. “Information Express'.

dimana institusi negara dan bisnis semakin adaptif dan efektif dan China dipandang sebagai sumber peluang dan kekayaan. Berdasarkan referensi di atas. dimana institusi negara dan bisnis semakin adaptif dan efektif. maka dalam menyusun skenario dan visi Indonesia 2030 adalah pertama. “The Lion Leads the Dance'. adalah penjabaran Visi Indonesia 2030. 3. menguraikan modal dasar pembangunan yang merupakan beberapa capaian yang merupakan produk kebijakan pada masa sebelumnya yang merupakan prasyarat kesinambungan pembangunan ke depan. Ini merupakan skenario evolusioner. PDF created with pdfFactory Pro trial version www. 2. Berikut ini adalah tiga skenario untuk China: 1. menjelaskan tentang faktor utama penggerak perubahan yang merupakan respons terhadap adanya tantangan eksternal dan internal. Ketujuh.“The Crane Flies Against the Wind'. Kelima. Keenam.pdffactory. Skenario ini menggambarkan bahwa dalam jangka panjang akan perekonomian China akan tereduksi.8 Visi Perekonomian Indonesia 2030 lebih federal dan sistem subsidi. “The Dragon Breathes Fire'. adalah menjabarkan Skenario Indonesia 2030. Ini merupakan skenario revolusioner. Keempat.com§ . dimana kegagalan tata kelola bertemu dengan kompleksitas tantangan pertumbuhan dan China dipandang sebagai ancaman ekonomi dan sumber ketidakstabilan. Ini akan berdampak terhadap menurunnya pertumbuhan ekonomi. adalah menjelaskan tentang tantangan utama yang akan dihadapi Indonesia 2030 baik secara eksternal maupun internal. Kedua. tetapi China dipandang sebagai ancaman ekonomi dan sumber ketidakstabilan oleh dunia luar. menjelaskan tentang potret pembangunan yang berisi cerita sukses maupun ketidakberhasilan. Ketiga. menguraikan peran pemerintah dan Bank Indonesia dalam mewujudkan Visi Indonesia 2030.

Pada tahun 1980 jumlah penduduk Indonesia adalah 146 juta. namun di Indonesika sudah tidak menjadi masalah.pdffactory. 1990. pada tahun 1990 dan 2000 masing-masing mengalami peningkatan menjadi 178 juta 203 juta orang.Bangsa Maritim Sejahtera & Merata: Visi Indonesia 2030 MODAL DASAR PEMBANGUNAN Modal dasar pembangunan ini dimaksudkan bahwa selama ini sudah banyak program pemerintah sudah cukup berhasil dan akan menjadi modal dasar bagi pembangunan 9 Demografis Salah satu keberhasilan dari pembangunan era sebelumnya.95%. terutama beras. Berdasarkan data Sensus tahun 1980. Posyandu telah diterapkan secara konsisten dalam menekan peningkatan pertumbuhan penduduk. Diberbagai negara sedang berkembang. sementara pada tahun 19902000 mengalami penurunan menjadi 1. Namun jika dilihat dari sudut pertumbuhan penduduk antara tahun 1980-1990 dan 1990-2000 mengalami penurunan yang cukup drastis. Berbagai program sejak era Orde Baru seperti Keluarga Berencana. Stabilitas Harga Capaian yang cukup monumental sejak Orde Baru adalah dalam kebijakan stabilitas harga.35% (Hull. kelebihan jumlah penduduk masih menjadi persoalan besar. yang paling mononjol adalah pengendalian jumlah penduduk. 2001:104). Puskesmas. Pertumbuhan penduduk yang rendah ini merupakan prasyarat bagi pembangunan 25 tahun yang akan datang. Yakni pada tahun 1980-1990 pertumbuhan penduduk adalah sebesar 1.com§ . Karena sejak awal Orde Baru telah disadari bahwa harga beras merupakan determinan utama bagi PDF created with pdfFactory Pro trial version www. dan 2000 jumlah penduduk Indonesia memang mengalami peningkatan.

ketersediaan pangan mendorong stabilitas harga yang bertahan cukup lama.10 Visi Perekonomian Indonesia 2030 kenaikan inflasi (Nasution. inflasi dapat ditekan di bawah dua dijid selama hampir 20 tahun (Hill. Lembaga ini telah berhasil memelihara ketersediaan komoditi pangan yang menjadi prasyarat mutlak bagi kesinambungan pembangunan. Pendirian Badan Urusan Logistik (Bulog) merupakan sebuah tindakan yang tepat untuk mengendalikan pasok beras dan komoditi pangan yang lain.pdffactory. Dengan didukung oleh perpaduan kebijakan fiscal dan moneter yang tepat. bahkan pada era sebelum krisis. 1983:8). 1996:32) Demokrasi Demokrasi yang seutuhnya baru diterapkan sejak lengsernya Presiden Soeharto dan menyerahkan kekuasaannya kepada Wakil PDF created with pdfFactory Pro trial version www.com§ .

Bangsa Maritim Sejahtera & Merata: Visi Indonesia 2030 11 PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com§ .

com§ .pdffactory.12 Visi Perekonomian Indonesia 2030 PDF created with pdfFactory Pro trial version www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful