PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG KEDELAI

(Karya Tulis Ilmiah)

Disusun Oleh: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Aji Saputra / 10321391 Astri Anggraini / 10321398 Desi Nurani / 10321408 Novarati Andarita / 10321388 Tri Arifatus. S / 10321365 Yusnia. A / 10321375

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO 2010/2011

Oktober 2010 Penulis ii . Kami menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan. yang atas rahmat Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah dengan judul ”Pertumbuhan Tanaman Kedelai” Dan penelitian ini kami lakukan pada tanggal 10 – 17 Oktober 2010. kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan karya ilmiah ini. Sehingga penulis sangat berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kami sebagai media belajar dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu. Terimakasih penulis sampaikan kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuannya dalam pembuatan karya tulis ini. Metro.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT.

.2..... BAB I PENDAHULUAN 1.Pembahasan 6 Bab V Kesimpulan dan Saran 5.............................. Waktu dan Tempat... 1............................................................................ 1....... 5.............. Rumusan Masalah.............................. Pengertian Tumbuhan........................... Saran...Hasil Penelitian 6 4............................... Bab IV Hasil Pengamatan dan Pembahasan 4................ 7 7 5 5 5 3 3 3 1 1 2 2 i ii iii iii ....................................2............... Pengertian Air.....................................................2................................. Latar Belakan Masalah..................... 1..............................................................3.. DAFTAR ISI. Pengertian Kacang Kedelai........................ Alat dan Bahan.....................1.............2......................... BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.......DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL........... BAB III METODE ILMIAH 3............................... Hipotesis................ Cara Kerja.......................................1.............................. Tujuan dan Manfaat Penelitian..........................4........1......................................................................................................2......................................... KATA PENGANTAR..................1........................................................... 2..................................................... 3....................... Kesimpulan.........................................................................................................3...................................................................... 3......................................................................... 2.............................................1.......................3.............

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN iv .

disini kami melakukan percobaan dan pengamatan tentang proses pertumbuhan kacang hijau yang diberi perlakuan berbagai jenis air. 1. 1 . air jernih. Contohnya. b. Kita akan mengetahui hasil pertumbuhan kacang hijau yang disirami dengan air jernih. kita ketahui bahwa kandungan air itu bermacam-macam. dan lain-lain. Untuk mengetahui jenis air apa yang paling baik yang digunakan dalam proses pertumbuhan kacang hijau.1 Latar Belakang Masalah Telah kita ketahui bahwa air sangat diperlukan bagi makhluk hidup terutama dalam proses pertumbuhan.2 Tujuan dan Manfaat Penelitian Adapun tujuan dari penelitian kelompok kami sebagai berikut: a. Contoh dari beberapa air ini mempunyai kadar yang berbeda dan setiap jenis air mempunyai pengaruh dalam proses pertumbuhan kacang hijau. air keruh. Jadi. Oleh karena itu. disini kami melakukan sebuah percobaan yaitu menanam kacang hikau. Mengetahui kproses pertumbuhan kacang hijau dengan penyiraman berbagai jenis air yang berbeda. Tanaman kacang hijau kami beri perlakuan yaitu dengan cara menyirami tanaman kacang hijau dengan berbagai macam air. air keruh.BAB I PENDAHULUAN 1. air sabun. yang diberi perlakuan yang berbeda-beda. Dalam kehidupan sehari-hari. dan air detergen.

c. Mengapa setiap jenis air mempunyai pengaruh yang berbeda? 1.3 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapt dirumuskan masalah sebagai berikut: 1. tanaman kacang hijau yang disiram air sabun akan memiliki ukuran batang yang kecil dan memiliki tinggi yang rendah dikarenakan terdapat kandungan zat kimia dalam air detergen.4 Hipotesis Warna daun tanaman yang disiram dengan air detergen akan berwarna kuning. Untuk menambah pengetahuan kami dalam mengetahui proses pertumbuhan tanaman. c. Supaya kami mengetahui proses pertumbuhan tanaman kacang hijau. Bagaimanakah pengaruh air dalam pertumbuhan tanaman kacang hijau? 3. Adapun manfaat dari penelitian kelompok kami sebagai berikut: a. b. sedangkan warna daun tanaman yang disirami air jernih dan air keruh akam berwarna hijau karena kandungan air tidak terdapat zat kimia yang mencemarkan. Agar kita mengetahui jenis air apa yang baik untuk kita gunakan dalam penyiraman tanaman. Selain itu. Apakah perbedaan dari air jernih. Sedangkan tanaman yang disiram air keruh lebih subur karena memiliki unsur hara yang lebih tinggi dibanding air detergenm dan air jernih. 1. air kotor/keruh dan air detergen? 2. Untuk menambah ilmu pengetahuan. 2 .

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. massa. unti proses fotosintesis. tetapi tidak di planet lain.3.2. tempe dan tanaman kedelai. Pertumbuhan dibagi menjadi empat fase berikut: 1. tahu.1. 2. Fase awal 2. Fase stasioner 2. tinggi) pada mahluk hidup contohnya pertambahan tinggi batang dan jumlah daun pada tanaman kacang kedelai. Manfaat air bagi tumbuh-tumbuhan yaitu untuk mempertahankan ketegakan tumbuhan. Pengertian Air Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi. Pengertian Pertumbuhan Pertumbuhan adalah peristiwa bertambahnya ukuran (diantaranya volume. Fase log 3. 3 . Fase perlambatan 4. untuk transportasi bahan makanan dari akar ke seluruh bagian pohon. Pengertian Kacang Kedelai Kedelai (kadang-kadang ditmabah ”kacang” di depan namanya) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap.

4 . Kecambah dedelai tergolong epigeous.Biji kedelai yang kering akan berkecambah bila memperoleh air yang cukup. yaitu keping biji muncul diatas tanah.

3. Cara Kerja • • Memasukkan tanah ke dalam 3 pot atau aqua gelas. c. • Amati perubahan dan perbedaan fisik kacang hijau dari ketiga pot. Alat dan Bahan Adapun alat danbahan yang kami gunakan dalam percobaan yaitu: 1) Pot atau aqua gelas 2) Kacang kedelai 3) Tanah 4) Air (air jernih. 5 . Tahap penanaman kacang hijau dedalam pot atau aqua gelas yang akan dilakuakn pada 10 Oktober 2010 di rumah.3. Menanam kacang kedelai ke dalam tanah yang sudah dimasukkan ke dalam 3 pot. b. keruh dan detergen) 3.1. Waktu dan Tempat Pengamatan ini akan kami lakukan melaui berbagai tahap yaitu: a.2.BAB III METODE ILMIAH 3. Tahap pengamatan atau penelitian proes pertumbuhan kacang hijau dan perbedaan waarna daun pada tanaman kacang kedelai. Tahap penyiraman kacang kedelai pada tanggal 10 Oktober sampai 17 Okotber 2010.

Walaupun ada persamaan antara air jernih. ukuran tangkainya sedang dan tingginya mencapat 3 cm. namun air jernihlah yang lebih baik. pot II (tiga) berukuranb besar.5 cm 6 . detergen. Tinggi tangkai atau batang tanaman kacang kedelai adalah pada pot I (Satu) tingginya 3 cm.1. Pada pot 1 (satu) batangnya berukuran sedang. Pembahasan Dari hasil penelitian yang kami lakukan pembahasan sebagai berikut: Air sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan dan air yang baik digunakan untuk menyiram tanaman adalah air jernih. pada pot II (dua) tingginya 2 cm. didapatkan hasil berupa tabel berikut: Jenis Air yang Disiramkan ke Dalam Pot Tanaman Kacang Hijau Air jernih Air sabun (detergen) Air keruh 4. pada pot III (tiga) tingginya 3 cm.BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4. Karena daunnya berwarna hijau.2. Warna daun pada tanaman kacang kedelat pada setiap pot adalah berwarna hijau. dan air keruh. Batang kacang kedelai pada setiap pot berbeda-beda. BAB V KESIMPULAN Ciri-Ciri Fisik Selama 4 hari Warna Warna Tinggi Daun Hijau Hijau Hijau Tangkai Sedang Kecil Besar Tangkai/Batang 3 cm 2 cm 2. Hasil Penelitian Dari hasil penelitian diatas. pot II (dua) berukuran kecil.

Jenis air yang paling baik untuk proses pertumbuhan terutama kacang hijau adalah air jernih. 3. Jenis kacang hijau baik untuk di tanam agar tumbuh subur yaitu kacang hijau yang utuh atu tidak dimakan binatang. 5. Semoga penelitian ini dapat menambah pengeahuan dan kreativitas untuk mencoba hal-hal yang baru.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian di atas.2 Saran 1. 3. Fungsi air dalam proses pertumbuhan sangat penting. 2. Sebaiknya dalam proses penyiraman tumbuhan menggunakan air jernih. diambil kesimpulan sebagai berikut: 1.5. Smeoga ada penelitian lebih lanjut tentang berbagai jenis air yang baik dalam membantu proses perutmbuhan. 7 . 2.